Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya

Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya

Bismillahirohmanirohim

Pada kesempatan kali ini, saya akan berusaha membahas mengenai sebuah alat listrik yang berfungsi menghubung dan memutuskan arus listrik sesuai waktu. Yaitu Timer.

Pada umumnya, sebuah timer hanya mampu mengatur satu waktu dan merubahnya satu gerakan dalam satu waktu tersebut. Misalnya pada Timer Delay Relay (TDR), serta Timer lainnya


Berbeda dengan itu, Timer pada mesin cuci dapat bekerja  terus menerus mengalihkan antara dua kontak hubung dalam frekuensi waktu tertentu. Selain dari pada itu, Timer pada mesin cuci tepatnya wash Timer bisa berhenti bekerja bila Rotary pembuangan air diputarkan.

Yang menjadi pertanyaannya, bagaimana bisa seperti itu?

Yang jelas, ketika sobat telah memahami Prinsip kerja dari Timer mesin cuci tepatnya mesin cuci manual atau daua tabung ini, sobat akan dapat memperbaiki berbagai kejala pada mesin cuci dua tabung khusunya kerusakan pada bagian kendali yaitu timer sendiri

Timer sebagai pengendali?

Yah sebuah timer adalah pengendali dari mesin cuci

Sebuah timer dapat mengatur lama proses pencucian dilakukan.
Sebuah Timer dapat membolak balik putaran motor
Sebuah timer dapat menghentikan putaran motor

Lalu bagaimana cara kerja sebuah timer sehingga dapat mengatur kerja dari mesin cuci?

Sobat pasti sudah mengetahui sebelumnya, bahwa mesin pencuci pada mesin cuci dapat berputar kekiri dan kekanan, dalam bahasa inggrisnya Forward Reverse atau bolak balik.

Untuk membolak balik putaran mesin cuci, sobat harus mengatur putaran motor agar dapat berputar bolak balik. Dan untuk mengatur putaran motor, sobat harus mampu memahami rangkaian arus listrik yag memicu sebuah motor listrik itu dapat berputar bolak balik.


Berikut cara kerja motor agar dapat bekerja dengan dua arah putaran
cara membalik puatan motor 1 fasa

Gambar diatas menjelaskan bahwa sebuah motor listrik dapat berputar kekiri dan kekanan, atau bolak balik bila sebuah saklar tukar mengubah suplay arus pada motor dan kapasitor. Sehingga membuat arah putaran menjadi berdeda.

Sobat mau tahu kenapa putaran motor satu fasa dapat bekerja dua arah putaran? Akan sangat panjang bila ane jelaskan dari awal plus ane sulit menata bahasa agar lebih mudah dimengerti. (pede pisan..) Oleh karena itu saya akan mejelaskan initinya saja

Karena pada motor satu fasa terdapat dua kumparan dengan masing masing 4 kutub. Jadi bila dijumlah terdapat 8 kutub. Dua kumparan tersebut tersimpan pada sisi dalam dan sis luar. Dua kumparan tersebut dapat beralih tugas mejadi kumparan utama dan kumparan bantunya. Bergantian sesuai dengan suplay arus.
Timer

Kumparan bahtu digerakan oleh sebuah kapasitor.

Jadi untuk membalikan sebuah putaran motor, sobat dapat mengubah jalur arus listrik dapat mengubah kumparan mana yang akan mejadi kumparan utama dan mana yang akan mejadi kumparan bantu. Putaran utama diberi arus langsung dan kumparan bantu harus melewati kapasitor.

Untuk mengubah putaran motor sobat tinggal pindahkan jalan arus listrik sebagaimana dijelaskan pada gambar diatas


Kembali pada permasalah Timer mesin cuci!

Sebagai mana dijelaskan diatas bahwa motor dapat bekerja dengan dua arah putaran bila sobat mengubah jalan arus listriknya. Gambar diatas menggunkan saklar tukar sebagai pembalik putaran.

Pada mesin cuci menggunakan Timer yang secara otomatis membalik putaran motor dalam rentan waktu yang telah ditentukan. Terus menerus sampai waktu yang telah ditentukan tersebut habis dan mesn cuci akan benar-baner stop sendiri

Loh kalau sama dengan saklar tukar berarti harusnya timer memiliki 3 kabel donk? Kenapa ada yan 6 dan ada juga yang 7 kabel?


Pada intinya kabel utama sebuah timer pencuci hanya ada tiga. Pada umumnya yang berukuran lebih panjang. Ada juga yang 3 atau empat lain yang ukurannya lebih pendek itu berfungsi untuk menghubung dan memutus arus bila mana arus yang terhubung langsung pada Rotary pembuangan air.
Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya

Cara memasangnya cukup mudah tanpa harus menyamakan warna. Tapi jika warnanya sama yag lebih mudah,

Untuk memasangnya, sobat dapat menghubungkan sumber arus langsung pada bagian kabel timer panjang yang berposisi terpisah diantara kabel panjang lainnya, biasanya terdapat bersama dengan satu kabel pendek


Dan kedua kabel panjang lain bisa sobat hubungkan pada kapasitor mesin pencuci. Biasanya keduanya sudah terdapat diatas

Untuk kabel pendeknya?

Kabel pendek berfungsi untuk menghubung dan memutus arus sesuai dengan posisi rotary
Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya


Ada juga yang langsung terhubung tanpa harus menyusun kabelnya
Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya

Gambar diatas juga mempertegas bahwa kabel kecil hanya untuk terhubung pada bagian Rotary. Tepatnya, gambar diatas menunjukan dua timer, satu untuk membalik putaran motor, satu lagi untuk mengatur frekuensi diantara puatan bolak balik tersebut.
Biasanya terdapat pada mesin cuci Merk LG

Jika sobat bingun, sobat tidak perlu menghubungkan kabel-kabel pendek tersebut. Sobat dapat menghubungkan ketiganya atau keempatnya sekaligus agar tetap On. Hal tersebut tidak akan mengubah kerja dari mesin cuci

Hanya saja mesin cusi tidak akan dilengkapi perangkat otomatis berhenti ketika akan disurutkan plus aturan jangka waktu puataran.

Bagaimana dengan Timer pengering?

Untuk timer pengering pada mesin cuci dua tabung sangat simple, bisa dilihat dari jumlah kabelnya yaitu hanya dua buah saja dengan kata lain, Timer pengering hanya mampu berputar satu arah saja.

Tapi, meskipun lebih simpel, pemasangan sebuah Timer pengering tidak boleh asal-asalan. Karena, sebelum pemasangan kabel pada sumber listrik, arus tersebut harus lebih dahulu melewati switch pengaman yang terhubung langsung pada Pintu pengering pakaian.

Dimana ketika pintu terbuka, akan secara otomatis memutus arus listrik pada motor listrik pengering mesikipun timer pengering masih bekerja. Dan akan kembali berputar bila pntu tertutup.

Simak gambarnya
Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya

Cara memeriksa Timer pencuci pakaian masih bagus atau sudah rusak

Ada dua cara pemeriksaan yang dapat sobat lakukan, yang pertama dengan menggunakan test secara langsung, yang kedua dengan menggunkan alat ukur AVO meter

Baca juga : Apa itu AVO meter? Disini jawabannya (didalam artikel ini dimuat informasi detail tentang Avometer, fungsi, cara menggunkan, dan bagian-bagian didalamnya)

Untuk cara pertama mudah sekali dilakukan, namun membutuhkan waktu yang lebih lama.
Untuk cara kedua, sobat dapat lakukan tanpa ada mesin cuci yang akan dipraktekan, yang terpenting ada Timer dan AVOmeter yang masih bagus

Caranya

  1. Arahkan selektor switch Avometer kearah Ohm meter untuk mengukur sambungan penghantar
  2. Lakukan kalibrasi antara jarum min dan plus (jika avomter bagus akan terjadi gerakan jarum penunjuk dilayar avometer)
  3. Hubungkan salah satu jarum pada bagian kabel masuk arus, tepatnya kabel panjang yang jauh dari kabel panjang lain.
  4. Hubungkan salah satu jarum ke salah satu kabel panjang sisanya
  5. Putarkan timer menggunakan tang atau rotary
  6. Tunggu beberapa detik hingga terdengar suara perhantian roda gigi pada timer
  7. Apa yang terjadi?
  8. Tidak terjadi kalibrasi avometer bukan
  9. Tentu. Karena sobat harus mengatur penghubungan kabel pendeknya
  10. Lihat gambar
    Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya
  11. Sambungkan kabel pendeknya
  12. Silahkan coba lagi
  13. Putarkan Timer
  14. Tunggu beberapa detik hingga terjadi perpindahan roda gigi pada timer
  15. Apa jarum penujuk pada layar avometer berkalibrasi dan terputus kembali beberpa detik?
  16. Coba pindakan jarum avometer padai kabel panjang yang sebelahnya
  17. Jika terjadi hal yang sama ketika dengan pengecekan sebelumnya, berarti timer tersebut dalam keadaan baik dan layak digunakan
  18. Untuk mengetahui jarak perpindahan waktu dari kabel pendek, sobat dapat mengetahuinya dengan memindahkan sambungan kabel pendek tersebut.


Mudah bukan   

Cara memasang atau menggantikan Timer pada mesin cuci

Untuk pemasangan dan menggantikan Timer pada mesin cuci sangatlah mudah. Sobat dapat melakukannya sendiri tanpa membutuhkan bimbingan

Sebelum penggantian dilakukan, siapkan alat yang dapat membantu pekerjaan sobat meliputi :

  • Obeng Plus dan Min
  • Pemotong kabel, dapat berupa gunting atau tang
  • Isolasi untuk membungkus bagian yang terkupas


Mari kita bongkar
  1. Buka koper bagian atas mesin cuci tepatnya pada bagian 3 rotary dismpan. Caranya dengan membuka baud yang menempel pada bagian belakang koper
  2. Kemudian cokel menggunakan obeng dan pukul dengan tangan secara perlahan
  3. Setelah koper terbuka, terlihat jelas bagian Timer mesin pencuci dan pengeringnya bukan!
  4. Silahkan sobat ganti dengan yang baru dengan cara melepaskan terlebih dahulu Rotary Hendle (tempat memutar) yang terdapat dibagian koper depan
  5. Buka baud
  6. Perhatikan kabel dan lepaskan timer lama dan ganti dengan yang baru.
    Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya
  7. Sambungkan kabel sesuai warna, jika berbeda, bisa melakukan tips diatas
  8. Pasangakan setiap baud dan rotary pada tempatnya
  9. Test
  10. Rapaihkan kembali

Mudah bukan

Solusi terbaik

Bagi sobat yang mengalami masalah pemasangan Timer mesin cuci, pemasangan mesin, service mesin, mengganti gearbox dan kerusakan patal lainnya bisa menghubung kami dengan klik menu navigasi hubungi kami. Bisa juga dengan menghubungi via whatsapp 088806314585 atau Via Tlp 08129580217. Kami melayani panggilan langsung ketempat wilayah garut utara seperti Limbangan, selaawi, cibatu, kersamanah dan sekitarnya.


Bisa juga dengan mengunjungi tempat kami di kondang service

Kesimpulan

Timer adalah perangkat pada mesin cuci yang berfungsi untuk menghubung dan memutus arus sesuai waktu yang telah ditentukan.

Tidak perlu memusingkan jumlah kabel yang banyak. Karena pada intinya sebuah timer washing hanya memiliki 3 kabel utama

Jika sobat bingun, bagaimana memasang dan menyusun kabel pada mesin cuci, dapat membaca artikel ini



Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat

8 komentar untuk "Cara Kerja Timer mesin cuci serta cara memasanganya"

Comment Author Avatar
Mohon bantuannya saya lupa memutus kabel kapasitor sehingga pas mau nyuci mesin pencuci berputar kalo mesin pengering jg dihidupkan saya lupa rangkaian kabel kapasitornya mohon solusinya dan penjelasannya susunan kabel kapasitornya
Comment Author Avatar
pada artikel cara memperbaiki mesin cuci saya sudah jelaskan sob
Comment Author Avatar
Pada mesin cuci saya,di bagian wash timer tidak berfungsi,kasusnya saat dinyalakan timer langsung balik ke nol, kalau diputar dan ditahan mesin cuci berputar tetapi hanya searah saja,mihon saran
Comment Author Avatar
Halo,
Nama saya Leonar, saya mewakili situs lowongan kerja Jooble di Indonesia yang dikunjungi oleh 3М pengguna setiap bulan.
kami tertarik untuk bekerja sama dengan web anda (https://www.kelistrikanku.com/) dengan menayangkan iklan banner Anda id.jooble.org tanpa biaya. Kerjasama ini dapat menaikan jumlah kunjungan di web anda.
Boleh saya tahu apakah Anda tertarik dengan tawaran ini?
email: leonar.prayogo@jooble.com
Comment Author Avatar
Klo kalian gk punya ilmu dasar jangan coba berbahaya!! Coba liat komenan diatas jadi tambah kan masalahnya?!!!

Diskusikan pertanyaan sobat disini