Mengenal Konduktor Semi konduktor Dan Isolator | Perspektif Listrik

Konduktor, Semi konduktor, dan Isolator

Bismillahirohmanirohim

Tenang para pecinta ilmu yang ingin belajar kelistrikan, blog ini tidak akan memberikan informasi yang berbelit-belit dan sulit dicerna. Semoga saja, ulasan mengenai konduktor, isolator dan semi konduktor ini bisa mudah di pahami. hehe

Blog ini akan terus berusaha menyajikan informasi yang dapat dicerna untuk para pemula yang ingin belajar. Kami selalu berusaha dan berjuang agar pemahaman tentang listrik ini mudah dicerna yah, meskipun pada akhirnya pusing-pusing juga.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan perbedaan Konduktor, semi konduktor dan Isolator.

Konduktor, Semi konduktor, dan Isolator adalah jenis zat atau unsur yang mebedakan kekuatan dari penghantar listrik

Pengertian Konduktor

Konduktor, Semi konduktor, dan Isolator by wijdan
Konduktor adalah unsur, benda atau Zat yang dapat mengalirkan arus listrik, konduktor terbagi lagi menjadi beberapa level, namun menurut para ahli Konduktor paling baik dan paling bagus untuk dialiri arus listrik adalah Emas. 

karena Emas harganya sangat mahal, jadi jarang digunakan untuk mejadi penghantar listrik. Oleh karena itu kebanyakan dari kabel, atau penghantar listrik seperti motor listrik 1 fasa ataupun 3 fasa memakai tembaga (copper) sebagai lilitan motornya. 

Karena selain harganya jauh lebih murah dari pada emas, tenaga yang didapati akan maksimal dan putaran motorpun akan lebih cepat. 

Meskipun ada sebagian dari Motor listrik yang memakai Alumunium sebagai bahan lilitannya, bukan karena kecepatanya yang baik tapi karena harganya jauh lebih murah dari tembaga dan juga emas.

Beberapa contoh konduktor yang dapat kita lihat di sekitar kita antara lain adalah Perak, Besi, baja, seng, dan Alumunium. Yang jelas konduktor rata-rata adalah logam.

Kenapa?

Karena logam memiliki elektron yang tidak stabil (bebas) dan dapat dengan mudah berubah-ubah sehingga ketika diberi aliran listrik maka elektron tersebut mengikutinya.

Isolator
Konduktor, Semi konduktor, dan Isolator by wijdan
Isolator adalah benda atau Zat yang bersipat anti listrik atau paling tidak cukup sulit listrik untuk mengalir melalui benda jenis ini. sebagai contohnya adalah, kayu, plastik, karet, kertas, dan kaca. 

Benda benda berjenis isolator ini biasanya digunakan untuk pelindung (pembungkus) alat alat kelistrikan seperti TV, Mesin Cuci, Mixer, dan blender.

Pentingnya isolator dikarenakan Isolator adalah alat pertama yang melindungi manusia dari sengatan listrik.

Bisa dibayangkan jika di dunia ini tidak ada Isolator, mungkin energi listrik tidak akan diberdayakan karena membahayakan.

Kenapa benda berjenis isolator ini tidak dapat mengaliri listrik?

Karena Isolator memiliki mulekul elekron kuat teratur ke inti atom sehingga tidak mudah dipengaruhi gaya dari luar. Termasuk gaya listrik yang masuk.

Semi Konduktor

Konduktor, Semi konduktor, dan Isolator by wijdan
Semi konduktor adalah Benda Atau Zat yang memilki kemampuan seperti setengah konduktor. Semi konduktor adalah benda yang atau zat yang dapat menjadi Konduktor ketika dipengaruhi gaya lain misalnya dipengaruhi SUHU.

Semi konduktor biasa dipakai di dalam termostat sehingga dapat menstabilkan suhu.
Selain menjadi termostat, komponen elektronika sepeti kapasitor, inductor, dan transformator juga memakai semi koduktor.

Semi konduktor yang sering digunakan adalah germanium, silikon dan Arsenida

Pada jaman dahulu, para ahli elektrikal menggunakan menggunakan germanium untuk semi konduktornya, namun setelah ditemukan cara mengekstrat atau cara memisahkan silikon dari bumi yang secara kebetulan jumlah silikon dibumi sangat melimpah, maka dari itu sekarang semi konduktor banyak menggunakan silikon.

Yah, begitulah Ilmu yang saya dapat dari sekolah, hanya berbagi apa yang saya tahu saja. Mohon maaf bila banyak kesalahan, karena saya juga masih tahap belajar.

Artikel terkait
Demikian Artikel kali ini saya buat semga dapat membantu masalah sobat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Konduktor Semi konduktor Dan Isolator | Perspektif Listrik"