saklar Dimmer sebagai alat pengatur cahaya lampu

harga dan spesifikasi saklar Dimmer sebagai alat pengatur cahaya lampu
Bismillahirrohmanirrohim

apa itu saklar? saklar adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik. Saklar paling sering digunakan untuk menghidupkan dan Mematikan lampu pada ruangan. Dengan adanya saklar ini tentu kita akan lebih aman untuk memutuskan arus listrik dari sumbernya dibandingkan dilakukan secara manual menggunakan Stok kontak.

Ada banyak jenis saklar yang ada di Pasaran, dan tentu jenis-jenis saklar ini dipengaruhi oleh kebutuhan setiap konsumen, misalnya saja, untuk mengatur dua lampu bisa menggunakan saklar ganda, untuk mengatur lampu di tangga atau hotel bisa menggunakan saklar tukar/hotel, dan jenis saklar serta kebutuhan lainnya.

baca selengkapnya : macam-macam saklar listrik

Nah, bagi sobat teknisi yang membutuhkan atau sedang mencari saklar yang berfungsi untuk menghemat atau mengatur cahaya lampu, maka saklar dimmerlah yang dibutuhkan. Secara fungsi, saklar dimmer sama saja dengan jenis saklar lainnya yaitu memutus dan menghubungkan arus listrik, Namun ada fungsi lain yang tersemat dari saklar satu ini, yaitu mengatur daya listrik yang keluar.

Tentu dengan adanya saklar ini sobat bisa mengatur cahaya lampu karena cahaya pada lampu itu sesuai dengan daya yang diberikan dan kapasitas daya pada lampu itu sendiri. sangat berguna sebagai lampu kamar karena kamar membutuhkan lampu yang tidak terlalu terang pada beberapa waktu.

Saat ini memang jarang sekali orang yang mengenal saklar dimmer, mungkin karena saklar ini masih kurang diperlukan. akan tetapi mengingat kebutuhan manusia yang semakin meningkat, tentu kebutuhan terhadap barang elektronik yang bisa membantu kebutuhan manusia itu akan dibutuhkan.

saklar Dimmer sebagai alat pengatur cahaya lampu
sumber : www.schneider-electric.co.id/
diatas adalah salah satu jenis saklar dimmer yang diproduksi oleh salah satu perusahaan listrik besar dunia, Pieno adalah namanya, Dengan memaksimalkan tombol besar berpinggiran ramping membuat penggunaan menjadi lebih mudah dan tidak menggantu tampilan pada ruangan.

Memiliki tombol jumbo - berkat SS Mechanism dan arsitektur sakelar PerfectFace® yang telah dipatenkan. Dua inovasi ini juga memudahkan pemasangan cepat berkualitas di permukaan dinding mana pun. 

Cara memasang saklar dimmer

Berdasarkan cara kerjanya, saklar dimmer tidak memerlukan rangkaian kontrol khusus karena komponen-komponen pengatur sudah dimuat didalam saklar dimmer itu sendiri sehingga cara pasang saklar ini sama dengan cara pasang saklar tunggal.
saklar Dimmer sebagai alat pengatur cahaya lampu
Sumber : http://maddyyoung.com/

Yaitu sobat tinggal memasang kabel Fasa (L) dari sumber dan untuk lampu ke saklar tersebut pada kedua lubang yang telah disedikan. (ingat tegangan listrik sangat berbahaya)

Tentu akan lebih mudah bila sobat hanya mengganti saklar tunggal yang ada di rumah menggunakan saklar Dimmer. karena sobat tinggal menggabungkan kedua kabel bekas dari saklar tunggal tersebut.
saklar Dimmer sebagai alat pengatur cahaya lampu
Sumber : http://maddyyoung.com/
baca juga : mengetahui 12 macam lampu

Demikian ulasan mengenai saklar dimmer sebagai salah satu saklar yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya lampu dan daya listrik di rumah. tertarik menggunakan saklar dimmer? bisa langsung menghubungi kami untuk memesan.

Posting Komentar untuk "saklar Dimmer sebagai alat pengatur cahaya lampu"