Belajar Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser dengan lebih mendalam

Belajar Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser dengan lebih mendalam

Bismillahirohmanirohim
Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser
image by tokoperabotanrumah.com

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pemanas air menggunakan listrik yaitu dispenser baik secara prinsif kerja, cara kerja, dan mengenal satu persatu bagian didalamnya dengan lebih lengkap dan detail

Definisi

Dispenser adalah alat yang digunakan untuk mengalirkan air dari galon air kedalam cangkir. Seiring dengan perkembangan jaman, maka dispenser telah mengalami beberapa perubahan dan perlengkapan kecanggihan yang dapat mempermudah kegunaannya pada manusia. Fungsi tambahan tersebut antara lain ditambahkannya fitur pemanas air, pendingin air, dan fungsi otomatis yang dapat mempermudah penggunaannya.

Lalu bagaimana Proses kerja Dispenser?

Cara kerja Dispenser sangatlah sederhana, yaitu dengan mengalirnya air dari galon ke bagian mesin Dispenser sehingga diproses sedemikian rupa menyebabkan perubahan suhu baik dingin ataupun panas dan dikeluarkan pada bagian Output keran air

Mari kita mendalami dulu bagaimana cara kerja pemanas air pada Dispenser

Proses tersebut dimulai saat air mengalir dari galon yang bersuhu normal hingga akhirnya pada cangkir yang menjadi panas melalui beberapa komponen mulai dari galon mengalir kedalam tampungan yang kemudian mengalir pada tabung pemanas yang dilengkapi dengan elemen pemanas (heater) sehingga suhu dipanaskan oleh elemen yang dialiri listrik tersebut.

Perlu dijelaskan kembali bahwa tabung pemanas merupakan tabung yang terbuat dari logam yang disekitar tabung tersebut dikelilingi oleh elemen pemanas, sehingga ketika air mengalir dari galon menuju tabung pemanas, Thermostat (sensor suhu) yang ada pada tabung pemanas akan memicu elemen pemanas untuk bekerja.

Suhu tinggi yang dihasilkan oleh elemen pemanas (heater) diserap oleh air yang suhunya lebih rendah, setelah suhu air dalam tabung menjadi tinggi dan sampai pada batas maksimal Thermostat (sensor suhu) yang ada pada tabung, maka sensor tersebut akan memutus arus listrik pada elemen pemanas.

Agar lebih paham saya sajikan sistem rangakaian arus listrik dibagian bawah yang bisa sobat baca setelah pembahasan ini


Pada saat elemen pemanas menyala, lampu indikator pemanas menyala, begitupun ketika elemen pemanas berhenti bekerja, maka lampu indikator suhu telah panas akan menyala.
Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser
Catatan
Perlu diingat bahwa ketika meyalakan pemanas pada dispenser adalah pastikan air pada tabung pemanas penuh, jika pemanas tabung pemanas dalam keadaan kosong dan elemen pemanas bekerja maka suhu tinggi yang dihasilkan oleh elemen pemanas tidak terserap oleh air maka akan merusak tabung pemanas itu sendiri dan komponen lain didekatnya dikarenakan panas yang terlalu tinggi.

Oh gitu yah

Iya bro...

Lalu bagaimana cara kerja pendingin pada dispenser?

Cara kerja pendingin pada Dispenser

Ada dua cara untuk mendinginkan air oleh dispenser, yaitu cara pendinginan air dengan Fan (thermoelektronik effect atau peltier), dan cara pendinginan air dengan sistem Refrigran
Pendingin air dengan Peltier (fan)

Proses ini dimulai pada saat air mengalir dari galon menuju ketabung pendingin didalam dispenser. Cara kerja fan ini adalah dengan cara menghisap suhu tinggi pada air ketika berada pada tabung. Selain menghisap suhu panas, fan (Kipas DC) disini akan meniupkan angin sehingga pendinginana tabung yang berisi air akan dingin meskipun tidak sedingin Frezzer atau kulkas.

Fan biasanya berkapasitas 12 VDC, dan memiliki arus sekitar 5 ampere, dan daya sekitar 5o watt sampai 80 watt. Fan biasanya dilengkapi dengan Modul atau badan sirkuit sebagai pemroses daya dari sumber dan adaptor (unit catu daya) yang mengubah arus AC menjadi arus DC sebagai arus Fan

Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser
Namun, dan hanya alat bantu untuk mempercepat pembuangan panas air, sehinggga tempelatur air hanya akan turun sedikit saja.

Pendingin air dengan sistem Refrigran

Pendingin air pada dispenser menggunakan sistem refrigran sama seperti sistem pada kulkas. Maka dari itu dingin yang dihasilkanpun akan maksimal karena dilengkapi dengan beberapa komponen sama seperti pada kukas antara lain Kompressor dan evaporator.

Satu hal yang menarik dari sistem ini adalah bahwa evaporatornya  dimasukan kedalam tampungan air kedua yang berada dibawah tampungan air pertama, sehingga air yang ada disekitar Evapurator akan menjadi air dingin.
Evapurator adalah komponen pendingin yang biasa terdapat pada frezzer atau kulkas.
Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser
Yang harus sobat ketahui

Ternyata, dispenser terbagi menjadi beberapa jenis yang saling melengkapi satu sama lainnya. Antara lain

Dispenser sederhana
Dispenser sederhana adalah dispenser biasa yang tidak menggunakan sistem pemanas maupun pendingin. Fungsi dari dispenser ini hanya untuk saran pengair air dari galon menuju cangkir

Dispenser Normal dan panas
Dispenser ini adalah dispenser yang dilengkapi dengan sistem pemanas namun tidak memiliki sistem pendinginan. Dispenser ini hanya sebatas untuk memanaskan air dan mengambil air langsung dari galon. Dispenser jenis inilah yang paling banyak dijumpai karena secara kebutuhan paling banyak dibutuhkan.

Dispenser Normal, hangat, dan panas
Dispenser jenis ini memiliki 3 fungsi sekaligus yaitu pemanas, penghangat dan normal. Dispenser jenis ini sangat disukai oleh orang – orang  kantor dan ruang meeting

Dispenser Dingin, Normal dan panas
Dispenser seperti inilah yang paling canggih diantara dispenser yang lain. Karena asal sobat tahu  bahwa sistem pendingin jauh lebih mahal dan rumit dibanding sistem pemanas. Maka dari itu dispenser jenis ini jarang ditemui.

Rangkaian Listrik pada pemanas air dispenser
Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser
Pada gambar diatas dijelaskan bahwa arus listrik dari sumber tidak langsung menuju kebagian pemanas, namun melalui Thermostat (pengatur suhu) hal ini dimaksudkan agar suhu dari tabung pemanas tidak akan melebihi kapasitas (Terlalu panas) karena Thermostat tersebut akan Otomatis memutus arus listrik bila suhu dari air telah mencapai batas

Dengan catatan bahwa tabung harus ada airnya


Dan untuk sistem pendinginnya, sebelum menuju ke fan atau kipas pendingin, arus masuk dulu pada sirkuit unit catu daya (adaptor) untuk mengubah arus AC menajdi DC.

Dan untuk gambar dibawah ini ketika rangakian telah dilengkapi dengan kompenen pembantu lain sepertis saklar dan lampu indikator
Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser
Mudah bukan

Demikian Artikel kali saya buat, semoga dapat bermanfaat dan dapat membahtu masalah sobat


Jangan lupa share artikel ini keteman – teman sobat yang ada di sosial media   

Posting Komentar untuk "Belajar Prinsip kerja Pemanas air Otomatis Dispenser dengan lebih mendalam"