Memahami MCCB. kakak MCB Dan Ragam Jenisnya

Mengenal MCCB dari fungsi dan rekomendasi

Bismillahirrohmanirrohim

Dalam ilmu kelistrikan, ada yang namanya pengaman atau Circuit Breaker (CB). Fungsi Circuit breaker pada rangkaian kelistrikan adalah untuk menghentikan aliran listrik bila pada rangkaian terjadi masalah. 

Karena masalah-masalah pada rangkaian kelistrikan ada banyak, maka dibutuhkan juga banyak jenis Circuit breaker (CB). Salah satu yang paling terkenal adalah MCB. Ya, MCB adalah jenis CB atau alat keamanan listrik yang paling banyak digunakan serta paling orang kenal.

Padahal ada banyak jenis Breaker yang bisa kita temui. Mungkin untuk anak elektro dan anak industri, jenis breaker ini sudah makanan sehari-hari, akan tetapi bagi orang awam seperti saya dan teman-teman pembaca blog ini pasti belum mengenal banyak jenis breaker. 

Untuk lebih lengkap mengenai jenis-jenis breaker bisa => Macam Circuit breaker dari berbagai kategori

Salah satu jenis alat keamanan listrik ini adalah MCCB. Apa itu MCCB ? Nah, kali ini mari kita ulas mengenai MCCB dari pengertian, fungsi dan hal-hal yang perlu di ketahui oleh sobat lainnya.

Mari mulai....

Mengenal MCCB

MCCB merupakan kependekan dari Moulded Case Circuit Breaker. Sebuah komponen pengaman listrik bila mana terjadi beban lebih (overload) dan hubung singkat (korsleting). 

Loh kalau itu sih MCB juga bisa bukan?

Perbedaan MCCB dan MCB

MCB maupun MCCB memiliki fungsi dan cara kerja benar-benar mirip. Akan tetapi tidak mungkin dibuat dua alat dengan nama berbeda bila tidak ada yang membedakannya bukan. 

MCCB dibuat untuk mengamankan arus listrik yang lebih besar dan fitur yang lebih lengkap, sehingga secara spesifikasi MCCB lebih besar, lebih kokoh dan tentu memiliki daya hantar arus lebih besar dibandingkan MCB. 

MCCB memiliki rating arus hingga 1000 ampere, sedangkan MCB hanya 63 ampere

Biasanya MCCB digunakan pada rangkaian dengan 3 fasa seperti untuk motor listrik di Industri. 

MCCB memiliki Trip Level yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Apa itu Trip Level ? 

Trip Level merupakan ambang batas maksimal arus listrik yang dapat melewati termal Circuit breaker, dimana bila arus listrik melebihi ambang batas (trip level) tersebut, maka Circuit Breaker akan memutuskan aliran arus listrik tersebut.

Karakteristik MCCB

- Biasanya dilengkapi dengan 3 kontak untuk arus 3 fase

- Kapasitas Maksimal Breaker antara 100 sampai 1000 Ampere

- Menggunakan Thermal Magnetic sebagai Komponen sensor

- Bisa di setting Adjusmet atau Fixed

- Frekuensi 50/60 Hz 

(tabel)

Perbandingan MCCB MCB
Ukuran Besar Kecil
Rating Arus (ampere) 1000 amps 63 amps
Trip Level Dapat diatur Sesuai pabrikasi
Interrupting Capacity 10 kA - 100 kA 10000 A
Penggunaan Industri Rumah, Industri dan komersial
Harga Mahal terjangkau


Interrupting Capacity merupakan batasan arus listrik yang melewati CB. Jika IC (interrupting Capacity) ini sudah terlewati maka CB akan rusak atau tidak berfungsi.  

Rekomendasi MCCB Yang Ada Di Pasaran

Pabrikan pembuat MCCB biasanya tidak berbeda jauh dengan pabrik pembuat MCB, kontaktor magnet, relay dan komponen panel industri lainnya. seperti :
  • - Schneider Electric
  • - OMRON
  • - Siemens
  • - ABB
  • - Mitsubishi Electric 

MCCB schneider electric

MCCB Compact NSX

MCCB schneider electric compact NSX

Schneider Electric sirkuit Compact merupakan referensi utama MCCB diseluruh dunia, dalam hal perlindungan bahaya listrik. Memiliki keahlian untuk daya, efesiensi pemeliharaan, energi, ragam fitur dan konektivitas digital yang canggih. 


MCCB schneider electric compact NSX


CB Compact NSX100F

3 Poles 3d

36 kA at 415 VAC

TMD Trip unit 100 A

MCCB schneider electric compact NSX


CB Compact NSX100N

3 Poles 3d

50 kA at 415 VAC

TMD Trip unit 100 A

MCCB schneider electric compact NSX


CB Compact NSX400N

3 Poles 3d

50 kA at 415 VAC

Micrologic 2.3 Trip unit 400 A


MCCB Compact NSXm

MCCB schneider electric compact NSXm

MCCB compact NSXm merupakan series NSX terkecil yang dapat melindungi komponen listrik hingga 160 A.

Dengan desain yang sederhana sehingga lebih mudah diaplikasikan. Terdapat juga pelindung kebororan pembumian terintegrasi

MCCB - ABB

ABB Sace Emax 2

MCCB ABB Sace Emax 2 jenis

ABB Sace Emax 2 tersedia denga 4 ukuran, agar dapat memastikan kinerja tinggi namun tetap ringkas. Bersertifikast dalam pengukuran energi aktif kelas 1 sesuai standar IEC61557-12

Terdapat inovasi ALl in One yang mampu mengelola segala kondisi grip berkat fungsi power ATS, contriller, load, shedding, Interface Protection, Adaptive Protection dan Synchrocheck logic.

Intergrasi ke dalam semua sistem otomatisasi dan manajemen energi dengan delapan protokol komunikasi yang dilindungi. Dapat terhubung dengan teknologi Bluetooth Low Energy yang tertanam.

ABB Sace Tmax XT

MCCB ABB Sace Tmax XT jenis

MCCB seri Sace Tmax XT dirancang untuk memaksimalkan kemudahan penggunaan, konektivitas dan integrasi sambil memberikan keamanan dan kualitas dunia. Tak hanya memberikan keamanan, MCCB ini memberikan anda fleksibilitas penuh, kemampuan Breaker yang ekstrim. Tersedia dengan Rating arus hingga 1600 A.

Baca juga : Cara membuat kendali ATS

MCCB - Siemens SINOVA 3VJ

MCCB Siemens Sinova 3VJ

MCCB Siemens SINOVA 3VJ ini merupakan unit Thermal magnetic trip yang menawarkan solusi sempurna untuk digunakan di Industri, bangunan infrastruktur atau utulitas.

Merupakan pilihan yang efisien sebagai distribusi daya hemat biaya. Memiliki fitur yang sederhana namun fungsional untuk memaksimalkan manfaat bagi pengguna.

Demikian Ulasan kali ini mengenal MCCB dan perbedaannya dengan MCB serta rekomendasi produk MCCB Terbaik yang bisa sobat gunakan.

Posting Komentar untuk "Memahami MCCB. kakak MCB Dan Ragam Jenisnya"