Apa Itu Rice Cooker? Yuk Bongkar Untuk Mengupas Rahasia Penanak Nasi

Bismillahirrohmanirrohim

Cara Kerja Dan Bagian-Bagian Rice Cooker - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai alat penanak dan penghangat nasi yang begitu populer dikalangan masyarakat luas saat ini, 

bagaimana tidak! Alat ini sangat banyak membantu keluhan serta sangat menguntungkan bagi masyarakat

...Boleh dikatakan alat ini adalah terobosan dan inovasi baru

Mengenal apa itu Rice cooker dan Cara kerjanya

Jika pada jaman dahulu sebelum ditemukannya Rice Cooker masyarakat pada umumnya menggunakan kompor untuk menanak nasi, repot dan boros pula, sekarang dengan hadirnya Rice Cooker yang menggunakan pemanfaatan Energi listrik tentu menjadi pilihan bagi masyarakat.

Ok

Pada kesempatan ini, Admin akan share pada teman-teman pengalaman admin pribadi saat membongkar dan mempelajari bagaimana cara kerja rice cooker hingga bisa mematangkan nasi, memutus bila sudah matang dan komponen apa saja yang terdapat di dalamnya.

Agar lebih lengkap, simak juga :

Sejarah Rice Cooker 

Awal pertama kali alat penanak nasi tenaga listrik (Ricecooker) ini ditemukan oleh seorang tentara jepang yang bernama Yoshitada Minami pada tahun 1937. Pada awalnya hanya dibuat dengan wadah kayu yang tahan bocor dan lempengan logam bertenaga listrik. 

Mengenal Yoshitada Minami Sejarah Rice cooker

Lempengan logam itulah yang berfungsi untuk memanaskan wadah kayu tahan bocor itu yang sebelumnya sudah terisi beras dan air didalamnya.

Semakin berkembangnya jaman dan memang semakin populernya alat ini, akhirnya Mitsubishi Elektric Corporation Jepang pada awal 1945 memproduksi secara masal dan memperdagankan alat ini.

Ricecooker produksi perusahaan itu dibuat dari wadah alumuniun dengan kumparan pemanas didalamnya tetapi Rice Cooker ini tidak menyediakan Turn Off otomatis sehingga diperlukan pengawasan saat memasaknya atau menanak nasi

Sehingga perusahaan yang bernama Toshiba Elektric Corporation berhasil mengeluarkan terobosan dari berbagai keluhan masyarakat tentang alat penanak nasi pada masa itu dengan dihadirkannya alat turn off otomatis dimana ketika Nasi yang dimasak telah matang maka Ricecooker tersebut berubah mode menjadi mode penghangat.

Alat terobosan baru ini disebut dengan nama Magic Com

Jadi jika ditanya apakah rice cooker dan magic com adalah benda yang sama ? Secara prinsif magic com merupakan alat penyempurna dari rice cooker, sebagaimana sejarahnya tadi.

Dan populerlah alat satu ini dengan penambahan berbagai keunggulan dan kelengkapan sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam penggunaanya.

Itulah sejarah singkat dari Ricecooker

Sejarah lainnya : Sejarah Listrik dari mulai penemuan pertama hingga perkembangan terbaru

Ayo, sobat dirumah menanak nasi pake apa...

Keuntungan menggunakan Rice Cooker dibanding dengan menggunakan cara lama

1) Lebih Simple digunakan, kenapa? Kita hanya perlu menyiapkan beras yang mau di nanak menjadi nasi setelah itu, nyalakan Rice cooker maka ketika nasi sudah matang Rice cooker akan berhenti menanak dan merubah mode menjadi Mode penghangat

Tinggal ambil dan makan deh...

2) Biaya yang dikeluarkan tidak banyak, dibanding dengan biaya memasak nasi cara lama.

3) menggunakan rice cooker lebih menghemat biaya.

Dan banyak keuntungan lainnya...


Kekurangan penggunaan Rice cooker

1) Ketika terjadi kerusakan pada salah satu komponen pada Rice Cooker akan sangat membahayakan penggunanya. Misalnya terjadi kebocoran arus, tentu hal ini akan membahayakan.

2) Rice cooker dan magic com masih merupakan perangkat listrik dengan konsumsi daya paling tinggi di rumah, selain AC.

Oleh karena itu pada Artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai : cara memperbaiki berbagai kerusakan dalam Ricecooker

Bagian – Bagian Dari Rice Cooker

Magic com berfungsi untuk memasak nasi dan otomatis merubah mode jadi mode penghangat, apakah sobat sudah bisa menebak komponen apa yang ada di dalam magic com ?





bagian komponen pada rice cooker magic com BodyBody Rice cooker / Magic com yang berfungsi untuk menampung semua komponen pendukung pada rice cooker sehingga rice cooker dapat bekerja sebagaimana mestinya.

bagian komponen pada rice cooker magic com inner pot

Inner Pot : Sobat sudah tahulah untuk fungsi dari alat satu ini. Menyimpan beras yang akan di nanak. 
bagian komponen pada rice cooker magic com lampu indikatorLampu Indikator : Berfungsi untuk menunjukan kondisi rice cooker, apakah sedang cook (menanak) atau sedang warm (menghangatkan).
bagian komponen pada rice cooker magic com tuas



Tuas : berungsi seperti saklar yang mengubah kondisi rice cooker dari menanak menjadi menghangatkan. Bagian tuas ini terhubung langsung ke Limit Switch dan Thermostat Magnet.

bagian komponen pada rice cooker magic com elemen pemanas

Elemen pemanas : Heater ini berfusngi mengubah energi listrik menjadi energi panas. Untuk elemen pemanas ini berfungsi menanak nasi dan disimpan di bagian bawah ricecooker. 

bagian komponen pada rice cooker magic com elemen samping

elemen Samping : Berfungsi untuk menghangatkan rice cooker. Elemen ini berada di bagian samping

bagian komponen pada rice cooker magic com elemen atas

Elemen atas : Berfungsi membuang uap yang terkumpul di bagian tutup rice cooker baik saat kondisi memasak atau warm.

bagian komponen pada rice cooker magic com Limit switch

Limit switch : Berfungsi untuk mengubah posisi arus listrik bila tuas bergerak baik karena di pengaruhi oleh ditekan oleh tangan Sobat saat ingin menanak nasi, atau mengubah arus listrik bila Thermostat magnetic bergerak karena nasi sudah matang. 

bagian komponen pada rice cooker magic com thermofuse

ThermoFuse : Berfungsi untuk memutus arus listrik yang masuk bila panas pada rice cooker melebihi 157 Derajat. 

bagian komponen pada rice cooker magic com thermostat bimetal

Thermostat Bimetal : Berfungsi untuk memutus arus listrik yang masuk pada elemen penghangat bila suhu sudah mencapai 75 Derajat dan akan terhubung kembali bila temperatur kurang dari 75 Derajat.

bagian komponen pada rice cooker magic com Temperatur Limiter magnet
Temperatur Limiter : Atau Thermostat Magnet bekerja untuk memutus arus listrik (kombinasi dengan limit swtch) bila kadar air dalam inner pot habis yang menyebabkan suhu meningkat, dengan kata lain nasi sudah matang. 

Cara Kerja Magic Com

Di ulasan cara kerja rice cooker ini kita akan ulas mengenai bagaimana cara memasak nasi yang akan di ulas tidak akan terlalu luas dan mendalam, cara kerja rice cooker kenapa bisa tahu nasi matang dan sistem kelistrikan pada magic com. 

Langsung saja 

Pertama : Cara Melakukan Pemasakan Nasi

Bila mau melakukan penanakan nasi, lakukanlah sesuai petunjuk dalam buku panduan. 

Masukan beras sesuai dengan kebutuhan dan jumlah orang yang akan makan. basuh beras tersebut. Masukan air dan beras sesuai keperluan. 

Maka Nasi tinggal dimasukan ke dalam magic com dan tunggu magic om me rice Nasi. 

Namun bila Sobat ingin mempelajari bagaimana cara kerja magic com dengan lebih mendetail ala tukang service, simak terus pembahasan ini :

Kedua : Kenapa Rice cooker bisa tahu Nasi masak

Ketika tuas (pengungkit) ditekan kebawah, maka mode penghangat berubah menjadi mode pendingin...eh 
....pemanas maksud saya. 

karena magnet pada termostat tempratur limiter menempel pada bagian pemanas yang terhubung langsung Inner pot tempat nasi dimasak.

Ketika air dalam ruangan Inner pot habis, maka suhu akan naik (lebih dari 100 derajat celcius), magnet dalam termostat Temperatur limiter akan melemah hingga hilang. Hilangnya daya magnet ini menyebabkan magnet terlepas.

Ketika itu, tuas akan menekan tombol sentuh limits switch (saklar sentuh) dan akan memindahkan sambungan NC menjadi NO.


Otomatis aliran arus listrik pada Cash heater (elemen pemanas) mati dan berpindah pada mode penghangat.

Dengan demikian nasi yang matang siap disajikan.

Ketiga : Cara kerja Kelistrikan Pada Rice Cooker

Untuk mengetahui lebih detail dan agar lebih mudah di pahami, sebaiknya kenali dulu bagaimana bentuk kontruksi dari Rice Cooker ini :
Cara kerja rice cooker dan skema didalamnya

Semua Rice cooker yang pernah saya Refarasi memiliki komponen-komponen diatas. Sedangkan untuk skema kelistrikannya memang sedikit ada beberapa perbedaan. 

Ada dua brand yang pernah saya perhatikan jalur kelistrikannya, yaitu :

Skema kelistrikan Rice Cooker Cosmos 
Rangkaian kelistrikan pada magic com / rice cooker

Sedangkan ini,

Skema kelistrikan Rice cooker Miyako
Rangkaian kelistrikan pada magic com / rice cooker

Selintas memang skema kelistrikannya hampir sama. Ya. hanya ada sedikit perbedaan diantara kedua brand ini. Jika sobat perhatikan dengan detail, perbedaannya terletak dibagian jalur kelistrikan dari Limit Switch menuju Elemen atas.

Jika pada pada rice cooker cosmos, kelistrikan yang menuju ke bagian elemen tutup atas di sambungkan secara pararel, maksudnya langsung dari limit switch ke bagian elemen bawah (pemasak).

Sedangkan untuk kelistrikan pada rice cooker Miyako, Kelistrikan elemen atas di seri dengan elemen penghangat samping.

Apa pengaruh Dari perbedaan rangkaian ini ?

Saya tidak terlalu yakin karena belum sempat Uji coba lebih dalam. Namun, seharusnya, elemen tutup atas dari brand Cosmos akan lebih panas dibandingkan miyako.

Akan tetapi Rice cooker Miyako lebih stabil sebab elemen atas terhubung dengan element samping dengan seri yang terhubung langsung ke bagian thermostat bimetal sehingga bila suhu di dalam terlalu panas, maka kedua elemen akan mati. 

Menjaga suhu agar tidak terlalu panas.

Tahapan Aliran Listrik pada Rice cooker :

Ketika Listrik masuk ke sistem kelistrikan rice cooker (magic com) maka listrik akan mengalir ke area elemen penghangat area samping, elemen tutup atas dan elemen bawah secara seri.
bagaimana kelistrikan pada rice cooker bekerja

karena di rangkai secara seri maka energi listrik 220 V dibagi ke 3 elemen sehingga kekuatan memanaskan di bagi dan tidak akan terlalu panas.
Bingung dengan rangkaian seri dan paralel ? Bila penasaran, sebaiknya simak dulu : Rangkaian Seri Paralel

Ditambah dengan hadirnya Thermostat bimetal membuat panas pada rice cooker terjaga tidak lebih dari 70-80 derajat celcius.

Ketika Tuas pengungkit di tekan, maka akan mengubah posisi limit switch berubah dari NO ke NC dan membuat arus dari sumber dari ke limit switch terhubung langsung ke elemen Pemanas dibagian bawah :
bagaimana kelistrikan pada rice cooker bekerja

karena rangkaian yang sebelumnya seri menjadi paralel membuat elemen pemanas yang berada di bawah menerima energi listrik dari PLN secara Full 220 V dan tidak melewati Thermostat bimetal, mengubah posisi rice cooker menjadi memasak nasi.

dan lampu indikator merah akan putus dan akan menghubungkan arus dengan elemen penghangat dan lampu indikator kuning dan selesai deh tugas dari si Ricecooker ini

Nasi siap disantap dengan berbagai hidangan dirumah sobat....

Demikian artikel kali ini, semoga dapat membantu sobat dan dapat bermanfaat 

Mohon maaf bila banyak kesalahan dalam hal penulisan ataupun penamaan barang, yah inilah resiko dari seorang yang sedang belajar.... 

kritik dan saran Silahkan di kolom komentar

Tambahan :

Ini Rangkaian yang dulu saya buat :
Rangkaian kelistrikan rice cooker

Rangkaian ini sekilas memang bisa digunakan untuk menanak dan menghangatkan nasi secara otomatis seperti halnya rice cooker pada umumnya. 

Namun, akhir-akhir ini saya jarang menemukan rangkaian seperti ini di Rice cooker baru. 

jadi saran saya, untuk rangkaian ini jangan di jadikan patokan atau referensi karena takutnya tidak sinkron dengan rangkaian rice cooker yang ada di lapangan.

Untuk Rangkaian Rice cooker terbaru, bisa di lihat di pembahasan cara kerja kelistrikan magic com diatas...

atau bisa juga dengan menonton konten versi vidionya agar lebih mudah di pahami :

Ulasan Vidio Cara Kerja Rice Cooker



Bila ada yang salah, dengan senang hati saya akan perbaiki, mari berdiskusi di kolom komentar.

1 komentar untuk "Apa Itu Rice Cooker? Yuk Bongkar Untuk Mengupas Rahasia Penanak Nasi"

Diskusikan pertanyaan sobat disini