Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Bismillahirrohmanirrohim

Seiring berkembangnya jaman, kebutuhan akan energi listrik menjadi sangat-sangat penting. Jika dulu penggunaan listrik hanya untuk peralatan yang cukup jarang digunakan, sekarang Listrik menjadi energi utama yang harus ada disuatu populasi manusia.

Memasak nasi sudah menggunakan listrik, memasak air sudah menggunakan listrik, penerangan sudah menggunakan listrik,pendingin ruangan sudah menggunakan listrik, penyediaan air sudah menggunakan listrik dan prihal-prihal lain yang luar biasa pentingnya ditanggung oleh suplay energi listrik.  

Maka jika sumber utama listrik tiba-tiba terputus baik karena gangguan atau karena kesengajaan yang didorong aturan, seketika itu juga sobat memerlukan sumber energi listrik lain untuk membadal (menggantikan) sumber listrik utama yang mengalami gangguna.

Di Indonesia sendiri sumber listrik utama negara dikelola oleh Pembangkit Listrik Negara (PLN). Dan energi listrik yang paling sering digunakan untuk menggantikan sumber listrik utama adalah Genset.

Kenapa Genset?
Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Sebelum lebih lanjut membahas cara mengkombinasikan antara Genset dan PLN alangkah baiknya jika sobat tahu dulu alasan kenapa menggunakan genset? Ada beberapa alasan yang saya kira menjadi alasan utama kenapa banyak orang memilih genset untuk energi alternatif dari PLN

  1. sesuai dengan fungsi genset. Genset sendiri adalah singkatan dari Generator set, generator adalah pembangkit listrik. Maka tentu fungsi dari genset adalah untuk membangkitkan listrik.
  2. Mudah digunakan. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar dan perancangan yang sudah dibegitu mudahkan oleh produsen genset, tentu menjadi keuntungan sendiri
  3. Jumlah daya, Voltase dan Frekuensi dapat sesuai dengan kebutuhan rumah dan sama persis dengan yang diberikan PLN. Berbeda dengan penggunaan panel surya atau pembangkit listrik buatan sendiri. Penggunaan genset tentu akan lebih sesuai dengan kebutuhan listrik rumah.


Selanjutnya,

Jika sobat kebingungan bagaimana mengkombinasikan listrik dari genset dengan listrik PLN maka akan saya jelaskan selaras dengan apa yang saya ketahui dengan membaca di berbagai sumber lain. Yang saya maksudkan dengan mengkombinasikan Genset dan listrik PLN dirumah adalah bila listrik PLN mati, sobat bisa langsung menggunakan listrik dari genset hanya dengan beberapa pengaturan.

Ada beberapa metode yang dapat sobat gunakan untuk mengkombinasikan, maaf kata mengkombinasikan terasa tidak tepat yah.... yah maksudnya menggunakan listrik Genset bila listrik PLN mati.

Cara pertama : cara menggunakan listrik genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah cara manual menggunakan saklar tukar

Cara pertama ini sangatlah mudah sekaligus murah. Siapa yang tidak mengetahui saklar yang berbentuk seperti pada gambar ini :
Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Saklar diatas bisa berjenis saklar tunggal atau saklar tukar. Maka dari itu, jika sobat hendak membeli saklar tukar berbentuk seperti ini bisa bilang pada penjual saklar sobat butuh saklar tukar atau saklar tukar. Supaya tidak dikasih saklar tunggal.


Cara pemasangan saklar ini bisa dilihat pada skema berikut
Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Penjelasan gambar

Gambar diatas adalah gambar pemasangan kabel pada saklar tukar. Jika saklar tukar atau saklar hotel tersebut dibalikan, maka akan terlihat seperti pada gambar diatas. Memliki tiga lubang 1 2 3.

Nomor 1 pada saklar tukar adalah tempat awal atau dalam bahasa kelistrikan disebut Comon (POLE). Dan nomor 2 dan 3 adalah terusan (Throw). Sistem kerja saklar tukar tersebut cukup simple, yaitu bila sobat menekan saklar hingga berposisi keatas, maka kontak nomor 1 akan terhubung pada kontak 2. Demikan pula bila sobat menekan tombol sakar tukar/hotel kebalikannya maka kontak hubung 1 akan terhubung pada kontak hubung 3.

Kita gunakan metode saklar tukar diatas pada pemindahan listrik PLN pada listrik genset. Caranya?

Pada umumnya semua listrik rumah memiliki 2 kabel yang harus berpasangan. Kabel tersebut diberinama kabel fasa dan Netral (untuk arus AC).

Pada gambar diatas dijelaskan terdapat dua saklar. Tugas saklar tukar pertama adalah memindahkan kabel fasa, kabel fasa adalah kabel berarus listrik. Cirinya jika ditespen maka tesepen akan menyala. 
Dan saklar kedua adalah untuk kabel netral (nol), kabel yang jika ditespen maka tespen tidak menyala.

Pasangkan kabel fasa (biasanya berwarna coklat/hitam dari setelah KWH meter pada kontak hubung nomor 1 saklar tukar 1. Pemasangan dilakukan dengan keadaan listrik sudah mati (tidak ada arus listrik yang mengalir)

Kemudian pasangkan kabel netral (biasanya berwana biru dari setelah KWH meter pada kontak hubung nomor 1 saklar tukar 2.

Selanjutnya, pasangkan kabel fasa dari setelah genset pada kontak hubung nomor 2 saklar tukar 1. Pemasangan dilakukan dengan keadaan genset sedang tidak aktif.

Kemudian pasangkan kabel netral dari setelah genset pada kontak hubung nomor 2 saklar tukar 2

Selanjutnya, pasangkan kabel fasa menuju rumah pada kontak hubung 1 saklar tukar 1 dan kabel netral menuju rumah pada kontak hubung 1 saklar tukar 2.


Mudah bukan

Cara kerja rangkaian

Jika sobat hendak menggunakan listrik PLN untuk suplay rumah sobat, maka arahkan saklar tukar 1 dan 2 keatas hingga arus fasa dan netral yang menuju rumah adalah dari PLN.

Apabila terjadi pemadaman atau gangguan PLN, dan sobat menyalakan genset untuk suplay arus listrik, maka tekan kedua saklar hingga berposisi 2. Maka arus dari PLN akan terputus dan energi listrik dari genset akan terhubung pada rumah.

Mudah bukan

Namun, ada beberapa kelemahan sistem pemindahan dengan menggunakan saklar tukar ini, yaitu :

  1. Jika sobat berencana mengunakan genset sebagai cadangan diIndustri atau tempat-tempat yang memiliki suplay arus 3 fasa, saklar tukar/hotel akan terlalu ribet dipasang dan digunakan
  2. Jika penggunaan listrik dirumah sobat terbilang besar, misalnya 1000 watt atau keatas, penggunaan saklar tukar tidak akan efektif karena tidak didesain untuk pemindah arus dari PLN ke Genset.

Lalu apa solusinya?

Sebetulnya ada cara yang lebih umum digunakan untuk mengkombinasikan listrik PLN dan listrik genset untuk rumah. Cara yang sering digunakan dan mudahpula dipraktekan yaitu dengan,,,

Cara kedua : cara menggunakan listrik genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah cara manual menggunakan Cam Starter Switch Jenis DPDT / TPDT
Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

DPDT adalah singkatan dari Double Pole Double Throw. DPDT adalah jenis saklar yang digunakan untuk memindahkan 2 arus listrik pada dua sambungan sekaligus. Cara kerja Cam Starter DPDT sama dengan dua saklar tukar.

Tetapi ada kelebihan DPDT yang tidak dimiliki oleh saklar tukar yaitu pada DPDT terdapat posisi dimana kontak hubung tidak terhubung pada bagian kontak hubung lain. Posisi ini dinamakan posisi Off.

Keunggulan lainnya terdapat pada kekuatan penghantar yang lebih baik dibandingkan saklar tukar.
Namun, masih ada kelemahan yang terdapat dalam diri Cam Starter DPDT. Yaitu hanya memiliki 2 pole dan 2 throw. Ini tentu mengindikasikan bahwa DPDT tidak dapat digunakan untuk beban 3 fasa.

Maka dari itu Cam Starter Switch Jenis TPDT datang sebagai solusi kelemahan-kelamahan DPDT. 
TPDT adalah singkatan dari Triple Pole Double Throw. Jika dibahasa Indonesiakan disebut tiga sumber dua arah. Menunjukan bahwa saklar ini dapat memindahkan arus listrik dari 3 sumber pada dua arah secara bersamaan.

Secara sistem, cara kerja TPDT sama dengan DPDT, perbedaan keduanya hanya terletak pada banyaknya kontak hubung. Jika pada DPDT hanya memiliki 6 kontak hubung, pada TPDT memiliki 9 kontak hubung.


Bagaimana menggunakan Cam Starter Switch TPDT untuk pemindahan arus PLN pada arus genset untuk suplay rumah? Silahkan simak gambar dibawah ini :
Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Keterangan gambar

Pada gambar diperlihatkan sebuah cam starter swtch TPDT yang memiliki 9 kontak hubung yang sudah terisi dengan penghantar semua. Sebagaimana prinsip kerja dari TPDT, 3 kontak hubung 0 yang berada diposisi tengah akan terhubung pada 3 kontak hubung 1 diposisi atas bila selektor atau rotari diarahkan keatas.

Sebaliknya, ketiga kontak hubung 0 yang berada diposisi tengah akan terhubung pada 3 kontak hubung 2 diposisi bawah bila selektor switch atau rotary diarahkan kebawah, Dan akan secara otomastis memutus hubungan dengan kontak hubung 1 diatas.
Cara membuat

Kita gunakan prinsip kerja TPDT diatas untuk pemindahan arus listrik dari PLN ke genset untuk rumah. Caranya?

Pertama tentukan terlebih dahulu apkah suplay arus rumah sobat itu 3 fasa atau 1 fasa. Jika 3 fasa 
ikuti intruksi berikut, namun jika 1 fasa sobat hanya perlu menghilangkan satu kabel dan teruskan ikuti intruksi acak-acakan berikut.

Hubungkan 3 kabel fasa yang biasanya berwarna coklat kuning merah, bisa juga hitam kuning merah, bisa juga biru kuning merah, pada ketiga kontak hubung posisi nol (0) yang berada ditengah. 1 kontak hubung pada satu kabel.

Kemudian, hubungkan 3 kabel fasa dari KWH meter 3 fasa pada 3 kontak hubung yang berada diatas. Sebagaimana dijelaskan pada gambar.

Selanjutnya hubungkan ketiga kabel dari genset 3 fasa pada 3 kontak hubung nomor 2 yang berada dibawah. Sebagaimana dijelaskan diatas. Mudah bukan.
Cara kerja rangkaian

Jika sobta hendak menggunakan listrik PLN untuk suplay rumah sobat, maka arahkan rotary/selektor pada posisi satu. Maka energi listrik yang sobat gunakan dirumah adalah dari PLN.

Jika terjadi gangguan atau pemadaman lain padahal sobat sedang membutuhkan energi listrik, dan sobat berencana menggunakan listrik genset untuk rumah, maka arahkan selektor/rotari pada TPDT hingga mengarah pada posisi 2.

Maka ketika genset dihidupkan, energi listrik dari genset akan terhubung pada rumah.

Jika sobat hendak memindahkan suplay energi listrik kembali dari PLN, maka sobat tinggal arahkan rotari TPDT pada posisi 1. Otomatis suplay arus dari genset akan putus, dan sobat kembali menggunakan suplay dari PLN.

Mudah bukan

Ingat untuk penggunakan listrik 1 fasa yang berjumlah dua kabel yaitu 1 fasa dan 1 netral, bisa menggunakan Cam starter TPDT dengan mengurangi 1 kabel.

Namun,,,

Masih terdapat kelemahan dari rangkaian kedua ini. apa itu?
  1. Rangkaian ini masih rangkaian manual. Dengan kata lain rangkaian ini masih tetap membutuhkan kita selaku penggerak untuk mengaturnya lagi dan juga menghidupkan genset.

Oleh karena itu, munculah beberapa metode peng Otomatisan pengubah suplay arus untuk rumah. Hingga muncul beberapa rangkaian yang disebut ATS (Automatic Transfer Switch), AMF (automatic Main Failure)  dan lain-lain.
Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana

Namun, karena pembahasan ini sudah cukup panjang, dan kurang relepan jika dihubungkan, saya pisahkan pemabahasan itu, baca selengkapnya : Membuat Panel ATS dan AMF, rangkaian pengubah supay arus secara otomatis.


Demikian pembahasan menegani Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat. Mohon maaf bila ada keselahan, karena keselahan ada pada diri saya yang masih belajar ini.

0 Response to "Cara Menggunakan Genset sebagai pengganti listrik PLN dirumah Paling sederhana"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

Sindikasi techno.okezone.com

terima update Blogku dengan EMAIL