Yang Perlu Diketahui Dari Push Button | Switch Circuit

Bismillahirrohmanirrohim

Dalam rangkaian kendali sebuah panel box di industri listrik 3 fasa, ada begitu banyak komponen. Salah satu komponen yang paling penting dalam panel box ini adalah push button. 

Mengenal push button dari fungsi, jenis dan cara kerjanya

Pengertian Push Button

Push button adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar, yaitu menghidupkan dan mematikan rangkaian kendali motor listrik pada panel box.

Push berarti tekan dan button berarti tombol sehingga push button dapat diartikan juga sebagai tombol tekan untuk mengaktifkan rangkaian kendali.

Jenis Push Button

Push Button terbagi menjadi 3 yaitu :

  • Push Button start
  • Push Button stop
  • Double Push Button 
    Jenis push button switch start stop double

Push Button start merupakan push button yang berfungsi mengaktifkan rangkaian listrik dimana ketika tidak ditekan kondisi push button ini dalam keadaan terbuat (NO) atau Normaly Open, dan akan terhubung (NC) atau Normaly Close ketika ditekan.

Push Button Stop merupakan push button yang berfungsi men NON aktifkan rangkaian listrik dimana ketika titdak ditekan kondisi push button ini dalam keadaan terhubung (NC) atau Normaly Close dan akan terputus (NO) atau Normaly Open kita di tekan.

Double Push Button adalah push button dengan dua Fungsi karena memiliki dua kontak, yaitu kontak hubung NO dan NC sehingga ketika di tekan kontak hubung NO akan menjadi NC dan kontak hubung NC akan menjadi NO secara bersamaan.

Bagi yang penasaran apa sih yang di maksud NO dan NC

Simbol Push Button

simbol push button NO NC

Simbol ini digunakan bila nanti kita ingin mengerjakan project gambar bagan rangkaian kendali motor listrik 3 fasa. Sebetulnya simbol push button itu berbeda-beda sesuai dengan perusahaan seperti schneider electric, omron, hitachi dan lain-lain. 

Namun, untuk simbol SNI dari PUIL kalo tidak salah seperti yang ditunjukan oleh gambar diatas, atau kurang lebih seperti itu.

Cara Kerja Push Button Switch

Berbeda dengan saklar di rumah, Push button tidak menetap dalam kondisi yang sama sekali tekan. Bila saklar rumah ketika ditekan maka akan mempertahankan posisinya hingga kita memindahkan kembali secara manual.

Push button hanya akan bekerja bila Sobat tekan, setelah tidak ditekan maka kondisi kontak hubung akan kembali pada posisi semula.

Misalnya :

Kita menghubungkan push button start untuk menghidupkan motor listrik 3 fasa. Sobat tekan tombol startnya, maka motor listrik berputar, setelah sobat tidak tekan maka motor listrik akan berhenti berputar.

Fungsi dan cara kerja push button pada panel box

Fungsi dan cara kerja push button pada panel box


Kok gitu ?

Emang begitulah realitanya.

Lalu, kenapa rangkaian kendali di Industri ketika kita tombol push button start rangkaian hidup kemudian ketika kita sudah tidak tekan, rangkaian kendali tersebut tetap aktif beroperasi.

jawabannya 

Sebab memasang rangkaian kendali terkhusus yang menggunakan push button ini ada tekniknya, dan tentu dibuat seperti ini ada alasannya.

Teknik agar membuat rangkaian bekerja meskipun push button sudah tidak di tekan ini disebut sistem Self Holding atau pengunci rangkaian kendali. kontaktor magnet

Saya sarankan untuk membaca ulasan tersebut bila ingin lebih memahami cara kerja push button dan rangkaian kendali panel box pada umumnya.

Membuat push button agar hanya bisa bekerja bila ditekan saja bukan tanpa alasan.

Cara kerja push button ini berfungsi agar bila mana terjadi trip atau mati lampu di suatu waktu, maka rangkaian tidak akan langsung bekerja, karena ketika terjadi mati lampu, maka rangkaian akan otomatis mati dan harus di hidupkan kembali dengan menekan push button start.

Selain dengan mati lampu, karena push button start tidak bisa menghentikan rangkaian kendali langsung, maka disini hadir push button stop untuk menghentikan rangkaian listrik.

Bagaimana bisa ?

Cara Memasang Push Button Pada Rangkaian Kendali

Cara memasang Push button pada rangkaian kendali listrik

Push button stop harus di lalui kabel listrik sebelum push button start. Dimana push button stop bertugas memutus seluruh arus yang masuk pada rangkaian kendali.

Setelah itu kabel listrik menuju push button start dan kemudian ke kontaktor magnet. 

Selain ke push button start, kabel listrik dihubungkan juga ke bagian penguci (self holding), tepatnya kontak NO pada kontaktor magnet untuk menghidupkan rangkaian meskipun push button start sudah tidak ditekan.

Bagaimana dengan push button NO NC atau double push button ? 

Double push button digunakan pada rangkaian yang lebih rumit, yang harus mengubah dua posisi sekaligus seperti pada rangkaian kendali motor listrik 3 fasa star delta manual.

mengenal jenis push button NO NC atau double

Dimana pada rangkaian ini sobat harus mengubah posisi star menjadi delta dalam sekali tekan. Dan itu bisa di lakukan oleh duble push button. 

Cara Mengetahui Jenis Push Button Apakah NO atau NC !

  1. Sobat bisa cek bagian tombol tekan, bila warna merah umumnya merupakan push button NC atau push button stop. Jika hijau umumnya untuk push button NO atau Start;
  2. Sobat bisa langsung cek di bagian keterangan yang biasanya terletak pada body push button, karena disana akan tertera kondisi push button NO atau NC.
  3. Bisa mengukurnya menggunakan alat ukur Ohm atau Avo meter
Lebih detail mengenai poin 3 begini :

Sobat bisa arahkan selektor switch terlebih dahulu avometer/multitester ke pengukuran ohm atau tahanan, kemudian lakukan kalibrasi dengan menghubungkan kedua jarum pengukur. Bila ada gerakan jarum penujuk atau nilai pada layar itu menujukan AVOmeter siap digunakan.

Hubungkan jarum pengukur 1 ke baud penghubung kabel 1 dan jarum dua ke baud penghubung kabel 2. 

Bila hasilnya tidak ada nilai dan ketika ditekan tombol saklar push button menjadi ada nilai ditunjukan pada layar Avo, maka push button tersebut NO.

Bila hasilnya ada nilai dan ketika ditekan tombol saklar push button menjadi tidak ada nilai pada layar AVOMeter, maka push button tersebut NC.

Bila ada nilai dikedua posisi push button baik ditekan atau tidak berarti push button ada kerusakan. Begitu juga bila tidak ada nilai baik suda ditekan atau belum, berarti ada kerusakan.

Demikian ulasan kali ini, semoga bermafaat. Dukung terus blog ini untuk terus berkembang dengan cara share ya teman-teman.... itu sangat membantu. Terimakasih....

Posting Komentar untuk "Yang Perlu Diketahui Dari Push Button | Switch Circuit "