Ganti sumber energi dengan 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

Ganti sumber energi  dengan 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

Bismillahirrohmanirrohim

Siapa sih yang tidak membutuhkan sumber energi yang mudah didapat serta mudah dikompersikan seperti energi listrik ini? hampir semua peralatan yang manusia gunakan membutuhkan listrik. Dari mulai manusia memulai bangun tidur, sampai tidur lagi. ....Pasti disana manusia butuh listrik

Energi listrik sebagai salah satu kebutuhan dasar menusia menjadi hangat untuk diperdebatkan beberapa tahun belakang ini. karena dengan ketersediaan listrik, dapat menunjang dan membantu aktifitas manusia. Mulai dari mengelola makanan, berkomunikasi, pendidikan, dan lain-lain.

Lalu benarkah di Indonesia pasokan listrik masih kurang?

Kita bandingkan

Di negara kita Indonesia, pada akhir tahun 2014 terdapat kurang lebih 50.000 Mega watt energi listrik untuk memenuhi kebutuhan 250 juta warganya. Bandingkan saja dengan negara tetangga seperti malaysia dengan energi listrik 28.000 Mega Watt untuk 29 juta jiwa atau di Singapura dengan energi listrik 10.000 Mega Watt untuk 5 juta warga.

Sangat jelas bahwa pasokan listrik terpasang di Indonesai masih sangatlah Minim.

Selain keterbatasan listrik itu, jika dipandang dengan posisi wilayah Indonesia yang terdiri dari ratusan ribu kepulauan menjadi masalah lain pendistribusian pasokan listrik. Biaya yang mahal dan tidak efektifnya daya yang didapat dandisalurkan karena rugi-rugi daya, menyeabkan masih banyakdaerah di Indonesia yang belum tersentuh Listrik khususnya listrik PLN.

Dengan alalsan itulah di Indonesia sangatlah diperlukan sumber alternafit energi yang dapat dipasang dimanapun di wilayah Indonesai secara mudah.

Energi apakah ITU???

Energi air lautkah?

Energi pepohonankah?

Dengan iklim Indonesia yang tropis, tentu panas dari matahari akan maksimal menerpa dibanding dengan negara subtropis. Ditimbang juga dengan potensi energi surya di Indonesia sangat besar yaitu sekitar 4.8 KWH/m2 atau setara dengan 112.000 GWp, sepuluh kali lipat dari petotensi negara-negara eropa seperti jerman dan belanda. Tentu Panel surya adalah solusi paling mantap dikembangkan di Indonesia, terutama didaerah yang belum terjangkau listrik PLN.


Apa itu Panel surya?

Menurut wikipedia, panel surya atau Photovoltaic arrays adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Disebut surya atau matahari atau juga solar karena matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan.
nih gambar kamuflasenya :

Sementara photovoltaic dapat diartikan sebagai cahaya listrik. Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.


Kenapa masih jarang menggunakan panel surya?

Panel surya biasanya memiliki umur 20+ tahun yang biasanya dalam jangka waktu tersebut pemilik panel surya tidak akan mengalami penurunan efisiensi yang signifikan. Namun, meskipun dengan kamjuan teknologi ini, sebagian besar panel surya komersial saat ini hanya mancapai efisiensi 15%.

Di porsi pemproduksian listrik dunia panel surya sangat kecil, tertahan oleh biaya tinggi per wattnya dibandingkan dengan bahan bakar fosil-dapat lebih tinggi 10X lipat tergantung keadaan.

Hal ini tentu menjadikan salah satu alasan kuat kenapa penggunaan panel surya masih jarang digunakan.

Selain itu, biaya panel listrik cukup mahal, sehingga membuatnya tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari. Namun aplikasinya sudah banyak dikembangkan seperti genset surya.

Lalu, kenapa saya tetap menyarankan penggunaan panel surya?
Meskipun banyak kekurangan dalam bentuk panel surya, ada beberapa alasan kuat yang membuat panel surya tetap kuat dijadikan alasan sebagai pengganti bahan baku solar dari PLN.

  • Panel surya tidak membutuhkan energi penggerak (generator)
  • Panel surya sangat cocok digunakan sebagai energi pengganti tenaga PLN bila terjadi pemadaman
  • Ramah lingkungan
  • Cocok digunakan untuk rumah yang belum terjangkau PLN
  • paling sederhana, panel surya tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya seperti dalam pembakaran bahan bakar fosil dan oleh karena itu tidak memberikan kontribusi terhadap dampak perubahan iklim.
  • Dan alasan yang paling kuat karena energi matahari adalah energi terbarukan, gratis, dan tidak pernah habis yang paling berlimpah tersedia di planet bumi ini
  • Meskipun energi yang diberikan tidak sebesar energi dari PLN dan harganya yang mahal, Masa pakai yang panjang menggaransi penggunanya akan menghemat biasa energi dalam jangka panjang.



4 tipe panel surya yang dikamuflase

Awal perjalanan adalah ketika perhelatan yang diadakan di universal studio los angeles selaku CEO tesla merilis dua buah prdoduk yang salah satunya sel surya.produk tersebut adalah atap rumah yang befungsi sekaligus sebagai panel surya ini termasuk salah satu ambisi musk untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan ke rumah-rumah.

Musk memperkenalkan 4 atap sel surya yang berbeda, yang dipasangkan ke empat rumah berbeda yang ada di universal studio los Angeles. Kelebihannya, atap rumah tersebut begitu indah didesain hingga tidak nampak adanya perbedaan dengan atap rumah konversional.

nih gambar kamuflasenya :

 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

keren bukan


Keempat kamuflase atap sel surya buatan tesla ini merupakan hasil kerjasama mereka dengan salah satu produsen kaca film terkenal 3M. Prinsipnya adalah sama dengan penggunaan screen gruard layar ponsel atau laptop yang biasa kita bersama kenal dengan istilah anti-spy

Berikut adalah tampilan dari ke-4 atap panel surya itu :

Tipe bertekstur
Tampilan tekstur buatannya nampak berhasil menyamarkan sel surya yang tersembunyu di tiap-tipa genting
 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

Tipe Slate
Memiliki tampilan bertekstur ala batu alam. Tiap satu genting dklaim oleh musk memiliki tekstur unik yang tidak ada duanya
 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

Tipe Smooth
Tanpa tampilan tekstur apapun dan hanya mengkilat khas kaca kuarsa namun tetap dengan mengkamufkasekan sel serya yang ada didalamnya
 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

Tipe tuscan
Memiliki bentuk khas genting tanah liat konvensional dengan sel surya tersembunyi
 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat

Karena pada kesempatan itu musk meluncurkan dua produknya dan telah kita ketahui bahwa salah satunya adalah 4 tipe kamuflase panel surya, dan satunya lagi adalah tesla powerwall versi dua. Powerwall adalah sebuah sistem baterai atau aki yang dengan mudah dapat diintegrasikan dengan sistem panel surya seta kelistrikan rumah lainnya.



Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat

0 Response to "Ganti sumber energi dengan 4 tipe panel surya terkamuflase ini, selain ramah lingkungan tapi juga tidak terlihat"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL