Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

tips cerdik membedakan barang elektronik asli dan abal – abal

tips cerdik membedakan barang elektronik asli dan abal – abal

bismillahirrohmanirrohim

seiring dengan perkembangan jaman, seiring juga dengan kemajuan teknologi, ketergantungan seseorang pada teknologi juga semakin tinggi. Contohnya ketergantungan seseorang pada lampu di malam hari yang benar-benar besar perannya.

Karena kebutuhan dan mudahnya produksi teknologi tersebut banyak sekali orang atau kelompok orang dengan segala cara membuat alat-alat teknologi tersebut meskipun kualitas yang diberikan sangatlah diragukan.

Makanya wajar bila banyak sekali ditemukan barang-barang entah itu barang elektronik atau lainnya yang memiliki kualitas sangat dibawah standar. Barang-barang seperti ini akan terus beredar dipasaran bila mana pecintanya atau orang-orang yang senantiasa membeli barang tersebut masih suka membelinya.

Maka jangan salahkan pembuat barang yang berkualitas jelek karena sudah membuatnya, tapi sadarkan kita bahwa kita sendirilah yang lebih memilih barang yang berharga jauh lebih murah dengan kualitas dibawah standar, dibanding memilih barang yang berkualitas tinggi dengan harga yang cukup mahal juga.

Sederhananya saja, sobat yang lebih senang dengan Bor listrik dengan harga 200rban dibanding dengan bor dengan harga 600rb keatas meskipun sebetulnya secara kualitas bor dengan harga 200rban jauh dibanding dengan bor dengan harga 600rban.

Baca selengkapnya : tips memilih bor listrik

Karena kegemaran masyarakat pada umumnya yang lebih menyukai barang-barang murah namun tidak menjamin kualitas tersebut juga membuat para oknum-oknum masyarakat berbondong-bondong membuat barang-barang palsu meskipun bermerk dan dianggap berkualitas.

Sehingga membuat masyarakat melupakan barang elektronik berkualitas baik karena terhalangi oleh gelombang besar bermunculannya barang-barang murah dan juga barang palsu yang murah.

Oleh sebab itu, pada kali ini saya akan membahas mengania  bagaimana cara membedakan barang elektronik berkualitas dan barang elektronik abal-abal.

Membedakan barang elektronik berkualias dan abal abal

Ketahui brand produk
cara membedakan barang elektronik asli dan abal – abal kw palsu

Untuk membedakan barang elektronik asli atau abal-abal atau berkualitas rendah, sobat bisa membedakan brand produk. Melihat brand ini merupakan cara paling-paling mudah untuk membedakan barang elektronik berkualitas atau tidak berkualitas.

Maka dari itu, sebaiknya, sebelum membeli salah satu jenis barang elektronik entah itu untuk alat rumah tangga, gadget, atau perkakas bengkel, anda harus mengetahui merk atau brand mana saja yang memiliki kualitas baik dan barang mana yang berkualitas rendah.

Misalnya saja, untuk perkakas listrik, sobat bisa memilih merk Bosch atau Makita sebagai Brand terkenal dan memberikan kualitas yang sangat memuaskan. Baca selengkapnya : Tips memilih perkakas listrik dengan review 20 merk power tools yang ada dipasaran

atau bagi anda yang kurang mengetahui jenis atau nama produk-produk berkualitas lain, sobat bisa melihat atau mencarinya di google search, sobat juga bisa meminta bantuan pada teman sobat yang sudah berpengalaman dalam bidang produk tersebut.

Harga barang
cara membedakan barang elektronik asli dan abal – abal kw palsu

Harga dari barang elektronik tersebut sangat mempengaruhi seberapa berkualitasnya barang tersebut. Karena logikanya, tidak mungkin orang menjual barang yang sangat bagus dengan harga yang murah. Tentu penjual tersebut lebih memilih untuk tidak menjualnya dari pada menjual dengan harga murah.

Itulah hukum jual beli…

Terkecuali memang sang penjual sedang butuh uang atau benar-benar tidak membutuhkan barang tersebut.

Sangat mudah bukan

Bagaimana cara membedakan barang elektronik berkualitas dan tidak berkualitas…

Sobat hanya tinggal membandingkan merk dan harga barang.

Namun ada kalanya, barang berkualitas dengan brand tertentu yang sudah memiliki nama, di buat barang KWnya atau barang tiruannya, sehingga dianggap sudah membeli barang elektronik berkualitas namun nyatanya barang tersebut sangatlah jelek. Harganya mahal lagi

Untuk menghindari hal tersebut, langkah selanjutnya adalah bagaimana membedakan barang elektronik asli dan abal-abal

Cara membedakan barang elektronik asli dan palsu

Periksa dan bedakan Ejahan Kata merk tersebut
cara membedakan barang elektronik asli dan abal – abal kw palsu

Biasanya, barang palsu yang masih memiliki harga diri , selalu membedakan kata-kata setiap merk yang akan diproduksi barang palsunya, atau setidaknya ada perbedaan bentuk nama dan desain logo para merk produk tersebut. Jika sobat melihatnya dengan cermat, mungkin saja sobat bisa menemukannya.

Pemeriksaan Kode Produksi
cara membedakan barang elektronik asli dan abal – abal kw palsu

Kode produksi merupakan suatu aspek yang penting dalam suatu produk. Tanpa adanya kode ini maka bisa dikatakan produk tersebut adalah produk palsu atau kode KW.

Kode Produksi terdiri dari tanggal produksi, perusahaan yang memproduksi, tempat produksi, dan barcode maupun QR Code.

Namun, karena peningkatan ilmu pengetahuan duniawi yang tidak dibarengi dengan tingkat keimanan dan ketakwaan, membuat oknum-oknum penjual barang elektronik melakukan segala cara demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan model sekecil-kecilnya, mereka sekarang sudah melengkapi barang-barang KW mereka dengan Kode produksi.

Sehingga, satu-satunya cara memeriksa barang elektronik asli atau palsu dengan memeriksa kode produksi adalah dengan memeriksa kode produksi tersebut dengan BarCode Reader atau QR Code Snanner.

Cari Hologram pada barang yang akan sobat beli
cara membedakan barang elektronik asli dan abal – abal kw palsu

Hal ini tentunya hanya berlaku pada barang baru saja, karena barang bekas mungkin sudah mengalami refarasi atau perbaikan sehingga memaksa tukang service untuk membukanya atau merusaknya.

Hologram merupakan bagian dari barang elektronik yang berfungsi untuk membuktikan barang elektronik tersebut baru. Produk original biasanya memiliki hologram yang cukup lengkap. Dari mulai hologram untuk menutupi baud sebagai tanda bahwa barang tersebut belum pernah disservice (segel), ada juga hologram yang berwarna silver yang sangat mencolok pada body pelastik produk elektronik tersebut.

Sobat bisa memeriksa hologram tersebut. Karena cukup jarang pemalsu melengkapi barang elektronik tiruannya dengan hologram yang benar-benar mirip dengan aslinya

Coba dengan menyalakan atau memfungsikan barang tersebut

Misalnya sobat akan membeli sebuah Handphone, sebaiknya periksa dulu speak handphone dan bandingkan dnegan speak yang ada diinternet. Karena biasanya setiap handphone bermerk, misalnya Samsung atau Iphone suka dilengkapi dengan kode-kode khusus yang hanya dimiliki oleh handphone asli dari pabrikan Samsung tersebut. Sobat bisa melakukan cara tersebut.
cara membedakan barang elektronik asli dan abal – abal kw palsu

Trik diatas bisa diaplikasikan juga pada TV, Komputer, Laptop, dan berbagai gadget lain
Hindari memilih barang yang tidak boleh dites atau dicoba untuk dinyalakan terlebih dahulu. Karena bisa jadi barang tersebut sengaja dalam kondisi itu untuk menipu.

baca juga : cara instal windows 7 dilengkapi gambar

Sobat juga harus mengenali dan memiliki pengetahuan lebih pada alat yang akan sobat beli, atau sobat juga bisa mengajak teman atau saudara yang memiliki pengetahuan tentang barang tersebut.

Maka dari itu, sangat penting menjalin hubungan dengan setiap orang agar sobat dapat dengan mudah meminta bantuan pada mereka. Hindari hidup berindividu karena itu sama sekali tidak membantu.
Hal ini juga sangat bermanfaat bila sobat hendak membeli barang elektronik bekas yang pada umumnya sudah tidak terdapat kardus, hologram dan kode produksi.

Mungkin itu beberapa tips membedakan barang elektronik asli atau abal-abal, memang untuk membedakan barang-barang elektronik ini sedikit sulit. Diperlukan keahlian khusus dan pengalaman dalam bidang elektronik yang akan dibeli.

Satu hal yang pasti dan mutlak untuk mengetahui barang asli atau abal-abal adalah dengan memakainya. Perbedaan performa, kenyamanan penggunaan dan umur dari barang elektronik tersebut akan menjelaskan siapakan dia sebenarnya.

Demikian pemabahasan mengenai tips cerdik membedakan barang elektronik asli dan abal – abal. Untuk tips cerdik lainnya, bisa berkunjung ke : cara cerdik mengatasi berbagai solusi

2 Responses to "tips cerdik membedakan barang elektronik asli dan abal – abal"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/g-sea-jelly-gamat-emas-rasa-jeruk/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL