Mengenal Channel Transmisi Data Dan Kabel Yang Digunakan

Bismillahirrohmanirrohim

Transmisi data adalah sebuah proses pengiriman data ke sumber penerima data melalui perangkat computer maupun media elektronik lainnya. Itu artinya, sumber data menjadi awal proses transmisi melalui media transmisi yang bisa berbentuk kabel maupun radiasi elektronik pada perangkat elektronik lainnya yang berperan sebagai penerima. 

Dengan kata lain, media transmisi tersebut berfungsi sebagai jalur transmisi dari data yang telah dikirimkan. Tak cuma, media transmisi juga akan dibedakan lagi berdasarkan tipe channel. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tipe-tipe transmisi data, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

3 Tipe Channel Transmisi Data
Mengenal Channel Transmisi Data Dan Kabel Yang Digunakan

1. One Way Transmision

One Way Transmision atau tipe transmisi satu arah ini merupakan arah channel pengiriman transmisi yang hanya terdiri dari satu arah, dimana sumbernya berperan sebagai pengirim transmisi saja ke si penerima. Begitu pun dengan alatnya yang hanya mempunyai satu fungsi saja. 

Adapun mengenai beberapa contoh pada tips One Way Transmision ini, diantaranya seperti transmisi siaran radio dan tv. 

2. Either Way Transmision

Either Way Transmision biasa juga disebut dengan istilah tipe transmisi dua arah bergantian, yang mana channel tranmisi bisa mengalir ke dua arah. Akan tetapi, aliran transmisinya harus dilakukan secara bergantian. 

Seperti halnya pada pengunaan radio CB walkie talkie, yang mana aktivitas berbicara dan mendengarkan suaranya harus dilakkukan secara bergantian. 

3. Both Way Transmision

Tipe transmisi data berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Both Way Transmision. Lantas, apa yang dimaksud dengan Both Way Transmision? 

Perlu kalian ketahui, Both Way Transmision ini merupakan arah informasi data yang bisa mengalir pada dua arah secara sekaligus. Itu artinya, Both Way Transmision mampu mengirim serta menerima pada waktu yang bersamaan . 

Contoh dari tipe Both Way Transmision ini seperti penggunaan pesawat telepon, dimana kita bisa melakukan aktivitas berbicara sambil mendengarkan.

baca juga : Sudah Tahu Fungsi Port Optical Audio Pada Perangkat Elekronik ?

Berbagai Ukuran Kecepatan Transmisi Data

Mengenal Channel Transmisi Data Dan Kabel Yang Digunakan
Sumber : https://www.edupointbd.com/data-transmission-method-ev/

1) High Speed Netwrok

Dari namanya sudah sangat jelas, tingkat kecepatan High Speed Netwrok ini adalah yang paling tinggi. Menurut informasi yang didapat, High Speed Netwrok mempunyai data lebih besar dari 20 Mbps yang umumnya digunakan dalam LAN untuk kebutuhan mainframe computer besar. 

Ya, beberapa contohnya seperti Loosely Coupled Network dan Hyperchannel atau Network System Corporation. 

2) Medium Speed Network

Adapun kapasitas transimisi data pada Medium Speed Network mulai dari 1Mbps sampai 20 Mbps, sehingga kerap digunakan pada LAN untuk kebutuhan mainframe computer skala kecil maupun mikro computer.  

3) Low Speed PC Network

Low Speed PC Network memiliki tingkat kecepatan yang paling rendah dibanding. Bagaimana tidak? sebab kapasitas transmisi datanya lebih kecil dari 1 Mbps. Itu sebabnya, mengapa Low Speed PC Network sering diaplikasikan pada personal computer (PC) seperti apple talk maupun apple macintosh. 

baca juga : Saluran TV SCTV Menghilang? Berikut List Frekuensi & Cara Meng-inputnya

3 Jenis Kabel yang Umum Digunakan Untuk Transmisi Data

Mengenal Channel Transmisi Data Dan Kabel Yang Digunakan
https://www.edupointbd.com/data-transmission-method-ev/

1. Kabel Terpilin

Kabel terpilin berupa kabel dengan dua konduktor yang digabungkan guna mengurangi atau menghilangkan masalah listrik hingga medan magnet dari luar. Pada umumnya kabel terpiiln akan dibedakan lagi menjadi dua tipe berbeda, yakni kabel terpilin tanpa pelindung dan kabel terpilin yang memiliki pelindung. 

2. Coaxial Cable

Lain halnya dengan Coaxial Cable, dimana ia berupa sebuah kabel yang tersusun oleh dua konduktor dan isolator. Biasanya konduktor yang pertama terbuat dari bahan tembaga, serta posisinya yang selalu berada di bagian inti. Tak hanya itu, ia juga sudah dilapisi dengan struktur isolator.  

Adapun konduktor kedua yang tampak melingkar di bagian luar isolatornya, atau lebih tepatnya lagi berada di bawah lapisan selubung luar. 

Coaxial Cable ini biasanya dibalut atau dibungkus dengan bahan metal bertekstur lembek. Kendati demikian, tingkat transmisi data pada Coaxial Cable ini lebih tinggi ketimbang jenis kabel terpilin. Sehingga tak heran jika harga Coaxial Cable lebih mahal dibanding jenis kabe terpilin. 

baca juga : Mengenal jenis kabel listrik

3. Fiber Optic Cable

Fiber Optic Cable berupa jenis kabel dengan tekstur lentur dan transparan yang materialnya terbuat dari bahan gelas silica serta sudah dilapisi dengan palindung di bagian luarnya. Adapun serabut kabelnya yang memiliki ukuran tipis seperti selembar rambut manusia. 

Secara spesifikasinya, tentu saja Fiber Optic Cable memiliki tingkat transmisi data yang 10 kali lipat lebih tinggi dari jenis Coaxial cable tadi. 

Mengenai cara kerjanya, Fiber Optic Cable ini akan mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya sehingga terciptalah system transmisi informasi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Fiber Optic Cable mempunyai kemampuan untuk me-transmisikan sinyal dari jarak jauh sekalipun. 

Mengingat keunggulannya yang sedemikian rupa, secara otomatis harga Fiber Optic Cable ini akan lebih mahal dibanding kedua jenis kabel diatas tadi. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Channel Transmisi Data Dan Kabel Yang Digunakan"