Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kipas angin. Tepatnya kita akan membahas mengenai kipas angin dan bagian-bagian didalam kipas angin.

Kenapa harus mengenal?
  • Ada beberapa alasan yang membuat sobat harus mengenal bagian-bagian dalam kipas angin.

Alasan paling penting
  • Untuk mempermudah sobat mereparasi kipas angin
  • Dan mempermudah saya untuk menjelaskan perbaikan kipas angin

Contoh

Saya menjelaskan tentang mengganti bering dan bushing kipas angin untuk mengatasi kipas angin yang macet.

Jika sobat tidak mengenal yang namanya bering dan bushing bagaimana toh sobat mempraktekannya bukan.


Maka dari itu, dengan membaca kontruksi kipas angin, mengela bagian-bagian didalamnya ini semoga dapat membantu sobat dalam merefarasi sendiri kipas angin.



Definisi kipas angin

Kipas angin adalah alat yang digunakan sebagai penghasil angin. Fungsi umum kipas angin adalah untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).

Kipas angin secara umum dibedakan menjadi kipas angin tradisional dan kipas angin tenaga listrik. 
Kipas angin tradisional biasanya menggunakan tenaga tangan untuk mengehembuskan angin, kalau orang sunda mah nyebutna hihid...

Sementara kipas angin listrik tentunya menggunakan energi listrik sebagai energi penggerak dan menghasilkan hembusan pada kipas angin.

Kipas angin semakin bervariasi baik dari fungsi, segi ukuran, dan penempatan posisi. Banyak sekali alat yang harus menggunakan kipas angin. Misalnya sebuah unit personal computer yang diharuskan memilki kipas angin didalamnya untuk mendinginkan bagian-bagian penting salah satunya CPU

Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed). Dan kipas angin ini pula yang akan kita bahas bagaimana cara memperbaikinya sama-sama.

Perhatikan gambar :

Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
kipas angin

Gambar kipas angin inilah yang akan kita bahas. Karena kipas tipe ini memiliki pasilitas yang lengkap dan bisa diaplikasikan keberbagai kipas angin lain sejenisnya.

Pada umumnya pada sebuah kipas angin terdapat 3 bagian utama dan yang menjadi 3 bagian penting persi kelistrikanku(dot)com yaitu
  • Bagian body
  • Bagian kelistrikan
  • Bagian mesin

A bagian body

bagian body dapat digambarkan seperti pada gambar :

Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
gambarnya jelek...

1 bagian ini merupakan tempat dimana angin dihasilkan dari baling-baling. Baling-baling tersebut dihalangi oleh sangkar baling baling sehingga membuat baling-baling lebih aman dari konak langsung pada benda lain, misalnya idung sobat

2 bagin ini merupakan bagian yang paling penting dan juga paling mahal sekaligus sebagai jantungnya kipas angin. Bagian ini tempat beradanya sebuah mesin motor listrik (dinamo) kipas angin. Selain untuk dinamo, pada bagian ini juga terdapat sebuah gaerbox tempat pengatur kipas angin dapat menengok atau tidak.

3 bagian leher ini banyak fungsinya, setidaknya ada 3 fungsi utama dari leher yaitu : untuk menahan kipas angin agar tegak dan menmpel pada body, membuiat kipas angi dapat menengok dan membagikan udara menjadi lebih merata, dan mengatur arah kipas angin secara horizontal, keatas dan kebawah. Yah, fungsi leher kipas angin ini hampir sama dengan fungsi leher dari manusia

4 bagian ini, pada umumnya sebagai tempat kilistrikan berada, dari mulai masuknya arus dari sumber dan kemudian diatur oleh kontrol kipas angin, bagin berupa saklar tekan, saklar tarik, timer, saklar berupa modul (sirkuit PHB), telur cicak  dan lainnya.

5 bagian paling bawah ini merupakan bagian paling berat karena pada bagian ini kipas angin dapat bediri tegak. Pada beberapa merk kipas angin, bagian ini dapat diatur tinggi rendahnya sebuah kipas angin.


B Bagian kelistrikan

Pada bagian kelistrikan, tentunya kita tidak akan membahas bentuk melainkan sebuah rangkaian kelistrikan yang dapat membuat sebuah kipas dapat bekerja sesuai dengan keinginan. Selian itu bagian ini sangat penting karena namanya mirip dengan domain blog ini kelistrikan-kelistrikanku....... (maksud loh)

Lihat gambar :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya


Sumber dari stop kontak

Ini adalah kelistrikan utama, kabel ini yang menghubungkan antara kipas angin dan sumber listrik, misalnya PLN atau genset

Saklar speed

Saklar speed atau selektor speed atau juga saklar kecepatan adalah tempat dimana sobat bis memiliki kecepatan pada kipas angin dan sekaligus menghentikan kipas tersebut biasanya kipas angin memiliki 4 tombol saklar dengan fungsinya masing-masing

0 untuk berhenti atau menghentikan kipas angin. Bisa juga disebut off
1 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang biasa saja
2 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang lumayan kencang
3 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang cepat

Pada umumnya, warna dari keempat kabel tersebut berbeda beda, tergantung merk dari kipas angin yang sedang sobat refarsi tersebut. Maka dari itu, jangan asal sambungkan kabel pada kipas angin karena dapat mengakibatkan kipas angin terbakar.

Misalkan menyambungkan kabel biru yang seharusnya mengarah langsung pada kipas angin disambungkan pada bagian saklar. Itu berbahaya.

Lebih baik periksa kondisi dan posisi kabel yang sesuai dengan Avo meter

Kapasitor 1.5 micro farad

Kapasitor memiliki fungsinya sendiri yang terpisah dari kabel antara saklar dan motor listrik jadi cukup mudah memahaminya


Motor listrik

Motor listrik bisa dibilang juga dinamo atau mesinnya pada kipas angin. Kabel yang terhubung dari saklar, kapasitor dan sumber akan menumpuk disini. Biasanya motor listrik pada kipas angin akan mengeluarkan 6 keluaran kabel, ada juga yang 5 dan 3 tergantung jenis dan fungsi dari kipas angin tersebut.

Namun, yang paling banyak adalah kipas angin yang memiliki 6 keluaran kabel, 3 untuk kontrol kecepatan, 1 untuk netral atau listrik langsung dan 2 untuk kapasitor.

Bagaimana dengan kelistrikan pada motor listrik? Apalagi sobat masih bingung dengan 6 keluaran kabel yang terdapat pada kipas angin tersebut. Saya akan coba lebih mejelaskan dengan gambar dibawah ini :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
Dalam sebuah dinamo atau motor listrik pada kipas angin pada umumnya, dinamonya dilengkapi dengan 4 kumparan masing-masing kumparan memiliki 2 ujung dan  berartinya 8 keluaran. 1 kumparan utama dengan lilitan paling banyak, 3 kumparan speed sisinya disatukan dan memiliki volume yang hampir sama dengan lilitan utama.

Pada gambar dijelaskan

Speed 1 menyatukan antara kumparan utama masukan 1 dan kumparan masukan a1
Speed 2 menyatukan antara kumparan masukan a2 dengan kumparan keluaran b1
Speed 3 menyatukan antara kumparan masukan a3 dengan kumparan keluaran b2

Tersisa 2 keluaran yaitu kumparan utama keluaran 2 dan kumparan keluaran b3 yang nantinya akan menjadi sambungan kapasitor dan sambungan langsung pada sumber listrik.

Jadi kipas angin bisa memiliki 5 kabel dan 6 kabel karena pada kabel langsung pada sumber dan kapasitor ada yang dipisahkan didalam mesin ada juga yang dipisahkan diluar.

bagaimana dengan kipas angin 3 kabel?
kipas angin yang memiliki 3 kabel keuaran sangat mudah, biasanya memiliki warna hitam, putih dan merah dimana fungsinya
hitam : untuk listrik langsung dari sumber, bisa juga disebut kabel netral
putih : untuk sambungan pada listrik langsung dan kapasitor jadi dijumper
merah : untuk sambungan pada kapasitor saja

lebih mudah bukan

C Bagian mesin

Pada bagian mesin akan terlihat banyak sekali komponen yang tidak dikenal.
Perhatikan gambar :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

1 bagian bushing (bos). Ini berfungsi sebagai penyeimbang dan kontak langsung dari angker atau rotor (bagian berputar) dan stator (bagian yang diam). Ada juga sebagai kipas angin yang menggunakan laher. Dan biasa kipas angin yang menggunakan laher memiliki kekuatan yang lebih awet.


2 bagian angker atau rotor. Rotor adalah alat rotasi. Dengan kata lain bagian ini yang berputar. Bagian depan rotor difungsikan untuk baling-baling, ditengah untuk penghasil putaran karena motor listrik dan bagian belakang untuk gigi (gear) pada gearbox

3 bagian kumparan. Bagian ini termasuk pada bagian motor listrik (dinamo). Bagian ini adalah bagian paling penting pada kipas angin. Kumparan akan mengubah arus listrik yang masuk menjadi energi magnet dan kemudian memutarkan rotor.

4 keren. Bagian ini termasuk pada bagian motor listrik dan berfungsi sebagai tempat kumparan disimpan

5 baud. Baud pada kipas angin berjumlah 4 dan baud ini biasanya dipasangkan dengan mur di sisi lainnya. Fungsinya tentu untuk mengencangkan mesin

6 bagian gearbox dalam bahasa indonesia disebuta wadah gigi. Disini tempat gigi-gigi berada untuk menurunkan kecepatan putaran pada rotor dan mengarahkan putaran tersebut pada bagian leher

7 bagian gigi. Gigi gigi ini adalah alat untuk mengunyah makanan. Eh maksudnya untuk menurunkan kecepatan sebagaimana telah dijelaskan diatas.

Itu adalah kontruksi mesin kipas angin dengan jenis mesin paling umum yaitu jenis motor listrik 1 fasa kapasitor atau Induksi. Ada juga beberapa kipas angin yang menggunakan sistem mesin motor listrik shaded pole yang relatif lebih kecil namun lebih awat, kuat dan irit.


itulah penjelasan apa adanya tentang kontruksi kipas angin, sistem kelistrikan, dan bagian mesin didalamnya. Penjelasan diatas adalah penjelasan berdasarkan pengalaman saya pribadi setelah membongkar kipas angin.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu masalah sobat. mohon maaf bila banyak kesalahan apalagi masalah gambar yang sangat jelek, maklum lah modal paint doang...

5 Responses to "Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya"

  1. thx infonya ya gan, bermanfaat banget nih...

    ReplyDelete
  2. Wah aku anak TAV tapi gak pernah diajatkan kipas angin.

    ReplyDelete
  3. makasih gan jadi makin tau ane :D

    ReplyDelete
  4. Penjelasanya lengkap banget, makasih infonya min :)

    ReplyDelete

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL