Mengenal mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bola

Mengenal mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bola

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas kembali mesin-mesin Industri, jika sebelumnya saya telah membahas mengenal mesin stone crusher, dan mesin pengayak pasir. Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas mengenai mesin penggalus bahan yaitu Ball Mill Machine

Mari mulai

Definisi

Mengenal mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bolaSebagaimana telah diketahui pada namanya, “ball” yaitu Bola, Mesin ini bekerja dengan bola yang menggelinding dalam tabung yang terus berputar dengan waktu yang diatur dan ditentukan sebelumnya oleh operator. mesin ball mill adalah mesin yang digunakan untuk menghaluskan, melumat atau menghancurkan sutau material menjadi partikel-partikel yang lebih kecil bahkan bubuk.

Mesin ball mill yang berbentuk tabung dengan 2 bagian tempat menyimpan material dengan bentuk dan posisi horizontal ini terdiri dari silinder berrongga yang berputar pada porosnya. Sumbu poros biasa disebut shell yang berdiri secara horizontal. Sementara itu, media penggiling terbuat dari baja, stanless steel, atau karet. Permukaan bagian dalam dari shell silinder biasanya dilapisi dengan material yang tidak mudah terkikis seperti bijih mangan dan karet.

Fungsi mesin

Mesin ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan cat, kembang api, porselen, bahan kimia, batu bara, semen, pigmen, keramik, felspar untuk tembikar, dan serbuk laser untuk mesin cetak 3D.

Cara kerja

mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bola
Bahan-bahan keras (material) dimasukan kedalam mesin melalui kerucut di satu sisi. Pada wadah tersebut sudah terpasang ripple scleboard serta steel ball. Ketika shell berputar, maka bola akan terangkat dan bagian kaskade akan naik turun. Ketika mesin ball mill ini berjalan, bagian badan barel akan berputar. Dengan berputarnya badan barel ini maka steel ball ikut bergerak disebabkan gaya sentifugal yag terus terjatuh dan mengakibatkan bahan keras yang ada didalam mesin tergiling. Gerakan dari bola tersebut akan membuat bahan semakin mengecil sampai halus.

Setelah material mangalami proses penghancuran, maka bahan hasil gilingan diteruskan masuk lagi pada wadah penampungan yang ke-2. Pada wadah penampungan tersebut bahan kembali mengalami proses pengahancuran dan penghalusan dengan scaleboard serta steel ball.

Bahan-bahan yang sudah diproses hingga selesai selanjutnya adalah mengambil dan simpandi wadah 
penyimpanan lainnya supaya material yang belum tergiling bisa menjalani proses yang sama seperti awal kerja diatas hingga selesai.
mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bola


Jenis mesin ball mill

Pada sistem penggunaan dan proses, mesin ball mill memiliki 2 jenis yang biasa digunakan yaitu dengan sistem basah dan kering. Adapun jenis dari segi peruntukan ada ynag untuk skala Industri besar, dan ada pula untuk usaha atau penelitian material yang pada umumnya membutuhkan material berskala kecil.

Jadi,

  • Mesin ball mill besar biasa digunakan dipabrik-pabrik semen untuk menghancrukan bahan baku pembuat semen dan sebagainya
  • Sementara mesin ball mill lebih kecil biasa digunakan dilabotarium untuk melakukan pengujian dan memperoleh data dari hasil grinding.


mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bola

Keuntungan menggunakan mesin ball mill

  1. Daya listrik yang digunakan tidak terlalu besar
  2. Sejalan dengan daya listrik, Biaya instalasi juga cukup rendah
  3. Sangat cocok dipergunakan untuk proses produksi yang beroperasi secara tersu menerus
  4. Bisa digunakan bahkan lebih cocok digunakan sebagai mesin penggilingan dareah terbuka
  5. Bisa digunakan untuk segala jenis material dengn kepadatan yang tinggi


Harga mesin ball mill

Berdasarkan spesifikasinya, mesin untuk menambang emas dengan cara menggrinding bahan batu emas sampai ukuran kurang lebih 200 mesh, juga menggunakan sistem continue yang bermuatan sekitar 100kg bahan material biasanya seharga kurang lebih Rp. 60-juta.

Semakin tinggi kemampuan kerja, semakin mahal pula harganya, misalnya 1000kg/jam bisa seharga Rp. 175juta

Demikian pembahasan singkat mengenal mesin ball Mill, semoga dapat bermanfaat dan dapat pula membantu masalah sobat


0 Response to "Mengenal mesin Ball Mill mesin penghalus bahan keras dengan bola"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL