cara terlengkap memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin

cara terlengkap memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin

bismillahirrohmanirrohim

melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang cara memperbaiki kipas angin, pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas mengenai cara memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri kekanan.

Harus sobat ketahui sebelumnya, bolak beloknya kipas angin itu berbagai macam cara dan yang paling sering ditemukan dimasyarakat adalah 2 cara paling populer ini :

Memakai Gerabox

Memakai Motor listrik kecil

Pada umumnya, kipas angin yang menggunakan sistem gearbox (kotak gigi) lebih banyak digunakan dan lebih sering dijumpai pada merk-merk kipas angin lama atau yang baru namun dengan sedikit pengaturan. Misalnya kipas angin yang memiliki kontrol dengan 3 saklar speed dan satu Off.

Sementara kipas angin yang menggunakan sistem motor listrik kecil biasanya digunakan pada merk atau jenis kipas angin yang menggunakan kontrol lebih rumit. Misalnya memiliki Timer, Speed kontrol, dan yang menggunakan rangkaian elektronik didalamnya untuk mengatur kerja kipas angin. Atau juga pada kipas angin yang menggunakan tali penarik untuk kontrolnya

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan tips yang apa adanya tentang bagaimana sih cara memperbaiki kipas angin seperti itu!

Kerusakan jenis ini biasanya ditandai dengan kipas berhenbus normal namun sudah diatur kontrolnya agar menengok tapi tetap saja tidak mau mengok, bisa juga ditandai dengan kepala kipas angin yang tetap dalam posisi ditengah.

Bagi sobat yang mengalami hal demikian mari lanjutkan pemabasan ini, namun bila tidak atau memiliki masalah lain, misalnya kipas angin yang macet atau mati total bisa baca


Mari mulai

Sebelum melakukan perbaikan biasakan sediakan alat-alat yang dapat membantu ketika perbaikan seperti Tang pemotong, tang kombinasi, obeng min, dan obeng plus

Memperbaiki  kipas angin yang tidak dapat menengok sistem Gearbox

Sekali lagi kipas angin yang memiliki sistem gearbox biasanya memiliki sistem kontrol saklar 3 speed dan 1 off kemudian ada sebuah saklar lagi dibagian atas kepala kipas angin.

Gambar dibawah ini adalah letak permasalah yang baisa terjadi pada sistem gearbox
 memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin

Kerusakan seperti apakah yang biasa terjadi pada kipas angin sistem gerabox

  • Bagian leher yang patah


  • Bagian sambungan baud yang lepas


  • Bagian gearbox yang sudah aus


Ini adalah gambar bagian leher kipas angin
 memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin


Untuk mengatasi cukup mudah, coba sobat lihat bagian mana yang patah atau lepas, jika keadaan leher dan besi penghubung masah normal, berarti bagian gerboxnya yang rusak. Untuk menagasinya sobat harus menggantinya dengan yang baru karena gigi (Gear) pada gearbox sudah aus dan tidak dapat mentransfer energi putaran dari angker (As) pada bagian besi penghubung

Perhatikan gambar gearbox ini :
 memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin

Selain itu, pemasangan yang tidak benar dapat mengakibatkan gearbox tidak bekerja semestinya, jadi atur dan luruskan pemasangan gearbox dengan baik sebelum pemasangan.

Dimana dapat mendapatkan Gearbox kipas angin?

Memperbaiki kipas angin yang tidak menengok sistem motor listrik kecil
 memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin

Untuk memperbaiki keruskan pada motor listrik kecil atau biasanya tukang service menyebutnya motorik dimana energi putaran dihasilkan dari energi listrik. Keuntungan menggunakan motor listrik kecil ini adalah pengaturan dapat lebih mudah dan mampu diaplikasikan bukan hanya untuk bolak beloknya kipas bisa juga sebagai pemutar sarang kipas angin duduk, dan lain-lain.

Jadi untuk memperbaiki kipas angin dengan motor kecil ini diharuskan memeriksa bagian kelistrikan dan untuk memeriksa bagian kelistrikan sobat harus menggunakan Avo meter.

Bagaimana caranya ?

  • Pertama siapkan Avo meter, arahkan selektor switch pada bagin ohm meter X1 atau X10 dan lakukan kalibrasi dengan cara menghubungkan jarum min dan plus. Jika jarum penunjuk angka pada layar bergerak itu menunjukan siap dipakai
  • Putus sambungan kelistrikan pada motor listrik dan kupas kabel.
  • Lakukan pengukuran dengan menghubungkan kedua jarum – dan + pada kedua kabel. Perhatikan gambar :
     memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin

  •  Jika jarum pada layar AVO meter bergerak, maka bisa dipastika motor dalam keadaan baik dan keruskan terjadi pada bagian kelistrikan lain misalnya papan sirkuit atau yang lainnya. Namun jika jarum pada AVO meter tidak bergerak bisa dipastikan motor listrik kecil tersebut dalam keadaan rusak. Maka silahkan gantikan.
  • Namun jika sudah di periksa dengan avo meter dan hasilnya bagus tetapi masih tidak mau bekerja itu menunjukan bagian dalam motor listrik kecil tersebut ada yang rusak. Misalnya giginya sudah aus. Untuk memastikan silahkan lakukan pengecekan langsung dengan menghubungkan langsung kesumber listrik dan lihat apa yang terjadi.
  • Biasanya kerusakan pada kipas angin dengan sistem motor listrik kecil itu adalah pada motor listrik kecil itu sendiri jadi silahkan ganti dengn yang baru.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat


0 Response to "cara terlengkap memperbaiki kipas angin yang tidak dapat menengok kekiri dan kekanan dari berbagai Tipe kipas angin"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL