Memilih Pompa air celup (submersible Pump) hal apa saja yang harus dipertimbangkan?

memilih Pompa air celup (submersible Pump) hal apa saja yang harus  dipertimbangkan?


Bismillahirohmanirohim


Semoga Aktifitas kita selalu ada dalam jalan yang benar berharap ridho sang ilahi

Berbicara tentang pompa air, tentunya diperlukan sebuah pompa air yang benar-benar pas dalam kegunaan sehingga tidak merugikan dan tidak membuat sobat mengamuk-ngamuk didepan pintu karena penyesalan melanda, dikarenakan salah memilih Pompa air.

Asal sobat ketahui, peralatan bernama Pompa air atau dalam bahasa Inggrisnya disebut water Pump berbeda dengan peralatan bantu manusia lain. Misalnya saja sebuah mesin cuci yang bisa digunakan untuk mencuci tanpa ada pertimbangan yang lain selain pertimbangan antara mesin cuci 1 tabung atau dua tabung. Atau pada Ricecooker yang sama saja dapat menanak nasi.


Sebuah pompa air memiliki spesifikasi dan kemampuan serta kunggulannya masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan sobat. Oleh karena itu, pada pembahasan sebelumnya ane telah membahas mengenai jangansalah pilih! Tips Cerdik memilih Jenis Pompa air yang sesuai dengan kebutuhan anda, telah saya jelaskan bagaimana memilih sebuah pompa yang pas sehingga tidak merugikan. Dan tidak mengamuk-ngamuk tentunya....

Yang menarik dari pompa air lainnya adalah adanya sebuah pompa air yang cenderung memiliki perbedaan yang besar dengan pompa air pada umumnya. Nama kerennya Submersible Pump, atau Pompa air celup.

Nih Fotonya............
Memilih Pompa air celup (submersible Pump)
gambar Submersible Pump

Pompa air celup (submersible Pump) adalah jenis pompa air yang menggunakan sistem operasi sentrifugal. Yaitu mengubah energi kinetik dari air menjadi energi potensial yang bergerak kepermukaan melalui Impeller yang bergerak memutar didalam casing pompa air sehingga air dapat terdorong keluar oleh putaran tersebut.

Pompa air submersible ini dapat sobat gunakan untuk banyak kegunaan (keperluan). Baik didalam ruangan ataupun diluar ruangan. Pompa air ini sangat efektif dalam mengatasi banjir disekitar rumah sobat karena dapat dengan mudah digunakan dan dapat berenang-renang didalam air tanpa harus menghawatirkan kerusakan mesin. Itulah salah satu keunggulan dari Pompa air submersible.

Selain dari itu, pompa air celup ini juga efektif  digunakan untuk memompa lumpur, sistem irigasi, dan sebagainya. Namun, alat ini lebih populer digunakan untuk akuarium, kolam dan air mancur. Alat ini digunakan sebagai penyaring kolam dan akuarium, untuk menjaga sirkulasi air dan mejaga air agar tetap jernih.


Keren bukan...


Satu karakterristik pompa air ini yang menjadi garis besar pembeda dari jenis pompa air lain adalah pompa air sumersible harus ditempatkan secara langsung didalam air.

Dari segi perbedaannya inilah yang menjadi penyebab pompa air celup (submersible Pump) memiliki banyak kelebihan antara lain :

  1. Lebih awet dibanding dengan pomp air lain, ini disebabkan karena pompa air ini kedap air, jadi tidak memudahkan air masuk pada inti mesin. Karena pada umumnya, kerusakan yang terjadi pada pompa air adalah masuknya air pada dinamo motor sehingga menyebabkan induksi dan merusak mesin. Itu juga dengan catatan tetap terjaga didalam air dengan ketinggian minimal
  2. Tidak menimbulkan suara bising. Karena letaknya didalam air sehingga suara dapat teradam oleh air
  3. Motor listrik atau mesin pompa tidak akan mudah panas. Ini disebabkan karena pompa tersebut berada didalam air sehingga dapat terjaga suhunya
  4. Tidak perlu memikirkan kedapnya untuk menghisap air karena pompa air ini  tidak memilikinya (pipa penghisap)
  5. Tidak perlu menghawatirkan air masuk dan merusak mesin karena sudah kedap air


Selain dari pada kelebihan, ada juga kekurangan dari pompa air celup ini, antaranya :

  1. Ketika sudah rusak, akan sulit diperbaiki. Ini dikarenakan sistem pompa yang sangat tertutup, ini tidak aneh karena pompa ini harus kedap air sehingga penutupan mesinpun benar-benar serius tanpa ada celah masuk sedikitpun
  2. Supaya awet, pompa tersebut harus benar-benar berkualitas dan pompa yang berkualitas memiliki harga yang mahal




Tips Pertama : Memilih Pompa air celup (submersible Pump) yang tepat sesuai kebutuhan

Pada dasarnya, semua pompa air celup bekerja sesuai dengan prinsip yang sama. Memilki impeller sentripugal yang mendorong air keatas melalui slang atau pipa. Namun, ada jenis-jenis pompa submersible yang dirancang untuk tujuan yang sama sekali berbeda dengan rincian teknis yang sangat berbeda pula sob...

Penggunaan Pompa air celup

Salah satu cara terbaik untuk membedakan setiap pompa air submersible adalah dengan melihat bagaimana penggunaan pompa yang dimaksudkan atau daerah mana pompa akan digunakan.
Berikut adalah jenis-jenis pompa air diambil dari tempat dan tugasnya :

Pompa air celup air jernih (submersible pump clear water)

Banyak sekali pompa air yang hanya dimaksudkan untuk air jernih. Pompa submersible misalnya, mungkin akan digunakan jika sobat mengumpulkan air hujan dalam tong air atau tangki dan kemudian ingin dipompakan ke wadah lain atau bahkan ke selang untuk membasahi taman sobat. Pompa air ini digunakan apabila air banjir.

Pompa air celup air kotor

Memilih Pompa air celup (submersible Pump)
untuk air jernih karena ukuran penghisapan kecil
Jika air yang sobat pompa memiliki sejumlah kotoran yang berat, sobat akan memerlukan pompa yang cocok untuk air kotor. Pompa air ini tidak akan memiliki masalah apabila memompa air yang mengandung lumpur atau partikel. Pompa air ini juga dapat digunakan untuk mengatasi banjir apalagi bila air berlumpur telah masuk pada bangunan. Pompa air ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan sistem septik. Ketika sobat hendak membeli pompa submersible ini, periksa ukuran batas lubang saringannya. Hal ini berguna untuk untuk memberitahu seberapa besar partikel dalam air yang dapat melewati mesin.

Pompa submersible untuk sumur

 Seperti halnya dengan pompa air pada umumnya, untuk kegunaan pompa sumersible adalah untuk membawa air dari sumur atau mata air. Beberapa pompa tidak cocok untuk tingkat air tanah yang sangat dalam karena kepala hisap (ujung bawah pompa penghisapan) tidak cukup tinggi. Kepala hisap memberitahu sobat seberapa jauhkah tingkat air dapat berada dibawah pompa. Jika pompa ditempatkan langsung didalam air seperti pada pompa celup, kepala hisap akan mendekati nol (tidak ada batasan maksimal). Itu sebebnya pompa submersible begitu sering digunakan dalam sumur tingkat dalam

catatan
Kepala hisap adalah bagian ujung pompa yang bertugas untuk pintu masuk air dan otomatis penahan air. Jika pada pompa air jet pump disebut mata jet

Submersible pump untuk kolam

Salah satu tempat yang tepat dalam penyimpanan dan pemanfaatan pompa submersible adalah kolam. Pompa akan memompa air ke bagian saringan (filter) atau untuk mengoperasikan air mancur. Pompa jenis ini adalah pompa yang paling umum digunakan untuk aplikasi ini, karena sobat dapat menempatkannya secara langsung di dalam air.
 
Memilih Pompa air celup (submersible Pump)
biasa dipakai di kolam ikan dan air mancur
Tips kedua : Pertimbangan bagian Teknis

Setelah sobat menentukan area dimana sobat ingin menggunakan pompa submersible dan mempersempit pilihan sobat dalam memilih, sobat juga harus memikirkan tentang rincian teknis dari pompa yang tersedia. Salah satu pertimbangan utama adalah kekuatan pompa, akan tetapi ada beberapa poin lain yang harus sobat perhatikan. Jika sobat memperhatikannya, sobat akan yakin pompa submersible akan menjadi pilihan yang tepat dalam keperluan

Daya dorong maksimum

Pompa air celup digunakan untuk mengangkut cairan dari bawah ke lokasi yang lebih tinggi. Perbedaan ketinggian pompa berbeda-beda dan terbatas. Jika sobat ingin menggunakan pompa untuk memindahkan air dari penampungan pada penampungan lain dengan tingkatan yang sama, sobat hanya memerlukan pompa air yang memiliki tingkat minim daya dorongnya. Jika sobat menggunakan pompa untuk sumur yang sangat dalam, sobat memerlukan pompa dengan daya hisap yang sangat dalam

Tingkat volume debit air

Tingkat debit menunjukan berapa banyak air dipompa yang dapat bergerak perjam atau permanit. Sangat penting untuk mempertimbangkan tingkat debit yang sobat perlukan. Sehingga sobat dapat menentukan pilhan pompa yang amat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Misalnya sobat memerlukan pompa untuk memompa air keluar dari barel hujan, sebagai contoh tingkat kekauatan 250-500 galon perjam akan banyak mempersingkat waktu waktu sobat menggunakan pompa submersible, dibanding dengan pompa berkekuatan 100 galon perjam.

Pompa air celup yang memiliki Float switch

Salah satu bagian penting dalam memilih submersible pump adalah float switch. Float switch adalah sebuah saklar yang bekerja dengan ketinggian permukaan air, mengontrol pompa tergantung pada permukaan air. Tugas dari perangkat switching ini adalah menghentikan kerja pompa secara otomatis setelah tidak ada lagi air didaerah yang sedang dipompa (Sumur atau kolam).
Memilih Pompa air celup (submersible Pump)
perangkat Float switch berwana kuning

Jika sebuah pompa bekerja tanpa ada air, ini akan sangat patal karena akan menyebabkan kerusakan besar pada mesin dinamo. Untuk itu, perangkat foat switch diperlukan. Sebuah pompa akan bekerja kembali bila ketinggian air menjadi normal.

Ukuran selang

Pompa submersible perlu terhubung ke selang yang akan mengankut air. Ada banyak ukuran selang yang berbeda dengan kegunaan berbeda pula. Sobat harus mempertimbangkan sebuah selang yang akan digunakan agar tidak merugikan.



Kesimpulan

Sebuah pompa celup (submersible Pump) memiliki berbagai macam kegunaan. Sobat dapat menggunakannya sebagai alat yang bermanfaat dalam berbagai hal, air banjir, dihalaman rumah, dikolam, air mancur, atau sebagi pengankut air di sumur. Hal yang sangat penting dalam pemilihan sebuah pompa air celup adalah tingkat ketinggian, debit air, ukuran selang. Semua faktor diatas diharuskan dipertimbangkan bila hendak membeli sebuah Pompa celup.


Demikian artikel kali ini saya tulis, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak kesalahan, karena kesalahan mutlak ada pada diri saya dan kebenaran hanya milik Allah SWT.

0 Response to "Memilih Pompa air celup (submersible Pump) hal apa saja yang harus dipertimbangkan?"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL