Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan

Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan

Bismillahirrohmanirrohim

Pompa air adalah alat yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Kenapa, karena pompa air berfungsi untuk menghisap air dan air adalah salah satu bagian penting untuk kelangsungan hidup manusia. Secara detail pompa air adalah alat yang digunakan untuk memindahkan air dari sumber air yang biasa berada dibawah sampai pada penamungan.

Oleh karena pompa air sangat diperlukan, maka bukanlah hal yang aneh jika hampir setiap rumah dilengkapi dengan sebuah pompa air. Baik itu pompa air biasa atau sumur dangkal, pompa air semi jet pump, jet pump dan submersibel pump.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa cara memasangan pompa air yang benar bagi sobat yang berencana memasang pompa air dirumah sendiri tanpa menggunakan jasa pemasangan pompa air atau tukang ledeng.

Alasan lain saya menulis pemabahasan cara memasang pompa ini adalah menjawab keluhan atau kesulitan sobat dalam memasang pompa air dan mencari solusinya dengan mengunjungi blog butu ini.. (PEDE gila)


Baik kita mulai...

Sebelum melakukan pemasangan, usahakan sediakan alat-alat yang diperlukan demi kelancaran pemasangan kemudian simpan alat-alat tersebut ditempat yang muidah dijangkau. Alat tersebut antara lain :

  • Tang pemotong yang berfungsi untuk memotong dan mengupas kabel untuk dihubungkan pada stop kontak
  • Isolasi untuk membungkus kabel yang sudah terkupas
  • Kunci pipa untuk mengunci pipa
  • Gergaji besi untuk memotong pipa (gergaji pipa)

Setelah alat-alat disiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasang pompa air antara lain :

1. Tentunya sebuah pompa air jenis sumur dangkal atau semi jet

2. Sebuah pipa PVC ukuran 1 ¾ atau ½ Inch secukupnya sesuai dengan kedalaman sumur dan jaraknya pada penampungan seperti bak atau toren. Sebaiknya memakai pipa PVC ¾ untuk pipa hisap dan ½ untuk pipa dorong agar menghasilkan hisapan dan dorongan optimal. Untuk pembelian pipa PVC sebaiknya belilah pipa berkualitas tinggi seperti Rucika atau maspion.
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
pipa PVC

sertakan juga fiitng (sambungan pipa yang bisa membantu penyambungan dan pembukaan pipa PVC 
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan


3. Plenes. Plenes adalah salah satu jenis fiting pipa PVC yang digunakan untuk menghubungkan sok drat luar pada pompa air. Biasanya sebuah plenes telah tersedia pada sebuah pompa air sumur dangkal jadi tidak perlu dihiraukan.
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
plenes ukuran 1 Inch

Namun, jika sobat membeli pompa air bekas biasanya tidak ada plenesnya, maka silahkan beli satu plenes ukuran 1 inch, 2 buah baud 12, dan karet plenesnya tidak boleh dilupakan.

4. Sock atau penghubung pipa yang berfungsi untuk menghubungkan pipa PVC sesuai ukurannya.

5. Shock drat. Sok drat adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan antara pipa dan drat. Sok drat terbagi dua yaitu sok drat dalam (SDM) dan sok drat luar (SDL). Dan yang dibutuhkan disini adalah sok drat luar untuk menghubungkan pada plenes dan pipa. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran pipa dan plenes yang digunakan. Pada umunya plenes pada pompa air berukuran 1 inch. Jika sobat menggunakan pipa ukuran ¾ maka gunakan sok drat ukuran 1 X ¾ atau untuk pipa ukuran ½ maka gunakan sok drat (SDL)1 X 1.

Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
sock drat luar (SDL)

Bagaimana cara mengetahui ukuran fiitng pipa? Untuk menentukan ukuran bisa dilihat dari fiting pipa yang dimaksud atau bisa tanya langsung pada penjual.

6. Knee atau keni atau juga elbow yang digunakan untuk menghubungkan pipa yang akan dibengkokan. Untuk ukuran knee bisa disesuaikan dengan ukuran pipa

7. Knee drat dalam (faucet Elbow) yang nantinya digunakan sebagai bengkokan yang dapat dibuka. Ini bertujuan untuk memudahkan pengguna memasang dan membuka pipa.
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
knee drat dalam


8. Tusen klep berfungsi sebagai otomatis air. Tusen klep ini disimpan dibagian bawah pipa penghisap yang bertujuan untuk menahan air agar tidak jatuh kembali pada sumber dan membuka pada saat pompa air dihidupkan
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
tusen klep

9. Saringan. Saringan ini difungsikan untuk menyaring air yang akan masuk pada pompa. Biasanya disimpan setelah tusen klep. Ada juga sebuah tusen klep yang telah dilengkapi dengan saringan, sobat tinggal pilih saja mau menggunakan yang mana.
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
tusen klep dan saringan

10. Water mur sock drat luar ukuran 1 X 1/2 yang bertugas untuk memudahkan penggunan dalam membuka dan menutup pipa.
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
water mur drat luar 

Catatan
Sebaiknya fiting (sambungan) pipa PVC yang akan digunakan merupakan fiting yang berkualitas. Saya rekomendasikan merk RUCIKA karena untuk merk lain selalu kurang baik digunakan.
Serta bahan lain seperti
Seal tape (siltif)
Lem pipa PVC
Pemasangan dapat diaplikasikan seperti pada gambar berikut :
 
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
bisa diambil contoh

Step by step Cara memasang pompa air sumur dangkal atau semi jet

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Silahkan dilihat kembali bagian atas

Setelah bahan-bahan telah disiapkan, periksa tempat dan susun rencana dimana akan menyimpan pompa air. Usahakan pompa air diletakan dekat dengan sumber air. jarak antara sumber air dan pompa air maksimal 8 meter jangan lebih. Jika kurang justru bagus

Simpan pompa air ditempat yang teduh, tidak lembab serta mudah dijangkau.

Penyusunan pipa hisap

Penyusunan pipa dimulai dengan menghubungkan Sokc drat luar (SDL) pada pipa yang nantinya akan dihubungkan pada tusen klep atau otomatis air. Dilanjutkan dengan menghubungkan tusen klep dan saringan dengan baik.

Pemasangan tersebut sebaiknya dibaringi dengan pelapisan siltif dan dikunci menggunakan kunci Pipa

Cek keaktifan tusen klep dengan memasukan air pada pipa hisap tersebut. Apakah air tersebut tertahan? Jika yah berarti tusen klep dalam keadaan baik

Menuju langkah selanjutnya

Jika jarak pada sumber tidak cukup dengan 1 lente pipa, boleh ditambah 1 lente lagi dan dihubungkan dengan sok. Atau jika pipa sudah terdapat bagian yang sedikit berkembang diujungnya, boleh langsung dihubungkan. Penghubungan sock atau pipa harus menggunakan lem pipa dengan kualitas terbaik juga.

Lem bagian sambungan dalam dan luar dengan penuh agar hasilnya optimal dan tidak menyisakan kebocoran

Hubungkan bagian atas pipa hisap dengan sok drat dalam SDM ukuran sesuai dengan pipa misalnya ¾ maka SDM yang digunakan berukuran ¾ X ¾.

Selanjutnya

Penghubungan plenes pada pompa air.

Namun, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, pada umumnya plenes sudah ada secara otomatis pada pompa air maka langkah selanjutnya adalah memasangkan SDL ukuran 1 X ¾ pada plenes, pakailah siltif dan kunci menggunakan kunci pipa dengan kuat

Pemasangan pipa pendek dan knee drat dalam pada pipa pendek yang nantinya akan menghubungkan pada pipa hisap yang menuju kesumber air.

Jangan lupa untuk menggunakan lem pipa kualitas terbaik

Sebelum penghubungan pipa hisap bawah pada knee drat dalam, cek kembali dengan meniup langsung pipa hisap tersebut. Apakah tiupan tersebut tertahan atau tidak, jika tiupan sobat terasa tertahan maka pipa hisap dalam keadaan baik.

Pengecekan kembali dilakukan

Cek sambungan pipa pendek pada pompa air dengan cara mengecek hisapan pada pompa air caranya
berikan air pancingan pada kepala pompa iar sampai penuh, kemudian tempelkan telapan tangan dengan rekat kemudian hidupkan pompa air.

Jika ada tarikan pada tangan sobat, berarti sambungan dalam keadaan baik
Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan
pipa pendek

Dilanjut dengan menyusun pipa dorong

Sambungkan water mur bagian drat pada pompa air. Penggunakan watermur bertujan untuk mempermudah pembukaan dan pemeriksaan pompa air. Jika tidak punya boleh menggunakan SDL. Biasanya untuk pipa dorong ukuran pipa ½ .

Jangan lupa berikan seal tape dan kunci dengan menggunakan kunci pipa.

Kemudian hubungkan watermur bagian sock pada pipa dengan diberi lem terlebih dahulu kemudian 
susun pipa dorong

Untuk menyusun pipa dorong boleh dilakukan sekreatif sobat dan sesuaikan dengan medan yang ada.
Jika sudah, silahkan simpan pompa air pada posisi yang tidak terlalu jauh dari sumber dan mudah dijangkau

Masukan pipa hisap kedalam sumber perlahan-lahan kemudian hubungkan dengan knee drat dalam yang telah dipasang sebelumnya.

Jangan lupa berikan seal tape dan kunci dengan menggunakan kunci pipa.
Jika memungkinkan, sebelum penghubungan pipa hisap pada knee drat dalam, isilah air sampai penuh

Selanjutnya isi terlebih dahulu kepala pompa air dengan air sampai penuh dan hubungkan watermur drat pada pompa dan watermur sok pada pipa dorong

kunci dengan menggunakan kunci pipa.

Jika sobat merasa pemasangan dirasa sudah bagus, silahkan coba hidupkan pompa air tersebut

Jika pemasangan dilakukan dengan benar sesuai prosedur, kedalam sumber air sesuai dengan kapasitas pompa air, dan tidak terjadi kebocoran pada pipa, insyaAllah tidak perlu menunggu waktu lama air akan keluar dari ujung pipa dorong.

Jika pompa air tidak mau menghisap air juga bisa membaca pembahasan dibawah atau bisa juga dengan membuka pembahasan perbaik pompa air ini : pompa air rusak? tuntaskan dengan 14 cara perbaikan pompa air part 1

Penyebab pompa tidak mau menghisap
  • Penyebab pompa air tidak mau menghisap air bisa diakibatkan kebocoran pada pipa hisap. Periksa kembali pipa hisap pada pompa air
  • Mungkin juga jarak antara sember air dan pompa air tidak sesuai kapasitas, ukur kembali atau bisa juga membaca : jangan salahpilih! Tips cerdik memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan anda
  • Penyebab lainnya adalah pada tusen klep yang tidak mau membuka jalan untuk iar terhisap pompa, atau dengan kata lain tusen klep macet
  • Penyebab lainnya juga bisa terjadi pada saringan pompa air yang tersumbat
  • Pompa air yang berdaya tarik kurang kuat, bisa diperiksa dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya
  • Tegangan listrik rumah sobat kurang dari 220 misalnya 190 atau 180 v bisa juga menjadi penyebabnya

Solusi terbaik

Bagi sobat yang mengalami masalah pemasangan pompa air sumur dangkal atau semi jet, ataupun permasalah pada pompa air misalnya pompa air terbakar, macet dan kerusakan patal lainnya bisa berkomentar dikolom komentar dibawah ini. bisa juga Menghubung kami dengan klik menu navigasi hubungi kami. Bisa juga dengan menghubungi via whatsapp 088806314585 atau Via Tlp 08129580217 (kusus untuk yang ingin membutuhkan bantuan refarasi) . Kami melayani panggilan langsung ketempat wilayah garut utara seperti Limbangan, selaawi, cibatu, kersamanah dan sekitarnya.

Bisa juga dengan mengunjungi tempat kami di kondang service

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat

30 komentar untuk "Cara memasang Pompa air sumur dangkal dan semi jet pump dengan berbagai perhitungan"

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Comment Author Avatar
Mau tanya pak, saya mau pasang pompa waterplus sj-109p ( semi jet ). Lubang hisap ada 1 sisi samping & lubang keluar ada 1 sisi atas. Apa sama pasang instalasi pipanya seperti pompa biasa
Comment Author Avatar
Pump air saya model 208 bit tadi nya keluar air nya kencang.sekarang lemah keluarnya kecil.dan sekarang harus dipancing dulu baru mau keluar air.kira2 dari masalah nya dari sisi apa nya ni bos.mohon solusinya bos
Comment Author Avatar
masalahnya terletak pada bagian tusen klep dan saringan, coba bersihin bagian tersebut, barangkali ada benda menyangkut disana sehingga menyebabkan saluran air tersumbat namun tetap membuka Klep
Comment Author Avatar
Numpang nanya juga. Pompa saya Sanyo P-WH 137C dicolong orang, saya ganti baru merk, type sama persis tp dipasang air gak mau keluar pdhl sblmnya pke yg dicolong itu air lancar banget ngisi torn paling 15menit, kata tukang pompa mesti ganti semi jet saya beli Shimizu 108bit air keluar kecil ngisi torn pertama kali bs 2 jam, trus ngisi selanjutnya malah gak keluar air, akhirnya dipancing bs keluar, tp ngisi torn tetep lama. ini yg salah apanya yak...
Comment Author Avatar
permasalahnya adalah pada bagian pemasangan, dimana pipa hisap harus benar-benar rapat tanpa kebocoran, jangan lupakan juga fungsi dari tusen klep pada pompa air, kadang tusen klep memiliki per yang keras sehingga berat untuk ditarik oleh pompa air, sobat bisa buka pernya
Comment Author Avatar
Sy baru beli wasser 120,kedalaman sumur 15 meter, mesin sy turunkan hingga setengah kedalam sumur, jd pipa hisap trun 7 meter dan pipa keluar dr sumur 8 meter, tp air nya gk bisa keluar, kira2 salah nya dimana y? Tolong penjelasan nya, trims.
Comment Author Avatar
inti permasalah pompa tidak menghisap cuma satu sob, adanya kebocoran... (jika pompa air dan jarak dirasa masih normal)
Comment Author Avatar
tusenklep di sumurbor saya ngga berfusi air turun kebawah trus, masalahnya mau ganti tusen klep sumur bor saya sdh dicor,..
Yg mau saya tanyakan, apakah bisa pompa semi jetpum dipasang dekat mesin pompanya
Comment Author Avatar
Maksud saya bisakah tusenklep dipasang dekat pompa,..
Comment Author Avatar
bisa sob... dan itu solusi terbaik yg bisa dilakukan...
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Comment Author Avatar
Ukuran pipa hisap 1/2" klo misalkan di kasih vsock 3/"4-1/2" dari lubang mesin hisap itu daya hisapnya akan berkurang atau sama saja pak?
Comment Author Avatar
Tolong di jawab bagi yg tahu!
Comment Author Avatar
sama saja... soalnya ukuran standar pipa juga 1",
Comment Author Avatar
Bos mau nanyaa niih, pengaruh gak penggantian pipa hisap 1 inch ke 3/4 utk tekanan airnya ??
Comment Author Avatar
Bos mau nanyaa niih, pengaruh gak penggantian pipa hisap 1 inch ke 3/4 utk tekanan airnya ??
Comment Author Avatar
Bos mau nanyaa niih, pengaruh gak penggantian pipa hisap 1 inch ke 3/4 utk tekanan airnya ??
Comment Author Avatar
Saya pakai mesin shimizu 185e,,bisa gk pakai pipa 1/2 buat pipa hisap sama keluarnya,,kedalaman sumur sekitar 10/12 meter,,,
Comment Author Avatar
Bisa... Cuma cuma jaraknya harus d perdekat pak, soalnya agar pompa hisapnya mantap miksimal 9m
Comment Author Avatar
Pak sumur saya dalam 18 m pakai semi jetpump 108 shimitsu mesin di taruh di bibir sumur apakah bisa ya
Comment Author Avatar
Pak sumur saya dalam 18 m pakai semi jetpump 108 shimitsu mesin di taruh di bibir sumur apakah bisa ya
Comment Author Avatar
Rencana mau pasang Shimizu 135e otomatis. Jika kedalaman sumur bor +-6m, berapa panjang ideal pipa kedalam? Dan kalau rencana pakai pipa hisap dan dorong ukuran 1/2 apa hasilnya bs maksimal?
Comment Author Avatar
idealnya panjang pipa sebisa mungkin dekat dengan ujung sumber air, agar dapat mengambil banyak air. 1/2 masalah
Comment Author Avatar
Permisi ijin tanya pak, pompa air saya simizu standar ditaruh di atas lalu dalamnya air 14 meter dan pakai pralon diameter 1 inch. Itu kenapa ya keluarnya sedikit?. Padahal saat di taruh di dalam sumur malah keluar airnya besar.
Comment Author Avatar
Untuk pompa air shimizu tipe sumur dangkal memang jarak maksimal ke sumber air 9 meter

Diskusikan pertanyaan sobat disini