Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah alat penting, unik dan sedikit sekali orang mengetahuinya. Alat ini bisa dikategorikan sebagai alat ukur karena bisa mengukur tekanan udara pada suatu ruangan.

Alat ini juga bisa dikategorikan sebagai alat pengatur udara karena alat yang bernama manifold ini bisa digunakan untuk mengatur (bisa menambahkan atau mengurang) udara pada suatu ruangan. Bisa juga dikategorikan sebagai alat bantu service seorang teknisi karena tanpa alat ini, seorang teknisi tidak akan mampu memperbaiki kerusakan pada sistem refrigerasi udara, misalnya pada kulkas, freezer dan juga AC.

Alat service sendiri merupakan peralatan yang digunakan untuk keperluan pengujian atau pengukuran yang digunakan oleh seorang mekanik atau tukang service untuk membantu melakukan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan.

Teknisi sendiri lebih sering menyebutnya dengan nama Analizer

Ini gambar sebauh manifold yang umum digunakan para teknisi termasuk kerabat saya
Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

Sebagaimana dijelaskan diatas, manifold merupakan alat pengukur dan pengatur tekanan udara pada suatu ruangan misalnya pada sistem kulkas.

Kontruksi manifold gauge

Sebuah kontruksi manifold gauge dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

manifold mempunyai sepasang pressure gauge, itulah benda berbentuk bundar yang berfungsi untuk mengetahui nilai tekanan udara. masing-masing pressure gauge untuk mengukur tekanan pada sisi tekanan rendah (berwarna biru) dan sisi tekanan tinggi (berwarna merah).

1 low pressure gauge (pengukur udara bertekanan rendah)
Low pressure compound gauge merupakan alat yang menunjukan skala tekanan udara, memiliki skala positif dan skala negatif (dibawah tekanan atmosfer atau hampa udara). Pressure gauge ini digunakan untuk mengukur tekanan pada sisi evaporator atau dipasang pada sisi suction service valve.


2 High Pressure gauge (pengukur udara bertekanan tinggi)

High pressure gauge merupakan alat yang berfungsi sama seperti low pressure gauge, High pressure gauge biasanya digunakan untuk mengukur tekanan pada sisi kondenser atau dipasang pada discharge service vave

Pada setiap sisi gauge (bagian) dilengkapi katub manual (hand valve) yang berfungsi untuk membuka dan menutup tiga macam saluran yang ada pada manifold tersebut sehingga memudahkan para teknisi dalam membuka dan menutup dan mengatur sistem Refrigerasi Udara yang sedang dioperasikan.

Pada ketiga saluran ini dilengkapi dengan tiga buah house (selang) yang felksible, yaitu warna biru untuk saluran tekanan rendah, warna merah untuk saluran tekanan tinggi dan kuning  untuk saluran yang terdapat diantaranya.

Perhatikan gambar dibawah ini :

Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

Ketiga fleksible house itu terbuat dari selang karet kualitas terbaik teruji dan tidak mudah rusak, dengan dilengkapi flare fitting berukuran ¼ Inch. Pada flare fitting tersebut terdapat gasket penahan kebocoran tersebut dari bahan karet sintetis sehingga sambungan dengan false fitting sersebut dapat menahan tekanan tinggi hanya walaupun pengencangan hanya menggunakan jari tangan.


Bagaimana cara memfungsikannya?

Untuk keperluan service dan pengujian (pengukuran) tekanan, service manifold ini lazimnya dipasangkan pada katub service kompresor untuk meperoleh tekanan sistem refrigerasi pada sisi tekanan rendah dan sisi tekanan tinggi.

Selain itu, manifold gauge bisa digunakan pula untuk keperluan service laninnya seperti mambuang dan menambah refrigeran kedalam sistem. Membuang udara dari dalam sistem dan by- passing tekanan dari sis tekanan tinggi ke tekanan rendah

Untuk memasang service manifold gauge dengan prosedur yang benar maka diperlukan pemahaman tentang kontruksi dan pengaturan service valve.

3 macam service valve

1 liquid receiver service valve (LRSV yang dipasang pada sisi iquid receiver

Liquid receiver service valve biasanya hanya mempunyai satu pengaturan katub. Gambar dibawah ini memperlihatkan diagram skematik untuk katub service kompresor
Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

2 Suction service valve (SSV) yang dipasang pada sis suction kompresor

Suction dan discharge service valve mempunyai sepasang pengaturan katub lazim disebut sebagai front seating dan back seating sehingga memungkinkan service manifold dipasang pada service valve tersebut.


3 discharge service valve (DSV) yang dipasang pada sisi disharge kompresor

Gambar Konruksi katub service kompresor yang katubnya berda pada posisi back seated
Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)

Karena  katub service ini begitu penting, maka perlu penanganan yang ekstra hati-hati untuk menjaga katub dari kerusakan. Perawatannya sebagai berikut
  • Sebelum memutar valve stem, kendorkan sedikit baut paking
  • Jangan menekan terlalu keras spindle katub (3) pada dudukan karena dapat merusak
  • Jangan lupa memback seat katub service sebelum melepas service manifold
  • Beli oli refrigen yang sesuai pada valve stemnya
  • Gunakan kunci ratchet yang sesuai
  • Bila selesai jangan lupa mengencangkan kembali baut packing

Hampir semua katub service didesain dengan rangka dari kuningan dan spindel pengaturan katub dari baja. Spindle baja ini cenderung berkarat sehingga dapat merusak pakingnya. Oleh karena itu, setiap kai akan memutar atau mengatur spndle stem, selalu bersihkan permukaannya dan dianjurkan sebelum dan sesudah selalu memberikan pelumas dengan oli refrigen yang sesuai.

Demikian sedikit pembahasan tentang sebuah alat yang bernama manifold gaude. Kurang lebihnya saya mohon maaf, apalagi ketidak nyambungan isi dengan yang biasa dibaha yaitu tentang listrik. semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat

Sumber referensi : Buku Sistem refrigerasi dan tata udara jilid 2

0 Response to "Alat ukur Manifold gauge sebagai alat penting bagi teknisi AC Kulkas Freezer (Refrigerasi Udara)"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL