Gampang Banget Atasi Pompa Air Macet, Bigini caranya !

Bismillahirrahmanirrahiem

Bingung bagaimana cara memperbaiki pompa air yang sudah dinyalakan tapi tidak mau berputar. Pas dicoba kipasnya di putar-putar sendiri dengan tangan, tetap tidak mau berputar, alias macet. Bagaimana sih cara mengatasinya ?

Yuk simak terus pembahasan kali ini.

Cara memperbaiki pompa air macet hanya berdengung

Diagnosis Letak kerusakan

Pertama-tama kita harus tahu apa yang menyebabkan pompa air macet sebelum melakukan perbaikan. Ada beberapa alasan pompa air macet, atau tidak mau berputar.

1) Pompa air Tidak Berputar Saat Dinyalakan

Misalnya sobat menyalakan pompa air, namun pompa air tidak mau berputar, namun ada suara dengungan mesin. Apa yang menjadi penyebab kerusakannya ?

Pertama, sobat dapat membuka bagian tutup kipas pompa dan silahkan coba saat nyalakan pompa air sambil putar kipasnya dengan tangan. 

Nanti ada dua kemungkinan 

a) Pompa air berputar namun kipasnya harus diputar dulu dengan tangan.

Jika demikian, penyebab kerusakannya adalah kapasitor, silahkan ganti kapasitor dengan yang baru. Untuk ukuran kapasitor, sebaiknya samakan saja dengan yang sebelumnya.

Cara memperbaiki pompa air macet dengan ganti kapasitor
Baca disini : Cara cek Kapasitor

b) Pompa air tidak mau berputar meskipun sudah diputar-putar oleh tangan

Jika demikian, penyebab kerusakannya adalah bagian poros yang tidak sentris. Bisa coba perbaiki dengan memasang pompa air dengan cara benar-benar rapih, atau dengan mengganti bagian bearingnya.

Itu jika ada seura berdengung. Jika tidak ada suara dengunan sama sekali, kemungkinan kerusakan ada di bagian kelistrikn

yaitu :

Stop kontak - kabel - bagian kapasitor - kumparan

2) Pompa air Macet dan bagian kipasnya sulit diGerakan

Kedua adalah bagian pompa air tidak mau berputar karena memang sulit diputarkan, meskipun kita sudah mencoba memutarnya secara manual dengan tangan. Ini berarti pompa air sobat macet.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Secara umum, pompa air macet ini berasal dari bagian poros pompa air. Yaitu bagian yang memanjang antara kipas, ke impeller.

alasan pompa air macet karena bagian poros


a) Pompa air Macet karena Impeller kotor

Salah satu cara paling cepat mengatasi pompa air yang macet adalah membersihkan bagian impeller pompa air, sebab bisa jadi penyebab utama dari pompa air macet adalah adanya banyak kotoran seperti pasir dibagian impeller.

Kotoran-kotoran dapat terhisap bersamaan dengan air menuju impeller dan menyebabkan pompa macet. Oleh karenannya, agar tidak banyak kotoran yang masuk pada pompa air, sebaiknya pasang saringan di bagian pipa hisap.

Cara memperbaiki pompa air macet dengan bersihkan bagain impeller

Silahkan buka bagian tutup impeller, dan bersihkan impeller hingga semua kotoran yang ada didalamnya hilang, dan siahkan tutup kembali bagian impeller pompa air tersebut dan silahkan coba nyalakan kembali.

b) Pompa air macet karena posisi Poros kurang sinkron

Jadi di bagian poros pompa air, terkhusus di bagian penghisap air, impeller dan bagian body pompa itu memiliki jarak yang sangat pas. Oleh karenanya, bila impeller terlalu depan atau terlalu belakang bisa menyebabkan macet.

Cara memperbaiki pompa air macet


Solusinya, pasangkan pompa air sepas mungkin, bisa di bantu dengan palu karet untuk membuat posisi impeller benar-benar pas.

c) Pompa air macet karena posisi rotor tidak pas

Selain bagian impeller, bagian rotor atau angker yang berada di bagian kumparan dinamo juga berpengaruh terhadap kemacetan putaran pompa air. Oleh karenanya sebaiknya perhatikan, bagian poros ini harus benar-benar sentris atau berada di posisi yang benar-benar pas.

d) Pompa air macet karena bagian Bearing rusak

Jika poin a sampai c sudah sobat coba dan hasilnya masih macet, berarti kemungkinan berikutnya adalah bagian klaher/bearing yang macet. Silahkan saja coba sobat cek sendiri bagian bearingnya, apakah susah untuk di putarkan ?

Jika ya, silahkan ganti bearing dengan yang baru. Namun dalam mengganti bearing itu ada tekniknya, jika salah maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih merepotkan lagi nantinya.

Oleh karenanya sebaiknya berikan saja urusan penggantian bearing ini pada ahlinya. Misalnya di kondang service.

Atau bisa juga melihat tutorial ini : Cara mengganti bearing pompa air

Kesimpulan

Intinya, pompa air macet berasal dari bagian poros yang kurang sentris. Silahkan cek bagian poros tersebut, seperti pada impeller, bearing dan lainnya. Usahakan semua komponen yang ada didalamnya masih dalam keadaan normal dan terpasang dengan baik.

Jika sudah demikian, pompa air sobat akan baik-baik saja.

Mau lihat saya lagi nyervis pompa air macet, bisa di sini :

Demikian ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat... jangan lupa share...

Posting Komentar untuk "Gampang Banget Atasi Pompa Air Macet, Bigini caranya !"