Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Fungsi dan bagian Kompresor pada Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan

Fungsi dan bagian Kompresor pada Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan

Bismillahirohmanirohim

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan membahas mengenai Kompresor tepatnya fungsi dan bagian bagian yang terdapat pada kompresor tersebut khususnya pada AC (air Conditioner).

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa AC berfungsi untuk memproses udara pada ruangan agar angin terasa dingin dan menghasilkan udara segar, sekaligus membuang asap berbahaya pada ruangan yang dipasang AC.

sekilas tentang kompresor

Kompresor adalah suatu alat mekanis yang berfungsi untuk menghisap uap refrigen dari evapolator. Selanjutnya akan dikompres. Dari hasil kompresan (ditekan) tersebut maka suhu dan tekanan upa menjadi lebih tinggi. Selain itu, kompresor juga berfungsi untuk megalirkan refrigeran ke seluruh jaringan sistem penginginan.

Maka dari itu dapat disimpulakan bahwa sistem kerja dari kompresor adalah dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi ke sisi bertekanan rendah. Semakin tinggi temperatur yang dipompa maka akan semakin besar pula tenaga yang dikeluarkan oleh kompresor.
Fungsi dan bagian Kompresor pada Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan

Bagian – bagian pada kompresor

Bak Penampungan

Bak penampungan pada kompresor  berfungsi untuk penampungan minyak untuk pelumas semua bagian didalamnya. Back engkol digunakan sebagai bak penampungan minyak keculali pada kompresor yang cukup besar yang menggunakan pelumas khusus.

Katup Penghisap (katup isap)

Katup isap berfungsi untuk memasukan gas refrigeran ke dalam silinder atau ruang torak. Daya hisap dari kompresor tegantung pada kescepatan gerakan dari kecepatan udara dari semua bagian yang berhubungan dengan katup ini. katup ini biasanya terbuat dari baja kshsus

Katup buang

Katup buang pada kompresor AC berfungsi untuk membuang gas – gas keluar dari silinder atau ruang torak. Sama seperti katup isap, katup buang terbuat dari bahan baja khusus yaitu Compressor Valve Steel)

Katup service

Katupservice berfungsi untuk menguji sebuah kompresor dan juga memperbaiki sistem pendingin

Fungsi kompresor pada air conditioner

Kompresor pada AC berfungsi untuk menyalurka gas refrigen keseluruh sistem pada AC. Jika dianalogikan, cara kernyanya seperti jamntung ditubuh manusia. Kompresor memiliki 2 pipa yiatu pipa tekan dan pipa hisap.

Sederhananya, Kompresor akan memompakan angin dan gas dingin pada daerah AC kemudian pada AC dihembuskan kedaerah yang dipasang ac.

Itulah artikel sederhana tentang fungsi kompresor pada AC semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat


7 Responses to "Fungsi dan bagian Kompresor pada Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL