Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta

Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai rangkaian kontrol, yaitu sebuah rangkaian kendali motor listrik 3 fasa dua arah putaran dengan bintang segitiga, atau dalam bahasa inggrisnya sistem control electro motor 3 phasa forward reverse star delta.

Dimana rangkaian ini mengkombinasikan antara dua sistem sekaligus yaitu sistem kontrol star delta dan sistem kontrol forward reverse yang sebetulnya lebih sering dirancang secara terpisah. Karena memang fungsi dan tujuannya berbeda.

Namun, sebetulnya pengkombinasian rancangan ini cukup baik dan lebih unggul dibandingkan dengan rancangan yang dirancang secara Terpisah.

Gak percaya??

Kelebihaannya antara lain :

sistem kontrol ini dapat memiliki tenaga lebih dibandingkan dengan dua arah putaran saja.

Jika sobat menggunakan rancangan kontrol dua arah putaran dengan pengasutan bintang saja akan mengurangi kekuatan motor dan memperbesar daya yang digunakan menurut perhitungan para 
teknisi. Dan juga rumus kircoff

Jika sobat menggunakan rancangan kontrol dua arah putaran dengan pengasutan segitiga saja akan membuat motor kewalahan karena langsung meloncag pada rancangan segitiga (delta).

Hanya saja, rancangan bintang segitiga forward reverse ini cukup sulit dirancang sehingga membuat orang-orang malas membuatnya.

Namun bagi sobat yang tertarik untuk mempelajari rangkaian ini, baik untuk keperluan pemakaian atau hanya sebatas pembelajaran dan referensi, mari kita bersama-sama belajar bagaimana membuat rangkaian kontrol motor listrik 3 fasa star delta dua arah putaran ini.

Catatan penting....

Untuk para master engginering, baik itu pelajar SMK jurusan instalasi listrik, mahasiswa jurusan teknik listrik, Teknisi bagian kelistrikan, perancang, pemogram, bahkan dosen yang merasa ada yang kurang dalam rangkaian ini boleh berikan sarannya pada kotak komentar supaya bisa langsung dibaca oleh para pembaca.

Dan bagi sobat yang masih pelajar seperti saya, mari kita pelajari ini bersama-sama.

Ok, Sebelum perancangan dilakukan, berdoa dulu pada Allah SWT, kemudian siapkan alat dan bahan yang harus ada untuk mempermudah perakitan yaitu :

Alat – alat

Avometer
Obeng min dan plus (-) dan (+)
Tespen
Tang pemotong dan teman-temannya

Bahan-bahan

Motor listrik 3 fasa jika ada,

bagi sobat yang sedang praktek boleh diganti dengan 3 lampu untuk memastikan apakah rangcangan ini bekerja dengan baik atau tidak

4 buah kontaktor magnet

2 buah kontaktor magnet untuk kendali dua arah putaran
2 buah kontaktor magnet sisanya untuk kontrol star (Y) delta (A)


2 biji push botton start (NO),
1 biji push botton stop (NC)

Agar lebih paham, silahkan dibaca : NO dan NC duniakelistrikan

1 buah timer delay relay (TDR)


MCB untuk pengaman rangkaian dan bila terjadi trip


Jika alat dan bahan sudah disiapkan dan telah teruji masih bekerja dengan baik, mari kita menuju langkah selanjutnya :

Cara Merangkai

1 Merangkai sistem Tenaga motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta

Untuk merangkai rangkaian tenaga, sobat membutuhkan kontaktor dan mcb 3 fasa, kemudian rangkaianlah seperti yang ditunjukan pada gambar :
Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta
Jika sobat kebingungan dengan gambar diatas, sobat bisa membaca pembahasan ini : penjelasan simbol komponen listrik yang biasa digunakan untuk skema gambar rangkaian. Atau bagi sobat yang sudah paham, bisa lanjutkan pembahasan ini. 

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, rangkaian ini adalah pengkombinasiaan rangkaian dua arah putaran dan rangkaian star delta. Oleh karena itu, gambar rangkaian tenaga diatas adalah penggabungan antara dua rangkaian tersebut.

Dua kontaktor magnet yang berposisi atas berfungsi sebagai pemindah atau pengubah letak fasa sehingga motor dapat berputar kekanan dan kekiri sesuai dengan kontaktor magnet yang hidup. Apakah itu kontaktor magnet 1 atau kontaktor magnet 2 yang disimbolkan dengan K1 dan K2.

Cara memasangnya, hubungkan kabel RST dari MCB menuju kontaktor magnet 1 kontak hubung nomor 1 untuk R, nomor 3 untuk S dan nomor 5 untuk T. Kemudian sambungkan juga RST tersebut pada kontaktor magnet 2 kontak hubung 1 untuk R, nomor 3 untuk T, dan nomor 5 untuk S.

Disini terjadi perpindahan fasa antara fas S dan T. Hal tersebut mampu membuat motor listrik membalik putarannya. Maka dari itu rangkaian tenaga diatas disebut rangkaian tenaga forward reverse.


Kemudian, kopel/satukan/hubungkan kabel dari kontaktor magnet 2 berkontak hubung 2 pada kontak hubung 2 kontaktor magnet 1 begitupun kontak hubung 4 dan 6 dihubungkan pada kontak hubung 4 dan 6 kontaktor magnet 1.
Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta
Dari kontaktor magnet 1 (K1), kontak hubung 2 diteruskan menuju ke motor listrik 3 fasa (beban) berkontak hubung U, kontak hubung 4 menuju kontak hubung V, dan kontak hubung 6 diteruskan ke kontak hubung W motor listrik 3 fasa. Ini akan memberi daya pada motor listrik.

Kemudian, dari kontaktor magnet 2 (K2), kabel dari kontak hubung 2 diteruskan pada kontaktor magnet 4 (K4) kontak hubung 1, kontak hubung 4 pada kontak hubung 3 dan kontak hubung 6 pada kontak hubung 5.

Lalu, kabel dari kontak hubung 2 kontaktor magnet 4 dijumper/kopel pada kontak hubung 2 kontaktor magnet 3, begitupun kontak hubung 4 dan 6.

Sementara itu, kontak hubung nomor 1, 3 dan 5 kontaktor magnet 3 disatukan.
Kontaktor magnet 3 akan bertugas untuk membuat motor listrik berhubung bintang. Sebagaimana dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, sambungan bintang ujungnya dikopel
Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta
Selanjutnya, baik sobat mengambil kabel dari kontaktor magnet 3 atau kontaktor magnet 4 berkontak hubung 2 bisa sobat hubungkan langsung pada motor listrik berkontak hubung Z, kontak hubung 4 pada kontak hubung X, dan kontak hubung 6 pada kontak hubung Y motor listrik 3 fasa.
Rangkaian ini disebut rangkaian star delta atau bintang segitiga.


Bagaimana mudah bukan.

Selanjutnya,

Merancang rangkaian kontrol

Jika sobat telah selesai memahami rangkaian tenaga, yaitu rangkaian untuk menentukan jalan listrik 3 fasa mengalir pada motor listrik 3 fasa, langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian kontrolnya.

Rangkaian kontrol ialah rangkaian untuk mengatur kontaktor magnet mana saja yang dapat hidup sehingga motor listrik bekerja sebagaimana intruksi yang kita inginkan.

Dan yang kita inginkan saat ini adalah motor lisrik dapat bekerja dengan dua arah putaran star delta. Maka untuk rangkaian kontrolnya seperti pada gambar :
Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta
Sekali lagi, jika sobat masih bingung dengan rangkaian ini, bisa baca penjelasan simbol diatas agar lebih mudah dimengerti.

Merangkai

Awal mula, sobat ambil salah satu kabel fasa dan hubungkan ke mcb, jika ada atau langsung ke push botton stop kemudian dari sana di teruskan kembali pada kontak hubung 1 start 1 forward  dan kopel dengan kontak hubung 1 start 2 reverse.

Kemudian, dari kontak hubung 2 start forward diteruskan menuju kontak hubung A1 kontaktor magnet 1, hal ini ditujukan untuk menghidupkan kontaktor magnet  1.

Namun, sebelum melesat terhubung pada A1 kontaktor magnet 1 (K1), beri dulu pengaman, yaitu penghubungan dulu ke kontak NC dari kontaktor magnet 2, sehingga jika K2 sedang bekerja, akan memutus arus untuk K1 sehingga K 1 tidak akan bisa hidup.

Jangan lupa juga kasih pengunci (keylock), yaitu penghubungan sebelum start (no1) ke kontak NO K1 biasanya bernomor 13 dan 14 dihubungkan kembali pada no 2 push botton start. Ini ditujukan agar arus tetap masuk jika push botton start tidak ditekan.

Agar sobat lebih paham tentang pengunci dan pengaman, Baca selengkapnya : fungsi pengunci dan pengaman pada kontaktor magnet rangkaiankontrol

Begitu juga pada terusan start 2 reverse, diteruskan menuju kontak hubung A1 K2. Untuk menghidupkan Kontaktor magnet 2, namun sebelumnya kasih pengunci dan pengaman seperti halnya pada start 1.

Dengan selesainya memahami Rangkaian diatas, berarti sobat telah selesai merancang rangkaian dua arah putaran forward reverse.

....

Dari koil A1 kontaktor magnet 1 dan 2 hubungkan ke koil nomor 2 Timer untuk menghidupkan timer secara otomatis bila mana kontaktor 1 atau 2 hidup. Ini ditunjukan untuk mengaktifkan rangkaian star delta secara otomatis.

Nah, sebetulnya, pengkopelan dari start forward dan start reverse belum usai. Karena dari sana dikopel lagi ke kontak hubung nomor 14 kontaktor 4 dan juga ke kontak hubung nomor 1 Timer.

Dari kontak hubung 14 kontaktor 4 dihubungkan lagi ke kontak hubung A1 K3 untuk menghidupkan K3 secara otomatis. Namun jangan lupa kasih pengaman dari kontaktor magnet 4. Sehingga jika K4 hidup maka K3 otomatis mati.

Dari kontak hubung nomor 3 timer dihubungkan ke Koil A1 K4 (kontaktor magnet 4) untuk menghidupkan K4 bila mana timer aktif. Jangan lupa hubungkan kontak hubung 13 K4 ke kontak hubung 3 timer untuk menjadikannya pengunci.


Rangkaian ini disebut dengan rangkaian star delta otomatis menggunakan TDR


Langkah terakhir adalah, menghubungkan kabel netral pada koil A2 semua kontaktor dan nomor & TDR untuk mengaktifkan komponen-komponen tersebut.

Dan juga mensetting waktu pada timer agar bekerja susai kehendak sobat.

Mudah bukan.... hehehe


Cara kerja rangkaian

  • Bila start 1 Forward ditekan, K1 akan hidup dan motor listrik akan berputar dengan putaran star (bintang). Dengan hitungan timer selesai, maka timer akan bergerak menghidupkan K4 dan otomatis memutus K3. Maka motor akan berputar dengan jenis pengasutan delta (segitiga).

  • Ketika sobat tekan start 2 reverse, maka tidak akan terjadi apa apa karena diberi pengaman.

  • Ketika sobat tekan stop, maka rangkaian akan berhenti bekerja

  • Ketika sobat tekan start 2 reverse, maka motor akan berputar sebaliknya dengan pengatusan bintang. Dengan hitungan timer selesai, maka timer akan bergerak menghidupkan K4 dan otomatis memutus K3. Maka motor akan berputar dengan jenis pengasutan delta (segitiga).

  • Ketika sobat tekan start 1 forward, maka tidak akan terjadi apa-apa karena diberi pengaman.

  • Ketika sobat tekan stop, maka rangkaian akan berhenti bekerja.

Mudah bukan...


Itulah penjelasan mengenai Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta semoga daapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan ada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT. 

0 Response to "Membuat Rangkaian kontrol Motor listrik 3 fasa dua arah putaran star delta"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

Sindikasi techno.okezone.com

terima update Blogku dengan EMAIL