Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah

Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah

        Bismillahirohmanirohim

Alasan kenapa saya membuat Artikel ini adalah keunikan dari instalasi rumah ini dan kesulitan merangkaianya. Keren loh

Pernahkah sobat berpikir tentang para penambang emas yang dapat pergi jauh kebawah tanah namun lampu di permukaan padam sementara dibawahnya hidup dan sebaliknya. Terus bekerja demikian. Ini adalah karya dari anak-anak elektrik yang sengaja merangkai Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah.

Keuntungan dari instalasi ini adalah menghemat daya listrik dan menghindari dari kosleting yang rawan terjadi pada bawah tanah.

Begini aturan mainnya sob :

Ketika sobat masuk kedalam ruangan 1 dan menghidupkan saklar diruangan tersebut maka lampu pada ruangan itu  menyala, dan  ketika sobat masuk ke ruangan 2 dan menekan saklar diruangan tersebut maka lampu ruangan dua menyala dan lampu ruangan 1 mati dan begitu seterusnya. Lampu ruangan 2 mati jika lampu ruangan 3 hidup

Agar lebih paham perhatikan contoh dibawah:

Didalam Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah terdapat 3 lampu yang di berinama tiap lampunya l1, l2, l3. Dan terdapat 3 saklar yaitu satu saklar tunggal dan dua saklar tukar (hotel). 

Sebenarnya sobat bebas mau pasang 100 atau seribu lampu sekalipun. Asalkan cara kerjanya sepeti ini

L1 (lampu 1) akan menyala bila s1 (saklar 1) pada posisi on, s2 dalam posisi 1 dan s3 dalam posisi 1, sementara l2 dan l3 padam

L2 akan menyala bila s1 pada posisi bebas baik on atau off, s2 pada posisi 2 dan s3 pada posisi 1, sementara L1 dan L3 padam (mati)

L3 akan menyala apabila s1 bebas (tidak berpengaruh, s2 bebas tidak berpengaruh dan s3 pada posisi 2, sementara itu L1 dan L2 mati (padam)

Lihat gambar
Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah

Gambar diatas adalah gambar bagan untuk instalasi penarangan terowongan bawah tanah, biasa digunakan oleh para insinyur seperti saya (hha, amin) untuk gambar rencana pembangunan.

Sementara untuk yang bawah ini
Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah

Gambar diatas adalah gambar pengawatan, atau bisa disebut gambar banyak garis instalasi penerangan terowongan bawah tanah. Biasa digunakan agar mempermudah memahai gambar.

Cara memasang

Sebelum memasang tentunya sobat membutuhkan alat seperti tang pemotong, tang pembulat, tang pengupas  dan tang kombinasi, untuk pengecekan bisa menggunakan Multitester(ohmmeter) dan tespen,  Juga obeng – dan + untuk mengunci tiap komponen pada kabel.

Bila sobat menggunakan pipa sebagai pelindung, maka siapkan juga gergaji pipa untuk memotong pipa. seklaigus sengkang sebagai pengunci posisi pipa

Dan ini adalah bahan- bahannya

Bahan yang wajib sobat punya adalah kebel yang banyak, bisa disesuaikan dengan kehendak sobat.
Satu saklar tunggal dan 2 saklar tukar.

Tiga piiting lampu juga lampunya

Bila pemasangan ingin disempurnakan bisa memakai alat alat seperti inbow dus, sengkang, T dus (kotak hubung dan tutupnya, sengkang sebagai penahan pipa dan Pipa PVC untuk melindungi rangkaian dari kontak langsung.

Mari kita mulai memasang

pada initinya, hal yang penting dan kunci dari rangkaian ini adalah ketika saklar tukar memindahkan posisinya dari yang semula terhubung kelampu, berpindah dan menjadikan arus terhubung kesaklar berikutnya demikian seterusnnya
silahkan perhatikan gambar agar lebih paham

Perlu sobat ketahui ada beberapa cara dan rangkaian untuk merancang Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah, namun Keuntungan dari rangkaian Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah yang saya buat diatas ini adalah ketika sobat ada dalam ruangan 3 atau ruangan paling jauh, orang lain yang menyalakan saklar 1 atau saklar sebelum ruangan sobat yang berada diakhir tidak aka berpengaruh terhadap penerangan sobat karena jika tidak maka hal tersebut dapat membahayakan sang penambang atau siapaun yang berada dalam ruangan paling akhir.

Kenapa

Karena dalam rangkaian saya ini, saya merangkaian agar arus pertama berada diruangan paling akhir.
Namaun dibalik keuntungan rangkaian saya ini, ada juga kerugiannya, salah satunya adalah boros kabel dan pengerjaan yang cukup sulit.

karena pemasangan instalasi ini menggunakan saklar tukar maka agar lebih paham

Demikia tentang artikel saya tentang Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah semoga bermanfaat.



Jangan lupa share OK....

0 Response to "Instalasi Penerangan listrik terowongan bawah tanah"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL