Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump

Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump
Bismillahirrohmanirrohim

Semoga aktifitas kita selalu dalam Ridho Allah dan menjadi amal Ibadah. Kali saya tidak bosan-bosanya membahas Pompa air, yah karena saya tidak terlalu ahli dibidang alat ekektronik lain. hehe. sebetulnya saya juga kurang ahli sih di bidang pompa air ini.... Saya hanya berbagi pengalaman menyervis di Bengkel saja.

bagi yang belum tahu, Pompa air adalah salah satu jenis alat rumah tangga listrik yang paling banyak digunakan. hal ini juga mungkin disebabkan karena kebutuhan air yang sangat penting bagi kehidupan. hampir semua jenis bangunan pasti dilengkapi dengan Pompa air.

Oleh sebab itu, Pemahaman tentang pompa air itu tentu sangatlah penting.
Baik itu pengetahuan tentang pemilihan pompa air yang sesuai dengan kebutuhan, Cara memasang berbagai jenis pompa air yang baik dan benar, juga bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang sering timbul ketika pengoperasian Pompa air ini.

dan saya sudah banyak membahasnya. bisa lihat saja di : Pompa air

Ok, Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu jenis pompa air yang akhir-akhir ini sering sekali dipromosikan sebagai pompa air masa depan. Yaitu jenis pompa air Celup atau pompa air redam atau submersibel Pump.
Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump

Kita harus tahu bahwa ada beberapa jenis pompa air. pada umumnya, pompa air yang sering digunakan adalah Pompa air Sumur dangkal, Pompa air sumur dalam, pompa semi Jet dan pompa air redam (submersible Pump).

Pompa air sumur dangkal adalah jenis pompa air yang mampu menghisap air dari kedalaman maksimal 9 meter dan memiliki daya dorong maksimal 30 Meter. Pompa ari sumur dangkal biasanya digunakan sebagai untuk perairan kolam, sumur dangkal :V, dan pompa pendorong di perhotelan.

Pompa air sumur dalam atau kita lebih mengenalnya dengan nama Jet Pump, adalah jenis pompa air yang memiliki daya hisap 30-50 meter dan daya dorong dari 30-100 meter berbeda-beda sesuai dengan kapasitas yang disuguhkan setiap Vendor. Cirinya, pompa air ini memiliki dua pipa yang menuju sumber air. Pompa air jet Pump ini banyak digunakan diperkotaan karena sumber air di perkotaan sangatlah dalam.

Pompa air Semi jet sebetulnya sama dengan pompa air sumur dangkal namun dengan bentuk mirip dengan Jet pump. serta memiliki daya yang lebih irit dibandingkan pompa sumur dangkal.

Sedangkan Pompa air redam atau submersible Pump adalah jenis pompa air tidak memiliki pipa hisap, Pompa air ini langsung diredamkan kedalam air dan air akan langsung keluar memancar di pipa dorongnya.

Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump
Pompa air celup atau submersible Pump adalah jenis pompa air yang menggunakan sistem operasi sentrifugal. Yaitu mengubah energi kinetik dari air menjadi energi potensial yang bergerak kepermukaan melalui Impeller yang bergerak memutar didalam casing pompa air sehingga air dapat terdorong keluar oleh putaran tersebut.

Akhir-akhir ini penggunaan pompa air redam ini sangat banyak diterapkan. Kenapa, untuk menjawab hal tersebut, mari kita simak beberapa alasan dibawah ini :

Alasan memilih Pompa submersible Pump

Alasan utama pompa air submersible ini harus sobat pilih adalah karena pompa air ini sangat simple, sobat tinggal lempar saja pompa ini kedalam sumber air, maka air akan menyembur di pipa dorongnya.

bukan lagi saatnya sobat kesulitan memikirkan kebocoran dari pipa hisap yang sering terjadi ketika memasang pompa air biasa, resiko dan kesulitan-kesulitan ketika memasang pompa air biasa tersebut bisa sobat lupakan ketika menggunakan submersible Pump.
Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump
Pemasangan submersible pump kapasitas besar

baca saja : cara memasang pompa air sumur dangkal

Alasan kedua adalah karena Pompa air submersible ini dicelupkan ke air sehingga pompa akan tetap dingin dan bisa digunakan 24 jam non stop. sangat cocok untuk aqurium besar dan kolam ikan agar ikan selalu terlihat segar.

Alasan ketiga adalah Pompa air submersible memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan pompa air sumur dangkal. sehingga dengan warktu yang singkat, air sudah penuh dipenampungan.

Alasan keempat adalah Irit tempat karena pompa ini disimpan didalam air bukan di ruangan  sehingga tidak mengurangi tempat anda

Alasan kelima adalah irit listrik. Apalagi saat ini sudah ada pompa air submersible dengan tegangan DC sehingga bisa lebih irit listrik dan juga lebih aman sehingga sobat tidak perlu khawatir dengan kesetrum karenga tegangan DC.

Dengan menggunakan listrik DC, sangat besar kemungkinan pompa ini bisa di kombinasikan dengan sel surya sehingga pompa air bisa berkerja dengan tenaga matahari. bisa digunakan di pesawahan dan kebun yang jauh dari sumber tenaga listrik.
Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump

Alasan keenam adalah karena pompa ini terendam dalam air, maka tidak akan mengeluarkan suara bising yang bisanya hadir di pompa air biasa.

Alasan ketujuh adalah karena harganya cukup terjangkau. Dulu memang saya tidak merekomendasikan pompa celup karena untuk pompa celup yang kualitasnya bagus harganya sangat mahal dan diatas pompa air jenis lain. Namun sekarang sudah banyak dihadirkan pompa celup yang memiliki daya hisap kuat, tegangan rendah, namun dengan harga murah.

makanya sekarang kenapa anda harus segera mengganti Pompa air anda ke pompa submersible pump.

lalu adalah pompa air redam atau submersible pump yang direkomendasikan ? untuk menjawab pertanyaan itu, sebaiknya sobat baca pembahasan lebih lanjutnya di : Memilih Pompa air celup (submersible pump) hal ada saja yang harus dipertimbangkan ?

Alasan tidak memilih Pompa air redam / Submersible Pump

Ets, tidak hanya alasan harus memilih, agar lebih seimbang, mari kita bahas juga beberapa alasan anda harus menimbang ulang penggunaan pompa air redam.

Alasannya adalah karena pompa air redam ini di simpan didalam air sehingga ketika terjadi bocor dan masuk air, maka pompa ini akan langsung rusak. Sayangnya lagi, banyak tukang refarasi yang belum mampu memperbaiki pompa air submersible ini. apalagi pompa air submersible yang berbodi Plastik.

baca saja Pengalaman saya ini : Cara saya memperbaiki pompa celup (submersible Pump) Merk tsurumi HS2.4S

Namun, bagi sebagian orang barang yang sudah rusak itu mening di buang dan beli baru lagi dan prinsip seperti itu membuat kami merasa diasingkan. sedikit curhat saja....

Demikian Ulasan mengenai alasan kenapa anda harus menggantu Pompa iar biasa ke submersible Pump. semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pompa air. jika sobat menyukai artikel ini, jangan lupa share.

0 Response to "Alasan Kenapa anda harus mengganti Pompa air biasa ke Submersible Pump"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL