Cara Menghemat Listrik Di Rumah Ala Teknisi Hingga Turun 100%

Cara menghemat Energi listrik Hingga Turun 100%
Bismillahirrohmanirrohim

Sama seperti BBM, listrik merupakan energi yang sangat amat dibutuhkan saat ini. Namun yang membedakan, listrik dan BBM adalah kelangkaan BBM yang sulit di prediksikan, dan sangat terbatas.

Listrik merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas.

Lantas kenapa listrik berbayar? 

Hal ini karena cara membangkitkan energi listrik diperlukan biaya operasional yang tinggi. Mungkin untuk beberapa tahun kedepan ketika cara kerja pembangkit listrik lebih efektif dan efisien biaya tagihan listrik akan semakin murah.

Dikarenakan biaya listrik saat ini cukup mahal namun kebutuhan terhadap energi listrik sangatlah sentral pada kehidupan, Sobat membutuhkan info bagaimana cara menghemat energi listrik agar tidak terlalu memakan biaya perbulannya.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghemat energi listrik agar murah. Berikut ini beberapa cara menghemat energi listrik yang dapat anda lakukan dengan mudah :

10 Cara Menghemat Listrik Yang Bisa Di Lakukan Saat Ini Juga Dengan Mudah
10 Cara Menghemat Listrik dengan mudah

Dibawah ini caranya cukup mudah di lakukan. Nanti kita akan ada judul baru yang lebih rumit tapi lebih powerFull untuk menghemat energi listrik.

Simak dulu ulasan ini :

1. Gunakan Alat listrik Jika Perlu Saja. 

Alat listrik yang terus hidup meskipun tidak dibutuhkan akan tetap menyedot energi listrik dan itu pemborosan. Dan Alat Listrik itu tidak tahu kalo sobat sudah tidak butuhkan. hmmm... Sehingga sebaiknya gunakan alat listrik dengan bijak.

2. Buka Pintu dan Jendela Pada Siang Hari agar peran lampu dapat digantikan. 

Maksud membuka pintu dan jendela di siang hari adalah agar sobat dapat mengurangi peranan lampu dengan menggantinya pada energi ciptaan Allah SWT yang luar biasa yaitu Matahari. (nggak pake Mall).

Hal ini mungkin agak ribet, namun tidak ada salahnya sobat melakukan hal tersebut karena selain dapat mengurangi biaya tagihan listrik, rumah sobat juga akan lebih sehat karena sirkulasi udara yang berjalan baik.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Oh ya, untuk membuka pintu sebaiknya lakukan dengan bijak ya, takutnya malah menjadi sumber masalah lain.

3. Bijak Dalam Menggunakan AC (air Conditioner).

Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang, dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda. ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sobat tidak perlu menyalakan AC. 

Juga Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

4. Gunakan Penampung Air Untuk Mengurangi Kinerja Pompa Air 

Untuk menghidupkan sebuah pompa air, pada awalnya pompa akan memakan listrik tinggi sebelum akhirnya biasa atau dalam bahasa teknisinya disebut starting. Sehingga bila pompa air mati dan hidup secara terus menerus dan diulang dengan frekuensi yang cukup sering tentu akan membuat daya listrik terpakai semakin besar. 

Oleh sebab itu menggunakan penampung air akan sangat berpengaruh pada biaya tagihan listrik bulanan anda. Dengan adanya penampung air untuk pompa air tentu meminimalisir hidup matinya pompa air. baca selengkapnya : cara memasang otomatis pada pompa air
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

5. Memilih Barang Elektronik Yang Tepat Dan Hemat listrik

Pemilihan barang elektronik yang tepat merupakan salah satu cara cerdik yang bisa dilakukan oleh sobat, salah satu barang elektronik yang harus sobat pilih adalah lampu hemat energi karena perbedaan pemakanan daya lampu hemat energi serta lampu pijar atau bohlam lumayan besar sehingga sebaiknya Gunakan lampu hemat energi atau yang memiliki sistem LED.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
baca juga : 12 macam lampu listrik

Begitupun pada jenis barang elektronik lain seperti TV dan Layar Monitor, sebaiknya gunakan TV dan Monitor komputer yang sudah LED karena jenis LED lebih irit dibandeng LCD. baca selengkapnya : Proses pembentukan cahaya lampu LED

Selain itu, hampir seluruh barang elektronik rumah tangga seperti kipas angin, pompa air, kulkas dan lain-lain memiliki kapasitas daya yang berbeda. 

Semakin besar peralatan elektronik tersebut, biasanya daya yang diperlukan juga akan sangat besar, Oleh sebab itu, sangat penting untuk bisa memilih barang elektronik yang tepat untuk kebutuhan sobat.

Ditambah lagi, gunakan alat elekronik yang memiliki teknologi inverter. Karena inverter sendiri merupakan alat yang berfungsi menghemat listrik. 

6. Mencabut Steker Dari Stop Kontak Bila Alat Elektronik Tersebut Sudah Tidak Digunakan
10 Cara Menghemat Listrik dengan mencabut stop kontak

Apakah sobat pernah membiarkan charger HP dibiarkan terhubung dengan stop kontak meskipun tidak sedang mencharger HP, kemudian pada saat akan di cabut ternyata charger Hp tersebut terasa Hangat....

Hal ini karena meskipun tidak terhubung dengan Hp namun charger tersebut tetap menyedot daya listrik sehingga tanpa disadari biaya tagihan listrik rumah anda menjadi semakin membengkak.
 
Mungkin tidak pernah sobat sadari, akan tetapi, bila banyak charger Hp, charger laptop, steker TV, dan steker alat elektronik lain terhubung terus-menerus pada stop kontak akan menaikan biaya tagihan listrik bulanan sobat.

Jadi sebaiknya setelah digunakan, copot steker alat-alat elektronik tersebut....

7. Matikan Lampu Saat Akan Tidur

Awalnya saya membuat judul diatas "matikan lampu saat tidur" bagaimana caranya orang tidur mematikan lampu. hmmm... Maka sebaiknya matikan lampu saat akan tidur, selain bermanfaat untuk menghemat listrik, cara ini juga sangat membantu meningkatkan kualitas tidur sobat lho.

8. Jadwalkan Waktu Pencucian Baju Menggunakan Mesin Cuci

Penjadwalan maksudnya begini. Jangan gunakan mesin cuci terlalu sering dan tunggu hingga penuh terlebih dahulu. Misalnya Sobat hidup berdua bersama Istri/suami, tidak perlu mencuci 1 hari 1 kali, cukup 2 hari sekali atau 3 hari sekali tergantung banyaknya jumlah cucian.

Dengan begitu, Sobat sudah melakukan penghematan listrik. Sebab tidak banyak menggunakan mesin cuci.

9. Mengurangi Penggunaan Benda elektronik Pemanas

Barang elektronik yang memakan daya listrik paling besar adalah benda elektronik yang menghasilkan panas.
Semisal Setrika listrik, Dispenser, Rice Cooker dan lain-lain. 
Jadi sebisa mungkin jangan gunakan alat-alat ini terus menerus karena akan memakan cukup banyak daya listrik. 

Matikan barang-barang elektronik berheater tersebut bila tidak diperlukan atau Ganti dengan alternatif lain.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

  • Agar hemat listrik, penggunaan RiceCooker sebaiknya : 
Tips memasak nasi menggunakan Rice cooker agar Irit listrik adalah dengan langsung memberi air panas pada saat proses menanak nasi menggunakan Rice cooker, hal ini akan mempercepat Proses penanakan nasi sehingga biaya listrik juga akan lebih terpangkas.
  • Agar hemat listrik, penggunaan Setrika listrik sebaiknya :
selain tips memasak, pada setrika listrik sebaiknya anda atur panas setrika listrik agar tidak terlalu panas, dengan demikian biaya tagihan listrik akan lebih terpangkas.
  • Agar hemat listrik, penggunaan Dispenser sebaiknya :
sebaiknya  jangan biarkan dispenser menyala terus menerus, gunakan dispenser hanya saat akan digunakan untuk memanaskan air. 

Coba sobat rasakan bedanya ketika sudah mempraktekan poin 9 ini. Pasti jauh drastis penurunan biaya tagihan listriknya.

10. Matikan Aliran Listrik Bila Akan Pepergian

Karena tidak terpakai, sebaiknya matikan saja. Caranya dengan memutus aliran listrik langsung dari MCB KWH meternya. Cara ini tentu sangat membantu, terlebih juga akan membuat rumah sobat aman dari korsleting listrik yang nantinya menyebabkan kebakaran.

Saya rasa dengan mempraktekan metode penghematan diatas sudah cukup untuk mengurangi pemakanan daya listrik dirumah sobat. 

Namun bagi sobat yang masih menginginkan daya listrik rumah bisa tersaring lagi, dibawah ini saya akan coba share cara powerFull yang bisa digunakan untuk menghemat energi listrik hingga bisa turun 100%. 

Beberapa tips dibawah ini bisa sobat praketkan :

Tips Pintar Menghemat Energi Litrik Ala Para Teknisi

Cara menghemat listrik ala teknisi hingag 100%

Cara ini sedikit berbeda dengan cara menghemat listrik diatas yang simple dan bisa langsung di praktekan saat ini juga. 

Cara yang akan saya bagikan ini memerlukan modal, waktu serta ilmu yang cukup untuk bisa di praktekan. 

Mari kita uraikan caranya di bawah ini : 

11. Pasanglah Pembatas Daya Yang Bercabang

sobat mungkin pernah dengar atau pernah melihat pengalaman orang lain tentang rumah yang berdaya 900VA lebih boros dibandingkan rumah yang memiliki daya 450VA meskipun dalam pemakaian tidak jauh berbeda satu sama lain.

Kenapa bisa demikian?
Hal ini karena dengan pembatas daya 450VA tidak mungkin konsumsi daya listrik pada rumah melebihi 450watt karena jika lebih maka MCB akan memutus arus listrik tersebut. 
Begitupun pada rumah dengan daya listrik 1200VA tentu akan lebih boros dibanding dengan daya 900VA.

Selain itu, dengan kapasitas daya yang besar, Kepekaan MCB pada beban lebih suatu alat listrik menjadi semakin lambat sehingga bila terjadi kerusakan pada alat listrik rumah. 

Contohnya saja Pompa air, sehingga pompa air tersebut menjadi cepat panas dan daya listrik yang dikonsumsi seharusnya 125watt menjadi 400watt, 

MCB 900VA keatas tidak akan Trip karena masih jauh dari batas beban maksimal penggunaan listrik pada rumah anda.
Cara menghemat Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
http://hanakko.com/
All hasil tanpa di sadari kerusakana pada alat listrik tersebut membuat biaya tagihan listrik menjadi lebih besar tiap bulannya. 

Dengan hadirnya pembatas daya listrik bercabang yang dipasang untuk membagikan pembatas daya besar ke kecil dan menambah kepekaan MCB bisa sangat membantu memangkas biaya tagihan listrik tiap bulannya hingga 50%.
Cara menghemat Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Pembatas daya yang bisa sobat gunakan adalah MCB (Miniatur Circuit Breaker) yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memutus daya bila beban berlebihan atau bila arus lebih dari batas arus yang tertera pada bagan MCB.

Rumah-rumah besar telah banyak mengaplikasikan metode ini untuk mengatur pengeluaran listriknya. Pembatas daya bercabang ini dalam bahasa Teknisinya disebut PHB (Panel Hubung Bagi) bagan ini berfungsi untuk membatasi tiap konsumsi daya tiap ruangan sekaligus menjadi kontrol kelistrikan pada rumah.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Contoh pemasangan PHB atau Pembatas daya misalnya :

Memasang MCB 450VA pada ruang tengah dengan konsumsi daya ruangan tersebut TV dan Alat elektronik lain, kemudian pasar MCB 450VA khusus untuk pompa air rumah. dan lain sebagainya.

Agar tidak bingung sebaiknya simak uraian tentang Panel hubung bagi yang telah saya share diatas.

12. Menggunakan Saklar Dimmer
Cara menghemat listrik dengan saklar dimmer

Bagi anda yang belum tahu, saklar adalah alat yang digunakan untuk memutus dan menghubungkan arus listrik, biasanya pada lampu untuk memadamkan dan menghidupkannya. Saklar dimmer merupakan jenis saklar yang dapat memutus, menghubungkan sekaligus mengatur terang redupnya sebuah lampu.

Tentu dengan Mengatur lampu agar tidak terlalu terang bisa sangat membantu menurunkan Energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan lampu. Sehingga anda bisa menggunakan jenis saklar Dimmer ini sebagai alternatif menghemat energi listrik sekaligus mengatur kekuatan cahaya lampu.
Selengkapnya : Mengenal Saklar Dimmer

13. Menggunakan Smarthome Sistem

Terdengar ambigu memang. Sebab justru ketika menggunakan smarthome kita menambah perangkat lain yang digunakan. Itu minusnya. 

Namun untungnya ketika menggunakan smarthome sistem, kita dapat lebih mudah melihat situasi kelistrikan di rumah. Misalnya konsumsi daya, lampu mana saja yang sedang hidup kemudian bisa kita matikan dan hidupkan sesenang hati.

Kita juga bisa hemat tenaga dengan adanya smarthome sistem ini.

Dengan catatan...
Tentu penggunaan smarthome sistem ini sekali lagi cukup terdengar ambigu karena kita menambah perangkat lain untuk instalasi listrik. Tetapi dengan adanya smarthome sistem ini bisa memudahkan kita mengatur baik mengurangi atau mematikan langsung konsumsi daya listrik dirumah.

14. Membuat Pembangkit Listrik Alternatif Sendiri

Hal ini mungkin terlihat sulit bagi sobat yang hanya ingin menghemat energi listrik secara sederhana saja. Namun sebagaimana Judul diatas bahwa Tips ini merupakan tips yang selalu dicoba praktekan oleh para teknisi dan para anak-anak kreatif.

Ya, dengan menggunakan pembangkit listrik sendiri tentu biaya tagihan listrik PLN akan menurun bahkan bisa tidak ada tagihan sama sekali atau turun hingga 100% karena memang kita tidak menggunakan listrik dari PLN melainkan listrik buatan sendiri.

Sobat bisa menggunakan pembangkit listrik Tenaga Surya sebagai energi cadangan dirumah karena cara kerja pembangkit listrik tenaga matahari ini sangatlah sederhana, Namun memerlukan modal yang cukup besar dan perawatan yang sangat ekstra. Baca selengkapnya : cara kerja panel surya atau PLTS
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

selain itu, sobat juga bisa memanfaatkan energi angin, air ataupun energi lain yang berpotensi bisa menghasilkan listrik. Tentu dengan syarat sobat paham betul bagaimana cara membangkitkan energi listrik. bagi sobat yang penasaran bisa buka langsung : bagaimana cara membuat pembangkit listrik sederhana

Nah itulah beberapa Tips atau cara agar sobat bisa menghemat listrik dari mulai melakukan kegiatan yang bisa dilakukan setiap harinya hingga cara-cara yang cukup sulit dilakukan namun sangat efektif untuk menurunkan biaya tagihan listrik.

Demikian Ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu memecahkan masalah sobat. Mohon maaf bila ada salah kata toh saya juga masih belajar, kesalahanan ada pada diri saya dan kebenaran hanya milik Allah subhanahu wa ta'ala... Bila sobat suka jangan lupa share artikel ini...

6 komentar untuk "Cara Menghemat Listrik Di Rumah Ala Teknisi Hingga Turun 100% "

Comment Author Avatar
wah,, Cara-cara diatas memang berbeda dengan cara-cara lain dari situ lainnya. ini sih memang cara paling baik yang pernah saya baca. InsyaAllah akan saya coba
Comment Author Avatar
Cara-cara diatas boleh dicoba, cuma untuk pembatas daya sepertinya akan lumayan memakan modal dan lumayan ribet juga yah, Tapi thx infonya
Comment Author Avatar
ok, jangan lupa share artikle ini a
Comment Author Avatar
Rekomendasi kabel listrik paling bagus apa pak.

Diskusikan pertanyaan sobat disini