Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Tips Memilih Mesin Cuci yang Pas untuk kebutuhan anda

Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci
Bismilahirrohmanirrohim

Mesin cuci merupakan salah satu alat listrik rumah tangga yang sangat penting perannya dalam rumah tangga. Apalagi bagi sobat yang memiliki kesibukan luar biasa dan tidak sempat mencuci baju sendiri, Tentu dengan menggunakan Mesin cuci ini akan memudahkan anda dalam mencuci pakaian tersebut. Cukup memasukan pakaian, air dan deterjen pada wadah mesin cuci lalu tekan tombol atau memutarkan rotary untuk menjalankan mesin cuci. Biarkan sisanya diurus mesin cuci.

Bagi sobat yang berencana membeli mesin cuci, dan sedang mencari info harga mesin cuci, Tepat sekali sobat memilih situs ini sebagai bahan referensi karena selain memberikan info harga, kami juga akan memberikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli mesin cuci agar mesin cuci yang akan dibeli sangat pas untuk kebutuhan sobat.

"Hal apa saja kah yang harus diperhatikan dalam memilih mesin cuci?"

Sebetulnya dalam membeli mesin cuci tidak banyak yang harus di perhatikan karena pada dasarnya mesin cuci memiliki fungsi yang sama yaitu mencuci. Hanya beberapa hal yang membedakan antara mesin cuci satu dengan yang lainnya.

Setidaknya ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan yaitu :

1. Mempertimbangkan Kapasitas Mesin Cuci

kapasitas Mesin cuci dapat dibedakan dari jumlah pakaian yang bisa di tampung, ada yang 7 kg, 8 kg, sampai yang 16 kg. Pada umumnya, mesin cuci yang memiliki kapastitas lebih besar memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan yang memiliki daya tampung lebih sedikit ditambah lagi pastinya ukuran mesin cuci tersebut lebih besar dan setidaknya akan berkontribusi dalam memakan Volume ruangan rumah anda.

baca juga : Tips memilih Pompa air sesuai kebutuhan anda

Jadi alangkah sangat bijaksana bila pemilihan kapasitas mesin cuci tersebut di sesuaikan dengan banyaknya penghuni rumah atau jumlah pakaian yang biasanya di cuci tiap hari. Misalnya dirumah hanya ada 3 orang maka kapasitas mesin cuci 8 sampai 9 Kg sudah cukup.

Kecuali bila anda memang hendak membuat sebuah usaha Laundry pakaian, Tentu Pemilihan kapasitas mesin cuci haruslah besar dan mesin cuci yang dipilihpun haruslah yang berkualitas.

seperti apakah mesin cuci yang berkualitas?

2. Mempertimbangkan mesin cuci 2 tabung, 1 tabung Top load atau 1 tabung Front Loading

Bagi sobat Teknisi yang belum tahu, terdapat 3 jenis mesin cuci yaitu mesin cuci 2 tabung, 1 tabung Top load atau 1 tabung Front Loading. Mesin cuci dua tabung merupakan jenis mesin cuci yang memiliki 1tabung untuk proses pencucian dan 1 tabung untuk pengeringan yang mana dalam proses pencuciannya tidak akan lepas dari campur tangan Manusia.
Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci
Sementara itu mesin cuci 1 tabung memiliki satu tabung yang bertugas mencuci, membilas dan mengeringkan sekaligus pakaian. kita hanya perlu memasukan pakaian dan memogram mesin cuci tersebut sesuai dengan kapasitas baju yang di masukan.

Lalu apa bedanya mesin cuci 1 tabung Top loading dan Front loading, Mesin cuci Top load merupakan jenis mesin cuci yang memiliki lubang tabung dibagian atas, sementara Front loading memiliki lubang tabung di bagian depan samping mesin cuci tersebut. Diantara ke-2 jenis mesin cuci ini mesin cuci 1 tabung, Front loading paling canggih.
Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci
"Kalau begitu lebih baik memilih mesin cuci Front loading sebagai mesin cuci terbaik..."

Ett... Jangan buru-buru sob, ada beberapa pertimbangan lain yang harus sobat pertimbangkan dalam memilih mesin cuci ini. yaitu :

3. Mempertimbangkan Harga Mesin cuci

sebelumnya, tapi sebelumnya baca dulu aja : Mesin cuci 1 tabung vs mesin cuci 2 tabung

Pertimbangan harga mesin cuci ini tentu sangat penting sob. Hal ini karena harga mesin cuci tersebut sangat beragam, ada yang cuma 1Jt sampai 10Jt juga ada. Maka dari itu pertimbangkan juga kondisi keuangan anda. Jangan memaksakan membeli mesin cuci 1 tabung Front loading bila keuangan anda tidak sampai, lebih baik uang tersebut digunakna untuk hal lain aja karena ada jenis mesin cuci yang bisa dibeli dengan harga lebih murah.
Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci
Sayakan sibuk... jadi saya cari barang yang otomotis...

Jika sobat memang sangat sibuk atau Malas,... :)  Jika sobat berencana membeli mesin cuci satu tabung karena lebih efisien, pertimbangkanlah jenis mesin cuci satu tabung tersebut.

Jika memang sobat tidak mempedulikan harga yang penting kualitas, tentu mesin cuci 1 tabung front load bisa sangat diandalkan karena jika dibandingkan dengan jenis Top load, mesin cuci Front load lebih baik. Namun jika budget sobat belum sampai, tidak ada salahnya memilih mesin cuci 1 tabung yang Top loading karena harganya lumayan jauh lebih murah.

Sobat juga bisa memilih mesin cuci 2 tabung yang memiliki harga lebih murah lagi dibandingkan mesin cuci 1 tabung. selain itu, Dan, apabila terjadi kerusakan, mesin cuci 2 tabung lebih murah ongkos refarasinya karena memang alat-alat yang digunakan pada mesin cuci tersebut cukup murah dan mudah didapat.
Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci
4. Mempertimbangkan hasil pencucian

Menurut Beberapa Ibu-Ibu yang telah saya Kepoin, Mesin Cuci 1 tabung kurang bersih dalam proses pencucian (kecuali yang Front loading). Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang mengaharuskan kita mengambil dan mengecek apakah Pakaian tersebut sudah bersih atau tidak sebelum selanjutnya di keringkan.

Memang mesin cuci 2 tabung lebih cocok digunakan untuk mencuci pakaian-pakaian yang sangat kotor, Hal ini karena mesin cuci 2 tabung memberikan kesempatan agar kita bisa mengecek kondisi pakaian tersebut sebelum akhirnya di keringkan.

selain itu, dalam proses pengendaliannya mesin cuci 2 tabung ini sangat mudah, sehingga sangat wajar bila mesin cuci 2 tabung sampai sekarang masih bisa bersaing dengan mesin cuci yang lebih canggih diatasnya.

5. Jangan lupakan faktor daya listrik

Memang sebetulnya setiap jenis Mesin cuci memakan daya yang hampir sama, Namun bagi sobat Teknisi yang sangat teliti dan apik pada setiap pengeluaran, ada sedikit perebedaan daya listrik diantara beberapa jenis mesin cuci. Hal yang membedakan daya listrik setiap mesin cuci dapat dipengaruhi oleh Kapasitas, Kecepatan pencucian dan Jenis mesin cuci.

Semakin besar kapasitas mesin cuci maka daya listrik yang dibutuhkan juga akan sedikit lebih besar dibandingkan yang berkapasitas kecil. Semakin cepat mesin cuci maka daya listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

Jenis mesin cuci 1 tabung Top loading memiliki 1 buah motor listrik, dimana Motor listrik tersebut digunakan untuk mencuci, membilas dan mengeringkan sekaligus. sehingga daya listrik yang digunakan untuk membilas, mencuci dan mengeringkan akan sama besar.

Ditambah lagi beberapa komponen lain seperti Motorik untuk menguras air otomatis dan modul kontrol yang lumayan memakan daya listrik.

Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang memiliki 2 motor listrik, dimana daya listrik yang digunakan pada pengering memiliki daya yang lebih kecil, sehingga akan menghemat pengeluaran listrik anda.

berbeda lagi dengan Mesin cuci 1 tabung Front loading yang memiliki sistem lebih canggih dan saya juga belum paham sepenuhnya.

6. Banyaknya suku cadang
Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci
sumber : http://www.wikikomponen.com/

Sebagaimana dijelaskan pada Poin 2, bahwa mesin cuci 2 tabung memiliki banyak suku cadang yang bisa dibeli dipasaran dan harganya juga murah. Berbeda dengan mesin cuci 1 tabung yang memiliki jumlah suku cadang yang sangat langka dipasaran sehingga apabila ada kerusakan kita perlu memanggil layanan teknisi Brand mesin cuci tersebut.

7. Mempertimbangkan Brand Produk
Tips Memilih Mesin Cuci yang pas untuk kebutuhan anda, beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci

Setiap brand mesin cuci memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Tidak ada brand yang sempurna, karena meskipun secara kualitas barang bagus, harganya tidak mungkin bagus, Jelas akan sangat mahal. Sehingga Faktor pertimbangan brand dan hal lain sangat penting disini.

Sebaiknya pilihlah mesin cuci dari brand atau merk yang sudah terkemuka karena biasanya kualitas barang dan bahan-bahan pembuatannya sangat bagus. Seperti Samsung, Sanyo, Toshiba, Sharp, Panasonic dan lain-lain

Itulah sedikit faktor-faktor memilih mesin cuci yang pas untuk kebutuhan anda. Bagaimana, sudah tertarik membeli mesin cuci? Bagi anda yang berencana membeli mesin cuci, sebaiknya kenali dulu spesifikasi dari setiap Tipe mesin cuci.

silahkan sobat baca : Harga dan Spesifikasi Mesin cuci merk Samsung lengkap

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermafaat dan dapat membantu anda dalam memilih sebuah mesin cuci yang sangat pas untuk kebutuhan anda baik itu untuk pribadi, banyak orang ataupun sebagai jasa laundry

1 Response to "Tips Memilih Mesin Cuci yang Pas untuk kebutuhan anda"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL