Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagian-bagian pada gurinda. Khususnya gerinda tangan. Dan perlu diingat baik gerinda tangan ataupun gerinda duduk ataupun yang bisa berlari (hah) konstruksinya sama saja. Perbedaannya hanya pada ukuran pisau dan penambahan dudukan. Namun secara sistem mesin dan kelistrikan sama saja.

Bagi yang belum tahu, gerinda adalah alat yang digunakan untuk memotong, menghaluskan dan fungsi lain-lain yang membutuhkan lingkaran berputar cepat. Biasanya gerinda digunakan di Industri dan proyek pembangunan karena gurinda tangan termasuk dalam kategori perkakas seperti bor, Sugu, circle, trimmer dan router.

Bagi sobat yang ingin atau sedang memperbaiki gerinda tangan (slepan) sendiri, atau sedang sedang membaca tutorial saya yang lain misalnya cara tercepat memperbaiki Gerinda tangan yang mati-total, dan kebingungan dimana posisi suatu komponen pada sebuah gerinda, sehingga membuat sobat membutuhkan panduan lain, yang khusus membahas mengenai komponen-kompenen pada gurinda saja. Maka saya telah mempermudahnya dengan membahas bagian-bagian pada gurinda tangan ini.

Yah, meskipun saya juga tidak tahu semua nama pada komponen pada gerinda ini tapi mungkin saya sedikit ilmu ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan plus membantu masalah sobat.

Tanpa berbasa-basi lagi,

Gerinda pada umumnya berbentuk seperti ditunjukan oleh gambar dibawah :
 
Adapun berbeda bentuk, misalnya bagian dekat kabel dan saklar ada tempat pemegang, atau lebih bulat, ataupun yang lainnya, secara sistem gerinda merk apaun memiliki kontruksi dan letak komponen yang hampir sama.

Secara garis besar, pada sebuah gerinda terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1 bagian kelistrikan yang terletak pada bagian belakang. Bagian ini bertugas untuk mengontrol arus listrik yang masuk pada mesin dari mulai menuju kesaklar kemudian menuju motor listrik

2 bagian mesin. Terletak pada bagian tengah gerinda tangan. Bagian ini memuat sebuah motor listrik Universal sebagai alat putar bertenaga listrik. Jadi, listrik yang disuplay dari bagian pertama menuju bagian kedua ini untuk diubah menjadi tenaga putaran


3 bagian Gearbox. Terletak paling depan yang memuat pisau gerinda dan gigi penurun kecepatan. Selain menurunkan kecepatan putaran pada gerinda, gigi didalam gearbox juga berfungsi untuk mengubah arah putaran pada suatu gerinda.

Dan ini gambar dalamnya, jika tidak percaya gambar didalam gerinda tangan seperti ditunjukan pada gambar dibawah silahkan cek sendiri. Dan mohon maaf bila gambarnya jelak banget.
Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

1 kabel Input yang masuk pada gerinda tangan sebagai suplay arus listrik AC


2 bagian saklar. Saklar adalah komponen listrik yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan 
Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

arus listrik. Maka dari itu kabel listrik pada komponen pertama-tama pasti akan terhubungkan kesaklar

3 kabel. Pada gambar diatas, kabel berwarna merah dan berwarna biru

4 Lamel Komutatator. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan arus dari kumparan stator menuju kumparan stator melalui sikat karbon

5 Lilitan (kumparan) Rotor. Jika lamel dan kumparan ini disatukan disebut angker atau armature Rotor
Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

6 Stator. Stator ini adalah bagian yang diam sementara rotor adalah bagian yang bergerak pada fenomena pergerakan sebuah motor listrik. Fungsi dari stator adalah sebagai wadah dari kumparan stator sehingga menghasilkan medan magnet buatan


7 Bering (Laher) bagian belakang. Berfungsi untuk menahan angker agar stabil tepat ditengah mesin

8 Sikat karbon (karbon Brus). Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan arus dari stator pada lamel komutator. Kenapa memilih sikat karbon sebagai penganyalur arus? Karena sikat karbon memiliki tinggak efesiensi yang baik untuk mengalirkan arus listrik pada bidang yang bergerak.
Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

9 kumparan stator. Terletak dan terkombinasikan dengan stator untuk memberikan gaya magnet
Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

10 kipas. Kipas ini terletak dan menempel bersama dengan angker. Fungsi tentu untuk mendinginkan mesin agar tidak cepat panas dan juga untuk membersihkan mesin motor listrik dari bedu dan kotoran yang menempel sehingga mesin selalu bersih dan terjaga.

11 bering (laher) bagian depan. Biasanya berukuran lebih besar dari pada bagian belakang. Pada beberapa gerinda, untuk membuka laher ini akan sangat sulit karena terhalangi oleh komponen yang cukup sulit dibuka yaitu sebuah ring yang dibaud. Dan baud tersebut akan sulit dibuka juga karena terhalang oleh baling-baling kipas.

12 Gear (Gigi) kecil. Terletak dan menempel pada angker. Fungsinya jelas untuk memutarkan gigi yang besar

13 Gear gigi besar. Terletak dan terhubung langsung dengan pisau. Fungsinya sudah pasti untuk mengkompersikan puaran dari gigi kecil menuju pada pisau gerinda

Note : saya juga tidak tahu namanya, saya beri nama saja sendiri yaitu gigi kecil dan gigi besar

14 laher yang berfungsi untuk menahan dan menjaga kesetabilan poros pisau dan gigi besar

15 pisau gerinda. Bagian ini adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan benda kerja, entah itu besi, keramik atau kayu. Pisau gerinda bermacam-macam sesuia dengan fungsinya masing-masing
Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

16 bagian penahan pisau agar tidak berputar. Bagian ini berfungsi untuk menahan pisau ketika ingin dibuka


Catatan
Karena ilmu yang saya dapat adalah hasil dari belajar secara otodidak sambil berjalan dibengkel, tentu saja penjelasannyapun tidak akan sebaik dosen ataupun master teknisi. Namun setidaknya saya berharap ilmu ini dapat bermafaat bagi sobat yang membutuhkan. Karena pada sistem dasarnya sama.

Listrik itu ilmu pasti jadi tidak mungkin ada perbedaan kalau bukan kesalahan. Jadi mohon maaf bila banyak kesalahan, 

Demikian pembahasan kali ini semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat.

0 Response to "Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

Sindikasi techno.okezone.com

terima update Blogku dengan EMAIL