Kelebihan motor listrik 3 fasa dibandingkan motor listrik 1 fasa

Kelebihan motor listrik 3 fasa dibandingkan motor listrik 1 fasa

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu mesin listrik Dinamis, yaitu Motor listrik. Motor listrik digunakan sebagai pengubah energi listrik menjadi energi mekanik berbentuk putaran.

Motor listrik sendiri memiliki banyak jenis, dan yang paling utama ada 3 yaitu Shaded Pole, Universal dan Induksi. Bisa sobat baca di : mengenal 3 jenis motor listrik 1 fasa dan pemanfaatannya

Motor listrik shaded pole biasanya digunakan pada motor listrik satu fasa AC (arus bolak balik) misalnya Kipas angin. Sama seperti motor listrik shadd pole, motor listrik universal juga digunakan pada listrik 1 fasa. Namun, Jenis universal bisa digunakan untuk arus DC seperti starter Mobil dan sepeda motor juga bisa digunakan sebagai generator.


Kelebihan motor listrik 3 fasa dibandingkan motor listrik 1 fasa


Sementara itu, Motor listrik Induksi dapat bekerja pada listrik 1 fasa maupun 3 fasa. Meskipun tidak dapat digunakan untuk arus DC.

Sekilas tentang Listrik 3 fasa

Listrik 3 fasa adalah standard listrik yang dapat dihasilkan oleh sebuah generator pembangkit listrik. PLN dan Industri besar menggunakan listrik 3 fasa sebagai listrik standarnya.

PLN akan mendistribusikan listrik 3 fasa pada seluruh wilayah Indonesia dan kemudian didistribusikan kembali pada rumah-rumah warga melalui sebuah gardu. Pada sebuah gardu (trafo), arus listrik 3 fasa dari PLN diturunkan dan dibuat kabel netral. Sehingga jika dihubungkan antara arus fasa dan netral dari gardu akan menghasilkan tegangan sebesar 220 V.

Baca selengkapnya : sistem pendistribusian listrik PLN

Kenapa PLN menggunakan genarator 3 fasa sebagai pembangkit listrik standar?

Kelebihan sistem 3 fasa adalah mampu menghasilkan tegangan lebih besar dengan daya yang lebih efisien.

Contoh :
Beban 5000 watt jika dibandingkan
 1 fasa 220 Volt = 22 Ampere --- 3 fasa 380 Volt 7.5 ampere

Jadi penggunaan listrik 3 fasa akan lebih irit dibanding dengan penggunaan sistem 1 fasa

Begitupun pada motor listrik.

Kelebihan motor listrik 3 fasa dibanding 1 fasa

  • Lebih efisien. Sebagaimana dijelaskan diatas, bahwa listrik 3 fasa akan mengeluarkan arus yang lebih ringan. Begitupun pada motor listrik;
  • Lebih bertenaga. Ini adalah yang paling utama. Mesin yang menggunakan 3 fasa akan berenergi lebih besar karena dialiri dengan 3 fasa berbeda gelombang sekaligus;
  • Lebih mudah diutak atik. Pada umumnya, sebuah motor listrik 3 fasa memiliki 6 terminal, meskipun ada yang 3 terminal, terminal tersebut sebenarnya ada 6 namun direkayasa dan dimudahkan sehingga menghasilkan 3 terminal 9kontak Hubung).

Mudah diutak atik ini sebenarnya dapat dijadikan kelebihan juga dijadikan kekurangan, karena bila terlalu diutak atik, malah membuat pusing pengguna.

Jika sobat penasaran bisa diutak atik seperti apa sajakah sebuah motor listrik 3 fasa dengan 6 termninalnya bisa dibaca : belajar dan membuat sistempengasutan pada motor listrik 3 fasa

Sementara pada motor listrik 1 fasa hanya memiliki 2 terminal yang sudah jelas kearahnya.
  1. Kelemahan lain pada motor listrik 3 fasa adalah penggunaannya yang amsih kurang umum dimasyarakat. Meskipun berjenis motor standar, motor listrik 3 fasa hanya digunakan diIndustri-industri.
  2. Selain itu, motor listrik 3 fasa selalu lebih mahal dibanding dengan motor listik 1 fasa.
  3. Untuk menjalankan sebuah motor listrik 3 fasa diharuskan dibentuk sebuah rangkaian kontrol (kendali) agar penggunaannya Optimal salah satu rangkaian kendali yang sering digunakan bisa dibaca : sistem kontrolmotor listrik hidup mati berurutan
Kelebihan motor listrik 3 fasa dibandingkan motor listrik 1 fasa

Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat  

2 komentar untuk "Kelebihan motor listrik 3 fasa dibandingkan motor listrik 1 fasa"

Diskusikan pertanyaan sobat disini