Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air

Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saja pada saat saya memperbaiki mesin cuci yang mengalami kebocoran. Ketika itu air tidak mau menampung pada tabung pencucian sehingga tidak bisa dipakai mencuci pakaian.

Selain itu, saya juga pernah mengalami perbaikan mesin cuci yang selalu rembes air dari bawah sehingga lantai menjadi seperti bak mandi karena tergenang air.

kenapa hal demikian bisa terjadi?

Berdasarkan pengalaman perbaikan beberapa bulan ini, ane juga masih newbie sob masalah mesin cuci belajar juga baru beberapa bulan. Kerusakan kebocoran atau air yang tidak mau menampung bisa disebabkan oleh kerusakan pada saluran pembuangan air pada mesin cuci baik itu mesin cuci satu tabung ataupun dua tabung.

Karena baik mesin cuci 1 tabung atau dua tabung keduanya memiliki sistem pembuangan air yang sama. Yang membedakan hanya pada cara membuang air apakah otomatis (1 tabung) atau secara manual (mesin cuci 2 tabung).


Lalu bagaimana cara mengatasi mesin cuci yang bocor tersebut?

Cara terbaik dan yang harus sobat lakukan pertama kali adalah memeriksa bagian karet penahan air yang biasanya terdapat didalam saluran pembuangan, terhubung lansung pada saklar penguras air. Lihat, ini karet yang dimaksud
Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air


Karet tersebut berfungsi untuk menahan air agar tidak terbuang dan akan membuka dan mengeluarkan air ketika saklar pembuangan diputarkan. Jika pada mesin cuci otomatis karet akan terbuka pada saat waktu pengeringan dimulai.

Bisanya, mesin cuci yang mengalami bocor atau tidak menampung air memiliki karet yang sudah rusak dengan tanda karet tersebut sudah bolong. Solusinya adalah dengan membeli karet mesin cuci yang baru toko elektronik atau toko refarasi terdekat.

Tidak tahu letaknnya juga?

Karet tersebut terletak disaluran air mesin cuci. Jadi untuk mengetahuinya sobat harus membula terlebih dahulu bagian body belakang mesin cuci sehingga terlihat jelas  aurat mesin cuci.. he maksudnya bagian dalam mesin cuci dari mulai mesin, gerabox dan saluran air
Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air

Pasti sobat menemukannya

Adakah kerusakan lainnya selain dari karet?

Jika setelah dilihat kondisi karet tersebut masih bagus dengan ditandai tidak ada bolong bolong disekelilingnya, mungkin saja kerusakan terjadi pada bagian saluran air khususnya ditempat diamnya karet tersebut yang terhalangi oleh suatu benda misalnya jaket (emang masuk?) maksudnya koin, kertas dan lain-lain.

Benda-benda tersebut akan menghalangi karet untuk menutup sempurna sehingga air tetap mengalir karena tidak tertahan karet. Solusinya cukup mudah, bersihkan saluran air tersebut.

Kersusakan lainnya juga bisa diakibatkan oleh per atau pegas pada karet saluran air mesin cuci yang sudah lemah atau sudah patah sehingga tidak menutup rapat saluran pembuangan air. Silahkan beli yang baru.
Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air

Adakah masalah lainnya?

Saya rasa kerusakan yang paling umum adalah kerusakan bagian yang telah saya sebutkan diatas, adapun kerusakan yang mungkin saja terjadi adalah kerusakan pada saluran pembuangan air itu sendiri yang sudah rusak atau bocor. Ganti saja mesin cucinya..... tapi itu kejadian yang sangat jarang.

Selanjutnya

Memperbaiki mesin cuci yang rembes

Mesin cuci yang rembes bisa dikibatkan faktor-faktor yang cukup sulit diperbaiki. Biasanya mesin cuci yang rembes diakibatkan oleh slang pembuangan robek. Jadi ketika melakukan pembuangan air, air malah muncul dibawah mesin cuci.

Solusi terbaiknya adalah dengan mengganti selang dengan selang yang baru, bisa didapat di toko elektronik atau toko refarasi elektronik rumah tangga misalnya Kondang service


Gimana cara memasangkan selang mesin cuci?

Jika sobat kebingungan cara memasangnya, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuka bagian belakang mesin cuci (washing machine)

Terdapat tempat penghubung antara slang dan pipa pembuangan mesin cuci. Silahkan cabut saja slangnya. Jika terdapat kabel ties silahkan potong saja. Namun jika menggunakan lem yang merekatkan slang dan pipa, sobat bisa merobek slang sersebut.

Slang sudah rusak ini...

Pasangkan slang yang baru dengan menekan sambil memutaskan slang pada pipa kemudian ikat dengan kable ties agar tidak ada air yang rembes. Jika tidak ada kabel ties, bisa menggunakan kawat

Adakah kerusakan lainnya?

Kerusakan lain bisa disebabkan oleh bagian gearbox yang tidak bisa menahan air. Sehingga air dalam penampungan pencucian menjadi menyerap kebawah membasahi bagian dalam mesin cuci dan lama kelamaan akan rembes. Akibat patalnya adalah kerusakan pada DINAMO motor listrik.

gerabox yang sudah rusak bisa terlihat dengan banyaknya air yang membasahi gearbox.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah lagi, sebaikan segera ganti gearbox dengan yang baru. dimana, sobat pasti sudah tahu dimanakan tempat untuk membelinya.

Bagaimana cara membuka gearbox?

Sebelumnya, sobat harus tahu dulu ini adalah cara membuka gearbox pada mesin cuci 2 tabung, untuk mesin cuci satu tabung jarang mengalami kerusakan ini, meskipun ada sobat harus membongkar seluruh bagian bawang yang menempel pada tabung besar pada mesin cuci 1 tabung tersebut
Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air


Untuk membuka gearbox pada mesin cuci 2 tabung tersebut caranya

  • Pertama, balikan mesin cuci hingga bagian bawanh mesin cuci berada disamping. Dilanjutkan dengan membuka seluruh baud yang menahan pada bagian bawang mesin ccuci.
  • Buka bagian bawah mesin cuci tersebut hingga terlihat bagian gearbox
  • Bagian gearbox biasanya dibaud kembali, silahkan buka baud tersebut
  • Setelah itu buka juga baud yang menempel pada bagian agitator, itulah bagian didalam tabung mesin cuci yang berbentuk seperti baling-baling.
  • Silahkan lepas gearbox dan ganti dengan yang baru
  • Pasangkan kembali seluruh bagian-bagian pada mesin cuci. Jangan sampai ada yang terlewat.

Mudah bukan

Atau malah kesulitan?

Solusi terbaik

Bagi sobat yang mengalami masalah pada mesin cuci, bisa menghubung kami dengan klik menu navigasi hubungi kami. Bisa juga dengan menghubungi via whatsapp 088806314585 atau Via Tlp 08129580217. Kami melayani panggilan langsung ketempat wilayah garut utara seperti Limbangan, selaawi, cibatu, kersamanah dan sekitarnya.

Bisa juga dengan mengunjungi tempat kami di kondang service



Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Cara mengatasi mesin cuci yang bocor rembes dan tidak mau menampung air"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL