Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk anda

Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk anda

bismillahirrohmanirrohim

melanjutkan pembahasan sebelum dan melengkapi bab panel surya, pada kesempatan kali ini saya akan coba membagikan daftar harga panel surya dari yang termurah hingga paling baik dan mahal juga beragam pilihan yang dapat membuat sobat dapat menetukan panel surya atau pembangkit listrik tenaga matahari mana yang cocok untuk sobat gunakan dirumah ataupun untuk apapun terserah.

Pendahuluan : memahami pentingnya energi listrik dan pemanfaatan energi tak terbatas matahari

Listrik
tidak terbendungkan lagi kekuatannya, sekarang ini Energi buatan yang paling dirasakan nikmatnya dan yang paling banyak digunakan adalah energi listrik. Salah satunya karena energi listrik adalah energi yang dapat dikompersikan atau diaplikasikan pada berbagai kebutuhan yang sangat penting.

Energi listrik adalah energi yang paling mudah diaplikasikan pada energi penerangan pada lampu, gaya gerak pada motor listrik, energi suara pada speaker, energi panas pada Heater, dan energi audio visual pada komputer dan lain-lain.

Selain mudah diaplikasikan, energi listrik ungul karena tidak dapat ditemukan ataupun dihilangkan, energi listrik adalah energi alam yang mana dengan proses tertentu dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan manusia.

Matahari
Tidak dapat dipungriki dan dikhianati lagi bahwa energi matahari adalah energi alam yang paling banyak manfaatnya, paling besar kekuatannya, , dan paling dirasa anugrah dari sang pencipta-Nya. Bumi tanpa matahari bagaikan dirimu tanpanya (maksud loh)??

Bumi tanpa matahari pasti tidak akan dapat kita huni bersama. Dengan adanya matahari, tumbuhan bisa berfotosintesis dan memberikan oksigen untuk dihirup, dengan adanya matahari suhu dibumi sangat stabil, dengan adanya matahari jemuran dirumah bisa kering, dengan adanya matahari siklus angin dapat bekerja dengan baik, serta banyak lagi manfaatnya.

Hal ini dibuktikan semenjak peradaban kuno. Bangsa Yunani, Romawi, Mesir, Hindu, sinto dan lain-lain menyembah matahari dalam berbagai bentuk. Mereka telah mengembangkan berbagai bentuk. Mereka juga menggunakan energi matahari sebagai pemanas, cahaya, dan lain-lain.

Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk andaDengan mengkombinasikan kekuatan energi matahari yang luar biasa dahsyat pada energi listrik yang paling mudah diaplikasikan pada berbagai kebutuhan akan membuat sebuah energi yang tidak terbatas, hemat, mengurangi polusi bumi, dan sangat bermanfaat untuk umat manusia.

Oleh karena itu, pada ilmuan terus berusaha menghadirkan kombinasi luar biasa itu hingga dengan hasil penelitian yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya Pembangkit listrik dari matahari atau biasa juga disebut sel surya berhasil dibuat dan bisa dirasakan manfaatnya hingga saat ini.


Bagi sobat yang berminat untuk menjadi salah satu tokoh dalam menjaga alam agar tidak lagi menggunakan bahan bakar yang menyebabkan polusi, menjadi salah satu pemeran dalam kemajuan teknologi, dan berminat untuk membeli dan menggunakannya, saya disini mencoba menyuguhkan harga-harga panel surya dair berbagai merk dan berbagai jenis sehingga sobat dapat menetukan PLTS mana yang cocok sobat gunakan.

kedua : Daftar harga PLTS panel surya berdasarkan Merk

Merk Pure sine wave (solar sell) 200WP inverter
Kapasitas daya 1000 watt
harga Rp. 8.220.000

Merk Hybrid Charge controller (wind turbine + panel surya)
MPPT system 24V
Kapasitas daya 1300 watt
Harga Rp 13.000.000

Merk sharp
Kapasitas daya 300 watt
Harga Rp 4.200.000
Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk anda

Merk Panel surya/PV module 300WP Polycrystalline
Harga 3.000.000

Merk panel   SP004 Monocrystalline
Kapasitas daya 5 watt
Harga Rp 1.640.000

Merk SOLARLand 50WP Monokristalin
Kapasitas daya 12 Volt
Harga Rp 685.000

Merk solar sel Grade A 50WP
Harga Rp 562.000

Merk solar sel Shinyoku 20WP Ply high Quality
Harga Rp 525.000

Merk NANKAI solar charge 3 lampu 8 watt
Harga Rp 500.000

Lampu Emergency Multifungsi USB solar 9V-3W panel surya Mono
Harga Rp 459.000

Ketiga : Daftar harga Panel surya berdasarkan kapasitas daya

Solar panel 10 watt Polycrisralin
Power 10 watt, 12 Volt, Dimensi 350 X 300 X 25 mm dengan berat 1,3 kg
Harga Rp. 350.000

Solar panel 50 watt Polycristalin
Power 50 watt, 12 Volt, dimensi 700 x 510 x 30 mm dengan berat 4 kg
Harga 800.000

Solar panel 80 watt Polycristalin
Power 80 watt, 12 Volt, dimensi 870 x 670 x 35 mm dengan berat 6.5 kg
Harga Rp 1.290.000

Solar panel 80 watt monoscristalin
Power 80 watt, 12 Volt, dimensi 1.190 x 550 x 30 mm dengan berat 6.5 kg
Harga Rp 1.600.000

Solar panel 100 watt Polycristalin
Power 100 watt, 12 Volt, dimensi 1.020 X 679 X 35 mm, dengan berat 8 kg
Harga Rp. 1.600.000

Solar Panel 250 watt Polycristalin
Power 250 watt, 24 Volt, dimensi 1.640 X 992 X 40 mm dengan berat 21 Kg
Harga Rp.  4000.000

diatas terdapat perbedaan sebuah panel surya yaitu tipe Polycristalline dan monocristalline. perbedaannya sebenarnya terletak pada bahan yang digunakan. jika pada panel surya polycristalline menggunakan bahan silikon blok-cast sedangkan panel surya monocristalline terbuat dari silikon tunggal. karena perbedaan bahan baku tentu daya efesiensinya juga berbeda. agar lebih jelas silahkan dibaca : fungsi komponen pada PLTS panel surya



Lalu mana yang tepat untuk Sobat pilih?

Saat ini, pemasangan panel surya terbilang irit. Ini disebabkan tidak dibutuhkannya lahan yang terlalu luas untuk memproduksi listrik. Umumnya, satu rumah dapat menyerap asupan energi panas matahari dengan panel surya berukuran kurang dari 10 m2.

Untuk sobat yang hendak menggunakan panel surya untuk kebutuhan rumah, agar tidak merugikan, sobat harus menyesuaikan kebutuhan listrik rumah dengan panel surya yang akan dipasang. Misalnya, didalam rumah sobat diisi dengan  5 lampu 10 watt, 1 TV 50 watt, 1 dan untuk sisanya multifungsi 100 watt, total 200 watt. Maka dalam memilih sebuah panel surya sobat berkapasitas 250 watt. Atau dengan hitungan yang lebih kecil maka sobat juga akan membutuhkan panel surya yang berkapasitas lebih kecil.

Kenapa tidak menggunakan panel surya yang berkapasitas besar seperti :

Merk Hybrid Charge controller (wind turbine + panel surya)
MPPT system 24V
Kapasitas daya 1300 watt

Karena harga yang ditawarkan cukup mahal untuk satu panel surya yaitu Rp 13.000.000

Kecuali memang kebutuhan rumah sobat memang 1300 watt. Selain mahal, menggunakan panel surya dengan daya yang besar akan membutuhkan dimensi yang besar pula. Sehingga akan membuat kebutuhan ruang juga besar. 
Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk anda

Panel surya yang telah sobat minati nantinya akan diinstal pada atap rumah yang kemudian disimpan dalam aki. Kemudian dari aki dihubungkan pada Inverter untuk mengubah arus DC jadi AC sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan seperti penerangan dan alat elektronik lain.


Kemudian apa lagi?

Sebagai tambahan dari Jody sebagai kepala penjualan PT Tata Cipta Mega Pelangi

Menurutnya, penggunaan listrik tenaga surya (PLTS) dirumah sebaiknya dikombinasikan dengan listrik dari sumber lain dan merekomendasikan listrik dari PLN

Tentunya kebutuhan listrik setiap rumah berbeda-beda. Untuk pemakaian kapasitas daya 1.500 watt kemungkinan besar tidak bisa dipenuhi oleh tenaga surya saja. Kapasitas umum untuk panel surya yang dipasang diatap rumah hanya memenuhi sekitar 1.000 WP. Untuk itu, tenaga surya biasanya sebatas dimanfaatkan untuk menyalakan lampu saja. Tutur kepala PT Tata Cipta Mega pelangi tersebut.  

Mengenai biaya yang dibutuhkan, untuk alat yang termasuk dalam 5 solar panel dimensi 160 X 110 X 3,5 CM besrta aki dibandrol dengan harga Rp. 26.000.000. pemasangan panel surya ini dpata mengakomodir kebutuhan listrik hingga 1000 WP.
Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk anda

Untuk menghitung panel surya dirumah, Ketahui dulu berapa harga alat per WP, kemudian ditambah dengan biaya pasang per WP. Dengan begitu, akan keuar berapa daya dan biaya panel surya yang dibutuhkan rumah sobat.

Dimana lokasi yang paling baik untuk pemasangan panel surya ini?

Tidak ada lokasi khusus untuk syarat pemasangan panel surya. Yang paling penting lokasi yang digunakan atau atap rumah  tidak tertutupi oleh pohon karena hal itu akan berpengaruh kepada penyerapan cahaya matahari.

Itulah beberapa pembahasan mengenai harga panel surya dan penjelasan sedikit tentang panel surya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat.

4 komentar untuk "Harga Panel surya murah sampai berkualitas dan menetukan panel yang tepat untuk anda"

Comment Author Avatar
Apakah harga diatas sudah termasuk biaya instalasinya
Kalau belum berapa biaya instalasi pemasangan solar cell
Comment Author Avatar
harga pasang tergantung kesepakan konsumen dan jasa instalasinya... saya juga kurang tahu
Comment Author Avatar
Assalamualaekum,
Gan mohon infonya
saya berencana memasang PLTS untuk Pesantren dengan kavasitas 1.300 Watt.
Komponen apa saja yang dibutuhkan dan berapa biayanya
Terima Kasih
Comment Author Avatar
mohon maaf sob, belum bisa bantu soalnya saya juga masih mempelajari tentang panel surya ini

Diskusikan pertanyaan sobat disini