Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Sudah lama sekali saya tidak update blog kece ini, apalagi updatenya artikel yang membahas tentang pekerjaan bengkel dan pemeriksaan alat kerja. Ada faktor-faktor yang membuat saya terpaksa merenggangkan jarak pembahasan satu dan yang lainnya. Berikut alasannya
  1.  Karena pembahasannya sudah mengurang
  2.  Karena jika ada yang dibahas pasti hal yang sulit dan saya juga belum paham
  3.  Karena saya sekarang sedang bekerja di salah satu perusahaan

Harus sobat ketahui, Sebetulnya, saya menulis pembahasan ini bertujuan untuk membantu kawan-kawan saya yang suka bertanya pada saya lewat WhatsApp.

“kang, boleh bertanya, kenapa yah mesin cuci saya mati? Tidak mau menyala”

Saya jawab “mungkin kabelnya, coba di cek”

“Kabelnya baik, saya sudah periksa”

Saya jawab “mungkin Dinamonya”

“gimana cara periksa dinamo pak”

GIMANA CARANYA

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu sobat dan kawan saya yang ada selalu menghubungi saya itu.

Agar tidak tersesat, sedikit mengulas, motor listrik yang akan saya bahas ini bukanlah sepeda Motor yang bertenaga listrik. Namun motor listrik disini adalah Dinamo. Benda yang bertugas untuk mengubah energy listrik menjadi energy putaran.

Barang-barang yang memiliki motor listrik antaranya : Pompa air, kipas angin, dan mesin cuci.
Cara termudah cek Motor Listrik baik atau sudah rusak

Ada kalanya barang-barang yang disebut diatas rusak. Ketika sudah rusak dan mau diperbaiki, pasti terpikir dalam benak sobat, apanya yang rusak sering ditanyakan dan terpikirkan. Maka dari itu, dibutuhkan langkah pemeriksaan penyebab kerusakan.

Misalnya pada pompa air yang mati. Sebelum memperbaiki pompa air yang mati, tentu sobat harus tahu dulu penyebab pompa air mati dan bagian mana yang mengalami kerusakan. Misalnya saja ketika pompa air dinamonya yang rusak, sobat jangan mengganti Kapasitornya karena bukan itu penyebabnya.

Atau mengganti beringnya. Jelas bukan itu penyebabnya.

Maka, dari pada sobat rugi dan salah membeli barang ganti, alangkah baiknya sobat memahami dulu penyebab kerusakan dan cara mengecek kerusakan.

Misalnya mengecek suatu motor listrik (dinamo) agar sobat paham bagaimam pompa air yang baik dan yang harus diperbaiki.


Baik, tanpa basa basi lagi,

Cara cek Motor listrik (Dinamo) masih baik atau sudah rusak

Siapkan alat yang harus ada dalam pemeriksaan. Untuk memeriksa dan cek dynamo, sobat harus menyiapkan alat yang bernama AVO meter. Sediakan juga alat yang dapat membantu pekerjaan lain seperti tang dan isolasi.

Bagi sobat yang belum paham penggunaan AVOmeter, bisa baca pembahasan ini : cara menggunakan AVo meter

Pada umumnya, motor listrik atau terbagi 3 yaitu motor listrik Kapasitor, motor listrik saded pole dan motor listrik Universal.

Cara cek Motor Listrik kapasitor

Motor listrik jenis ini merupakan jenis motor listrik yang paling banyak digunakan. Ciri-ciri motor listrik (dynamo) ini tentu adalah memiliki yang namanya Kapasitor. Misalnya pada Pompa air, Mesin cuci, dan benda-benda lain dengan kapasitor.

Jenis motor listrik ini memiliki kabel keluaran 3, maka untuk pemeriksaan bisa dilihat seperti Intruksi pada gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik baik atau sudah rusak


Motor listrik kapasitor. Yang berwarna biru bisa kita ibaratkan sebagai motor listrik, dan yang berwana Hitam itu kapasitor. Sementara garis biru, merah dan kuning bisa kita ibarat sebagai ketiga kabel keluaran dari motor listrik

Jika sobat sedang memeriksa motor listrik Pompa air, pasti kebingungan karena pompa air memiliki 2 kabel keluaran, maka sobat harus membuka penutup kapasitor untuk melihat ketiga kabel keluaran motor listrik.

Yang harus sobat lakukan sebetulnya cukup sederhana, yaitu mengukur ketiga kabel tersebut satu persatu. Misalnya seperti pada gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak


Pada gambar diatas dijelaskan bahwa sebelum pengukuran dilakukan, pisahkan dulu kabel dari kapasitor. Ini dimaksudkan supaya arus dari kapasitor tidak terhitung dan mempengaruhi hasil pengukuran.

Jika sudah dipisahkan silahkan lakukan pengukuran.

Arahkan AVOmeter agar mengukur tahanan. Pasti sobat tahukan bagaimana caranya, sudah saya beberkan di pembahasan cara menggunakan AVO meter diatas Loh…

Kalibrasikan Jarum pengukur Avometer

Setelah itu hubungkan kedua jarum pada masing masing kabel, agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar diatas.

jika setelah diukur terjadi kalibrasi yang tidak terlalu jauh, itu menunjukan masih ada resistansi, berarti bagus. Kemudian pindahkan jarum pengukuran satu ke kabel yang belum diukur dan silahkan cek kembali.

Apakah ada resistansi? Jika yah berarti motor listrik kapasitor sobat dalam keadaan baik.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menentukan kabel kabel utama dan kabel untuk kapasitor. Agar kebih jelas bisa sobat baca : cara menentukan fungsi kabel pada motor listrik Kapasitor

Setelah pengukuran dilakukan antara kabel dengan kabel, sobat juga bisa mengukur kabel dengan bodi motor listrik, ini dimaksudkan untuk mengecek apakah terjadi arus bocor pada body atau tidak.

Jika ada resistansi yang besar berari sudah ada arus bocor pada body motor. Namun, jika tidak ada berarti motor listrik kapasitor tersebut masih dalam keadaan baik.

Setelah pengecekan motor listrik selesai, sebaiknya sobat periksa kapasitor apakah masih bagus atau sudah rusak, silahkan baca : 5 caracek kapasitor termudah

Cukup mudah bukan….

Cara cek Motor listrik shaded Pole

Motor listrik shaded Pole adalah motor (Dinamo) yang berbentuk lilitan besar saja, ciri lilitannya sama seperti lilitan Transformator. Benda yang memiliki motor listrik shaded Pole adalah beberapa jenis Kipas angin

Untuk cek motor listrik jenis ini akan lebih mudah dibanding dengan mengukur motor listrik kapasitor karena kabel keluarannya hanya dua. Meskipun kabel keluarannya ada 4 atau 3, bisa menggunakan metode yang sama dengan pengukuran motor listrik kapasitor.

Agar lebih paham, bisa lihat gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak


Cara cek Motor listrik Universal

Motor listrik ini merupakan jenis motor listrik yang memiliki lilitan dibagian stator dan bagin rotor, maka dalam segi tenaga lilitan ini lebih besar dan lebih cepat dibanding dua jenis motor diatas. Alat yang menggunakan motor jenis ini adalah : gerinda, Bor, blender, mixer dan lain-lain. Pokonya cirinya adalah penggunaan karbon pada motor tersebut.


Pengecekan Motor jenis ini juga hampir sama dengan kedua temannya diatas yang membedakan hanya pada posisi bagian mana yang diukurnya.

Karena jenis motor listrik Universal memiliki dua lilitan, maka kita harus cek satu persatu lilitan-lilitan tersebut.

Masih menggunakan AVOmeter sebagai Alat paling penting seorang Teknisi

Pertama, motor Universal yang akan diukur harus tidak berarus listrik. Cabut stekernya. Setelah itu, on kan saklar jika benda yang memiliki saklar.

Lalu cek bagian lilitan statornya. Pengecekan bagian stator ini sedikit agak ribet, karena sobat harus membuka dulu kedua karbonnya.

Kemudian  hubungkan jarum pengukuran AVO pada salah satu Steker dan satu lagi pada wadah karbon pada motor listrik. Jika setelah pengukuran tidak terjadi kalibrasi, silahkan pindahkan jarum pengukur pada karbon satunya lagi.

Jika masih tidak terjadi kalibrasi, ada kerusakan. Namun jika ada kalibrasi, coba cek bagian sambungan antara steker satunya lagi. Jika ada kalibrasi berarti bagus.

Itupun kalibrasinya tidak terlalu lepas, karena bisa jadi kalibrasi tersebut menunjukan Trip atau beban lebih.

Lihat gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak


Mudah bukan…

Mohon maaf bila gambarnya kurang jelas,

Selanjutnya sobat bisa cek bagian lilitan Rotornya atau bisa dikenal dengan nama Angker. Pemeriksaan anker bcukup dengan melihat kondisinya saja. Jika pada angker ada bagian yang gosong, berarti sudah rusak, jika masih mulus, berarti masih bagus dan bisa digunakan.

Demikian Pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak salah kata dan salah ucap. Terus dukung perkembangan blog ini.

1 Response to "Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak"

terima update Blogku dengan EMAIL