Panduan A-Z Memperbaiki Setrika Listrik Dibahas Detail

Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detail Bismillahirohmanirohim

Sedih, jengkel, pikiran pusing, semua tercampur aduk karena alat yang akan kita gunakan rusak, tukang service jauh, membeli baru mahal. Apakah Tidak pernah terlintaskah dalam pikiran sobat tentang perbaiki saja sendiri?

Selain hal tersebut adalah solusi yang dapat sobat andalkan, juga akan menambah ilmu dan pengalaman yang sangat berharga bagi sobat yang dapat bermanfaat di masa depan kelak.
cara memperbaiki setrika listrik lengkap

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama memperbaiki setrika listrik yang rusak dengan berbagai macam kerusakannya. bersama sama.

Sobat bisa melakukannya bila membaca semua panduan lengkap ini dengan teliti dan juga sungguh sungguh
Sebelumnya, saya telah membahas mengenai : setrika listrik dibahas dari sejarah, Tips memilih dancara merawatnya
untuk melengkapi sub judul tentang setrika listrik ini, saya akan menambah salah satu judul yang juga pembahasan yang paling penting dan paling sobat cari. Yaitu Mengetahui penyebab setrika listrik mati dan cara mengatasinya.

langsung saja


catatan penting
tips-tips penting yang akan dibahas kali ini tidak akan bisa dilakukan jika sobat tidak memili alat – alat seperti :
  •  AVO meter 
  • Obeng – dan + 
  • isolasi 
  • dan alat pemotong kabel bisa menggunakan gunting, cutter ataupun tang pemotong atau pake apa sajalah.

Tipe kerusakan setrika Dan Penyebabnya :

  1. Setrika listrik yang mati total 
  2. Setrika listrik yang tidak panas 
  3. Setrika listrik yang terdapat kebocoran arus pada bagian alasnya 
  4. Setrika listrik yang tidak dapat melicinkan baju 
  5. Setrika listrik yang cacat secara fisik sehingga menyebabkan kesulitan dalam penggunaan 
  6. Dan masih banyak faktor lain yang akan timbul dari waktu kewaktu sesuai dengan perkembangan dan banyaknya pengalaman yang dilakukan ketika melakukan perbaikan

InsyaAllah akan saya Update setiap ada perbaikan baru pada artikel ini. oleh karena itu save dan booksmars URL alamat ini agar terus mendapat Updatenya


Penyebab Kerusakan Pada Setrika Listrik

Penyebab paling banyak yang menyebabkan kerusakan pada setrika listrik adalah kabelnya. Kabel pada setrika listrik sangat wajar jika rusak, sebab berbeda dengan jenis kabel lain, kabel setrika listrik ini banyak bergerak mengikuti arah setrika.

Makanya wajar jika spare part berupa kabel setrika tersedia di mana-mana, seperti di toko bangunan, bahkan di warung-warung besar kadang ada juga yang menyediakannya. Apalagi toko elekronik. Sudah pasti tersedia.

3 kerusakan utama pada setrika kabel, fuse dan thermostat

Komponen Yang Paling Sering Mengalami Masalah pada Setrika Listrik

  1. Kerusakan pada setrika Listrik yang mengalami masalah sebetulnya itu-itu aja. Yaitu Kabel sebagaimana dijelaskan diatas. 
  2. Kedua ada Fuse yang sering memutuskan aliran listrik pada setrika.
  3. Thermostat atau bagian otomatis yang bertugas memutus dan menghubungkan arus listrik disesuaikan dengan kondisi panas yang telah di setel sebelumnya melalui selektor.


Bagaimana cara memperbaiki kerusakan setrika ?


A. Perbaikan setrika yang mati Total 



Mati totalnya setrika ditandai dengan tidak terjadinya proses pemanasan sama sekali dan lampu LED juga mati.

Bagi sobat yang punya Multitester, bisa juga ditandai dengan tidak terjadinya kalibrasi pada AVO meter pada saat pengukuran dilakukan.

Yang menunjukan tidak ada hubungan atau tidak terjadi pengolahan energi listrik pada setrika yang diakibatkan oleh beberapa hal yaitu :
  1. Terputusnya sambungan pada jalur arus listrik diantara awal masuk kabel sampai elemen pemanas
  2. Rusaknya salah satu komponen yang berhubungan langsung dengan jalur
  3. Bisa jadi stop kontak yang sobat gunakanlah rusak 
Tindakan pertama yang harus sobat lakukan adalah memeriksa bagian stop kontak yang sobat gunakan karena besar kemungkinan kerusakan terdapat disana.
Untuk pemeriksaan silahkan dibaca cara aman cepat efektif perbaikan stop kontak dan saklar tanpa ribet
Jika pemeriksaan stop kontak sudah dilakukan, stop kontak masih baik dan normal, maka langkah Selanjutnya adalah pemeriksaan bagian sambungan pada jalur listrik dari awal sambungan (kabel) sampai elemen pemanas.

Langkah Memperbaiki Setrika Mati Total

Periksa terlebih dahulu sambungan arus dengan cek steker menggunakan Avo meter, pada posisi Ohm meter dengan menghubungkan kedua jarum – dan + pada terminal Avometer pada kedua bagian penghantar pada steker Seperti ini
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detail

Bila gambar diatas kurang jelas silahkan lihat gambar dibawah :
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailMaka Avo meter akan mengalami 3 kemungkinan yang akan terjadi
Contoh kalibarasi Avo Meter
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detail
Sebagai contoh bila sobat menghubungkan kedua jarum terminal dengan kedua steker/socket pada bagian kabel arus setrika, dan saklar di Onkan atau di Start (bila setrika sobat memiliki tombol saklar) dan hasilnya meliputi gambar diatas.

Perlu dingat sekali lagi pemeriksaan ini dilakukan dengan selektor switch pada AVO meter / multitester ada dalam keadaan selektor swicth mengarah pada pengukuran tahanan atau ohm.
Agar lebih paham silahkan dibaca AVO meter cara mengukur dan menghitung hasil pengukuran arus, tegangan, dan tahanan dengan akurat
Gambar paling kiri 
sobat menunjukan sebelum dilakukannya penghubungan dan bila sudah dilakukan pemeriksaan avometer masih sama seperti sebelumnya (jarum tidak bergerak sama sekali) tanpa ada reaksi, atau jika pada multimeter digital, tidak ada angka sama sekalipun. Menunjukan ada bagian sambungan yang terputus baik itu pada kabel ataupun bagian komponen didalamnya.

Gambar Tengah
sesudah dilakukan pemerikasaan dengan avo meter avometer, dan hasilnya adalah seperti ditunjukan oleh gambar tengah, itu menunjukan sebuah komponen berjalan baik karena tidak ada hubung singkat dan tidak ada bagian yang terputus.

Catatan penting 
Kalibarasi sedikit seperti ditunjukan pada gambar tengah dapat terjadi bila AVOmeter yang sobat gunakan masih bagus (belum rusak). 
Namun bila AVOmeter yang sobat gunakan sudah tidak Normal, kalibrasi tersebut hanyalah arus induksi atau hal tidak normal lain. 

Baik kembali pada pembahasan

Gambar Paling kanan
Pada gambar paling kanan sobat lihat, jarum penunjuk arah pada layar bergerak penuh, menunjukan bahwa ada hubung singkat atau Kosleting yang mengakibatkan sebuah barang elektronika tidak berjalan normal bahkan MCB dirumah sobat akan trip.

Baca juga : 11 macam alat pengaman listrik atau Circuit Breaker dari berbagai ketegori

Catatan lagi sob...
Gambar paling kanan menunjukan hubung sinkat bila pemeriksaan sesuai contoh diatas, namun bila pemeriksaan dilakukan antara kumparan awal dan kumparan akhir, itu menunjukan baik bukan hubung singkat.

Misalnya pada gambar dibawah ini
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detail
Gambar diatas adalah contoh pemeriksaan kabel atau penghantar dan bukan pemeriksaan baik tidaknya suatu komponen seperti elemen pemanas, atau motor listrik.

Agar lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah :
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailGambar diatas adalah cara untuk memeriksa kabel listrik yang masih bagus atau sudah rusak.

Silahkan ikuti petunjuk ini agar dapat memeriksa kabel listrik dengan benar

Pemeriksaan kabel listrik Setrika Listrik

  1. Seperti biasa, Avo meter sobat harus dalam mode Ohm meter (mode pengukuran tahanan)
  2. Buka bagian body belakang pada setrika agar dapat melihat sambungan antara kabel menuju ke dalam setrika
  3. Sambungkan salah satu jarum terminal AVO meter sobat pada salah satu penghantar steker dan jarum yang lainnya ke bagian ujung kabel yang terdapat pada koper body belakang setrika yang tadi telah sobat buka (agar lebih jelas, silahkan lihat gambar diatas)
  4. Lihat hasil pengukuran pada layar Avometer, bila terdapat sambungan pada kabel akan ditandai dengan bergeraknya jarum penunjuk angka pada Avo meter Analog dan terlihatnya angka pada Avo meter digital
  5. Namun bila tidak terlihat hasilnya pada layar avo meter, dengan kata lain tidak ada kalibrasi, maka ada 2 kemungkinan yaitu :
  • Putusnya sambungan ditengah
kabel Terjadi kesalahan pengkuran seperti ditunjukan gambar dibawah : Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailMaka solusinya adalah dengan memindahkan salah satu jarum terminal AVO meter pada bagian kabel lainnya misalnya seperti pada gambar dibawah :
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailNamun, bila hasilnya tetap tidak ada perubahan, maka kemungkinannya seperti ditunjukan gambar dibawah ini 
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailAda salah satu sambungan yang mati dan harus di perbaiki Untuk memperbaiki kabel setrika atau kabel lainnya bisa baca di artikel ini : Memperbaiki kabel! Ketahuilah letak kabel yang putus dengan tips sederhana ini

Namun bila pada kabel listrik setrika masih dalam keadaan baik yang ditandai dengan timbulnya kalibrasi pada kedua penghantar kabel tersebut, maka diteruskan pemeriksaan pada bagian komponen dalam setrika.

Bagian dalam setrika dapat terlihat seperti ini :
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detail
Karena kurang jelas, maka saya coba gambar skema atau gambar manualnya
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailSilahkan periksa bagian-bagian sambungan setiap komponen dengan menggunakan avometer mode OHM dari mulai elemen pemanas, thermostat, dan fuse.

Jika ada salah satu komponen yang mengalami kerusakan karena tidak ada sambungan dengan ditandai tidak adanya kalibrasi pada jarum penunjuk angka AVOmeter silahkan buka dan perbaiki. 

Mari bahas satu persatu kerusakan pada komponen setrika

  • Untuk elemen pemanas pada setrika listrik jarang rusak, karena bilapun rusak maka harus diganti baru 
  • Untuk thermostat, kerusakan yang biasa terjadi adalah kotornya lempengan yang saling terhubung atau tidak tersambungnya antara dua lempengan tersebut 
  • Untuk kerusakaan pada Fuse, maka silahkan ganti dengan yang baru dengan kapasitas yang sama yaitu 250° sampai 375° tergantung merk setrika yang sobat gunakan Namun jika sobat ingin gratisan, maka lakukan penggabungan langsung kabel tanpa menggunakan fuse terlebih dahulu. 
Silahkan perhatikan gambar
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailNamun, jika sambungan setiap komponen setrika ada dalam keadaan baik, maka silahkan periksa setiap sambungan kabel menggunakan AVO meter mode OHM barangkali ada bagian kabel yang terputus, 

maka sambungkanlah


B. Memperbaiki Setrika Yang Tidak Panas 


Sebenarnya, memperbaiki kerusakan setrika listrik yang tidak panas dan mati total sama saja. Kerusakan setrika tidak panas yang dimaksudkan adalah ketika dilakukan pemeriksaan setiap sambungan kabel ada dalam keadaan baik namun panas masih tidak juga terasa pada bagian alasnya.

Juga ditandi dengan lampu LED yang hidup, namun panas belum juga muncul, meskipun timbul rasanya kurang panas.
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailKetika dilakukan pengukuran elemen pemans oleh AVO meter, elemen tersebut dalam keadaan baik dengan ditandai jarum penunjuk avo meter yang bergerak.

.....Lalu kenapa masih tidak timbul panas ?

Masalah yang terjadi pada kerusakan ini adalah pada bagian Thermostat yang mengatur suhu elemen setrika

Agar lebih paham simak cara kerja Thermostat Setrika

Cara kerjanya thermsotat adalah ketika tempelatur telah mencapai klimaks (batas derajat) sesuai yang telah diatur oleh sobat pada bagian selektor switch, otomatis akan memutuskan hubung pada elemen sehingga pemanasan akan berhenti.

Pemutusan otomatis ini terjadi karena lempengan bimetal memuai sehingga melepaskan kontak ke elemen pemanas

Saat suhu menurun, otomatis lempengan tersebut akan menyembuhkan dirinya sendiri sehingga kembali lurus dan melakukan kontak arus kembali dan elemen pemanas kembali dipanaskan sampai tempelatur telah mencapai batas dan otomatis lempengan ini akan putus kembali 

Hal demikian akan terus berlanjut disaat sobat sedang menggunakan setrika listrik

Setelah sobat mengetahui cara kerja dari thermostat, dapat disimpulkan bahwa kerusakan atau masalah yang timbul pada kejadian kali ini berada pada thermostat yang tidak dapat mengalirkan arus listrik pada elemen pemanas sehingga tidak terjadi pemanasan, atau panas yang kurang karena aliran arus pada thermostat ke elemen pemanas kurang

Agar lebih meyakinkan, silahkan cek menggunakan AVO meter posisi OHM dan sambungkan kedua jarum pada kedua baud yang berhubungan dengan kabel pada thermostat
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detail
Jika hasilnya memang tidak ada arus atau ada namun tidak kuat yang ditandai dengan kuat lemahnya kalibrasi AVO meter, maka sudah dipastikan masalah terdapat pada Thermostat

Cara memperbaiki thermostat Setrika listrik : 

Gosok dengan amplas kedua lempengan yang saling menempel tersebut agar aliran arus listrik jadi normal kembali
Panduan lengkap memperbaiki semua kerusakan pada Setrika listrik dibahas lebih detailGambar lempengan ditunjukan pada nomor 2.
Gambar diatas juga akan mempertegas pemahaman sobat tentang bagaimana prinsif kerja dari thermostat setrika listrik ini. 
Perhatikan juga gambar yang ditunjukan oleh nomor 1 diatas, gambar tersebut adalah gambar selektor suhu (pengatur suhu).

Pengatur suhu ini harus menempel pada pada penghantar yang akan menekan lempengan 1 dan 2 pada posisi tempelatur belum mencapai batas Atur sedemikian rupa agar pengatur suhu tersebut dapat menekan lebih keras bila selektor switch setrika diputar pada bagian yang paling panas

Jika sudah, silahkan test menggunakan avo meter dengan cara sambungkan kedua jarum AVO meter pada kedua penghantar yang ditunjukan pada gambar nomor 3 

Jika hasilnya masih buruk, silahkan ulangi cara yang telah saya uraikan diatas barangkali ada yang tertinggal.


C. Memperbaiki Setrika yang terlalu panas 


Untuk masalah setrika yang terlalu panas ini biasa terjadi pada Thermostat juga. Dimana pengatur suhu pada setrika tersebut terlalu menekan pada bagian lempengan, sehingga lempengan sulit untuk memutuskan hubungan karena tekanan yang diberikan oleh pengatur suhu lebih kuat

Teorinya
Semakin menekan pengatur suhu pada thermostat, semakin tinggi tempelatur pada setrika tersebut, sebab akan semakin lama elemen pemanas menyala dan terus menambah suhunya.
Solusinya Longgarkan sampai dirasa tekanan sudah cukup bagus dan normal kembali dengan memutarkan baud yang ada diatasnya.


D. Setrika yang memiliki kebocoran arus listrik pada alasnya (setrika nyetrum) 



Masalah seperti ini biasanya terdapat pada bagian kabel atau komponen lain terkelupas dan menempel pada bagian alas setrika. 
Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan mencari letak kebocoran arus tersebut lalu diperbaiki dengan cara memberikan isolasi pada bagian – bagian yang dirasa bermasalah dan akan memberikan aruss listrik pada alas setrika listrik.

Kerusakan juga dapat ditimbulkan dari elemen pemanas yang memiliki isolasi yang sudah jelek sehingga listrik menempel pada bagian alas setrika dan mengakibatkan setruman. 



Sobat harus hati – hati karena ada banyak dampak yang dapat dialami antaranya bisa dibaca Dampak mengerikan sengatan listrik bagi manusai sobat perlu mewaspadainya


E. Setrika Yang Tidak Dapat Melicinkan Baju


Setrika yang tidak dapat melicinkan baju ini maksudnya adalah bagian alas setrika yang kasar dan tidak dapat melicinkan baju. Hal tersebut biasa terjadi.
Untuk mengatasinya silahkan tanya pada ibu sobat karena ibu sobat pasti lebih paham...

Namun hal yang biasa ibu saya lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyetrika daun pisang sampai setrika tersbut kembali licin

Untuk memperbaiki setrika yang cacat secara fisik ?

sehingga mengganggu proses penyetrikaan dapat dilakukan dengan mengganti dengan setrika listrik lebih bermerk dan berkualitas... ...

Itulah cara cara lengkap perbaikan berbagai kerusakan pada setrika Pada intinya, kerusakan pada setrika dapat diatas dengan relatif mudah karena kerusakannya hanya pada bagain itu – itu saja

Asalkan sobat mau lebih berfikir dan menyediakan waktu, insya Alloh sobat bisa memperbaiki setrika sendiri Namun, bila masih tidak dapat diperbaiki silahkan kunjungi tempat service paling terpercaya kondang Service... promosi sedikit

Demikian artikel kali ini saya buat, semoga dapat bermanfaat dan dapat membentu maslaah sobat hargailah hasil karya orang lain, kami butuh waktu 2 hari untuk membangun artikel ini... (capek...)

Sediakan sumber bila ingin membagikan artikel ini... dan jangan sampai menyalin semua Jangan lupa bagikan artikel ini ke berbagai sosial media dan bantulah teman – teman sobat agar bisa membaca panduan ini.

2 komentar untuk "Panduan A-Z Memperbaiki Setrika Listrik Dibahas Detail"

Diskusikan pertanyaan sobat disini