untuk informasi lengkap mengenai listrik dalam bentuk video sobat bisa berkunjung ke channel youtube kami



21 Cara terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas

Bismillahirrohmanirrohim

cara ampuh menagatasi Smartphone Android anda yang lemot dan cepat panas - Tidak bisa di Pungkiri bahwa penggunaan smartphone di era ini sudah menjadi hal yang wajib. karena memang kita tidak bisa mengelak bahwa SMS dan Telepon sudah tidak efektif lagi digunakan dijaman dimana interner bisa berbuat lebih dari itu.

berbagai brand atau merk Android banyak sekali bertebaran di pasaran. Samsung, Sony, Xiomi, Oppo, Vivo dan jenis android lainnya pasti anda dapatkan dengan mudah. Mungkin ini juga dikarena sistem Operasi android yang Open source.

Satu hal yang saya rasa menjadi kelemahan dari sistem Operasi Android. yaitu berbagai jenis aplikasi membutuhkan ruang RAM yang besar agar lancar berjalan. Jika RAM tidak mencukupi biasanya. HP akan Lemot bahkan Lag.

Tentu dengan keadaan seperti itu bisa membuat kita jengkel....

Ukuran RAM Android pun dari masa kemasa terus mengalami peningkatan. dari mulai dulunya hanya 212MB, 500MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB dan sekarang 8 GB.

Namun sayang sekali, Besarnya RAM berbanding lurus dengan besarnya ukuran Aplikasi dan Media Android tersebut, Jadi semuanya berbanding lurus dengan keadaan. sehingga meskipun kita memiliki smartPhone dengan RAM besar tidak 100% bisa membuat Smartphone kita terhindar dari Lemot.

Oleh sebab itu, kali ini saya akan membagikan Tips atau cara mengatasi Smartphone Android Lemot dan mudah panas.

baca juga : power baterai dari Tesla sebagai energi alternatif paling mutahir

setidaknya ada 21 cara mengatasi Android lemot yang bisa saya dapatkan. Antaranya :

1. Restart Ponsel Android sobat

Ini merupakan cara terbaik yang bisa sobat lakukan ketika secara tiba-tiba ponsel menjadi lelet atau lemot. Dengan merestart ponsel, Aplikasi, koneksi internet dan pekerjaan lain pada ponsel akan terhenti. Setelah sobat melakukan Restart, silahkan lakukan tahap berikutnya agar ponsel android sobat lebih Cepat
 
2. Menghapus Aplikasi yang tidak terlalu diperlukan

Mudahnya menginstal Aplikasi pada smarphone Android membuta kita jarang memperhatikan bahwa ada batasannya untuk menginstal sebuah Aplikasi.

Semua orang pasti setuju bahwa yang membuat smarphone Android lemot adalah Aplikasi sehingga penghapusan Aplikasi yang tidak terlalu berguna bisa lakukan.

lalu Aplikasi seperti apa yang tidak terlalu berguna itu ?

Menurut saya tergantung kebutuhan sobat menggunakan smarphone Android. Jika anda mengkhususkan smarphone Android sebagai alat Game, maka hapus saja aplikasi seperrti Toko Online, Mobile Bank, Media player dan lain-lain.

Saya sendiri menghapus Aplikasi yang menurut saya tidak berguna seperti Mobile Legend, Clash Of Clan, Pes, dan game-game lainya .... wkwkwk :V :V

namun ada kalanya ketika penghapusan Aplikasi, semua file data dan sisanya tidak terhapus secara keleluruhan sehingga File-file sisa tersebut membuat Memori penuh namun kita bingung Dimana file yang membuat Lemot pada hp tersebut.

3. Menghapus File yang tidak di perlukan

sama seperti Aplikasi, File pada smarphone Android juga mempengaruhi Lemot tidaknya sebuah Hp, meskipun pengaruhnya tidak terlalu besar. Namun jika dalam kondisi tertentu, misalnya ketika kapasitas memori hampir penuh, penghapusan File baik Musik, Video, Foto dan lain-lain sangat penting untuk dilakukan.

4. Hindari Memori Penuh
21 Cara terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas

untuk menghindari memori penuh anda bisa mempraktekan poin 1,2 dan 3 diatas. Untuk pengecekan Memori, anda bisa melihat pada File manager lalu => Rincian atau status tergantung smarphone Android yang digunakan.

5. jangan lupa tutup Aplikasi ketika sudah tidak digunakan
21 Cara terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas
https://rsinewsupdate.wordpress.com/

Kita, baik sobat maupun saya sendiri seringkali lupa bahwa Android ini memiliki sistem Multitasking yang membantu navigasi kita dalam menjalankan smarphone. Namun kadang kala sistem Multitasking ini menjadi Lemot karena smarphone Android tidak akan menutup aplikasi jika kita sendiri tidak menutup Aplikasi tersebut secara langsung.

Penutupan Aplikasi bisa dilakukan dengan menekan tombol Multitasking pada smarphone Android sobat (masing-masing smarphone Android memiliki caranya tersendiri).

tanpa disadari juga biasanya Aplikasi-Aplikasi tersebut berjalan sendirinya, sehingga perlu pemeriksaan terus menerus.

6. Hindari Penggunaan Tema Launcher bukan bawaan

Menurut saya Pribadi, penggunaan Tema launcher bisa membuat smarphone Android sangat lemot. Meskipun membuat tampilan smarphone Android sobat menjadi lebih keren dan berbeda dari yang lainnya, Namun jika smarphone Android memiliki ram kecil dan Prosessor kecil pula, saya tidak merekomendasikan penggunaan Tema launcher.

7. Aplikasi yang terkoneksi Internet

Aplikasi yang terkoneksi internet selain bisa membuat ponsel Smartphone Android sobat boros kuota tetapi juga dapat membuatnya Lemot karena proses pengkoneksian aplikasi dan internet juga memerlukan kinerja Prosesor pada Ponsel sehingga pastinya berpengaruh pada kecepatan Smartphone Android sobat.

Oleh sebab itu, anda bisa memblok aplikasi tertentu agar tidak terkoneksi internet. dan cara tersebut terbukti sangat efektif mengatasi Smartphone Android menjadi lemot dan cepat panas.

baca juga : Desktop VS Laptop VSNotebook VS Netbook mari memilih PC yang sesuai dengan kebutuhan

8. Update Otomatis
21 Cara terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas

Fitur update Otomatis memang menurut sebagian user android sangat mengganggu dan boros kuota. sama halnya dengan Aplikasi yang terkoneksi. update Otomatis juga akan secara Tiba-tiba membuat prosessor bekerja padahal Smartphone Android kita sedang melakukan kegiatan lain alhasil karena kinerjanya menjadi berlipat ganda dan membaut ponsel lelet atau lemot.

sebaiknya Jangan gunakan Fitur update otomatis dan Update Aplikasi dikala tertentu saja.

9. Hapus Cache Smartphone Android sobat

Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan adanya cache di Android, kamu akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan.

sebainya hapus secara berkala Cache pada ponsel agar Peformanya selalu maksimal.

Caranya, masuk Settings - Apps - All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache. Atau, kamu juga bisa sekaligus membersihkan cache pada Android kamu melalui menu Settings - Storage - Cached Data, dan pilih OK saat ada pop up.

10. Tidak menggunaan aplikasi Cleaner, Turbo dan sejenisnya.
21 Cara terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas

Menurut saya Pribadi, Menggunakan Aplikasi ini justru bakal mebuat prosesor Ponsel bekerja lebih keras karena Aplikasi cleanner dan sejenisnya bekerja sendiri tanpa kendali kita memonitor kenerja HP dan memberikan hasil secara tiba-tiba pada layar.

menghapus aplikasi ini dapat membantu mengurangi kenerja Prosesor pada ponsel sobat sehingga bisa lebih cepat dan tidak lemot.

setidaknya, 10 cara diatas merupakan cara yang benar-benar ampuh mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas. cara tersebut bisa sobat langsung lakukan ketika merasakan Smartphone Android terasa lemot.

Dan saya telah membuktikannya 100% berhasil mempercepat ponsel  Smartphone Android yang saya miliki.

Dibawah ini juga ada beberapa Tips yang bisa sobat praktekan, namun saya sendiri belum mempraktekannya jadi kurang tahu hasilnya

11. Gunakan Aplikasi sebaguna

12. Gunakan 1 jenis aplikasi Antivirus saja

13. Gunakan Aplikasi berbayar

biasanya, pada Aplikasi gratiasan pengembang akan mendapatkan banyak review untuk mengetahui bugs apa saja yang menimpa di aplikasinya. selain itu, pada beberapa Aplikasi gratisan, juga bisa membuat Android lemot karena banyaknya iklan yang disematkan di dalamnya. Makanya agar Android kamu tidak lemot dan tidak terganggu iklan yang membuat kuota cepat habis.

14. Kurangi dan matikan Animasi pada Android

15. Matikan Auto Sync

16. Factori reset

Jika cara ini sih sudah pasti berhasil mengatasi Smartphone Android yang lemot karena kita seakan mengulang kinerja ponsel dari awal seperti kita pertama kali membeli ponsel baru.

17. Custom ROM

Para pengembang Android  biasanya mengetahui berbagai kelemahan dari sistem andorid ponsel tertentu sehingga berusaha untuk mengatasinya dengan menggunakan sistem baru buatan mereka. berbagai penyempurnaan biasanya dilakukan salah satunya untuk mempercepat kenerja ponsel android tersebut.

Sehingga denagn melakukan Custom ROM pada Android, bisa menjadi Ponsel tersebut tidak Lemot. Hanya saja, untuk melakukan custom ROM bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan begitu saja dan Resikonya juga sangatlah besar.

18. Kurangi Penggunaan Widget

Widget pada tampilan depan Smartphone Android merupakan bagian yang dapat mempermudah kita mengakses sesuatu atau sebagai jalan pintas. Namun menurut beberapa sumber penggunaan widget dihalaman ponsel sobat dapat mempengaruhi kecepatan ponsel.
............ ........... ............

Dibawah ini beberapa cara lain yang bisa dilakukan dan pasti berhasil mengatasi Ponsel Lemot

baca juga : Cara memperbaiki Microphone komputer yang rusakterlengkap

19. Gunakan Memori eksternal kapasitas Besar 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB

penggunaan Memori Eksternal berkapasitas besar tentu akan memberikan ruang besar juga pada File-File anda. Aplikasi yang sudah diinstalpun bisa dipindahkan ke memori eksternal sobat dengan mudah dengan beberapa cara sehingga ruang internal memori smarphone Android menjadi lebih luas.

20. Gunakan Ponsel Android dengan RAM besar

Ini sudah pasti akan membantu Ponsel anda menjadi lebih cepat dan tidak mudah lemot.

21. Gunakan ponsel Android dengan Prosesor Besar

Prosesor adalah ini permasalah apakah ponsel kita lemot atau tidak. Dengan prosesor besar tentu akan membuat kinerjanya sangat optimal.

setidaknya ada 21 cara terbaik yang bisa sobat lakukan untuk Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas. cara-cara diatas mungkin ada beberapa yang tidak berhasil dilakukan  pada ponsel tertentu.

Jika ada tambahan atau koreksi, bisa Komen dibawah...

Demikian ulasan kali ini mengenai cara Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membuat kinerja ponsel Android anda menjadi lebih memuaskan.

0 Response to "21 Cara terbaik Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Panas"

Post a Comment

Klik subscribe ke Channel Kelistrikanku TV untuk mendapatkan info mengenai listrik, service, dan hal-hal yang berkaitan dengan Teknolgi lainnya

sobat juga bisa berlanggan dengan menuliskan email Kolom bawah ini

Submit email mu agar tidak ketinggalan update terbaru dari kami

Paling Populer