Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana sih cara memperbaiki sebuah terminal Roll listrik yang tiba-tiba rusak. Suka kesal memang. Ketika terburu-buru ingin digunakan malah rusak (tidak bisa mengalirkan listrik.

Tenang sob, dengan datangnya sobat ke blog kelistrikanku.com ini, merupakan salah satu pilihan tepat dan merupakan cara efektif untuk membuat terminal stop kontak sobat kembali mengalirkan energi listrik dan dapat digunakan.

Langsung saja...

Untuk melakukan perbaikan, sobat harus menyertakan alat-alat ini :
  • AVO meter untuk mengukur

Jika tidak ada AVO boleh menggunakan Tespen
  • Obeng min dan plus yang bertugas untuk membuka terminal

Jika tidak ada boleh menggunakan alat lain yang berfungsi sama
  • Tang pemotong untuk memotong dan mengupas kabel,

Jika tidak ada boleh menggunakan alat lain yang berfungsi sama
  • Terkahir Isolasi untuk menutupi bagian kabel yang telah dikupas.


Cara memperbaiki terminal stop Kontak

Cek menggunakan Avo meter / multitester

Caranya :

Arahkan selektro switch hingga menunjuk pengukuran ohm dengan skala 1X atau dalam Avometer digital biasanya ditandai dengan 10K dan lain-lain.

Bagi sobat yang belum mengetahui apakah itu selektro switch dan bagian-bagian pada AVO meter lain, bisa dibaca : AVO meter? Disini jawabannya

Setelah itu Lakukan kalibrasi dengan menghubungkan jarum – dan plus pada AVO meter untuk mengecek apakah Avometer tersebut bekerja Atau tidak. Jika jarum pada layar Avometer bergerak atau menghasilkan angka pada AVOmeter digital, menunjukan Avometer dalam keadaan sehat wal’apiat...

Silahkan cek terminal stop kontak gulung sobat punya dengan menghubungkan 1 jarum com Avometer pada steker dan satu jarum com pada lubang Terminal stop kontak yang mengalami masalah tersebut

Perhatikan gambar :
Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Jika tidak ada kalibrasi, pindahkan salah satu jarum pengukur, misalnya dari terminal stop kontak mula-mula dari lubang kanan, pindahkan jarum ke lubang kiri. Jika masih tidak ada reaksi pada Avometer, meskipun sudah jarum com sudah dipindah-pindah kelubang kanan dan kiri, berarti 
terminal stop kontak sobat memang sudah rusak.

Langkah ini penting, karena bisa saja bukan terminal stop kontaknya yang rusak, bisa stop kontak dindingnya, bisa juga yang lainnya.


Itu pemeriksaan kedua

Jika sobat tidak memiliki AVOmeter, sobat bisa menggunakan tespen. (hati-hati menggunakan cara ini)

Pemeriksaan menggunakan Testpen


Hubungkan steker terminal sobat punya pada stop kontak rumah yang terjamin baik-baik saja. Kemudian hubungkan tespen pada lubang terminal stop kontak sobat. Jika tidak ada nyala pada tespen, silahkan pindahkan tespen pada lubang lain dan lihat hasilnya

Jika masih tidak ada nyala pada tespen, balikan stekernya.  Dan ulangi langkah diatas
Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Ingat....

pemeriksaan menggunakan tespen ini perlu kejelian yang cerdas. karena meskipun terminal sobat dalam keadaan baik, jika dicek menggunakan tespen tetap akan menyala 1.

Silahkan berinprovisasi dalam pengecekan

Jika sobat telah yakin ternyata Terminal sobat dalam keadaan jelek, dan perlu perbaikan, mari kita perbaiki

Langkah perbaikan pertama

Silahkan buka terminal sobat punya dengan menggunakan obeng plus. Lihat apakah kabel terhubung dengan baik atau tidak. Biasa kerusakan terminal stop kontak diakibatkan karena pemasangan yang kurang baik sehingga kabel menjadi gosong dan terputus dari penghantar terminal.
Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Silahkan hubungkan kembali.

Selain itu, kerusakan juga biasa terjadi pada bagian saklar terminal. Silahkan cek menggunakan Avo meter. Apakah saklar tersebut masih bekerja memutus dan menghubungkan arus listrik atau tidak. Jika tidak mengalirkan listrik ditandai dengan tidak ada kalibrasi jarum layar AVOmeter meskipun saklar sudah dion offkan, silahkan ganti saklar dengan yang baru.

Selain diganti, sobat juga bisa menghubungkan langsung pada stop kontak.


Simak gambar
Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Namun jika tidak ada yang terputus, dan saklar bekerja dengan sehat wal'apiat lanjutkan pemeriksaan,

Langkah perbaikan Kedua

Cek bagian steker, silahkan buka steker dengan menggunakan obeng. Periksa apakah ada kabel yang putus dari penghantarnya atau tidak. Jika yah silahkan hubungkan kembali. Namun jika tidak dan steker sobat baik-baik saja, maka lanjutkan pada langkah berikutnya

Langkah perbaikan Ketiga

Jika langkah pertama dan kedua sudah dilakukan dan ternyata terminal dan stekernya baik-baik saja, berarti kerusakan yang terjadi terletak pada kabel. untuk memperbaik kabel dan mengetahui letak kabel yang putus dalam segulung kabel,


pembahasan diatas harus benar-benar dibaca...

Langkah diatas diperuntukan untuk kabel non transparan. Jika kabel terminal sobat punya adalah transparan alias tembus pandang sehingga sobat dapat melihat jeroan dari kabel tersebut, langkah perbaikan kabel akan lebih mudah lagi.

Sobat tinggal lihat saja dengan mata sendiri apakah penghantar didalam kabel yang terbungkus isolasi tersebut masih bagus atau sudah rusak. Kerusakan biasa terletak pada bagian kabel yang mulai memutih, atau bahkan menghitam dan meledak.

Jika terlihat diantara kerumunan kabel ada salah satu bagian kecil yang memutih, silahkan buang bagian tersebut karena disanalah letak permasalahnya.

Simak gambar :
Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak

Hubungkan kembali kabel dan beri isolasi agar tidak trip dan hubung singkat yang cukup membahayakan.

Test terminal stop kontak sobat dengan menghubungkanya pada alat elektronik elektrik

Bagaimana mudah bukan.

Itulah sedikit pembahasan mengenai perbaikan terminal stop kontak yang rusak. Semoga dapat bermanfat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan terletak pada diri saya dan kebenaran hanya miliki Allah SWT. 

0 Response to "Cara mudah memperbaiki Terminal Roll Listrik stop kontak yang rusak"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL