Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
 
Bismillahirrohmanirrohim
Berbicara soal penemu listrik, kita mungkin akan langsung menjawab Thomas Alfa Edison, atau Michael Faraday, atau James Watt.

Padahal, kenyataannya, untuk menemukan tenaga listrik yang sangat efesien, murah dan tidak membahayakan serta bisa digunakan oleh siapa saja membutuhkan perjuangan yang cukup panjang oleh Ilmuan-ilmuan Jenius pada massanya.

Ada puluhan bahkan mungkin ratusan ilmuan yang muncul dan menyempurnakan penemuan listrik sebelumnya. sebagaimana disebutkan pada artikel saya sebelumnya di : sejarah listrik dari mulai penemuan pertama sampai pengembangan terbaru.

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
Nikola Tesla
salah satu Ilmuan Jenius yang saya rasa perannya cukup besar dan kisahnya cukup menarik untuk dibahas adalah Nikola Tesla. kisah yang membuatnya harus sobat kenali juga adalah ketika dirinya berperang dengan Thomas Alfa Edison untuk menentukan Listrik temuan siapa yang lebih efektif dan lebih murah untuk bisa di Nikmati oleh masyarakat Amerika pada kala itu.

selain itu, Nikola Tesla juga sering disebut dalam argumen argumen para Flat earther (orang-orang yang meyakini bumi datar), sebagai salah seorang ilmuan jenius yang menjadi salah satu korban kebiadaban Elite Global. untuk lebih lanjut bisa baca : Elite Global

Selepas dari itu, kita jangan harus tahu bahwa Nikola Tesla adalah salah satu penemu Listrik yang sangat penting sehingga listrik bisa kita gunakan untuk saat ini. Kenapa?

karena, Tesla menemukan listrik AC (alternating Current) atau dalam bahasa Indonesia Listrik arus bolak-balik.

Dirumah kita, arus listrik dari PLN adalah arus listrik AC, arus listrik buatan Tesla. Bukan listrik DC yang dipopulerkan oleh Thomas Alfa Edison. Tiang-tiang listrik yang besar tempat dimana kabel-kabel listrik dibentangkan adalah untuk mengalirkan arus listrik AC, bukan DC.

baca selengkapnya : arus AC dan DC dalam dunia listrik

Siapa sih Nikola Tesla?

Nikola Tesla (bahasa Serbia: Никола Тесла; 10 Juli 1856 – 7 Januari 1943) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Serbia-Amerika. Ayah Nikola Tesla, Milutin Tesla, adalah seorang Pendeta Ortodoks. Ibu Tesla, Đuka Tesla( née Mandic), yang ayahnya juga seorang Pendeta Ortodoks, memiliki bakat untuk membuat alat kerajinan rumah, peralatan mekanik, dan kemampuan untuk menghafal puisi epik Serbia .

Tesla mengenyam pendidikan di Sekolah "rendah" "Primary" di Smiljan di mana ia belajar bahasa Jerman, aritmetika, dan agama. Pada tahun 1862, Keluarga Tesla pindah ke Gospic , Austria Empire, di mana ayah Tesla bekerja sebagai seorang pendeta. Nikola menyelesaikan Sekolah "rendah" atau "Primary", diikuti oleh "Bawah Nyata Gymnasium" atau "Normal School."

pada sekitar tahun 1881 Nikola Tesla pindah ke Budapest untuk bekerja di bawah Ferenc Puskas perusahaan Telegraf. Setelah tiba, Tesla menyadari bahwa perusahaan dalam masa pembangunan, menurut dia tidak fungsional, sehingga ia bekerja sebagai juru Telegraph di Kantor Pusat sebagai gantinya

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
Thomas Alfa Edison
Akhirnya pada tahun 1884, Tesla memutuskan untuk memulai bekerja di New York City di mana ia di sewa oleh Thomas Alfa Edison. disnilah kisah Nikola Tesla yang memulai sebuah Fenomena yang cukup menarik dalam sejarah kelistrikan yaitu "The Current War"

Pada tahun 1884, Nikola Tesla mengatakan bahwa dirinya bisa mendesain ulang Generator buatan Edison yang tidak efektif menjadi lebih baik serta lebih Ekonomis. ketika itu Edison mengatakan " ada limapuluh Ribu dollar untuk anda jika anda bisa mewujudkannya."

Setelah sebun bekerja alhirnya Tesla memenuhi tugas dan bertanya tentang pembayaran pada Edison, Namun bukan bayaran yang didapat, ia malah mendapatkan ucapan yang tidak mengenakan. Edison mengatakan "Tesla, Anda tidak mengerti humor Amerika Kami".

pada akhirnya Tesla mengundurkan diri di Perusahaan Thomas Edison.

Karya karya Nikola Tesla

tidak bisa dipungkiri bahwa Nikola Tesla adalah seorang Jenius dengan banyak karyanya. salah satu karyanya adalah Listrik arus Bolak-balik yang kita bisa Nikmati sekarang ini.

selain penemuan itu, Tesla juga berhasil mengembangkan berbagai karya seperti lampu neon, Sinar X, membantu pengembangan radio, Remote Kontrol, pengembangan Motor listrik, Robotika, Laser, dan yang paling terkenal adalah gagasannya mengenai Energi listrik Gratis tanpa kabel.

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
J.P. Morgan
Berkat bantuan pendaaan sebesar $150.000 dari J.P. Morgan, seorang Bankir kaya asal Amerika Serikat kala itu. Tesla kemudian merancang dan membangun sebuah menara transmisi daya nirkabel raksasa di New York sikiar tahn 1901-1902. Morgan berharap menara ini dapat menyediakan sarana komunikasi nirkabel di seluruh dunia.

akan tetapi, Tesla justru ingin agar menari itu dapat mengirimkan pesan, sambungan telepon, dan bahkan cetakan faksimil di penjuru atlantik ke negara Inggris maupun ke kapal-kapal yang tengah berlayar di Samudera. tidak hanya itu saja, Tesla juga menginginkan Projectnya ini agar orang dapat menikmati tenaga listrik dari menara ini yang disalurkan lewat tanah tanpa kabel Gratis.

Namun, karena kepentingan bisnis, sistem listrim gratis yang digagas Tesla ini tidak mendapat dukungan dari Investornya yaitu J.P. Morgan sehingga J.P. Morgan menolak untuk membiayai project lanjutan ini. sehingga pada akhirnya project ini tidak pernah selesai.
Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
Tesla Tower
sebetulnya masih banyak sekali penemuan-penemuan dari Nikola Tesla bahkan patennya sudah mencapai ratusan yang tidak bisa diuraikan disini satu persatu karena kurangnya sumber Informasi.

The Current War - DC vs AC
Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
The current war

The Current War atau perang arus antara Thomas Edison dan Nikola Tesla yang dibantu oleh George Weshinghouse. perang antara dua orang hebat dalam sejarah kelistrikan. antara orang paling jenius abad 19 (Nikola Tesla) dan seorang Ilmuan produktif yang selalu mendapatkan keuntungan dari tiap penemuan perusahaannya dengan 1000 lebih paten dimilikinya (Thomas Alfa Edison)

awal mula terjadinya perang arus ini adalah ketika Nikola Tesla yang ketika itu berumur 28 tahun bermigrasi ke New York dimana listrik sudah lebih dulu hadir selama sekitar 23 tahun. Tesla terkejut menemukan banyak kabel panjang membentang tergantung diseluruh kota New York akibat sistem DC Edison.

Nikola Tesla mencari pekerjaan di laboratorium Edison untuk mencoba memperbaiki sistem DC Edison, ia memiliki ide desain untuk arus motor bolak balik namun diacuhkan oleh Edison. Namun Edison tetap menawarkan pekerjaan kepada Tesla untuk memperbaiki sistem DC tersebut. sebagaimana kisah antara Nikola Tesla dan Thomas Edison disebutkan sebelumnya diatas.

Edison yang tidak ingin kehilangan hak royalti atas arus searahnya (DC) yang ketika itu menjadi standar untuk digunakan di Amerika Serikat. mulai melakukan propaganda besar-besaran terhadap sistem DC yang menyebutkan

”Direct current is like a river flowing peacefully to sea, while alternating current Is like a torrent rushing violently over a precipice”. 
"Arus searah seperti sungai yang mengalir dengan damai ke laut, sementara arus bolak-balik Apakah seperti arus deras yang melaju kencang di atas tebing curam".

Selain itu, propaganda juga dilakukan dengan membuktikan kepada masyarakat melalui kursi eksekusi yang diberi aliran listrik AC yang dianggap illegal karena dapat membunuh manusia.

Propaganda itupun berakhir dengan diadakannya "The Columbian Exposition" yang diadakan di Chicago, Amerika Serikat. Acara terserbut bertujuan untuk mencari sumber energi listrik yang praktis, mudah dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal.

Thomas Alfa Edison DC vs AC Nikola Tesla dan Westinghouse

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
Westinghouse
Ketika dilakukan pendemonstrasian alat kerja, sistem DC milik Edison lebih berbahaya karena kawat tembaga besar yang melintas dimana-mana, sedangkan Westinghouse dan Tesla menawarkan solusi dengan daya listrik yang lebih rendah, biaya setengah harga dan tanpa jaring laba-laba. sehingga Pada akhirnya, perang arus dimenangkan oleh Westinghouse berkat arus bolak balik ciptaan Nikola Tesla.

baca juga : cek tagihan listrik

Akhir hayat Nikola Tesla

Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu
Nikola Tesla Tua
Nikola Tesla wafat pada tanggal 7 Januari 1943 di New York dalam kondisi miskin dan banyak hutang, disebuah apartemen sendiri. Nikola tidak pernah menikah sehingga tidak memiliki keturunan. Karya-karyanya pun jatuh kedalam ketidak pastian. Ilmuan Jenius yang tidak terkenal

pada tahun 1960 General Confrence on Weights and Measuresfor The International of Units, mendedikasikan nama Tesla sebagai istilah satuan SI (kekuatan medan magnet). Tahun 1990 reputasi Tesla kembali dikenal di popular culture dan pada tahun 2005 Tesla masuk dalam 100 nominasi di acara TV “The Greatest American” dan membuat namanya kembali di ingat.

saya juga selalu pelajar smk jurusan listrik kurang mengenal Nikola Tesla. saya mengenalnya dari paparan Video Youtube yang membahas mengenai Bumi datar... hehe... yah meskipun Video Tersebut banyak yang memperdebatkan, tapi banyak fakta-fakta di dunia dan ilmu baru yang saya ketahui setelah menontonnya.

Mungkin itu saja, yang dapat saya paparkan mengenai Nikola Tesla penemu Listrik AC. mohon maaf bila ada kesalahan penyampaian seperti kesalahan Nama dan perbedaan dengan sejarah, karena saya juga mengambil referensi dari situs-situs lain seperti Wikipedia dan lain-lain. semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

0 Response to "Nikola Tesla Penemu Listrik AC yang tidak banyak orang tahu"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL