Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan

Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan berusaha membahas mengenai bagaiamana cara memasang sebuah saklar pada bor tangan. Memang pada umumnya saklar adalah alat yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik. Namun ada cukup banyak perbedaan pada saklar saklar yang ditugaskan pada bor tangan dengan saklar biasa.

Perbedaan seperti apakah itu?

Dalam segi bentuk, saklar ini sedikit lebih keren karena seperti menekan pacu pada pistol.
Dalam segi fungsi, Saklar pada bor tidak hanya disetting untuk memutus dan menghubungkan arus. Selain dari pada itu tugas dari saklar bor ini juga diharuskan mampu mengatur kecepatan putaran dari bor itu sendiri. juga, terdapat sebuah saklar tambahan pada bagian atas saklar utama yang berfungsi untuk membolak balikan putaran bor.

Hal ini memang dibutuhkan untuk kinerja bor yang lebih maksimal, optimal dan multifungsi. Apalagi bor yang digunakan untuk membuka dan mengencangkan baud. Tentu saklar yang memiliki speed kontrol dan setting bolak-balik harus diterapkan.

Nah, bagi sobat yang memiliki masalah pemasangan, misalnya saja baru beli online saklar bor, dan tidak tahu bagaimana cara memasangnya, tentu sobat juga membutuhkan tutorial yang dapat memandu sobat dalam hal pemasangan saklar pada bor dengan baik dan benar sekaligus mengetahui bagaiamana cara kerja dari saklar bor itu sendiri.


Hal yang menarik dalam pemabahasan ini adalah saya belum menemukan tutorial yang menjelaskan tentang ini, sampai saat ini. Apa karena cara memasang bor ini info tidak terlalu penting, atau mungkin saja memang tidak ada yang mengetahui caranya.

Cara memasang saklar bor

Secara cara kerja, sistem saklar dua arah putaran pada bor memang lebih mudah dimengerti, namun secara pemasangan, saklar ini sedikit lebih sulit. Sebaliknya, secara cara kerja, saklar pengatur kecepatan lebih rumit, namun dengan cara memasang yang lebih mudah.

Maka dari itu saya menulis keduanya agar sobat mendapat dua kesulitan, eh, maksudnya dua kemudahan.

Pemasangan saklar Dua arah putaran

Fungsi saklar ini adalah untuk mengubah putaran bor. cara kerja dari saklar ini adalah mengubah jalur listrik dari kumparan stator 1 pada karbon 1 menjadi pada karbon 2. Dan dari kumparan stator 2 pada karbon 2 menjadi pada karbon 1. Terus diubah-ubah Sehingga putaran dapat berubah-ubah juga.

Cara kerja sistem ini telah saya tulis pada pembahasan : 4 cara membalik putaran motor 1 fasa
Jika sobat sudah memiliki saklar tersebut, sobat bisa melihat skema rangkaian kelistrikan pada saklar.

Contoh seperti ini :
Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan

Cara pemasangan

Jika sobat hanya mengganti saklar bolak balik lama karena rusak misalnya karena patah atau sudah macet, ini cukup mudah karena sobat hanya perlu memasangkan kabel lama pada saklar baru.

Namun, permasalahannya adalah jika sobat hendak menambahkan sistem dua arah putaran ini pada bor yang sebelumnya tidak dilengkapi dengan saklar dua arah putaran. Untuk memasangnya cukup mudah bagi yang sudah tahu sistemnya.

Hal penting yang harus sobat lakukan adalah menyediakan alat yang bisa membantu pekerjaan

  • Obeng plus untuk membuka bor. gunakan obeng plus yang masih bagus
  • Tang pemotong untuk memotong kabel
  • Isolasi untuk menutup kembali kabel


Selanjutnya 

pemasangan

Pertama perhatikan skema rangkaian yang ada pada body saklar. Dalam skema dijelaskan bahwa dua diantara 4 kontak hubung (lubang baud) akan dapat berpindah sesuai dengan posisi saklar. Dan 2 diantara 4 sisanya terdiam dan dilengkapi dengan 2 sambungan.

Kedua potong bagian kabel dari kumparan stator (bantalan) yang menuju pada karbon dan beri kabel panjang sehingga mampu mencapai saklar. Kemudian kabel pada karbon disambung lagi dengan kabel panjang sehingga mampu mencapai posisi saklar.

Lakukan langkah diatas pada bagian kabel dari kumparan stator sebelahnya.

Pasangkan keempat kabel panjang tersebut seperti gambar dibawah ini :
Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan
 

Mudah bukan

Simpan saklar pembalik putaran tersebut diatas saklar utama

sebetulnya saya sudah menjelaskan cara membolak balikan putaran motor listrik pada pembahasan sebelumnya, bisa sobat baca : 4 cara mudah membalik putaran motor

Selanjutnya

Pemasangan saklar bor utama

Saklar bor utama berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus. Perbedaan saklar bor dengan saklar lainnya adalah kecepatan dapat diatur sesuai dengan besar tekanan kita juga sesuai dengan pilihan kecepatan yang telah kita atur sebelumnya, baik itu ditambah (+) atau dikurangi (-)

Sistem kerja dari saklar ini hanya menghambat arus listrik yang masuk. Semakin ditekan maka saklar bor akan memberikan mautan listrik yang semakin bebas tanpa hambatan. Adapun pilihan kecepatan (-) dan (+) pada saklar itu bertugas untuk menahan muatan listrik saja.

Pada intinya saklar utama bor dilengkapi dengan sebuah penghambat sehingga listrik akan tertahan.

Cara memasangnya cukup mudah, sambungkan saja kabel lama dari bor pada saklar baru sesuai dengan posisi yang ada. jika kesulitan boleh dilihat tabel dibawah ini
Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan
dan ini satu lagi
Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan


Kesulitan memasang?

Solusi terbaik

Bagi soba yang kesulitan memasang saklar bor, ataupun masalah bor lainnya, sobat bisa berkunjung ke bengkel refarasi kami di Jl. Cibatu Bandrek Kp Kondang Cibatu-Garut. Atau bisa juga dengan menghubungi 088806314585, bisa juga dihubungi via Whatsapp.


Demikian pembahasan mengenai cara memasang saklar bor bolak balik dan saklar utama penurun kecepatan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat. Mohon maaf bila banyak kesalahan, karena saya juga masih belajar.

3 Responses to "Cara memasang saklar Bor setting putaran bolak-balik dan speed kontrol / pengatur kecepatan"

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL