cara memperbaiki 3 kendala utama mesin pencuci piring dishwasher

cara memperbaiki 3 kendala utama mesin pencuci piring atau dishwasher

Bismillahirohmanirohim

sebagaimana telah kita ketahui, bahwa mesin pencuci piring ini adalah alat yang digunakan untuk mencuci piring dan teman-temannya dengan cara dimasukan kedalam alat bernama dishwasher sehingga proses pencucian dilakukan didalamnya.

ada beberapa kerusakan dan kendala yang biasa terjadi pada sebuah mesin pencuci piring (dishwasher), antaranya : 
  • Piring yang telah dicuci masih terdapat noda dan tidak bersih
  • kebocoran dengan meilihat genangan air yang terdapat dilantai sekitar mesin
  • tidak mau melakukan pencucian
harus sobat ketahui, bahwa kerusakan-kerusakan yang saya sebut diatas adalah kerusakan ringan yang benar-benar mampu sobat perbaiki sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari seorang teknisi (profesional).

oleh karena itu!

Hemat uangmu dan lakukanlah perbaikan mesin pencucimu sendiri

karena, dalam waktu kurang dari 30 menit, tanpa membutuhkan bantuan, alat-alat bantu, sobat dapat melakukan perbaikan diatas yang sebenarnya lebih kepada meperdalami perawatan yang terlupakan.

oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, saya akan berusaha membahas mengenai perbaikan mesin pencuci piring. dari mulai menemukan titik permasalahan, dan melakukan langkah-langkah perbaikan sampai dapat berfungsi kembali

sebelumnya, simak urain ini agar lebih paham dan mempermudah proses perbaikan

bagaimanakah mesin pencuci piring ini bekarja?

Berbeda dengan mesin pencuci pakaian, mesin pencuci piring bekerja diawali oelh pengisian 2 sampai 3 galon air sehingga membanjiri bagian bawah penampungan, pada bagian tersebut, air bercampur dengan deterjen dan dipompa melalui lengan semprot  berputar (sepoler) yang menyemprotkan air panas + deterjen ke piring. 

kemudian digantikan oleh air segar untuk membilas piring. siklus tersebut terjadi sampai beberapa menit. sikluas tersebut diatur oleh ebuah timer.

agar lebih paham silahkan disimak : mengenal mesin pencuci piring dan bagaimana dia bekerja

sebagaimana telah sobat ketahui bahwa kerusakan yang biasa terjadi pada mesin pencuci piring ini meliputi :
  • Piring yang telah dicuci masih terdapat noda dan tidak bersih
  • terjadi kebocoran dengan melihat genangan air yang terdapat dilantai sekitar mesin
  • tidak mau melakukan pencucian
mari kita bahas satu persatu

Permasalahan pertama : Piring yang telah dicuci masih terdapat noda dan tidak bersih

langkah 1 : keluarkan sepoler (lengan semprot) agar mudah dibersihkan. caranya dengan memutar spoler bawah tersebut searah jarum jam bersamaan dengan menahan bagian atas.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

langkah 2 : Gunakan sikat gigi untuk membersihkan, dan menggosok bagian dasar ssepoler kemudian dibersikan kembali dengan spons. biasanya puing-puing mengumpulkan pada bagian ini. 
cara memperbaiki mesin pencuci piring

langkah 3: Bersihkan lubang lengan semprot. Menyodok kawat ke dalam lubang lengan semprot untuk membersihkan puing-puing yang telah dikumpulkan dalam.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

Langkah 4 : buka tutup float switch dengan cara membuka tutup sekrup terus-down pada float switch dan angkat swicth lurus ke atas
cara memperbaiki mesin pencuci piring

langkah 5 : Bersihkan float switch
Bersihkan semua bagian dari float switch dan tutupnya dengan sikat gigi dan spons.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

langkah 6 : Lepaskan panel bagian bawah
ini bertujuan untuk mematikan daya listrik dan pasokan air untuk mesin cuci piring. Kemudian buka dan lepaskan dua panel yang lebih rendah di bawah pintu.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

Langkah 7: Lepaskan tabung pasokan dan kabel listrik
buka mur dari kompresi pas dengan kunci untuk melepaskan tabung pasokan air tembaga. Lepaskan penutup kawat dari kabel listrik. Kemudian melepaskan kunci yang memegang katup untuk logam dibawah  mesin cuci piring.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

langkah 8 : Lepaskan Rubbing dari katup inlet
Lepaskan spring klem, dan pipa karet, valve dan tarik keluar. Gunakan tang runcing.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

langkah 9 : Lepaskan bagian katup untuk membersihkan
Lepaskan sekrup yang menahan kompresi pas katup. Bariskan semua bagian dalam katup di atas permukaan yang jelas untuk memudahkan pemasangan kembali. Bilas semua bagian tersebut dengan baik. kemudai pasang kembali katup.
cara memperbaiki mesin pencuci piring





Permasahan Kedua : terjadi kebocoran dengan melihat genangan air yang terdapat dilantai sekitar mesin

kerusakan jenis ini biasanya terdapat pada bagian pintu. Periksa segel yang dirasa sudah rusak. Jika sobat tidak menemukan genangan air muncul, buka pentup bawan depan dan temukan tetesan di sekitar selang dan bagian-bagian lain. Kadang-kadang kerusakan ini terjadi pada bagian slang-slang dan sobat dapat mengencangkan sambungan selang, tapi kebanyakan kerusakan kebocoran ini disebabkan oleh masalah pada bagian pintu. oleh karena itu simak langkah perbaikan berikut

Langkah 1: Ganti atau bersihkan seal pintu
Periksa gasket (seal). Jika itu rusak, sobat menggantinya. Jika itu kotor, bersihkan dengan deterjen ringan dan kuas dan spons.
cara memperbaiki mesin pencuci piring

jika bagian gaster (seal) ada yang rusak, maka sobat diharuskan untuk membeli seal yang baru di toko listrik. untuk memasangnya, sobat cukup baca buku petunjuk yang telah disajikan bersama dengan barang baru itu.


Langkah 2 : Sesuaikan pelat kait, jika diperlukan
Kendurkan baut baut yang memegang pintu kait piring. Menggeser bagian penahan sedikit ke dalam dan kencangkan kembali. soba sobat tutup pinta untuk menguji kesesuaiannya
cara memperbaiki mesin pencuci piring

selanjutnya

Permasalahan ketiga : tidak mau melakukan pencucian

Langkah  : periksa power supply

Semua mesin pencuci piring harus memiliki penutup di dekatnya, dan disana biasanya terletak tombol saklar on off untuk menghiduokan mesin. hidupkan kembali. selanjutnya periksa bagian sikring. ada kemungkinan terjadi trip.
selanjutnya, periksa bagian stop kontak barangkalai stop kontak sobat yang rusak. dengan cara 

bila masih terjadi masalah, periksa bagian motor listrik yang terdapat dibagian bawah mesin. mesin yang rusak biasanya ditandai dengan terjadi dngungan ketika power diaktifkan. jika masalah terdapat pada bagian motor listrik, lakukan perbaikan dengan mencoba memutarnya dengan tangan. jika berputar, dan suhu motor normal ganti kapasitor.
cara memperbaiki mesin pencuci piring



jika masih terjadi kerusakan, bawa ketukang service seperti ditempat ane.. hhe


namun, jika sepoler berputar, namun air tidak keluar, ini disebabkan oleh adanya bagian tersumbat dibagian slang-slang air. sobat harus memeriksa bagian tersebut dengan teliti

demikian artikel ini

0 Response to "cara memperbaiki 3 kendala utama mesin pencuci piring dishwasher"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL