Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa

Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa

Bismillahirrohmanirrohim

Sebenarnya, pembahasan tentang sistem pengasutan bintang segitiga ini telah saya bahas pada pembahasan tentang sistem kontrol motorlistrik 3 fasa star delta membuat dan merancang.

Didalam pembahasan tersebut sudah dibahas sangat detail tentang pengasutan bintang dan segitiga pada motor listrik.

Namun, karena  banyak yang tidak mengetahui bahwa blog ini telah membahas mengenai pengasutan motor listrik 3 fasa ini, saya akan suguhkan secara spesifik tentang sistem pengasutan putaran kekiri, putaran kekanan, bintang, dan segitiga pada motor listrik 3 fasa.

Pengasutan yang kami maksud adalah sambungan langsung pada terminal motor listrik 3 fasa sehingga menghasilkan berbagai jenis kekuatan dan hubungan antara bintang dan segitiga.

Jika sobat mencari hal yang berbeda dari pemabahasan ini silahkan tutub tab ini... hehe bercanda sob

Sekilas tentang motor listrik

Motor listrik atau dalam bahasa inggris disebut dengan electro Motor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik berupa putaran. Berdasarkan banyak fasanya, Motor listrik terbagi  2 yaitu motor listrik 1 fasa dan motor listrik 3 fasa.

Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasaPada motor listrik 1 fasa, biasanya dilengkapi dengan 2 terminal dan sangat mudah dirangkai. Karena sobat hanya tinggal menghubungkan 2 kabel pada terminal tersebut dan motor listrik bisa langsung bekerja.

Peralatan elektronik yang menggunakan motor 1 fasa sebagai mesinnya adalah pompa air, mesin cuci kipas angin, dan teman-tamannya


Sementara motor listrik 3 fasa dilengkapi dengan 6 terminal yang biasa diberi nama U V W X Y Z. Atau u1 u2 u3 u4 u5 u6.

Karena banyaknya terminal yang terpasang pada motor listrik 3 fasa, tidak sembarang orang yang dapat menggunakannya, jika dilihat di perumahan, penggunaan motor listrik 3 fasa sangatlah jarang. Maka dari itu orang-orang kurang mengenal dan tidak tahu cara menggunakannya.

Namun, jika sobat berkunjung ke lingkungan industri seperti wilayah karawang atau cikarang, hampir seluiruh mesin penggerak yang digunakan menggunakan motor listrik 3 fasa.

Baca juga : Kelebihan motor listrik 3 fasa dibandingkan motor listrik 1 fasa

Nah, Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit  pengalaman saya belajar tentang motor listrik 3 fasa dan pengasutan yang digunakan pada motor tersebut.

Pengasutan Motor listrik

Jika sobat kurang mengetahui tentang pengasutan motor listrik, saya akan menjelaskan sedikit entang hasil belajar saya,

“Kenapa sedikit-sedikit bro?”

“Soalnya ilmu saya juga masih sedikit cis”

Pengasutan adalah suatu sistem penghubungan (sambungan) arus listrik 3 fasa pada motor listrik 3 fasa yang akan menentukan bagaimana sebuah motor bekerja. Apakah berputar kekanan, kekiri, bertenaga, atau berkecepatan.

Karena, sebuah motor listrik 3 fasa akan bekerja sesuai dengan sistem pengasutan yang dibuat oleh sobat.

Pada umumnya, sebuah pengusutan motor listrik dikerjakan pada sebuah proyek yang bernama sistem kontrol atau sistem kendali motor yang mencakup sebuah rangkaian yang akan mengatur bagaimana motor listrik akan bekerja.

Didalamnya terdapat sebuah kontaktor, push botton dan komponen lain yang memungkinkan sebuah motor dapat bekerja sesuai dengan perintah dan rancangan yang telah dibuat pada sistem kontrol sebelumnya.


Perlu diketahui, sebuah pengasutan ada juga yang diterapkan pada sebuah motor langsung, jika penasaran, mari kita bahas satu persatu

Pangasutan Bintang (star) pada Motor listrik 3 fasa

Kenapa disebut pengasutan bintang, karena pengasutan ini jika digambarkan menyerupai bintang
Pejelasan gambar
Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa bintang

RST adalah arus listrik 3 fasa yang menyambung pada kumparan

Garis bergerigi diatas adalah kumparan (lilitan atau dinamo), seharusnya gambarnya berupa pegas, namun karena saya tidak bisa menggambar pegas jadi bergerigi...

Menuju satu titik pada gambar menunjukan bahwa kumparan disatukan

Pengasutan bintang pada motor listrik bekerja dengan 3 fasa dan menumpuk sambungan akhir 
dalam satu titik dan disatukan dengan sambungan lainnya.

Sambungan bintang adalah sambungan paling sering dipakai dibandingkan dengan pengasutan segitiga, karena lebih mudah dalam pemasangannya

Meskipun demikian, pengasutan bintang kalah tenaga bila dibandingkan dengan pengasutan segitiga. Selain itu pengasutan bintang akan mengeluarkan daya yang lebih besar dibandingkan dengan pengasutan segitiga.

Maka dari itu, dibuatlah sebuah sistem kontrol atau kendali yang dapat memungkinkan sebauh motor bekerja secara bintang kemudian menjadi segitiga (DELTA).
Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa bintang


Coba perhatikan gambar diatas, gambar itu adalah pemasangan kabel 3 fasa pada ke-6 terminal motor listrik 3 fasa. Arus lstrik masuk pada terminal U V W kemudian terminal ZXY disatukan sehingga menghasilkan pembebannan dan motor listrik bekerja.

Arus pada terminal ZXY bisa dikatakan sebuah arus Netral

Pengasutan segitiga (DELTA) pada motor listrik 3 fasa

Kenapa disebut segitiga? Coba saja perhatikan gambar :
Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa segitiga

Pada pengasutan segitiga (DELTA) Ketiga arus listrik yaitu Arus R S T dihubungkan pada dua terminal sekaligus (misalnya R pada U dan Z, sehingga keenam terminal pada motor listrik 3 fasa tersbut mengalami tegangannya sendiri. Ini menyebabkan kekuatan yang sangat besar karena setiap ujung kumparan diberi tegangan.

Hanya saja, untuk pemasangan pengasutan segitiga cukup sulit dan harus benar. Jangan sampai salah dalam pemasangan penghubungan antara fasa 1 dan lainnya. Karena dapat mengakibatkan kerusakan pada motor listrik

Selain itu, motor listrik yang dipasang langsung pada posisi Delta rentan terhadap kerusakan, maka dari itu dibuatlah sistem kontrol star delta yang membuat motor bekerja Bintang kemudian segitiga
Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa segitiga

Dalam fenomena ini, setiap fasa dari ketiga fasa tersebut menghubungkan dua terminal sekaligus untuk memberikan energi listrik pada dua kumparan.


  • Gambar diatas menunjukan bahwa fasa R menghubungkan pada terminal U dan Z. Z sendiri terhubung pada W yang terhubung langsung pada fasa T
  • Fasa S menghubungkan pada terminal V dan X. X sendiri terhubung pada fasa U yang terhubung langsung pada fasa R
  • Fasa T menghubungkan pada terminal W dan Y. Y sendiri terhubung langsung pada fasa V yang terhubung langsung pada fasa S
Biasanya, pada buah motor listrik memang dibuat dengan nama nama demikian (UVWZXY). namun, ada juga yang tidak memiliki nama pada terminalnya, atau memang motor listrik yang sobat punya sudah kusam dan tidak terlihat nama-nama dari kenam terminal tersebut.

Cara mengatasi terminal tanpa nama

Untuk mengatasi terminal pada motor listrik 3 fasa yang sudah tidak bernama bisa menggunakan sebuah AVO meter. Avo meter bisa juga diberi nama multimeter dan multitester.

Berikut caranya :

  • Siapkan sebuah Avo meter
  • Arahkan selektor switch (saklar pemilih) sehingga mengarah ke ohm meter x1, bisa juga x10 atau x100.
  • Lakukan kalibrasi dengan cara menghubungkan kedua jarum terminal sehingga jarum pada layar Avo meter bergerak.
  • Pengukuran dalam bentuk Ohm meter adalah pengukuran yang bertujuan untuk mengetahui letak hubungan kumparan. Sisterm 3 fasa pada motor listrik memungkinkan sebuah motor diberi energi listrik dari 3 fasa yang berbeda dan tentu dengan kumparan yang berbeda diletakan pada satu motor listrik. Sehingga menghasilkan 3 kekuatan sekaligus.
  • Oleh karena itu, pada motor listrik 3 fasa memiliki 3 kumparan dan setiap kumparan memiliki 2 terminal. Sehingga total terminal ada 6 terminal. Dan tujuan kita mengukur dengan menggunakan AVO meter ini adalah untuk menentukan lawan dari kumparannya.
bisa dibaca selengkapnya : AVO meter, cara mengukur dan menghitung hasil pengukuran Arus tegangan tahanan dengan akurat

Hubungkan jarum avometer pada terminal, simak gambar :
menentukan posisi terminal kontak hubung motor listrik


  • Jika pada saat dilakukan penghubungan terjadi kalibrasi, yaitu pergerakan jarum pada layar Avometer maka silahkan berinama u dan X
  • Namun, jika tidak terjadi kalibarasi, silahkan cari terminal lawannya sampai menghasilkan terus kalibrasi, dan silahkan berinama
  • Selanjutnya cari lagi terminal yang menghasilkan kalibrasi pada jarum Avo meter dan berinama V dan Y
  • Kemudian, cari lagi terminal yang menghasilkan kalibarsi pada jarum layar Avometer dan beri nama W dan Z.
Maka akan menghasilkan :
menentukan posisi terminal kontak hubung motor listrik

Terakhir adalah membuat rangkaian pengasutan segitiga (DELTA) dengan cara yang sama seperti cara diatas.


menentukan posisi terminal kontak hubung motor listrik

  1. Yaitu dengan menghubungkan fasa R pada terminal U dan Z.
  2. Fasa S menghubungkan pada terminal V dan X.
  3. Fasa T menghubungkan pada terminal W dan Y.

Mudah bukan.

Pengasutan membalik putaran pada motor listrik 3 fasa

Untuk membalik putaran dari sebuah motor misalnya sebelumnya sebuah motor listrik 3 fasa berputar kekanan ingin dibalik menjadi berputar kekiri.

Caranya cukup mudah. Yaitu dengan mengubah arus fasanya. Misalnya sebuah motor listrik berposisi RST maka bisa diubah menjadi SRT. contoh pada gambar :

membalik putaran motor listrik 3 fasa
Mudah bukan

Itulah beberapa cara pengasutan pada motor listrik 3 fasa.

Kesimpulan
Pada pembahasan ini ada 3 cara pengasutan motor listrik 3 fasa yaitu bintang, segitiga, dan pembalik putaran kanan kiri.  Pengasatutan bintang digunakan karena lebih mudah dlam pemasangan dan lebih aman pada motor listrik, pengastutan segitiga lebih bertenaga dan lebih hemat daya dan membalik puatran motor cukup dengan mengubah arus fasanya misalnya RST menjadi SRT

Demikian artikl kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak kesalahan karena saya juga msih belajar 

0 Response to "Belajar dan membuat Sistem Pengasutan pada Motor listrik 3 fasa"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

Sindikasi techno.okezone.com

terima update Blogku dengan EMAIL