Sejarah penemuan Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru

Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru

Bismillahirrohmanirrohim

Apakah penting membahas tentang sejarah komputer?

Jelas,

Jawabannya tergantung presepsi masing masing

Bisa dikatakan penting karena tanpa mengenal sejarah pristiwa terbentuknya sesuatu, sobat mungkin 
tidak dapat menghargai suatu benda tersebut.

Bisa juga dikatakan tidak penting,

Sebagian dari pengunjung blog ini mungkin saja tidak akan membuka pembahasan ini. jelas karena 
Cuma buang-buang waktu.

Menurut saya sendiri, membahas sebuah sejarah dari terjadinya sesuatu ini penting. Karena pada saat mengenal sejarah, bisa ikut merasakan bagaimana pedihnya perjuangan pada ilmuan dan pahlawan jaman dulu untuk memperjuangkan apa yang ingin mereka wariskan pada kita sebagai cucu mereka.

Misalnya saja pembahasan mengenai sejarah listrik dari penemuan pertama sampai pengembangan terbaru, atau juga kisah sejarah panel sel surya yang sangat menginspirasi.


Dengan mengetahui sejarah dari terbentuknya sesuatu, kita jadi lebih bisa menghargai dan lebih memahami sesuatu tersebut.

Alasan kuat lainnya

Sebut saja AL-Qur’an. Didalamnya terdapat banyak sekali firman-firman Allah SWT, yang uniknya, pada kitab suci umat islam tersebut berisi lebih dari 60% kisah sejarah. Sisanya tentang hukum, ibadah, larangan dan lain-lain.

Ini jelas menunjukan membahas sejarah itu penting.

Maaf agak melenceng dari pembahasan.

Baik, pada kesempatan ini saya akan membahas sejarah komputer dari generasi pertama, kedua, ketiga sampai yang terbaru. Semoga dapat membantu

Kita mulai dengan mengenal orang yang pertama kali menemukan komputer.

Penemu komputer pertama bernama Charles Babbage. Ia merupakan salah seorang ilmuan di dunia yang tercatat sebagai penemu komputer pertama yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer.
Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru

Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791 anak dari benjamin Babbage seorang banker. Kelebihan dalam bidang matematika sangat menonjol.misalnya pada saat memasuki Trinity Collge di Cambrige tahun 1811 dia mendapati bahwa kemampuan matematika jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Pada usia 20 tahun, Ia bekerja sebagai seorang ahli mateatika terutama dibidng fungsi kalkulus. Tahun 1816 dia terpilih sebagai anggota Royal Society sebuah organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya.

Selain komputer, Charles Babbage juga dikenal sebagai penemu mesin hitung (Difference Engine no. 1). Penemuan ini adalah salah satu Icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama.

Tepatnya pada tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun tabel Matematika. Saat melengkapi masin tersebut pada tahun 1832, Ia mendapatkan Ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesikan tidak hanya satu jenis operasi melainkan banyak jenis operasi aritmatika.

Mesin tersebut akhirnya dinamakan Analytical Engine yang dimaksudkan sebagai masin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern.
Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukan angka dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.
Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru

Setelah sobat mengenal siapa yang pertama kali menemukan komputer, penasaran tentu masih ada dalam benak, bagaimana sih perkembangan komputer dari masa kemasa...

Secara garis besar, perkembangan komputer terbagi menjadi 4 periode, ini secara garis besar saja yang menunjukan perubahan yang besar-besaran


Komputer generasi pertama dari tahun 1946 sampai 1959



Dengan terjadinya perang Dunia ke-2, negara yan teribat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan dan mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal tersebut meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi

Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembanga kekeuatan komputer. Tahun 1943 pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang digunakan jerman. Dampak pembuatan colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.

Ciri komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum yang membuat komputer tersebut berukuran sangat besar, adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data, Intruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas, serta mimiliki program kodebinet yang berbeda yang disebut “bahasa mesin.


Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru

Komputer Generasi Kedua dari tahun 1959 sampai 1964

Dimulai pada tahun 1948, penemuan transistor jelas sangatlah mempengaruhi perkembangan komputer. Generasi kedua menggunakan komponnen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnet untuk memori.
Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru


Daya ketahanan transistor didapatkan lebih baik karena ia tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tiub vacum. Sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan.

Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Sprey-rand dan strech membuat komputer LARC. Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom.

Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru
Komputer generasi kedua diantaranya :
  • Burrouhgs 200
  • UNIVAc III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, san UNIVAC 1107
  • IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, dan IBM 1600
  • SDC 1604, CDC 160A


Komputer Generasi Ketiga dari tahun 1964-1970

Walaupun Trasistor dalam banyal hal mengungguli Tube vacum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian internal komputer.
Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru


Batu kuarsa menghilangkan masalah ini. jack kilby seorang insiyor di texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integrated Circuit) pada tahun 1958.

IC mengkombinasikan 3 komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan akhirnya berhasil memasukan lebih banyak komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor.

Hasilnya komputer menjadi semakin kecil karena komponen dapat didapatkan dalam chip.

Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru
Selain itu, perkembangan lain komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Komputer generasi ketiga dapat dilihat dari :
  • Ukuran komputer menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya
  • Oenggunaan IC
  • Ditemukannya sistem operasi


Komputer Generasi keempat dari tahun 1979 hingga sekarang

Mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen elekktrik adalah tujuan terbentuknya generasi keempat ini. pada tahun 1979, Very large Scale Integration memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.


Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru

Ultra large scale Intergrastion meningktakan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam satu keping yang berkukuran setengah keping uang logam mendorang turunnya harga komputer.

Hal tersebut meningkatkan daya kerja, dan efesiensi komputer. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakan seluruh komponen dari sebuah komputer, sekarang disebut CPU, memori, dan Input/output.

Pada dekade generasi keempat ini, komputer mulai dikenal masyarakat umum. Tidak lagi hanya untuk orang-orang perusahaan saja.
Sejarah Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru
Itulah sedikit pemabasan mengenai sejarah komputer, dari seorang penemu sampai generasi dari komputer tersebut.

Sebenarnya, dari berbagai sumber termasuk Wikipedia menyebutkan adanya generasi kelima. Mendefiniskan komputer kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.

Generasi kelima dari komputer ini bisa digambarkan dari sebuah Novel karya Arhur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odysey. Yang menampilkan sebuah komputer “HAL9000” . HAL dapat memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia menggunakan masukan Visual dan belajar dari pengalaman sendiri. Kaya manusia banget ini komputer....

0 Response to "Sejarah penemuan Komputer dari Generasi pertama sampai yang terbaru"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL