Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Cara kerja Pompa air Tenaga Panel Surya untuk Pertanian

cara kerja Pompa air Tenaga Solar sel surya untuk pertanian
Bismillahirrohamirrohim

pompa air adalah alat yang digunakan untuk memindahkan air dari sumber air seperti sumur atau kolam ke penampungan air seperti bak atau Toren. Dengan adanya Pompa air kita akan dapat dengan cepat dan mudah memindahkan air dari satu titik ke titik lainnya.

Pompa air ini adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang paling banyak digunakan, karena hampir semua jenis hunian pasti dilengkapi dengan pompa air, baik itu Rumah pribadi, penginapan, kantor, juga tempat Ibadah. Mungkin ini juga disebabkan karena pentingnya air dalam kehidupan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pompa air adalah alat yang bekerja dengan menggunakan listrik. Dengan motor listrik yang mengubah arus listrik menjadi putaran.

Karena kebutuhan orang terhadap air ini mewajibkan keberadaan pompa air harus hadir di setiap tempat. Apalagi di perkebunan dan persawahan yang harus terus dibanjiri air agar hasil padi yang didapat melimpah dan tidak gagal panen.

Namun kendalanya ketika hendak memasang pompa air biasa untuk kebutuhan pertanian adalah karena sumber listrik yang sangat jauh ke pedesaan dan sangat sulit didapatkan. Adapun dipaksakan menghubungkan arus listrik dari pemukiman penduduk, banyak resiko yang didapat yaitu :
  • kemungkinan kabel terputus ditengah jalan sangat besar
  • Resiko kebocoran arus yang bisa menyebabkan bahaya bagi manusia
  • Rugi-rugi daya 
  • Voltase yang akan berkurang karena jarak pemukiman dan perkebunan cukup jauh
Dengan berbagai cara yang bisa kita pilih, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meberikan sumber energi listrik tersendiri untuk pompa air di pertanian tersebut.

maka dari itu, Kebutuhan seseorang terhadap Pompa air tenaga Sel surya saat ini tidak bisa dibantahkan karena memang pompa air tenaga sel surya ini merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mewujudkan perkebunan dan sawah yang terus dibanjiri air.

baca juga : cara memasang panel surya dirumah sampai bisa menghasilkan listrik dari matahari

cara kerja pompa air Tenaga matahari

Cara kerja Pompa air Tenaga Panel Surya untuk Pertanian
Pompa air yang digunakan dalam sistem ini adalah pompa air Celup atau submersible Pump dengan tegangan DC. Kenapa menggunakan Pompa celup (pompa tanam) ?

karena menggunakan pompa celup ini lebih efisien dimana sobat tidak perlu menggunakan pipa hisap yang digadang sebagai pusat kerumitan ketika memasang pompa air biasa. karena seringnya terjadi kebocoran disana dan membuat pompa tidak mau menghisap air.

Dengan menggunakan Pompa celup atau submersible Pump ini kita tidak perlu lagi ridet dengan pipa hisap, tinggal celupin saja pompa tersebut ke  sembur air selesai.

Dan penggunaan listrik DC ini tentu benar-benar positif karena aman pada manusia, Jadi anda tidak perlu khawatir kesetrum. Ditambah lagi listrik DC memang listrik yang dihasilkan panel surya sehingga kita tidak perlu menambahkan sistem inverter untuk mengubah arus DC ke AC. cukup hubungkan kabel dari pompa ke kabel dari panel surya selesai. akan tetapi perhatikan juga (-) dan (+) nya.

Cara kerja Pompa air Tenaga Panel Surya untuk Pertanian
Apakah bisa menggunakan Pompa air Biasa ?

Bisa, hanya saja dalam pemasangannya akan lebih sulit karena pompa air biasa menggunakan listrik AC 220v sehingga harus menggunakan inverter untuk mengubah listrik DC dari panel surya ke AC pompa air. baca selengkapnya : arus AC dan DC listrik

Dengan menerapkan pompa air tenaga surya ini tentu perkebunan ataukan persawahan sobat tidak perlu kahwatir lagi kekurangan air dan juga biaya tagihan listrik akan meningkat. karena sudah menggunakan listrik dari panel surya

Demikian ulasan kali ini mengeni cara kerja pompa air Tenaga surya untuk pertanian. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat.

0 Response to "Cara kerja Pompa air Tenaga Panel Surya untuk Pertanian"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL