Tips memilih blender yang baik dan berkualitas sesuai kerbutuhan anda

Tips memilih blender yang baik dan berkualitas

Bimillahirohmanirohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai  cara memilih blender yang baik dan berkualitas sehingga sobat terhindar dari rasa penasaran yang amat dalam ketika salah memilih barang termasuk salah memilih alat penggiling makanan yang disebut blender ini.

Tips memilih blender yang baik dan berkualitas sesuai kerbutuhan andaBlender adalah salah satu diantara banyak sekali alat rumah tangga listrik yang selalu menghiasi dapur mamah dan istri sobat. Ini wajar, karena blender adalah salah satu alat listrik yang sangat banyak manfaat dan banyak sekali membantu masalah sobat. Salah satunya adalah mempercepat menghaluskan rempah-rempah dan membuat jus buah.

Karena saking banyaknya peminat dari alat penghalus makanan ini, banyak sekali brand/perusahaan yang berlomba-lomba menjadi yang nomor satu dimata masyarakat dan merajai pasar. Ada beberapa blender yang berkualitas dan masih memiliki pamor di mata masyarakat antaranya Philips, sanyo, maspion, cosmos dan miyako.

Tidak mau kalah dengan brand yang telah disebutkan diatas, blender-blender lain terus beledar di pasar peralatan elektronik, menujukan tajinya, kualitasnya, dan harganya.

Alasan inilah yang membuat saya membuat artikel kali ini,, yaitu tentang tips memilih blender. Sobat juga pasti pernah merasakannya, ketika sobat hendak membelikan sebuah kado blender pada istri atau ibu sobat, kebingungan memilih karena banyaknya jenis dan merk blender yang menyuguhkan berbagai keunggulan dan harga yang murah.


Tips penyesuaian yang harus diperhatikan

Maksud dari tips penyesuaian adalah tips memilih sesuai minat sobat, penyesuaian ini sangatlah penting karena selain  akan mendapat barang yang sesuai, sobat juga akan terhindar dari barang yang terlalu mahal. namun tidak tidak efektif digunakan

Baik berikut hal-hal yang harus diperhatikan

Daya listrik

Ini penting!

Hal pertama yang harus sobat perhatikan adalah daya listrik. Pilihlah blender yang berdaya listrik sekecil mungkin karena hal ini akan berpengaruh pada biaya tagihan listrik perbulan.

Bagi sobat yang membutuhkan blender untuk didapur saja dan jarang dipakai, pilihlah blender yang berdaya kecil misalnya 200 watt. Kelemahan dari blender yang berdaya listrik kecil adalah tenaga yang tidak terlalu besar. Jadi jangan digunakan untuk memotong bahan keras seperti ES batu dan biji-bijian

Ukuran wadah

Ukuran wadah adalah bagian untuk menampung makanan. semakin besar wadah, semakin tinggi pula daya 
listrik yang dipakai.

Jadi jika dirumuskan Daya listrik = voltase x ukuran wadah..... (bercanda)

Bagi sobat yang memerlukan blender yang berwadah besar guna mempercepat dan memperbanyak hasil dari proses blending, misalnya untuk keperluan warung jus,  warung makanan, dan jenis-jenis warung lainnya gunakanlah blender yang berwadah besar. Misalnya yang bisa menampung hingga 2 Liter

Namun, jika sobat tinggal sendiri dan memerlukan blender untuk membuat jus di pagi hari untuk sendiri pula, maka blender berwadah 1 Liter sudah cukup. Ukuran wadah yang kecil biasanya memiliki daya yang kecil juga

Jenis wadah

Wadah yang baik adalah wadah yang kuat, jernih, dan higienis. Wadah yang mencakup syarat-syarat tersebut adalah wadah yang terbuat dari kaca tebal. Adapun wadah yang sangat kuat dan awet adalah wadah yang terbuat dari stanless steel.

Sementara wadah yang tidak mudah pecah, ringan dan berharga murah adalah wadah yang terbuat dari plastik.

Jenis pisau

Ada banyak sekali blender dengan variasi pisaunya. Dari 2 mata pisau, 4 mata pisau, 6 mata pisau, bergerigi, pisau pipih. Selain variasi, bahan yang digunakan pada pisau juga harus dipertimbangkan. Pisau yang kuat dan baik biasanya terbuat dari stanless steel.

Untuk mencingcang makanan, semakin banyak pisau maka akan semakin cepat proses penyincangan yang dilakukan blender. Sebaiknya belilah blender yang menyediakan banyak variasi pisau dari variasi wadah. Ini akan memudahkan sobat dalam menentukan pisau mana yang cocok bagi makanan sobat.

Sistem kontrol

Sistem kontrol pada blender adalah sistem penghubung dan pemutusan arus listrik pada blender. Blender yang baik adalah blender yang memiliki banyak pilihan kecepatan putaran, sistem sakelar tekan (Tombol pulse) dan Switch otomatis.

Switch otomatis sendiri berfungsi untuk memutus arus listrik bila wadah tidak terpasang. Ini berfungsi untuk mengamankan gigi putar blender dari bahan-bahan yang membahayakan.

Banyaknya pilihan kecepatan akan membantu sobat untuk menentukan kehalusan bahan dan kesempurnaan dalam mencingcang dan menghaluskan bahan

Kelemahannya, biasanya, blender yang memiliki banyak pilihan kecepatan misalnya 6/5 speed dan sistem kontrol lain akan membuat harga dari blender juga akan mahal. Jadi pilihlah blender yang pas yang sedang-sedang saja misalnya yang memiliki 3/2 pilihan speed atau yang minimal mungkin 1 saklar on-off yang memiliki harga yang lebih murah

Kualitas mesin

Meskipun sobat telah menemukan blender yang pas bagi sobat, baik dari segi daya listrik, ukuran wadah, sampai sistem kendalinya. Akan sia-sia jika memiliki kualitas mesin yang buruk. Kualitas mesin yang dapat 
dilihat dari dua faktor yaitu :

Mudah panas. Jika blender yang akan dibeli mudah panas dalam proses blending, jauhi, hindari, dan lupakan karena blender itu mudah rusak

Berat mesin. Timbang mesin tanpa wadah. Jika mesin blender cukup berat, berarti blender tersebut memiliki mesin yang besar dan ukuran keren yang tebal. Semakin tebal ukuran mesin akan sangat bagus. Akan memiliki tenaga yang besar dan tidak mudah panas.

Sebaiknya tinggalkan blender yang ringan dan mudah panas. Karena memiliki kualitas mesin yang jelek. Tidak ada pilihan disini. Hal yang harus dilakukan adalah jauhi hindari dan batalkan untuk membeli blender yang bermesin mudah panas. Meskipun berharga sangat murah

Harga blender dan kantong sobat

Harga barang dapat dipengaruhi oleh Merk barang dan kualitas yang dihadirkan. Semakin terlihat kehebatan suatu blender maka berbanding lurus dengan mahalnya harga barang.

Ini kembali lagi dengan niat sobat membeli blender. Jika sobat hendak membeli blender untuk warung, baik warung jus, warung soto, dan warung warung lain, pilihlah blender yang berkualitas tinggi. Misalnya blender Philips HR-2116.

Meskipun harganya mahal, namun akan cukup awet digunakan dan akan mampu memenuhi keperluan blending sobat

Namun, jika sobat hanya memerlukan blender untuk keperluan yang amat jarang. Bisa menggunakan blender yang berharga murah namun tidak murahan. Seperti Miyako. Meskipun bersfesifikasi minim, blender miyako memiliki kualitas mesin yang baik (dingin dan berat). Jadi tidak mudah rusak.

Itulah beberapa tips dari saya. Semoga dapat membantu sobat dalam memilih blender yang pas dihati nyaman digunakan dan awet. Bagi sobat yang hendak membeli blender, mari lihat lihat


Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu masalah sobat

Posting Komentar untuk "Tips memilih blender yang baik dan berkualitas sesuai kerbutuhan anda"