Berbagai Fungsi Tang Dari Tiap Jenisnya (Alat Wajib Teknisi)

Bismillahirrahmanirrahiem
Mengenal jenis tang dan Fungsinya


Dalam dunia teknik apakah itu elektrikal atau mekanikal, tidak akan luput dari benda ini, benda yang merupakan hand tools dan terbuat dari bahan dasar baja di lengkapi dengan lapisan karet pada area gagangnya.

Nama alat ini adalah Tang, berfungsi untuk menjepit suatu benda kerja, apakah itu kabel,besi, dan lain sebagainya. 

Selain berfungsi untuk menjepit tang juga bisa di gunakan untuk memotong benda kerja yang cukup keras. Akan tetapi tang itu memiliki fungsinya masing-masing dibedakan dari jenis dan fungsinya. 

Macam-macam Tang Dan Fungsinya

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang macam jenis tang serta fungsinya, karena dalam penggunaannya pun tidak bisa asal pakai, oke langsung saja berikut ini adalah jenis-jenis tang serta fungsinya.

Side Cutting Plier (Tang Potong)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Yang pertama ada tang potong, dari namanya saja kita sudah tahu bahwa fungsi tang ini adalah untuk memotong suatu benda kerja, tang ini memiliki bentuk fisik ujung kepala yang lonjong serta memiliki ketajaman yang ada pada rahangnya. 

Untuk cara penggunaan tang potong ini dapat memotong benda dari sisi samping, dengan kata lain benda yang akan di potong berposisikan melintang dari tang tersebut.

Pemakaian tang ini bisa di fungsikan untuk memotong benda keras, seperti kawat, kabel tembaga, atau bisa juga digunakan untuk keperluan mengupas bungkus/kulit kabel. Harap di perhatikan untuk penggunaan tang potong ini jangan sering di gunakan pada benda logam yang sangat keras karena akan merusak ketajaman pada rahang tang tersebut.

Combination Plier (Tang Kombinasi)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Selanjutnya ada tang kombinasi, tang jenis ini sangat banyak dipakai, bahkan sebagian rumah pasti memiliki tang ini karena tang kombinasi memiliki lebih dari satu fungsi. Tang kombinasi memiliki bentuk fisik yang besar dan juga kuat, serta di lengkapi dengan bentuk rahang menyerupai sebuah layangan yang terbalik dan terhubung dengan kedua gagangnya.

Utuk pemakaian tang ini sangat banyak fungsinya, seperti pada ujung rahang tang kombinasi ini dapat di pakai untuk menjepit serta mencengkram suatu benda kerja, contohnya seperti kawat,kabel,plat dan bisa juga di gunakan untuk melilit sambungan pada kabel,tali kawat dan lain-lainnya.

Long Nose Plier (Tang Lancip)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Tang lancip ini memiliki bentuk rahang yang memanjang serta meruncing/lancip, dan pada permukaan genggamnya memiliki textur bergerigi menyerupai moncong ikan cucut maka dari itu tang ini juga sering disebut tang cucut. Penggunaan tang ini bisa digunakan untuk memegang suatu benda kerja berukuran kecil yang terdapat pada area sempit. 

Tang lancip juga dapat digunakan untuk membentuk kabel atau lembaran besi lunak sekalipun, selain itu bisa juga di gunakan untuk menjepit dan memotong kabel karena pada bagian dalam rahang tang lancip biasanya dilengkapi dengan rahang tajam seperti yang terdapat pada tang pemotong.

Water Pump Plier (Tang Air)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Tang air ini lebih banyak di kenal dengan nama lain seperti tang burung, interlocking joint plier, atau waterpump plier. Tang jenis ini memiliki pin dan beberapa slot pada tangkainya sehingga pada bagian tangkai satu lagi bisa di geser sesuai yang di perlukan. 

Penggeseran tangkai pada tang waterpump ini di maksudkan agar kita mendapatkan sebuah ukuran rahang yang di inginkan, karena semakin jauh tangkai di geser maka semakin besar bukaan pada rahang tang, hal tersebut menjadikan tang ini bersifat fleksible pada ukuran rahangnya sehingga sering digunakan pada pipa air.

Untuk fungsinya sendiri tang ini di fungsikan untuk memutar juga mencengkram suatu benda yang memiliki ukuran cukup besar seperti contohnya pipa air, bukan hanya itu tang ini juga bisa digunakan untuk menjepit sebuah klem pengikat yang memiliki ukuran cukup besar , contohnya seperti klem selang radiator

Slip Joint Plier (Tang Sambungan Slip)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Jika anda membeli sebuah kendaraan seperti mobil atau motor biasanya tang ini di sisipkan bersama kunci-kunci lainya sebagai bonus pembelian tang ini juga biasa di sebut tang jepit yang bisa dikatakan umum di miliki oleh semua orang. 

Tang ini memiliki kelebihan pada ukuran rahangnya yang dapat di perbesar atau di perkecil, perubahan pada rahangnya dapat dilakukan dengan cara menggeser salah satu tangkainya sehingga pin pada tangkai tersebut dapat bergeser ke suatu lubang yang terdapat pada tangkai lainya, pin disini berfungsi sebagai pivot, pergeseran pin tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah bukaan yang di perlukan.

Tang ini sering di fungsikan untuk mencengkram serta menjepit suatu benda kerja yang memiliki bentuk seperti pipa berdiameter kecil atau lembaran plat sekalipun.

Vice Grip (Tang Buaya/tang jepit)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Tang buaya atau bisa juga di sebut locking pilers memiliki bentuk fisik menyerupai moncong seekor buaya dengan bentuknya yang menyerupai moncong buaya maka tang ini sering disebut tang buaya. Tang jenis ini memiliki rahang yang dapat di atur besar atau kecilnya cara mengaturnya cukup dengan memutar setelan yang terdapat pada tang bagian belakang. 

Tang buaya juga dilengkapi dengan sistem pengunci untuk mengunci sebuah benda dalam keadaan rahangnya bersatu, dan untuk melepaskan kunciannya kita harus menarik tuas pengunci sampai cengkraman pada benda tersebut bisa di lepas. 

Tang buaya memiliki fungsi menjepit, mencengram benda kerja secara kuat dan menguncinya agar tidak terjadi pergeseran saat benda kerja akan di eksekusi, apakah itu di bor ataupun di potong karena jika menahan benda kerja yang akan di potong/di bor secara langsung oleh tangan itu cukup berbahaya. Rahang tang buaya pun bisa di fungsikan untuk mengunci atau melepas mur dan baut.

End Cutting Plier (Tang Catut)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Jika tadi dikenal dengan nama tang buaya tang catut juga biasa di sebut dengan tang kakak tua karena tang ini memiliki rahang yang menyerupai paruh burung kakak tua, untuk fungsi dari tang ini bisa di pakai untuk mencabut sebuah paku atau memotong sebuah kawat, hampir sama dengan tang potong namun jika tang potong memotong benda kerja dari samping, maka tang catut ini memotong benda kerja pada bagian ujungnya/depan.

Tang Crimping (Tang Pengupas Kabel)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Tang jenis crimping ini mungkin lebih dominan di gunakan dalam dunia elektrik atau kelistrikan, mengingat tang ini di fungsikan untuk mengupas kabel tang ini memiliki bentuk fisik ujung rahang yang berbentuk setengah bulat dan jika di tekan/di satukan akan menyerupai sebuah lingkaran dan menyesuakan dengan ukuran kabel pada umumnya dengan begitu tang ini dapat mengupas kulit kabel tanpa khawatir akan merusak kawat tembaga kabel.

Rivet Plier (Tang Rivet)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Tang Rivet atau Rivet Plier ini memiliki gagang yang panjang dengan ujung yang berbentuk menyerupai silinder, dan pada tengah silinder ini ada sebuah lubang yang dapat di masukan satu paku keling(rivet). 

Dengan begitu tang ini di fungsikan untuk menyatukan kedua benda seperti plat menggunakan paku rivet, dengan cara jika paku rivet sudah masuk kedalam lubang benda yang akan disatukan maka kita cukup menarik gagang tang ini sehingga akan menarik paku rivet dan menyebabkan pressan di antara kedua benda tersebut sehingga menjadi satu, jangan khawatir dengan tangkai bekas paku ini karena akan otomatis terpotong dengan sendirinya oleh tang ini.

Circlip Plier (Tang Snap Ring)
Mengenal jenis tang dan Fungsinya

Di urutan terakhir ada tang snap ring tang ini memiliki bentuk fisik ujung yang bulat dan runcing, dengan begitu tang ini bisa di gunakan pada ujung suatu lubang snapring, dengan begitu proses pemasang dan pelepasan snapring menjadi lebih mudah. 

Dalam penggunaan tang ini lebih sering di pakai pada bengkel-bengkel otomotif karena sangat memudahkan dalam pemasangan snapring contohnya snapring klaher, bearing ac belt.

Tang snap ring juga banyak saya gunakan untuk kebutuhan membuka seal pompa air. Karena seal pompa air terhalang oleh ring spi (snap ring). Sehingga perlu tang ini untuk membuka dan memasangnya kembali.

Maka yang sebaiknya Dimiliki terlebih dahulu ?

Tentu saja akan sangat boros bila sobat memutuskan untuk membeli semua jenis tang diatas, apalagi jenis tang yang akan jarang digunakan. 

Oleh karenanya, sebaiknya belilah jenis tang yang sesuai dengan pekerjaan sobat. Bagi pemula, seperti saya, utamakan membeli tang lancip dan tang pemotong. 

Kedua jenis tang ini akan banyak manfaatnya, apalagi bagi sobat yang bergerak dibidang instalasi listrik rumah.

Tang-tang lain bisa menyusul dan disesuaikan dengan pekerjaan sobat. Misalnya sobat yang lebih sering bekerja di pemipaan, sepertinya tang air akan lebih diperlukan, kemudian sobat yang bekerja di bidang baja ringan, penggunakan tang rivet kayaknya bagus untuk dimiliki.

Sesuaikan saja.

Namun, minimalnya sobat pemula atau sobat di rumah yang ingin mencoba ekperimen di rumah dan memperbaiki alat rumah tangga listrik sendiri, sebaiknya miliki tang pemotong, tang lancip ditambah dengan alat lain seperti obeng min dan plus, testpen dan AVometer.

baca Selengkapnya : Mau buka Toko Service ? berikut Alat elektronik yang dibutuhkannya

Oke sobat semuanya mungkin itu saja yang bisa bagikan mengenai beberapa jenis tang dan fungsinya, kurang dan lebih saya mohon maaf dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "Berbagai Fungsi Tang Dari Tiap Jenisnya (Alat Wajib Teknisi)"