cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara

Cara memperbaiki headset yang rusak tidak besuara
Bismillahirrohmanirrohim...

Salam teknisi, Jumpa lagi dengan saya yang akan selalu membahas berbagai hal tentang elektrik elektronik khususnya solusi-solusi berbagai permasalah alat listrik rumah tangga. Pada kali ini saya akan coba bagikan cara saya memperbaiki headset yang rusak dan berbagai jenis kerusakannya.

Hands Free dan headphone merupakan salah satu asesoris elekteronika yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. suara yang dikeluarkan oleh headset ini bermacam-macam tergantung kualitas headset itu sendiri. biasanya, penggunaan headset atau headphone, kualitas suara yang dikeluarkan akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan speaker aktif.
cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara

Sehingga fungsi dari headset ini saya rasa sangat penting. Apalagi bagi anda yang senang lagu-lagu yang orang lain gak senang, sehingga jika menggunakan speaker dalam memainkan lagu di khawatirkan mengganggu orang lain disekitar hehe...

Ok, Bagi anda yang membutuhkan info cara memperbaiki headset, saya akan coba ulas bagaimana saya memperbaiknya. sesuai dengan pengalaman sendiri.

Pada umumnya, kerusakana pada headset dan headphone itu antaranya :
  1. headset dan headphone yang tidak bersuara
  2. headset dan headphone yang bersuara sebelah
  3. headset dan headphone yang putus
  4. headset dan headphone yang bersuara pecah
Hampir setiap problem yang terjadi pada headset itu disebabkan oleh gangguan pada jalur listrik atau lebih kita kenal dengan sebutan kabel. Hal ini wajar memang karena kabel sendiri adalah bagian yang menghubungkan seluruh komponen kelistrikan pada headphone.

Kadang kala kabel tersebut suka nyangkut, terjepit, tertekuk, tertarik, melilit, dan proses-proses menyakitkan lainnya yang dapat menyebabkan kabel pada headset ini cepat rusak. Apalagi kita ketahui bahwa kabel pada headset ini terbilang sangat tipis dan mudah putus.

Oleh sebab itu, setelah perbaikan headset dan headphone selesai, saya sarankan anda agar lebih berhati-hati dalam menyimpan dan menggunakan headset dan headphone.

Selain karena kabel, tidak munculnya suara pada headset bisa juga disebabkan oleh ketidak cocokan antara headset / earphone dengan perangkat yang dihubungkannya (hp/komputer).

baca juga : cara memperbaiki mesin cuci yang rusak

Memperbaiki headset dan headphone yang tidak bersuara


Sebelum melakukan perbaikan, saya sarankan anda untuk memiliki alat yang bernama AVO meter. Apa itu avo meter? baca selengkapnya : Avo meter/multitester. 

lakukan pemeriksaan sambungan kabel dengan menggunakan AVOmeter.

Bagaimana cara memeriksa dengan menggunakan AVo meter, pertama sobat harus mengarahkan pengukuran AVometer pada bagian ohm meter untuk mengukur tahanan sambungan kabel. saya sarankan Sobat untuk membaca artikel ini jika masih belum memahami cara kerja Multitester : Cara memeriksan alat elektrnonik apapun menggunakan AVO meter

Setelah sobat membacanya, maka kita lanjutkan pembahasan ini. 
cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara

Biasanya, kerusakan pada headset itu terdapat pada kabel sebagaimana dijelaskan diatas, oleh sebab itu coba perhatikan bagian pada kabel yang terlihat berpotensi mengalami gangguan. biasanya kabelnya terlihat lebih gepeng, pada bengkokan, dan pada yang melilit.

Potong pada bagian yang terlihat mencurigakan tersebut.

belum menembukan bagian kabel yang mencurigakan ?

cara kedua yang bisa sobat lakukan adalah pasang headset tersebut pada handphone dan telinga anda, jalankan musak, kemudian dengarkan. Tekuk-tekuk dan gerak gerakan bagian kabel dari ujung headset sampaing ujung colokan headset dan temukan bagian mana yang mengalami gangguan.

setelah ketemu tandai dan potong bagian tersebut untuk dilakukan pengukuran

cara diatas bisa dilakukan bila headset anda mengalami suara patah-patah atau hidup sebeleh.
  • Potong bagian yang mencurigakan tersebut kemudian kupas hingga terlihat kabel-kabel kecil. 
  • pisahkan kabel kecil-kecil tersebut kemudian bakar sebagian untuk menghilangkan isolasi pada kabel kecil sehingga dapat diukur dengan menggunakan AVOmeter.multitester
  • Ukur sambungan dengan menggunakan AVOmeter.multitester

pemeriksaan kabel bagian Jack ke perangkat

cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara

Perhatikan gambar diatas...

Silahkan sobat ukur menggunakan AVOmeter, pengukuran bukan berdasarkan Nomor akan tetapi silahkan sobat ukur kabel nomor 1 pada bagian jack 1,2,3,4 begitupun  pada kabel nomor 2 dan 3 serta 4 untuk diukur keseluruh bagian Jack.

Kenapa demikian?

Hal ini dikarenakan saya sendiri setelah membongkar 2 headset ternyata tidak bisa hanya mengandalkan warna karena nyatanya selalu berbeda, jadi lebih baik sobat ukur saja semuanya.

Dalam hasil pengukuran mari kita lihat, kabel mana yang tidak ada sambungan ke satupun Jack setelah ditemukan ada bagian kabel yang putus, silahkan sobat cari dengan melihat-lihat lagi bagian yang dirasa dicurigai mengalami masalah.

Jika tidak ditemukan bagian yang putus ?

Namun apalagi ketika melakukan pengukuran tidak ada satupun kabel yang terhubung dengan Jack, maka mungkin saja sobat tidak mengupas kabel kecil dengan baik. saran saya kupas betul-betul agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara

Pemeriksaan kabel bagian kabel ke speaker

Silahkan sobat buka terlebih dahulu bagian Mic pada headset sobat. Namun jika sobat merasa kesulitan dalam melakukannya, sebaiknya dicoba dulu untuk mengetes headset setelah pemeriksaan bagian Jack ke perangkat. dan jika masih tidak berfungsi bisa melanjutkan pembahasan ini
cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara
sumber : http://www.ototroniktips.com/

cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara
Kalau untuk memeriksa bagian yang ke mic dan speaker, sobat cukup memerksa kabel berdasarkan warnanya. Jika pada bagian tersebut ditemukan masalah silahkan perbaiki. seperti biasa, prinsipnya, cari bagian kabel yang dicurigai bermasalah lalu Potong dan ukur, hingga berhasil terhubung semua.

setelah pemeriksaan kabel selesai, sambungkan lagi seluruh bagian kabel dan silahkan coba, Jika masih bermasalah silahkan lakukan pengukuran lagi dan lagi hingga berhasil.

setelah berhasil silahkan tutup kembali dengan ISOLASI. jika ada Solder, sebaiknya solder terlebih dahulu agar lebih kuat

dalam melakukan cara ini, sobat bisa memperbaiki Headset/headphone yang tidak bersuara, bersuara sebelah dan putus.

baca juga : cara menghemat energi listrik

Memperbaiki Headset/headphone yang pecah suara

Untuk kerusakan ini, rata-rata kerusakan terletak pada bagian spul, atau speaker pada headphone. entah itu letaknya sudah tidak presisi, daun speaker sudah berlubang, sobek dan lain sebagainya. dan tentu sangat sulit untuk memperbaiki speaker yang kecil tersebut. Oleh sebab itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti spul speker tersebut berukuran mini tersebut.

sayangnya, harga speaker mini tidak jauh beda dengan harga headphone yang baru jadi lebih baik untuk membeli headphone baru saja.

Itulah beberapa tips cara Memperbaiki Headset/earphone  yang rusak. semoga dengan adanya ulasan ini  bisa membantu masalah sobat dalam memperbaiki earphone atau headset yang mengalami masalah.

untuk videonya bisa buka di sini sob...


8 komentar untuk "cara Memperbaiki Headset/Headphone Rusak tidak bersuara"

Comment Author Avatar
Saya cek di bagian sound ada suaranya tapi headset GK mau ngeluarin suaranya kenapa ya?
Comment Author Avatar
yah itu terjadi ketika salah menyambung kabel sob
Comment Author Avatar
Ok sip bang....tks tutorialnya
https://teknikmaintenance09.blogspot.com/
Comment Author Avatar
pak, kalau earphone saya itu bisa mendengar suara dosen saya lewat zoom laptop, tapi suara saya gk masuk saat absensi. jadi saya harus lepas earphone kalau mau bicara pakai earphone. adakah yg rusak pak?
Comment Author Avatar
pak, kalau earphone saya itu bisa mendengar suara dosen saya lewat zoom laptop, tapi suara saya gk masuk saat absensi. jadi saya harus lepas earphone kalau mau bicara pakai earphone. adakah yg rusak pak?

Diskusikan pertanyaan sobat disini