Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa

Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa

Bismillahirohmanirohim

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya belajar di SMK SANTANA 1 CIBATU dan praktek kerja industri saya di CV. AryaTech cikarang, yaitu mengenai pengunci pada kontaktor magnet plus pengamannya.

Ini alasan saya menulis artikel tentang  Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa

Saya selalu bingun ketika guru menerangkan tentang perakitan sistem kontrol motor yang mana tombol start harus diberi pengunci agar arus tetap masuk dan diberi pengaman agar arus tidak masuk. 
Ketika itu guru saya sedang menerangkan tentang sistem kontrol motor 3 fasa hidup mati bergantian.

Tidak ada bab khusus yang menerangkan tentang sistem pengunci dan pengaman selama saya belajar, ilmu yang saya dapatkan hanya hasil percakapan dengan guru dan pengalama saya praktek bersama teman-teman, dan sedikit  demi sedikit akhirnya saya paham juga mengenai pengunci dan pengaman

Alasan kedua adalah ketika searching di internet, sangat jarang postingan yang membahas mengenai Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa padahal, pengunci dan pengaman sangatlah penting untuk dibahas (perasaan saya mungkin). Dengan penuh kepercayaan diri saya menuliskan artikel ini, dengan dukungan sobat pula saya semangat terus menulis tentang dunia kelistrikan ini he...

Ok cukup basa basinya

Mari kita perhatikan sebuah kontaktor magnet. Pada umumnya, kontaktor magnet memiliki 3 kontak hubung utama dan 4 kontak hubung bantu. Dimana pada kontak hubung bantu tersebut, terdapat 2 kontak NC (Normay Close) dan 2 kontak NO (normaly Open)... ingat, kontaktor pada umumnya

Awalnya saya bingun untuk apakah alat ini. saat itu saya masih kelas 1 STM, entah mungkin karena cinta monyet yang saya alami atau memang saya yang cukup idiot untuk mengerti tentang fungsi dari kontak bantu yang terdapat pada kontaktor magnet tersebut.

Akhirnya pada kelas 2 semester 2 saya paham tentang hal tersebut dan ternyata

Kontak hubung NO pada kontaktor magnet berfungsi untuk pengunci
Dan kontak hubung NC pada kontaktor magnet berfungsi sebagai pengaman

Meskipun kontak bantu pada kontaktor magnet baik NC ataupun NO bisa dialih Fungsikan
Mari sama- sama kita telusuri cara kerja kontaktor, ketika aktir, kontaktor magnet akan merubah kontak hubung NC menjadi NO dan kontak hubung NO menjadi NC

Perhatikan gambar
Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa


Sebelah kanan sobat adalah NC dan sebelah Kiri sobat adalah NO

Ingin lebih jelas mengenai NO dan NC pada rangkaian elektronik silahkan klik disini

Dan lihat gambar dibawah ini
Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa

Start di kopel bersama dengan pengunci agar arus tetap masuk kedalam koil meskipun tombol push botton start tidak ditekan (delepas)

Kenapa bisa seperti itu?

Perhatikan gambar
Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa

Gambar diatas adalah gambar pengawatan sistem kontrol motor DOL. Perhatikan garis arus berwarna merah, menuju kemana sajakah arus warna merah itu?

Cara kerja


Bila tombol start ditekan, maka arus masuk pada koil dan akan merubah kontak hubung NO pada kontaktor magnet menjadi kontak NC (tertutup), nah ketika tertutup itulah arus dari sebelum start masuk pada koil melalui kontak hubung NO yang menjadi tertutup / terhubung dan meskipun tombol start diputus, arus tetap masuk melalui pengunci nomor 13 – 14 yang sudah dilalui arus.

Dan untuk menghentikannya maka tekan tombol stop untuk memutuskan arus

Sekarang Pengaman dalam kontaktor magnet

Pengaman dalam kontaktor magnet ini berfungsi untuk menghentikan arus masuk pada sebuah rangkaian bila kontaktor yang dipasang pengaman aktir (hidup)
Perhatikan gambar
Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa


Cara kerja

Start 1 untuk menghidupkan kontaktor magnet 1 dan start 2 untuk menghidupkan kontaktor magnet 2. Ketika start satu ditekan, maka arus masuk pada koil kontaktor magnet 1 dan merubah kontak hubung NO ke kontak hubung NC dan NC ke kontak hubung NO. Ketika start 2 ditekan, tidak akan terjadi apa-apa, kenapa karena arus yang akan masuk ke kontaktor magnet 2 melalu kontak hubung NC kontaktor magnet 1 yang dalam keadaan terbuka / tidak terhubung.

Sebaliknya, kontaktor magnet 1 tidak akan bisa hidup bila kontaktor magnet 2 sedang berjalan. Pengaman disini maksudnya adalah untuk mengamankan dari kosleting, misalnya ketika merangkai sistem kontrol motor 3 fasa bintang segitiga

Coba lihat gambar
Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa

Perhatikan kontaktor 2 dan 3, kedua kontaktor magnet diatas haruslah hidup mati berurutan, karena bila kontaktor 2 dan kontaktor 3 hidup secara bersama-sama maka akan terjadi kosleting (trip) karena tiap fasa langsung dari sumber melalui kontaktor magnet 3 akan bersentuhan karena kopelan pada kontaktor magnet 2.

Oleh karena itu diberi pengaman agar ketika salah satu kontaktor baik itu dua atau tiga, harus mati satu untuk menghidupakan kontaktor lainnya.

Untuk lebih lengkap baca disini



Demikian artikel mengenai Pengunci dan pengaman dari rangkaian tenaga. Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila banyak kata yang kurang sopan dan yang tidak berkenan dihati, karena saya juga masih tahap belajar. 

0 Response to "Fungsi Pengunci dan pengaman kontaktor magnet pada sistem kontrol motor 3 phasa"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL