Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mereview dan memaparkan penjelasan mengenai 15 merk perkakas listrik atau power tools sebagai bahan pertimbangan sobat dalam menentukan pilihan mau pilih merk yang mana, yang pas, dan tidak mengecewakan sobat.

Sebelumnya, apakah sobat masih bingung dengan perkakas listrik???

Perkakas listrik atau power tools adalah alat alat perkakas yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Barang-barang yang merupakan power tools adalah bor, gerinda, mesin serut, gergaji, trimmer, router, dan lain-lain. Pokoknya alat-alat berbasih tenaga listrik yang digunakan untuk keperluan bengkel,  kontruksi dan industri.

Cara ini adalah paling mudah.

Kenapa paling mudah? Karena pada umumnya, orang-orang pasti lebih mengenal merk dibanding yang lainnya. Dan memang benar, merk merupakan penentu kualitas selain dari harga dan tipe power tools.

Alasan lain kenapa pemabahasan ini penting adalah karena banyaknya merk power tools yang tersebar dipasaran sehingga membuat sobat bingung untuk menentukan pilihan.

selain itu banyaknya penjual yang menjual barang kurang berkualitas demi keuntungan yang lebih besar akan membodohkan sobat untuk mengetahui sefektif mana barang yang sobat akan beli tersebut. Ini dibuktikan dengan tenggelammnya merk-merk ternama karen kalah bersaing harga dengan merk-merk abal-abal yang jelas-jelas berkualitas buruk.

Sebut saja proxxon. 
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran
Proxxon adalah merk dari power tools asal Jerman. Dalam segi kualitas merk proxxon ini merupakan salah satu yang terbaik. Keakuratan, kehalusan, keawetan, kekuatan dan kenyamanan semua teruji sesuai standar bahkan mencapai tingkat efesiensi yang luar biasa.

Namun merk ini tenggelam oleh merk-merk yang sangat murah bahkan bisa 10x lipat lebih murah dari proxxon. Padahal dengn kualitas yang amat buruk. Selain itu, kesadaran masyarakat khususnya di Indonesia sendiri masih lebih mementingkan harga dibanding kualitas.

Alhasil, kita jarang menemui merk ini di pasaran. Karena memang proxxon ini adalah sebuah merk yang sasaran marketnya kelas atas dan Indonesia bukanlah pasar untuk barang-barang kelas atas.

Namun, bagi pembuat instumen, membuat alat, optician dan jewelly proxon masih menjadi pilihan bagi mereka. Pengerjaan detail, durabilitas yang baik serta kualitas yang tinggi menjadi keterpaksaan bagi mereka untuk mempunyai alat power tools baik berupa bor, gerinda dan lain-lain dari proxxon.

Bukan hanya proxxon yang merupakan power tools high class, ada juga merk lain yang bersaing ketat dengan proxxon dalam segi kualitas yaitu Dremel.
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Dremel merupakan perusahaan asal amerika yang mengambil segmen pasar yang sama dengan proxxon ini didirikan sejak tahun 1932 di wisconsin. Kemudian Dremel dibeli oleh Robert Bosch GmbH dan pindah ke Illinos.

Sebagai mana selogannya “DREMEL BIG ON DETAIL” Dremel merupakan salah sat brand yang terkenal dengan rptary toolsya yang berkualitas tinggi seperti penumatic Die Grinders yang digunakan untuk industri metalworking dan molding.

Selain dari dremel dan proxxon, masih ada satu merk lagi yang merupakan brand high class, yaitu Metabo.
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Metabo adalah produsen produk-produk power tools berkualitas tinggi dan terbaik yang berasal dari Nurtingen, Jerman. Dengan menjaga berbagai aspk kualitas, metabo mempunyai tempat spesial tersendiri di antara brand-brand yang lain.


Metabo merupakan alah satu brand dengan produk-produk yang berdurabilitas, kepresisian, dan ketahanan yang tinggi. Meskipun harga yang dibandrol dari setap produknya relatif paling mahal, membeli metabo adalah investasi yang jarang mengecewakan.

Kelebihan metabo lainnya adalah sangat memperhatikan kenyamanan dan desain sehingga membuat brand metabo mendapatkan banyak penghargaan indutrial dan desain produk dunia.

Proxxon, Metabo dan Dremel merupakan brand kelas atas yang sudah jarang ditemukan dipsaran pada umumnya. Karena memang 3 produk diatas berharga sangat mahal sehingga jarang orang indonesia pada umunnya membelinya.

Alhasil, kita lebih mengenal bosch dan makita sebagai produk kelas atas dan mrupakan kebanggan jika memiliki power tools dari kedua brand tersebut. Padahal, nyatanya bosh dan makita bukanlah brand high class melainkan brand medium class (kelas menengah) yang dianggap sebagai terbaik karena masih mampu bersaing harga dengan brand berkualitas buruk yang beredak paling banyak dipasaran.

Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaranMakita merupakan brand yang berfokus memproduksi prakakas listrik (power tools). Dari segi kualitas, produk-produk keluaran makita termasuk dalam kualitas sedang. Namun, untuk penggunaan intensif misalnya dibengkel, brnd ini cukup bisa diandalkan, selain itu harga yang dtawarkan pada setip produk makita tidak terlalu tinggi sehingga makita masih bisa bersaing dengan brand-brand lain dipasaran.
Selain makita, dikelas menengah terdapat bosch.

Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaranBosch merupakan perusahaan teknik dan elektronik yang berasal dari jerman. Setiap satu tahun bosch meluncurkan lebih dari 100 produk power tools ke pasar sehingga bosch mengklaim dirinya ebagai produsen power tools paling inovatif diantara produsen yang lain.

Kelebihan brand bosch adalah inovasi wireless power tools dan IOT yang di Inject pada brbagai produknya.

Dari egi kualitas dan pemasaran, khususnya pada power tools, bosch bersaing cukup keat dengan makita. Tapi, harus sobat ketahui bhawa ada brand lain yang sedikit berada datas bosch dan makita namun dibwah proxxon, dremel dan mtabo. Yaitu Black & Decker.

Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaranBlack & Decker merupakan perusahaan asal Amerika yang memproduksi power tools, aksesoris, hardware, dan produk rumahan. Pada tahun 2010 black & decker bergabung dengan stanley works sehingga bertranformasi menjadi stanley black & Decker.
Pemilihan material, desain dan komponen untuk roduk-produk Black & Decker dikurasi dengan cukup baik sehigga meskipun Black & Decker di promote sebagai produk untuk kegiatan rumah, kualitasnya cocok untuk industri dengan intensitas pemakaian tinggi dan pekerajaan berat.

Kelebihan Black & Decker yang membuatpara kompetitornya kewalahan adalah dengan dibuatnya second-second Black & Decker sebagai adik-adik dari brand Black & Decker. Salah satunya adalah DeWALT.
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

DeWalt nerupakan brand yang dipromsikan menjadi prusahan yang Amerika banget. Menjadikan Dewalt salh satu favorit Tools dikalangan DIY di negaranya. Mengambil cerk psar yang sama dengan makita meskipun harganya sedkit lebih mahal.
Selain deWalt, Stanley Black & Decker juga membuat brand Stanley sebagai pesaing berat bosch.
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Stanley lebih berfokus pada pembuatan hand tools. Produk-produk stanley menyiasati prsaingan pasar kelas menengah kebawah. Produk stanley dapat digunakan pada pekerjaan ringan hingga menengah di workshop meskipun durabilitasnya dibawah brand lain produksi stanley Black & Decker.

Selain dari pada Black & Decker yang memliki adik-adik untuk ikut bersaing dipsar mengenah kebawah, Makita juga memiliki second makita (makita kedua) untuk bersaing dipar menengah kebawah yaitu maktec.
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Maktec atau singkatan dari makita teknologi adalah makita dengan komponen lebih sedikit. Sehingga membuat maktec berharga sedikit lebih murah dari pada makita.

Meskipun untuk kepresisian tentunya dibwah makita, namun maktec bukn brarti tidak dapat dindalkan. Dengan kaulitas dibawah makita makt mnjangkau konsumen dibawah targt pasar makita.

Selain makita yang memiliki maktec, ada juga bosch yang memiliki skill sebagai second bosch.
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Skill ditujukan oleh bosch untuk menjangkau pasar DIY dan Investor rmahan dikawasan Asia Afrika. Skill awalny nerupakan prusahaan yang fokus pada pembuatan circular saw ejak tahun 1924 dan terkenal dengan model 77nya pada tahun 1937. Pada tahun 1996 Robert Bosch GmbH membeli peusahan Skill.

Itu untuk kelas atas dan menengah...

Lalu untuk kelas menengah kebawah?


Untuk kelas menengah kebawah selain yang telah disebutkan diatas seperti maktec, skill, dewalt dan stanley, ada juga Krisbow'
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Jika sobat berencana membeli power tools untuk dipakai pr 4 bulan sekali dn tidak perlu mmikirkan kprsisian serta durabilitas produk, tapi dengan harg yang murah, krisbow bisa mnjadi pilihan terbaik.  
Selain krisbow, trdapat produk lainnya seperti Hitachi, AEG, dn biTech yang merupakan brand-brand jelas menengah kebawah.

Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Di Indonesia sendiri, merk-merk yang lebih banyak beredar justru yang berkulitas rendah bahkan buruk. Namun nyatanya, brnd-brand inilah yang paling banyak dijual dipasaran dan digunakan oleh masyrakatt. Brand-brand terebut meliputi Modern, MDN, Ryu, ken, Mollar, Pigeon, GMT, dan prescoutt.

baca juga : daftar harga gerinda mek bosch paling lengkap

Produk-produk yang saya sebutkan datas merupakan produk dengan harga yang paling rendah bahkan terpaut jauh selisih perbedaaanya dengan produk lain diatasnya.

Dalam brand-brand tersebut tidak memperdulikan yang namanya kepresisian, durabilitas dan kualitas pada setiap produknya dan kebanyakan orang yang menggunakannya juga tidak memperdulikan hal tersebut.

berikut daftar brand power tools berdasarkan kualitas
Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran

Tips lain....

Besarnya permasalahan pengawasan ekspor dan impor di Indonesia membuka lebar masuknya barang-barang palsu. Brand-brand diatas juga sudah ada palsunya di Indonesia, sehingga mendorong kita untuk lebih cermat dalam memilih pada saat membeli.

Membaca spek produk-produk diatas dan bahdingkan dengan barang yang ingin sobat beli merupakan cara terbaik membedakan brand palsu dan brand asli.

Demikian pembahasan kali ini,semoga dapat membantu dan memecahkan masalah sobat. Mohon maaf bila ada pihak-pihak tersinggung dan terimakasih pada pada teman-teman blogger yang telah membantu saya untuk mereview 20 lebih brand power tools dari mulai yang terbaik sampai yang berkualitas buruk.

0 Response to "Tips memilih perkakas listrik dengan Review 20 merk Power Tools yang ada dipasaran"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL