Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Kerusakan Instalasi Listrik Rumah & Solusinya

Bismillahirrohmanirrohim

Halo sahabat bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan melanjutkan pembahasan dari Panduan Belajar Instalasi Listrik rumah yaitu membahas tentang macam – macam kerusakan instalasi listrik rumah.

Seperti yang kita tahu dalam hal apapun yang di namakan suatu pekerjaan pasti ada yang nama nya kerusakan, dan sekarang saya akan mengulas sedikit tentang kerusakan pada instalasi listrik rumah apasaja dan berikut uraian nya.


1. Korsleting Instalasi Listrik


memperbaiki kerusakan korsleting listrik rumah
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)
Kata konslet atau korsleting sudah tidak asing lagi di khalayak umum, dan ini sudah sering terjadi sebagai jenis kerusakan pada istalasi listrik rumah apa penyebab nya?

konsleting bisa terjadi karena hubung arus pendek, komponen yang rusak seperti lampu dan peralatan elektronika, jalur kabel terkelupas sehingga fasa dan netral tersambung dan lain sebagai nya.

Penyebab korsleting ini sangat kompleks dan untuk mengatasi nya tentu saja dengan memastikan wiring instalasi dilakukan oleh orang ahli di bidang nya menggunakan bahan dan komponen yang baik dan mengikuti aturan tata cara pemasangan instalasi yang baik dan benar.

Cara Mengatasi Korsleting

Cek semua jalur apakah ada yang rusak kejadian yang biasa terjadi dalam kosleting adalah lampu short, peralatan elektronika short, ataupun kabel yang terkelupas.

Jika sudah ketemu penyebab nya segeralah lakukan perbaikan apakah itu mengganti komponen listrik atau kabel dengan catatan sumber utama arus benar – benar mati.


2. Saklar Instalasi listrik Bermasalah


kerusakan pada saklar
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)
Dalam kasus ini penyebabnya tidaklah begitu kompleks biasanya kerusakan saklar itu terjadi karena susunan per (pegas) dan kontak dalam saklar lepas dan tidak bisa berfungsi.

kerusakan pada saklar umum nya karena faktor pemakaian yang sudah lama. Kadang dalam beberapa kejadian ada juga saklar yang meleleh karna panas dari beban arus tidak sesuai dengan kapasitas saklar atau material bahan sakar yang kurang baik.

Cara Memperbaiki saklar bermasalah: 

jika kerusakan tidak benar-benar parah seperti dudukan tombol saklar terlepas maka bongkar dudukan nya dan coba pasangkan kembali, biasanya di dalam dudukannya ini terdapat satu per dan satu lempengan usahakan semua nya tersusun rapi dan semestinya,

jika dirasa sudah bagus dan bekerja dengan baik pasang kan kembali dan cobalah sambungkan lagi.


3. Fitting Lampu Short 


kerusakan pada fitting lampu
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)
Fitting lampu adalah dudukan atau rumah lampu, kerusakan pada fiting lampu bisa saja karna adanya kebocoran pada atap rumah sehingga saat ada hujan air merembes ke plafon dan masuk ke fitting maka terjadilah hubung arus pendek listrik atau short karna kita tahu bahwa air dapat menghantarkan listrik.

Cara Memperbaiki Fitting Lampu Short : 

Pertama matikan sumber utama, lalu buka fiting dari dudukan nya cobalah cek apakah socket lampu pada fiting bisa di perbaiki? Seperti hanya basah atau ada karat yang menyebabkan fiting short, jika masih bisa di perbaiki seperti hanya basah dan berkarat bisa di hamplas atau di lap saja.

jika kerusakan nya cukup parah seperti meleleh, patah dan lain-lainnya yang kemungkinan kecil bisa di perbaiki maka gantilah dengan yang baru.

Jangan lupa kita juga harus memperbaiki penyebab fiting itu short seperti atap yang bocor menyebabkan fiting lampu basah, maka kita harus memperbaiki nya juga agar ke depan nya fiting awet setelah di lakukan perbaikan atau penggantian.


4. Steker Dan Terminal Meleleh 


Memperbaiki stop kontak dan terminal dan steker
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)
Steker dan terminal atau bisa juga di sebut stop kontak bisa juga mengalami kerusakan, seperti contohnya meleleh, dalam hal ini penyebab nya adalah beban arus yang melewati stop kontak melebihi kapasitas stop kontak itu sendiri.

Bukan hanya stop kontak saja yang harus kita perhatikan tapi jenis kualitas dan kapasitas kabel juga harus di perhitungkan jangan sampai stop kontak memiliki beban untuk 3 kulkas namun kabel hanya memiliki kapasitas hanta arus hanya untuk 1 kulkas, di khawatirkan kabel akan panas lalu mengelupas dan bisa menyebabkan short atau konsleting.

Cara Memperbaiki steker & Stop kontak : 

Jika kerusakan terjadi pada steker, maka kita bisa menganti kepala nya saja dengan yang baru, Jika yang rusak adalah terminal nya maka kita harus mengganti beserta dudukan nya, Apakah dalam kerusakan terminal dan steker bisa di perbaiki ?

Tentu bisa, dengan beberapa kerusakan yang cukup umum seperti, kabel terputus, lampu indikator tidak menyala steker longgar dan lain-lain.

Kita ambil contoh kerusakan satu persatu.

Kabel terputus

Coba kita test dengan avo meter apakah kabel terminal benar-benar putus atau tidak, jika kabel dalam keadaan baik maka cek komponen lain nya, tapi jika benar kabel terputus cobalah urut kabel tersebut apakah ada kabel yang tergigit tikus terkelupas, atau meleleh.

Jika sudah diketahuikatakanlah kabel di gigit tikus maka buanglah bekas gigitan nya dan coba sambungkan kembali, samungkan dengan kuat jika kabel nya berjenis serabut bisa memakai solder setelah di sambung tutuplah dengan solasi khusus kabel listrik,

karena di beberapa tempat saya kadang melihat sambungan kabel yang di tutupi lakban bening atau lakban kertas perlu di catat ya sobat jika menggunakan lakban khawatirnya kabel akan keluar dan berbahaya jika sampai terkena ke badan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan maka tutuplah sambungan kabel dengan solasi yang khusus kabel.
solasi kabel untuk instalasi listrik rumah
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)


Steker Longgar 

Jika longgar nya karena baud nya lepas maka coba cari baud yang cocok dan pasangkan kembali. Jika longgar karna terlepas dari dudukan nya maka coba cek apakah ada penyangga di dalam steker yang patah?

Jika tidak pasangkan kembali pada dudukan yang ada lalu tutuplah kembali, jika penyangganya patah maka itu harus di ganti.
Untuk informasi mengenai cara memperbaiki saklar dan stop kontak rumah, bisa kunjungi : cara memperbaiki saklar dan stop kontak tanpa ribet


5. Sistem Grounding Rumah Yang Kurang Bagus 


Dalam pandangan orang awam mungkin grounding bukan lah hal yang penting karena listrik pada umum nya adalah fasa netral, akan tetapi grounding ini memiliki peran penting seperti meredam atau menjadi tempat buangan bila mana ada tegangan lebih,

boleh di katakan grounding adalah salah satu wiring pengaman karna dalam membuat alat penangkal petir saja perihal grounding lah yang sangat di perhitungkan.

Cara Memperbaikinya : 

carilah medan tanah yang cocok untuk grounding menggunakan earth tester, dan menurut NFPA dan IEEE nilai tahanan yang baik untuk grounding adalah kurang atau sama dengan 5 Ohm.


6. Instalasi Kabel Di Makan Tikus 


Tikus adalah pemakan segala, begitupun dengan kabel bisa saja di makan oleh tikus dan bisa membuat kabel terputus, untuk mencegah kejadian seperti ini saya saran kan agar menggunakan kabel yang di lengkapi anti gigitan tikus.

Cara Mengatasi Kabel dimakan tikus

Sama seperti penanganan di atas kita cukup membuang dan menyambungkn nya kembali namun dalam poin ini saya menambahkan agar memakai kabel yang sudah di lengkapi dengan isolasi anti gigitan tikus agar ketahanan kabel cukup awet dan tidak mudah di gigit tikus.


7. Sekering Terputus 


Dari meteran sebelum menyebar ke beban daya atau peralatan elektronika listrik pasti akan melewati sikring terlebih dahulu, Lalu mengapa bisa sikring terputus?

Itu di sebabkan karena adanya hubung arus pendek atau short yang terjadi pada salah satu komponen listrik sehingga sikring otomatis terputus karena sikring berperan sebagai indikator pengaman, dan setahu saya pemasangan sekering sebagai pengaman ini di terapkan pada instalasi rumah pada beberapa tahun ke belakang karena yang sekarang – sekarang sepertinya sudah di ganti dengan sistem MCB.

Cara Memperbaiki sekering : 

Buka box sekering lalu coba cek dengan avo meter apakah benar-benar putus? Jika ya segeralah lakukan penggantian, jika sedang darurat cobalah ambil beberapa helai serabut kabel lalu kita sambungkan dari ujung ke ujung sikring, dan coba pasang kembali.


8. Masalah Kabel Distribusi Dari Gardu 


Masalah seperti ini bisa di akibatkan oleh beberapa hal, bisa saja dari tiang listrik ke meteran rumah tertimpa reruntuhan pohon atau tiang listrik nya roboh sehingga bisa menyebabkan putus arus listrik dari gardu PLN ke rumah.

Cara Memperbaikinya : 

Dalam jalur distribusi dari tiang biasanya di lakukan oleh PLN namun alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan seperti, memotong ranting pohon yang berkemungkinan bisa menganggu distribusi kabel listrik.

Jika ranting pohon terlanjut menggangu jalur distribusi listrik seperti menimpa kabel listrik maka hubungilah pihak PLN untuk di lakukan perbaikan, karena di khawatirkan jika di lakukan sendiri, khawatir ada arus yang bocor.


9. Kerusakan Jalur Distribusi Listrik


kerusakan jalur distribusi
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)
Nah uraian di atas adalah kerusakan yang sering terjadi pada rumah, lalu apakah dari PLN atau jaur distribusi juga ada masalah nya ?

Ya, pasti ada masalah atau gangguan yang kadang terjadi entah itu karena faktor alam, faktor manusia, faktor perawatan atau pun faktor waktu. Lalu apa saja jenis nya ?

Dan Berikut daftar dan penjelasannya.

• Power Failure 

Power Failure adalah gangguan sumber listrik, hal ini bisa terjadi karena kondisi matinya sumber listrik utama atau listrik pusat, mati nya listrik pusat ini bisa di akibat kan oleh adanya berlebihnya beban listrik di rumah atau pemadaman bergilir.

Jika dengar pemadaman bergilir pasti peristiwa ini pernah kita alami pada kehidupan sehari – hari, power failure ini bersifat mati mendadak sehingga rawan mengakibatkan kerusakan pada komponen elektronika.

Macam-Macam Kerusakan Instalasi Listrik Rumah & Solusinya
Sumber : Facebook Grup : Komunitas teknisi Listrik Indonesia satu 1 (KTL1)

• Drop Voltage

Drop Voltage atau bisa juga di sebut Power SAG adalah gangguan listrik yang dimana tegangan turun dengan tiba – tiba, contohnya seperti tegangan yang awal nya normal sebesar 220V Mendadak turun tiba-tiba.

Dampak kejadian ini komponen elektronika yang pada dasarnya membutukan arus yang stabil bisa berpotensi rusak karna adanya penurunan tegangan ini.

• Power Surge

Apa itu Power Surge ? Power Surge Adalah Voltase yang naik di atas 100% dari tegangan normal nya secara tiba – tiba.

Dan power surge ini bisa di sebabkan oleh sambaran petir, kejadian ini bisa membuat beberapa komponen listrik atau pun rangkaian elektronika rusak karna akan memberi tegangan yang sangat tinggi dari biasanya.

• Under Voltage

Jika tadi ada Drop Voltage tegangan yang turun secara tiba – tiba , ini ada juga Under Voltage atau bisa di sebut Brown Out, gejalanya sama yaitu berkurang atau turun nya voltase hanya saja ini bersifat beberapa menit.

• Over Voltage

Over Voltage adalah kondisi tegangan listrik yang melebihi batas normal dalam kurun waktu yang cukup lama. Tentu saja dampaknya adalah kerusakan pada komponen listrik dan elektronika.

• Frequncy Variation 

Frequency Variation adalah sebuah kejadian dimana frequensi listrik berubah secara tiba – tiba atau tidak stabil, gangguan ini bisa menyebabkan kehilangan data pada hardware yang sedang menyala, dan kerusakan pada komponen elektronika

• Electrikal Line Noise

Ini adalah gangguan gelombang listrik yang di sebab kan oleh frequensi radio dan instalasi listrik yang kurang baik, kejadian ini sering terjadi namun belum banyak yang menyadari nya.

Nah dari list di atas kita sudah tahu apa saja jenis gangguan instalasi listrik pada rumah atau pun jalur pendistribusian nya, Dari beberapa kasus di atas masalah atau gangguan listrik pada jalur distribusi rentan menyebabkan kerusakan pada alat elektronika.

Disini saya menyarankan agar memakai stabilizer agar dapat meminimalisir kerusakan bila mana ada gangguan – gangguan seperti di atas.

Nah bagaimana apakah artikel ini sangat membantu? saya berharap semoga hal – hal yang saya bahas dapat menambah pengetahuan dan pemahaman anda, mungkin cukup sekian dari saya dan terimakasih.

Penulis : Adnan Azdana
Editing : Wijdan GRT
Publish : www.kelistrikanku.com

Artikel ini merupakan artikel dari BAB Instalasi listrik rumah. Jika baru bergabung bersama kami dalam membahas instalasi listrik rumah yuk kunjungi belajar Instalasi listrik rumah untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Jika sobat sedang membaca BAB ini mari lanjutkan membaca next BAB
BAB 11 Menghitung
daya Listrik rumah
BAB Bonus: Rangkaian 
seri paralel


2 komentar untuk "Macam-Macam Kerusakan Instalasi Listrik Rumah & Solusinya"