Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak menggunakan AVOmeter

Cara mudah cek Kumparan motor listrik (dinamo) baik atau sudah rusak
Bismillahirrohamirrohim
Cara cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak menggunakan AVOmeter
Sudah lama sekali saya tidak update blog kece ini, apalagi updatenya artikel yang membahas tentang pekerjaan bengkel dan pemeriksaan alat kerja. Ada faktor-faktor yang membuat saya terpaksa merenggangkan jarak pembahasan satu dan yang lainnya.

Berikut alasannya
  1. Karena hampir semua ulasan sudah saya bahas
  2. Karena jika ada yang dibahas pasti hal yang sulit dan saya juga belum paham, makanya di perlukan pendalam terlebih dahulu agar pas di sampaikan ilmunya benar
  3. Karena saya sekarang sedang bekerja di salah satu perusahaan sehingga waktu saya menjadi terbagi-bagi dan mengutamakan pekerjaan di perusahaan tersebut.
Harus sobat ketahui, Sebetulnya, saya menulis pembahasan ini bertujuan untuk membantu kawan-kawan saya yang suka bertanya pada saya lewat WhatsApp.

 “kang, boleh bertanya, kenapa yah mesin cuci saya mati? Tidak mau menyala gitu....”

 Saya jawab : “mungkin kabelnya, coba di cek” 

 “Kabelnya baik, saya sudah periksa” 

Saya jawab : “mungkin Dinamonya” 

“gimana cara periksa dinamo pak?”

 GIMANA CARANYA ???

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu sobat dan kawan saya yang ada selalu menghubungi saya itu.

Sedikit catatan,,, 
Motor listrik yang akan saya bahas ini bukanlah sepeda Motor yang bertenaga listrik. Namun motor listrik disini adalah Dinamo. Benda yang bertugas untuk mengubah energy listrik menjadi energy putaran.

Barang-barang yang memiliki motor listrik antaranya : Pompa air, kipas angin, dan mesin cuci.
Cara termudah cek Motor Listrik baik atau sudah rusak

sedikit disclaimer :
karena pembahasan mengenai cek motor listrik pada blog ini ada dua :

Ada kalanya barang-barang yang disebut diatas rusak. Ketika sudah rusak dan mau diperbaiki, pasti terpikir dalam benak sobat, apanya yang rusak?

Maka dari itu, dibutuhkan langkah pemeriksaan penyebab kerusakan. Misalnya pada pompa air yang mati. Sebelum memperbaiki pompa air yang mati, tentu sobat harus tahu dulu penyebab pompa air mati dan bagian mana yang mengalami kerusakan.

Misalnya saja ketika pompa air dinamonya yang rusak, sobat jangan mengganti Kapasitornya karena bukan itu penyebabnya.

 Atau mengganti beringnya. Jelas bukan itu penyebabnya.

Maka, dari pada sobat rugi dan salah membeli barang ganti (spare part), alangkah baiknya sobat memahami dulu penyebab kerusakan dan cara mengecek kerusakannya.

Nah, dalam motor listrik terdapat beberapa bagian yang sering rusak, seperti bearing, kapasitor dan juga kumparan atau dinamonya. Nah kali ini saya akan coba ulas bagaimana memeriksa motor listrik dinamo bagian kumparannya.

Jadi pemeriksaan motor listrik pada pembahasan ini di khususkan untuk memeriksa bagian kumparan dinamo apakah masih baik atau sudah rusak, untuk mengecek motor listrik secara umum dan paling mendasar saya sudah menjelaskannya di artikel sebelumnya :
Baca selengkapnya : cara memeriksa baik tidaknya motor listrik 1 fasa dan 3 fasa paling sederhana dengan teori pemahamannya

Baik,
tanpa basa basi lagi,

Cara cek kumparan Dinamo masih baik atau sudah rusak 

Siapkan alat yang harus ada dalam pemeriksaan. Untuk memeriksa dan cek dinamo, sobat harus menyiapkan alat yang bernama AVO meter.

Sediakan juga alat yang dapat membantu pekerjaan lain seperti tang dan isolasi. Bagi sobat yang belum paham penggunaan AVOmeter, bisa baca pembahasan ini : cara menggunakan AVO meter

Pada umumnya, motor listrik 1 fasa terbagi 3 yaitu :
  • motor listrik Kapasitor;
  • motor listrik saded pole;
  • motor listrik Universal. 

1. Cara cek Motor Listrik | kapasitor baik atau rusak

Motor listrik jenis ini merupakan jenis motor listrik yang paling banyak digunakan. Ciri-ciri motor listrik (dynamo) ini tentu adalah memiliki yang namanya Kapasitor.

Jenis motor listrik yang termasuk motor listrik kapasitor adalah :
  • Pompa air
  • Mesin cuci,
  • dan benda-benda lain dengan kapasitor. 
Jenis motor listrik ini memiliki kabel keluaran 3, maka untuk pemeriksaan bisa dilihat seperti Intruksi pada gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik baik atau sudah rusak
Yang berwarna biru bisa kita ibaratkan sebagai motor listrik, dan yang berwana Hitam itu kapasitor. Sementara garis biru, merah dan kuning bisa kita ibarat sebagai ketiga kabel keluaran dari motor listrik
Jika sobat sedang memeriksa motor listrik Pompa air, pasti kebingungan karena pompa air memiliki 2 kabel keluaran, maka sobat harus membuka penutup kapasitor untuk melihat ketiga kabel keluaran motor listrik.

 Yang harus sobat lakukan sebetulnya cukup sederhana, yaitu mengukur ketiga kabel tersebut satu persatu. Misalnya seperti pada gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa sebelum pengukuran dilakukan, pisahkan dulu kabel dari kapasitor. 
Ini dimaksudkan supaya arus dari kapasitor tidak terhitung dan mempengaruhi hasil pengukuran. Jika sudah dipisahkan silahkan lakukan pengukuran. Dengan cara :

1. Arahkan AVOmeter agar mengukur tahanan atau Ohm

2. Pasti sobat tahukan bagaimana caranya, sudah saya beberkan di pembahasan cara menggunakan AVO meter diatas Loh… maka jangan sampai lewatkan pembahasan itu ya...

3. Kalibrasikan Jarum pengukur Avometer Setelah itu hubungkan kedua jarum pada masing masing kabel, agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar diatas.

4. jika setelah diukur terjadi kalibrasi jarum penunjuk pada AVOmeter yang tidak terlalu jauh, itu menunjukan masih ada resistansi, berarti bagus.

5. Kemudian pindahkan 1 jarum pengukuran ke kabel yang belum diukur dan biarkan 1 jarum lain pada kabel yang sama dan silahkan cek kembali. Apakah ada resistansi?

Jika ADA berarti motor listrik kapasitor sobat dalam keadaan baik.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menentukan kabel kabel utama dan kabel untuk kapasitor. Agar kebih jelas bisa sobat baca : cara menentukan fungsi kabel pada motor listrik Kapasitor 

6. Setelah pengukuran dilakukan antara kabel dengan kabel, sobat juga bisa mengukur kabel dengan bodi motor listrik, ini dimaksudkan untuk mengecek apakah terjadi arus bocor pada body atau tidak.

7. Jika ada resistansi dengan ditunjukan pada jarum AVometer bergerak yang besar berarti sudah ada arus bocor pada body motor. ini masalah....

8. Namun, jika tidak ada berarti motor listrik kapasitor tersebut masih dalam keadaan baik.

9. Setelah pengecekan motor listrik selesai, sebaiknya sobat periksa kapasitor apakah masih bagus atau sudah rusak, silahkan baca : 5 cara cek kapasitor termudah

Jika setelah di periksa bagian kabel kumparan motor listrik sesuai, yang ditandai dengan terhubungnya masih-masing kabel dengan ada sedikit resistansi atau hambatan itu menujukan bahwa Dinamo motor listrik sobat dalam keadaan baik.

Tetapi kok masih gak jalan?

berarti kerusakan bukan pada Kumparannya, bisa jadi di bagian bearing, poros dan kapasitornya... silahkan cek lagi

Cukup mudah bukan….

2. Cara cek Motor listrik | shaded Pole apakah masih bagus

Motor listrik shaded Pole adalah motor (Dinamo) yang berbentuk lilitan besar saja, ciri lilitannya sama seperti lilitan Transformator.
Benda yang memiliki motor listrik shaded Pole adalah
  • beberapa jenis Kipas angin 
  • blower
  • kipas pada kulkas
  • pompa Aquarium
Untuk cek motor listrik jenis ini akan lebih mudah dibanding dengan mengukur motor listrik kapasitor karena kabel keluarannya hanya dua.

Meskipun kabel keluarannya ada 4 atau 3, bisa menggunakan metode yang sama dengan pengukuran motor listrik kapasitor. jadi untuk mengukur motor listrik jeni ini, bisa menggunakan metode pengecekan diatas.

 Agar lebih paham, bisa lihat gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Langkahnya hampir sama dengan Pengecekan motor listrik kapasitor, yang membedakannya, pengecekan motor listrik ini lebih mudah.

1. Cek bagian sambungan kabel apakah ada aliran listriknya atau tidak
2. Cek sambungan kabel dengan Bagian body keren dinamo apakah ada arus mengalir atau tidak, jika ada berarti ada kebocoran dan itu tidak baik, namun jika tidak ada berarti dinamo dalam keadaan baik

3. Cara cek kerusakan Motor listrik | Universal

Motor listrik ini merupakan jenis motor listrik yang memiliki lilitan dibagian stator dan bagin rotor, maka dalam segi tenaga lilitan ini lebih besar dan lebih cepat dibanding dua jenis motor diatas.

Alat yang menggunakan motor jenis ini adalah :
  • gerinda, 
  • Bor, blender, 
  • mixer 
  • dan lain-lain. 
  • Pokonya cirinya adalah penggunaan karbon pada motor tersebut. 
Agar lebih paham bisa baca : mengenal 3 Jenis motor listrik1 fasa dan pemanfaatannya 

Pengecekan Motor jenis ini juga hampir sama dengan kedua temannya diatas yang membedakan hanya pada posisi bagian mana yang diukurnya.

Karena jenis motor listrik Universal memiliki dua lilitan, maka kita harus cek satu persatu lilitan-lilitan tersebut.

Masih menggunakan AVOmeter sebagai Alat paling penting seorang Teknisi Pertama,

Motor Universal yang akan diukur harus tidak berarus listrik. 

1. Cabut stekernya.
2. Setelah itu, on kan saklar jika benda yang memiliki saklar.
3. Lalu cek bagian lilitan statornya.

4. Pengecekan bagian stator ini sedikit agak ribet, karena sobat harus membuka dulu kedua karbonnya. Kemudian hubungkan jarum pengukuran AVO pada salah satu Steker dan satu lagi pada wadah karbon pada motor listrik.

5. Jika setelah pengukuran tidak terjadi kalibrasi, silahkan pindahkan jarum pengukur pada karbon satunya lagi.

6. Jika masih tidak terjadi kalibrasi, ada kerusakan.

7. Namun jika ada kalibrasi, coba cek bagian sambungan antara steker satunya lagi.

8. Jika ada kalibrasi berarti bagus. Itupun kalibrasinya tidak terlalu lepas,

karena bisa jadi kalibrasi tersebut menunjukan Trip atau beban lebih.

Lihat gambar :
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak

Mudah bukan…

Mohon maaf bila gambarnya kurang jelas,

Selanjutnya sobat bisa cek bagian lilitan Rotornya atau bisa dikenal dengan nama Angker.

Pemeriksaan anker cukup dengan melihat kondisinya saja. Jika pada angker ada bagian yang gosong, berarti sudah rusak, jika masih mulus, berarti masih bagus dan bisa digunakan.
Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak menggunakan AVOmeter

Itu adalah cara cek motor listrik atau dinamo baik atau sudah rusak dengan menggunakan AVOmeter.

Bagaimana dengan anda yang tidak menggunakan AVOmeter ?

Bagi anda yang tidak memiliki AVOmeter atau alat ukur listrik lain, bisa menggunakan cara cek motor listrik dengan cara sederhana seperti cek tempelatur motor listrik dan kecepatan motor listrik tersebut.
Pembahasan mengenai cara memeriksa motor listrik baik atau sudah rusak dengan sederhana sudah saya bahas di pembahasan lainnya, jadi jangan lupa baca juga agar dapat mempermudah anda dalam cek kondisi motor listrik
Demikian Pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak salah kata dan salah ucap. Terus dukung perkembangan blog ini.

26 komentar untuk "Cara termudah cek Motor Listrik (dinamo) baik atau sudah rusak menggunakan AVOmeter"

  1. makasih gan, ijin coba tutor nya.

    BalasHapus
  2. Kalo lilitan dinamo kena oli gmana ya bang solusinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oli tidak merusak dinamo sob, tidak apa-apa... air yg merusak

      Hapus
  3. Bang mau nanya
    kalo motor pas start harus dipancing dulu baru muter itu kenapa ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya bagian kapasitornya sudah rusak.. bisa di ganti

      Hapus
  4. Tombol speed blender1-4 mati no 5 aktif/hidup kendalanya di bagian mana bang...?
    Mohon bantuannya..

    BalasHapus
  5. Pada saat contaktor d kasih beban pompa motor langsung ngetrip (MCB)turun...pompa atau contaktor yg masalah ya

    BalasHapus
  6. Ass wr wb... nanya bang saya punya generator merek denyo tiba2 hilang stromnya bingung soalnya temen buka kapasitornya yg kaki 4 cara pasang yg benar gimana ya bang? Kan ini ada 4 kabel warna hitam dari kolboster dan r kabel berwarna biru dan merah dari lilitan bantalannya puaing mau pasang ukang abis di cabut semua mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh cukup panjang juga jika harus dijelasin... ntar saya buat postingan khusus ya sob

      Hapus
  7. mas mau tanya , kalo jalur kabel capasitor nyambung gak ya soalnya saya ukur pake avometer jarumnya gk brgerak . prmasalahanya mesin punya saya putarannya harus di bantu baru bisa jalan kaya capasitor udah mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sambungan kabel dinamo listrik induksi, semua kabel jika diukur harus ada sambungan sob... jika tdk berarti pada bagian dinamonya terdapat bagian yg putus

      Hapus
  8. mas mo tanya , sy punya mesin cuci 1 tabung SARP baru di colok belum di pencet power tp sudah ada suara motor berdengung seperti motor mcet , gimana mas solusinya terima kasih

    BalasHapus
  9. itu kerusakan biasanya terjadi pada bagian modulnya gan,,, harus di periksa lebih lanjut,,, Plus dinamo atau kapasitornya juga sepertinya sudah rusak jika berdengung saja

    BalasHapus
  10. Gan ane punya motor mesin cuci 2tabung
    Dinamonya kerendem air pas lg banjir.ane nyalain gk bisa pas ane cek dinamo masih basah
    Pertanyanya.klo dinamo saya keringkan dlu bru saya coba lg masih bisa nyala gk ya.soalnya saat ini masih blm kebakar gk da bau angus.trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan bisa gan... asalkan benar-benar kering dan bersih dari lumpur

      Hapus
  11. Mas, mau tanya cara mengetahui voltase dinamo kalau tidak tertulis di dinamonya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake avo meter sob, pengukuran Volt AC

      Hapus
  12. Maap mas mo nanya klo gulungan dinamo pompa nya msh nyala tp tarikan nya tdk ad, knp y mas..? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek bagian kapasitor sob

      Hapus
    2. Numpang tanya, pompa air kolam terkena air sedikit, tapi tidak konslet, setelah dikeringkan daya hisap jadi kurang, padahal kapasitor sudah diganti pula, tapi daya hisapnya tetap tidak waktu pertama,

      Hapus
    3. itu berarti dinamo mulai mengalami kerusakan, sebaiknya keringkan lagi sampai benar-benar kering...

      Hapus
  13. Assalamualaikum
    Kalau untuk motor mesin cuci 40 watt diukur dan resistansi sangat tinggi (mencapai Kilo Ohm) apakah benar sudah rusak mas ?

    Mau nanya juga mmangnya resistansi yang dimaksud wajarnya berapa yaa mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam warrohamtullah...
      Pertama untuk resistansi sangat tinggi itu di ukur pakai AVO apa? apakah digital atau Analog...
      Jika diukur menggunakan AVO meter Digital, yg rusak itu biasanya tidak ada resistansinya, angka 1 akan terlihat di layar
      Jika menggunakan AVo analog, motor listrik yg rusak adalah jarum bergerak Full ke arah berlawan. (menujukan tidak ada resistansi)
      Jika AVo Digital menunjukan banyak angka biasanya itu keadaan baik karena ada resistansinya (misalnya 100-500)
      Jika Avo analog menunjukan jarum bergerak sedikit itu menjukan baik...

      Untuk detail ohmnya saya kurang tahu karena masing-masing dinamo memiliki resistansi yg beda beda
      semoga bermanfaat

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar