Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tahu Fungsi Port Optical Audio Pada Perangkat Elekronik ?

Bismillahirrohmanirrohim

Apakah anda suka memutar musik, melakukan rekaman vokal, atau apapun yang berkaitan dengan dunia audio. Pasti tidak akan asing dengan perkabelan sebagai media perantara antara audio input dan output. 

Dan kabel ini juga bisa mempengaruhi audio yang di hasilkan dengan kata lain semakin bagus kabelnya maka audio yang dihasilkanpun akan semakin maksimal. 

Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu kabel audio yang berjenis Optical Audio. 

Jenis kabel audio Tentu sangat banyak bukan hanya optical audio saja, dan nanti saya pun akan membahas secara singkat satu persatu, akan tetapi terlebih dahulu kita harus mengetahui secara detail optical audio ini, penasaran? 

MEngenal Fungsi Optical Audio port


Yuk kita simak informasinya di bawah ini...

Apa Itu Optical Audio ?

Optical audio atau biasa di sebut port optical audio adalah suatu port yang berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal suara. Dan untuk jenis optical audio ini menggunakan kabel fiber optic dan juga menembakan sinar laser sebagai media pengiriman sinyal suara. 

Berbeda dengan kabel HDMI yang bisa mengirim sinyal gambar dan suara  sekaligus port optical audio ini hanya bisa mengirim sinyal suara saja. 

Mengapa saya membandingkannya dengan port HDMI ? 

Fungsi Optical Audio pada TV elekronika

karena biasanya kita akan menemukan port optical audio berada bersebelahan dengan port HDMI pada beberapa perangkat, seperti Televisi LED, Playstasion ataupun media player lainnya yang sudah mendukung HDMI.

Optical audio memiliki bentuk kepala kabel yang menyerupai ujung sebuah pistol, dan ujung itu berfungsi sebagai alat untuk menembakkan sinar atau cahaya laser ke port penerimanya, yang dimana cahaya laser tersebut adalah media transfer audio dari input menuju output kabel. 

Optical audio sendiri mengusung teknologi Fun Fact, yang dimana teknologi tersebut diperkenalkan kepada dunia dari tahun 1983 oleh sebuah perusahaan Toshiba. Pada awalnya perusahaan Toshiba menciptakan port optical audio ini untuk digunakan pada Compact-Disk yang mereka buat, dan alhasil optical audio lebih familiar dengan sebutan Toshiba-link atau kabel TOSLINK.

Seiring berjalanya waktu teknologi terus berkembang, dan hadirlah port HDMI yang dimana memiliki kelebihan bisa mentrasfer sinyal berupa audio dan video sekaligus, namun optical audio sendiri memiliki kelebihan tersendiri dengan beberapa fungsinya yang bisa kita manfaatkan sewaktu-waktu, mau tau apa saja? Berikut uraiannya.

baca juga : kekurangan kelebihan optical Audio Port dibanding HDMI

Fungsi Port Optical Audio

Secara umum pasti fungsi port optical audio adalah mentrasfer sinyal suara, dan anda pasti berfikir untuk apa mengunakan port ini jika ada port lain seperti hdmi? 

Namun ada beberapa fungsi khusus yang hanya bisa di lakukan oleh port optical audio seperti di bawah ini.

Dapat Digunakan Pada Pemutar Musik Jadul

Sudah Tahu Fungsi Port Optical Audio Pada Perangkat Elekronik ?

Jika anda memiliki sebuah pemutar musik yang memiliki kualitas sangat bagus tapi sudah tua, dan port hdmi tidak tersedia di perangkat tersebut, nah anda bisa memakai port optical audio untuk mendapatkan kualitas audio atau suara yang bagus dan setara dengan kualitas suara yang dihasilkan dari port HDMI.

Bisa Digunakan Walaupun Tanpa Menggunakan Layar

Saat anda memakai port HDMI pasti anda harus menyalakan layar agar dapat memutar suara, namun port optical audio ini tidak mengaruskan anda menyalakan layar dengan kata lain bisa memainkan suara tanpa menggunakan layar, kita ambil contoh berikut, anda ingin menggunakan Blu-ray player sebagai CD player tapi tidak ingin menyalakan televisi atau layar karna anda hanya ingin mendengarkan suaranya saja, jika perangkat tersebut memiliki port optical audio maka anda bisa langsung menikmati suara yang di hasilkan dari player tersebut secara langsung ke speaker atau receiver audio tanpa harus menyalakan televisi terlebih dahhulu.

Low Noise Atau Tidak Ada Bunyi Mendengung Pada Speaker

 Apakah anda pernah mendengar suara mendengung atau menggumam di speaker? Hal tersebut bisa di sebabkan oleh noise atau masuknya gelombang frekuensi ke saluran kabel speaker, nah jika anda menggunakan kabel optical audio anda tidak akan menemukan hal tersebut. 

Hal itu di karenakan kabel optical audio menggunakan kabel fiber optic yang murni plastik dan kaca, sehingga tidak akan ada gangguan frekuensi ataupun elektrikal yang menyebabkan speaker mendengung atau menggumam.

Kabel optic mungkin cenderung lebih rapuh dari kabel coaxial atau hdmi pada umumnya karena kabel optik tidak dapat di jepit atau di tekuk terlalu kencang, ujung kabel optik menggunakan konektor yang berbentuk trapesium dan harus di masukkan dengan benar.

Terlepas dari hal tersebut selanjutnya kita akan membahas kelebihan yang dimiliki oleh kabel tersebut yang dimana hal-hal berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memakai kabel Tersebut, mau tau apa saja? Berikut beberapa kelebihannya.

Kelebihan Menggunakan Optical Audio

Kabel optical ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri diantaranya.

Memiliki Bahan Dasar Yang Berkualitas Tinggi

Kabel optic audio memiliki bahan dasar yang berkualitas tinggi dan bisa di gunakan untuk televisi LED, Home Theater, Media player HD dan lain-lain, dengan bahan dasar yang bagus maka kualitas yang di hasilkanpun akan sangat bagus.

Memiliki kualitas Output suara yang bagus

Kualitas kabel optical audio ini tidak bisa diragukan lagi karna memiliki tingkat kualitas output suara yang bagus. Yang dimana pada umumnya optical audio ini dilengkapi dengan 11mm low loss core, konektor metal dan low jitter synthetic. 

Faktor tersebut akan sangat berpengaruh dalam kualitas audio yang dihasilkan karena ada konektor metal yang dapat meredam getaran serta bisa menghilangkan noise atau gangguan frekuesi dari luar.

Cocok Untuk Mentransmisikan Audio Digital

Jika socket audio umumnya mentransmisikan sinyal audio berupa analog atau frekuensi maka untuk jenis audio digital kabel optical audio ini sangat cocok. Karena kabel optical audio ini konduktornya berbahan dasar kaca kuarsa berbeda dengan kabel berbahan tembaga tradisional,yang memiliki cara kerja transmisi dengan cara memantulkan cahaya total. 

Sehingga dengan cara kerja tersebut kabel optical audio ini sangat cocok untuk audio jenis digital karena dapat mengirimkan suara berkualitas tinggi.
kekurangan kelebihan optical Audio Port dibanding HDMI


Kinerja Transmisi Yang Lebih baik

Walaupun optical audio bisa di katakan Sebagai teknologi transmisi yang sudah cukup lama di kenalkan dengan sebutan Toslink, akan tetapi opical audio ini memiliki kinerja transmisi yang sangat baik daripada sinyal transmisi analog pada umumnya, 

contohnya kabel optical audio ini sangat rendah atau bahkan tidak ada gangguan frekuensi atau low noise, sebagai buktinya dalam penggunaan optical audio ini suara yang di hasilkan jernih dan tidak ada suara mendengung ataupun menggumam seperti yang sudah kita bahas di atas.

Kelemahan Menggunakan Optical Audio

Selain memiliki beberapa kelebihan optical audio pun memiliki beberapa kelemahan seperti berikut ini.

Bandwith Yang Rendah

Bandwith yang rendah berarti kualitas suara yang dihasilkan bersifat inferior, akan tetapi kekurangan tersebut mungkin tidak terlalu mencolok atau tidak terlalu terdengar.

Format Yang Terbatas

Kabel optical audio ini hanya bisa membawa format audio tidak dapat membawa format video ataupun audio video seperi kabel Hdmi

Socket Mudah Terlepas

Ujung socket kabel optical audio ini cenderung mudah terlepas dari port receiver optical audio karena memiliki kepala berbentuk trapesium dan pemasangannya pun harus baik dan benar

Gimana sobat, udah tahukan apa saja kelebihan dan kekurangan kabel optical audio ini, jangan lupa juga ada beberapa fungsi khusus yang dimiliki kabel optical audio ini.

Oke sobat mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan semoga apa-apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua, untuk kurang dan lebih atau salah dalam perkataan saya mohon maaf dan terimakasih, sampai jumpa di lain pembahasan. 


Posting Komentar untuk "Sudah Tahu Fungsi Port Optical Audio Pada Perangkat Elekronik ?"