Ulas Konduktor Dari Fungsi & Contoh benda yang termasuk jenisnya

Bismillahirrohmanirrohim
Mengenal konduktor dari Fungsi, jenis, ciri-ciri dan pertanyaannya

Mengenal konduktor dari fungsi dan jenisnya menjadi hal yang umum dilakukan ketika menempuh pendidikan formal. Biasanya, pembahasan ini akan Sobat temukan dengan mudah dalam mata pelajaran sains.

Sebenarnya, apa arti dari konduktor selain itu apa saja jenis yang dimilikinya? Sebenarnya, konduktor merupakan zat yang dapat dijadikan sebagai penghantar arus listrik serta panas. Bila dilihat, itulah pengertian mudah dari konduktor. 

Mungkin, Sobat pernah memegang sendok atau benda yang dibuat dari logam. Ketika sendok tersebut di dekatkan pada panas, panas dari ujung sendok bisa Sobat rasakan. Semakin lama sendok terkena sumber panas, akan semakin panas juga ujung sendok yang nantinya kita rasakan. 

...Inilah efek yang dimiliki dari peristiwa penghantaran panas konduktor. 

Untuk lebih jelasnya, berikut serba-serbi mengenai konduktor yang harus Sobat ketahui. 


A. Pengertian dan Fungsi Konduktor


Pengertian dan fungsi Konduktor

Bila ingin mengenal konduktor dari fungsi dan jenisnya, terlebih dahulu Sobat harus mengetahui pengertiannya terlebih dulu. Dalam arti fisika, konduktor merupakan jenis bahan atau objek yang memungkinkan muatan dalam satu arah atau lebih. 

Biasanya, bahan yang dibuat dari logam merupakan konduktor listrik yang sering ditemukan, arus yang dihasilkan aliran elektron. Agar arus mengalir, tidak perlu membagi sebuah partikel bermuatan agar bisa melakukan perjalanan mesin. 

Partikel yang terisi hanya perlu seperti menyenggol sebelahnya dengan jumlah terbatas secara terus menerus hingga partikel tersebut sampai sehingga bisa memberi daya di mesin. 

Sebenarnya, apa yang terjadi merupakan rantai panjang dari perpindahan momentum operator. Konduktor merupakan zat yang memungkinkan listrik dapat mengalir ketika melaluinya. Bahan ini bisa menghantarkan listrik karena memungkinkan elektron mengalir dengan begitu mudah ke dalamnya. 

Konduktor mempunyai sifat tersebut sehingga memungkinkan transisi panas dan cahaya dari sumber satu ke sumber lain. 

Bila mengenal konduktor dari fungsi dan jenisnya, kita akan mengetahui jika :

...Manusia, bumi, logam hingga tubuh binatang merupakan sebuah konduktor. 

Inilah hal yang menjadi alasan kita dapat tersengat listrik. Apalagi manusia merupakan konduktor yang baik, tubuh manusia yang merupakan makhluk hidup memungkinkan arus dapat mengalir dari kawat ke tubuh. 

Konduktor mempunyai elektron bebas di bagian permukaannya sehingga memungkinkan arus melewatinya. 

Fungsi Konduktor
Setelah mengenal pengertian, berikutnya ialah fungsi yang dimiliki. Tentu saja fungsi yang dimiliki dari konduktor ini ialah sebagai penghantar listrik, panas serta suara. 

Selain konduktor. Terdapat jenis benda yang disebut Isolator. Apa itu isolator ? Baca : Pengertian dan jenis Isolator yang perlu di ketahui 

B. Jenis Konduktor


Mungkin kebanyakan Sobat hanya mengenal jika konduktor merupakan penghantar listrik. Padahal, konduktor bukan hanya menghantarkan listrik, namun juga bisa menghantarkan panas dan musik. Berikut ulasannya. 

1. Konduktor Listrik 

Jenis konduktor listrik

Benda-benda yang masuk di dalam golongan penghantar listrik konduktor ialah berbagai bahan yang bisa menghantarkannya dengan baik. Walaupun bisa menghantarkan arus listrik, namun kemampuan masing-masing benda berbeda antara satu dengan yang lain. 

Benda konduktor listrik bisa memungkinkan aliran listrik mengalir dengan gampang karena bahan benda tersebut terbuat dari atom. Selain itu di di dalam konduktor, elektron terluar bisa bebas bergerak dari materi saat dilewati listrik. 

Ada berbagai macam benda yang memiliki sifat konduktor. 

Biasanya konduktor yang difungsikan sebagai pengahantar listrik harus di bungkus dengan isolator. Baca juga : Mengenal Konduktor, Isolator dan semi Konduktor

2. Konduktor Panas 

Jenis konduktor penghantar panas

Sedangkan konduktor panas merupakan berbagai macam benda yang bisa dengan cepat serta mudah menghantarkan panas. Benda-benda sebagai konduktor panas ini bahkan sering kita temukan dan ada di sekitar rumah untuk membantu berbagai kegiatan. 

3. Konduktor Musik

jenis konduktor musik

Berbeda dengan jenis konduktor yang sedang kita ulas. Konduktor musik adalah seorang yang memimpin sebuah pertunjukan musik dengan gerak isyarat. Konduktor bisa juga di sebut Dirigen. Meskipun berbeda karena memiliki nama konduktornya jadi saya sebutkan saja. hehe


C. Ciri-ciri Konduktor yang Baik


Mengenal konduktor dari fungsi dan jenisnya juga harus membahas ciri konduktor. Agar bisa menjadi konduktor yang baik, ada berbagai macam ciri yang harus diperhatikan. 
Logam termasuk ciri konduktor pertama

Pertama, mempunyai daya hantar panas. 

Daya hantar panas ialah kondisi yang dapat menyatakan jumlah panas dari lapisan bahan di waktu tertentu. Contoh bahan serta benda yang memiliki daya hantar panas tinggi seperti logam. 

Ciri kedua adalah mempunyai kekuatan mekanis yang relatif tinggi. 

Bahan konduktor memiliki kekuatan mekanis tinggi akan bisa menghantarkan panas dan listrik dengan baik. Bahan yang memiliki kekuatan mekanis tinggi ini juga mempunyai partikel penyusun yang lebih rapat. 

Ketika bahan konduktor didekatkan dengan arus listrik dan sumber panas, nantinya akan terjadi getaran di bahan konduktor, melalui getaran ini arus listrik akan mengalir ke ujung lainnya. sifat mekanis tentu saja sangat penting apalagi bila bahan berada di atas tanah. 

Ciri ketiga adalah memiliki koefisien muai yang kecil. 

Bahan dengan koefisien muai kecil akan sulit berubah bentuk, volume dan ukuran karena pengaruh temperatur. 

Ciri yang keempat adalah memiliki daya termo elektrik yang beda di tiap bahan. 

Dalam sebuah rangkaian listrik, arus listrik akan mengalami perubahan akibat dari perubahan temperatur. Titik temperatur ini berkaitan erat dengan jenis bahan logam yang dipergunakan untuk konduktor. 

Hal tersebut penting agar bisa mengetahui sejauh mana efek yang ditimbulkan saat dua jenis logam beda dipasang dari satu titik kotak. 


D. Bahan-bahan yang Termasuk Konduktor


Ada berbagai macam jenis bahan yang masuk ke dalam jenis konduktor seperti logam biasa. 

bahan-bahan yang termasuk konduktor

Logam biasa seperti alumunium, tembaga dan besi termasuk konduktor. 
Selain itu bahan campuran yakni logam yang dicampur dengan logam lain dengan jumlah tertentu juga termasuk konduktor. 

Bahan lainnya adalah tembaga. 

Tembaga merupakan jenis konduktor listrik dengan daya cukup tinggi. Penggunaan tembaga untuk penghantar seperti kawat yang berisolasi, kabel, dan lainnya. 

Bahan lainnya adalah air raksa. 
Air raksa menjadi satu-satunya logam dengan bentuk cair dan memiliki hambatan cukup tinggi. 


E. Pertanyaan Soal Konduktor


Setelah mengenal konduktor dari fungsi dan jenisnya, ada berbagai pertanyaan yang biasanya muncul berkaitan dengan konduktor ini. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul dan berkaitan erat dengan masalah konduktor. 
Pertanyaan-pertanyaan mengenai konduktor


1. Ada berapa Konduktor Galvanic Face? 

Konduktor Galvanic Face ini biasanya dilengkapi dengan 4 kepala konduktor yang bisa sobat ganti. Alat ini biasanya digunakan untuk kaum hawa sebagai pemercantik kulit terutama kulit wajah karena efek konduktor yang dimilikinya. 

2. Apakah Ujung Setrika Bersifat Konduktor? 

Ujung setrika memiliki sifat konduktor yang terbuat dari logam, hal ini dimaksudkan agar nantinya panas dari setrika bisa menyebar dengan cepat ke seluruh bagian setrika dan dapat digunakan untuk menghaluskan pakaian. 

3. Cara Bongkar Pasang Konduktor NEPEL. 

Untuk membongkar konduktor NEPEL, Sobat hanya perlu melepas baut atau nepel yang menghubungkan di bagian dalam dan luar. Sedangkan untuk memasangkannya, Sobat hanya perlu memasang kembali NEPEL tersebut. 

Hal-hal yang berkaitan dengan konduktor memang sangat banyak dan menarik, apalagi hal-hal ini sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Sobat yang mempelajari ilmu fisika, pasti sudah tidak asing ketika mengenal konduktor dari fungsi dan jenisnya, lebih-lebih pembahasan mengenai konduktor ini juga sangat menarik.

Posting Komentar untuk "Ulas Konduktor Dari Fungsi & Contoh benda yang termasuk jenisnya"