cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google

Bismillahirrohmanirrohim

Kabar gembira bagi kita semua yang aktif dalam dunia bloging khususnya pengguna blogger karena sekarang ini kita bisa dengan mudah mengganti url website atau blog lebih terenkripsi dengan https tanpa harus menggunakan layanan SSL pihak ketika seperti di penyedia Domain.

Kenapa?

Ok, kita mundur dulu kebelakan untuk mengenal history dari harusnya pengubahan http ke https. kalo dalam film-film dikenla dengan sebutan flashback untuk mengenal alur cerita dengan lebih detail.

Pada sekitar setengah atau satu tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2017, Google mengirimkan Email pada seluruh Blogger yang berisi tentang ancaman pemberian kode tidak aman pada web atau blog yang tidak menggunakan Url https. Oleh dikarenakan ada peringatan tersebut, maka banyak blog yang berbondong-bondong mencari cara mengubah url blognya agar terenkripsi https://.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan membeli layanan SSL dari pihak ketiga atau bisa juga dengan menggunakan cara gratis seperti di Cloudflare, dan saya menjadi salah satu blogger yang menggunkan layanan https Cloudflare tersebut.

Waktu berlalu begitu cepat, akhirnya, demi meningkatkan kenyamanan pengunjung, google meberikan ketersedian https bagi seluruh pemilik blog yang menggunakan layanannya yaitu blogger.com.

Dulu memang google sudah memberikan fitur https pada pada kostumernya, namun hanya untuk yang masih sub domain blogspot.com. dan akhirnya sekarang, kita bisa menggunakan layanan https dari google gratis tanpa harus membeli dari pihak ketiga.

baca juga : Cara memperbaiki Microphone komputer yang rusak terlengkap

Apa sih keuntungan dari penggunaan https dibanding http


https adalah kependekan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure, hanya menambahkan kata Secure pada http yang artinya aman. Jadi penggunaan https bisa diartikan sebagai tanda bahwa situs yang digunakan telah aman.

keuntungan penggunaan https antaranya :
  1. Informasi pelanggan, seperti nomor kartu kredit, dienkripsi dan tidak dapat dicegat. 
  2. Pelanggan lebih cenderung mempercayai dan menyelesaikan pembelian dari situs yang menggunakan HTTPS.
  3. Pengunjung dapat memverifikasi bahwa sobat adalah bisnis yang terdaftar dan memiliki domain sendiri.
  4. selain dipercaya pelanggan, kepercayaan juga didapatkan dari mesin Pencari
  5. Lebih dipercaya juga oleh pihak pengingklan seperti google adsense.

Cara Mengaktifkan HTTPS di blogspot /blogger pada Custom Domain TLD

Langkah awal yang harus sobat lakukan tentu masuk ke dasbor blogger sobat. kemudian ganti URL blogger sobat dengan nemambahkan kata draft pada www.blogger.com, menjadi daft.blogger.com. Entah untuk apa cara ini, namun tanpa melakukan pergantian atau penambahan draft pada awalan blogger, maka pengaturan https juga tidak akan berjalan lancar.

Setelah diganti, silahkan enter, agar halaman berubah menjadi daft.blogger
cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google
setelah itu, masih di halaman blogger, silahkan masuk ke menu setelah lalu arahkan kebawah hingga ketemu setelah domain pihak ketika lalu pilih => edit, kemudian centang alihkan websobat.com ke www. webstobat.com lalul klik => simpan
cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google

arahkan kebawah kemudikan pilih ketersediaan https lalu pilih +> Ya
cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google
Tunggu proses hingga 3 sampai 7 menit untuk menghilangkan "ketersedian https sedang diproses". cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari googlesetelah sampai pada waktunya, silahkan muat ulang halaman tersebut (refresh). Maka pengalihan Https akan aktif.
Jika menu pengalihan https sudah bisa di buka, maka silahkan ubah tidak menjadi => Ya.

Selesai

sebetulnya, setelah melalui tahap-tahap diatas, blog sobat sudah https, hanya saja, httpsnya masih belum sempurna sehingga gembok https pada url blog tidak berwana hijau. Hal ini disebabkan karena masih ada url pada blog sobat yang masih tidak menggunakan https, seperti pada label kategori dan lain-lain. Untuk membuatnya berubah warna menjadi hijau, sobat bisa mengubah semua https pada menu edit HTML blog sobat.
cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google
Silahkan sobat cari url yang berawalan https:// menjadi https://, Ubah semua. agar cepat, sobat bisa menakan tombol CTRL F kemudian ketikan http: silahkan tambahkan kata S nya disemua http: yang sobat tumui di template blog sobat.

setelah itu simpan...

silahkan muat ulang blog sobat dan lihat hasilnya, maka gembok agak sepenuhnya berwana hijau yang mengartikan sudah aman 100%.
cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google

Masih belum selesai sob...

Dikarenakan url blog sobat berubah dimana yang mulanya http://www.....com, menjadi https://www... com maka sobat harus mendaftarkan ulang blog sobat ke webmaster berbagai mesin pencari yaitu google, yahoo dan bing.

Cara daftar ulang blog https webmaster google


  1. silahkan sobat masuk ke menu webmaster 
  2. lalu tambahkan properti
  3. salin url blog sobat dengan httpsnya
  4. Verifikasi seperti biasa dengan menggunakan Tag html
  5. salin kode html lalu simpan di bawah kode <head> html blog sobat
  6. pada blogger klik simmpan
  7. ke halaman webmaster lalu klik lanjutkan
  8. kemudian tambahkan sitemaps
  9. pada menu webmaster pilih perayapan
  10. lalu pilih peta situs
  11. pilih tambahkan Peta situs
  12. lalu silahkan sobat ketik sitemap.xml
  13. kirim
Dengan demikian seluruh kegiatan mengubah http menjadi https pada blogger sudah selesai sepenuhnya. Pada awanya Visitor akan menurun 1 sampai 3 harian, kemudian visitor akan naik setelah 3 hari berlalu (normal kembali).

baca juga : Tips cerdik membedakan barang elektronik asli dan abal-abal

Berbagi Pengalaman

Pada awalnya saya tergesa-gesa karena takut kehilangan Visitor maka saya awalnya menggunakan SSL https gratis yang disediakan oleh Cloudflare. hasilnya Blog saya memang menjadi https, hanya saja tidak 100% hijau alias tidak aman 100%.

Dan Ternyata, ketika saya hendak mengubah setelah https blog dengan program bawaan blogger, saya sulit melakukannya. dan akhirnya saya coab untuk menghapus DNS server yang awalnya dari Cloudflare, saya ubah kembali menjadi DNS server dari penyedia layanan domain. saat ini saya gunakan niagaHoster.
cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google
Untuk menemukan Name server awal bawaan penyedia domain, saya harus mencari Email pertama dari Niagahoster yang mencantumkan Name server dan setelah saya cari-cari akhirnya ketemu. maka saya ubah Nameserver menjadi setelan awal.



cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google

setelah itu, saya batalkan permintaan https dari blogger dan mengembalikan blog saya menjadi tampa Https. lalu kemudian saya coba lagi dengan tutorial yang sama seperti diatas dan akhirnya berhasil.

hanya berbagi pengalama saja.


Ok, Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mengubah dan mengarahkan http menjadi https blogger Domian TLD tanpa SSL pihak ketiga Gratis. Semoga bisa membantu masalah anda apalagi masalah penggantian http ke https blogger custom Domain.

Posting Komentar untuk "cara Mengubah http menjadi https blogger custom Domain TLD Gratis Langsung dari google"