Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap

Bismillahirrohmanirrohim

Salam Teknisi, mungkin saja kabel listrik adalah hal pertama yang sobat pikirkan dan simpulkan tentang listrik. Ibarat peribahasa, Listrik dan kabel listrik seakan sebuah pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimana tidak, kabel hanya memiliki satu fungsi. Yaitu sebagai penghatar listrik.

Dengan adanya kabel listrik kita dapat menggunakan energi listrik dalam kehidupan. Dengan adanya kabel listrik kita dapat dengan aman mengaplikasikan energi listrik menjadi apapun, menyalurkannya kemanapun dan kapanpun.

Terdapat dua jenis zat pada satu kabel listrik. Yaitu Konduktor dan isolator. Meskipun ada beberapa jenis kabel yang tidak dilengkapi dengan Isolasi karena kepentingan tertentu.

Konduktor adalah bagian kabel yang terdapat didalam kabel, biasanya berbahan tembaga atau alumunium. Bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik.

Isolator adalah bagian kabel yang terdapat disisi paling luar. Biasanya berbahan Thermoplastik atau thermosetting. Bagian ini berfungsi untuk membungkus bagian konduktor agar terhindar dari kontak langsung lingkungan, khususnya manusia.


Dan harus sobat ketahui, para teknisi listrik tidak sembarangan menggunakan kabel kemanapun dan kapanpun. Dalam kondisi dan fungsi tertentu kabel dibedakan menjadi beberapa jenis dan tentu sobat harus mengetahuinya....

Kenapa?

Karena untuk menghindari terjadinya kesalahan pemasangan kabel yang tidak sesuai dengan fungsi dan kondisi yang dibutuhkan, yang mengakibatkan penyaluran listrik tidak optimal serta mengakibatkan kecelakaan

Untuk itu, saya yakin. Pembahasan ini sangatlah penting untuk dibahas dan diketahui oleh masyarakat luas, semua kalangan, khususnya sobat sebagai seorang teknisi Listrik yang mengingikan kualitas dalam pekerjaan dan juga kepuasan konsumen.

Jenis-Jenis kabel listrik antaranya :

Kabel NYA
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYA

Kabel yang merupakan bentuk paling simple dalam jenis-jenis kabel lain adalah kabe NYA. Jika sobat memperhatikan gambar, kabel NYA merupakan kabel berinti (konduktor) tunggal dan memiliki 1 lapis isolator PVC. Pada umumnya kabel NYA memiliki ukuran 1.5 mm2 dan 2,5 mm2


Kabel jenis ini biasanya digunakan dalam instalasi rumah.

Kelebihan

  • Karena kabel ini berinti tunggal, cukup mudah untuk digunakan dan mudah menetukan jumlah kabel yang dibutuhkan untuk merangkaian suatu instalasi listrik.


  • Dengan sfesifikasi kabel diatas, tentu harga yang ditawarkan akan cukup murah dengan kegunaan yang cukup baik.

Kelemahan

Karena kabel ini hanya memiliki 1 lapis isolasi maka kabel ini akan mudah cacat, tidak tahan air dan pergantian cuaca (panas dan dingin). Biasanya, untuk hasil pemasangan kabel yang lebih maksimal,  penggunaan harus dibarengi dengan Pipa PVC. Tentu hal ini akan menambah ongkos.

Harga yang ditawarkan untuk 1 roll (100 m) kabel NYA ukuran 1,5 mm adalah sekitar Rp. 145.000, ukuran 2,5 sekitar Rp. 230.000, ukuran 4 sekitar Rp. 360.000.

Kabel NYM
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYM

Kabel jenis ini sebetulnya kabel NYA yang diperbanyak misalnya 2, 3 sampai 4 konduktor yang dibungkus kembali dengan double isolasi. Fungsinya  sama dengan kabel NYA yaitu untuk instalasi listrik rumah atau gedung dan system tenaga.

Kelebihan

Karena kabel NYM memiliki isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA. Selain itu, kabel ini juga mampu bertahan dalam kondisi kering dan basah dan cukup sulit cacat.

Kelemahan

Jika dilihat dari spesifikasi kabel yang begitu handal dan kuat, tentu akan sebanding dengan ongkos yang lebih mahal dari kabel NYA. Selain itu, karena jumlah kabel yang telah ditentukan misalnya 4 atau 3, dengan demikian sobat tidak dapat mengatur jumlah kabel yang diinginkan dalam satu instalasi.

Harga yang ditawarkan untuk 1 roll (50 m, setengah dari kabel NYA) untuk ukuran 1,5m dengan 3 konduktor didalamnya adalah sekitar 293.000, untuk ukuran 2,5 m  dengan 3 konduktor didalamnya sekitar Rp. 417.000, untuk ukuran 4 dengan 4 konduktor didalamnya sekitar Rp. 885.000.


Kabel NYY
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYY

Kabel ini sebetulnya sama dengan kabel NYM. Perbedaannya hanya pada kualitas isolasi yang jauh lebih kuat dan lebih tahan pada kondisi apapun.

Kabel ini digunakan untuk instalasi bawah tanah meskipun tetap harus diberi perlindungan khusus misalnya Pipa PVC, duct atau pipa besi.

Kelemahan

Lebih mahal dari kabel NYM

Harga yang ditawarkan untuk 1 roll (50 m) kabel NYY ukuran 1,5 dengan 2 konduktor didalamnya adalah sekitar Rp. 322.000, ukuran 2,5 dengan 2 konduktor didalamnya sekitar Rp. 434.000, untuk ukuran 3m dengan 4 konduktor dildamanya sekitar Rp. 830.000


Kabel NYAF
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYAF

Jika sobat memperhatikan gambar diatas, terlihat sepintas kabel NYAF sama dengan kabel NYA. Memang secara kontruksi sama, memiliki 1 konduktor dan 1 lapis isolator. Perbedaannya adalah kabel ini memiliki konduktor seradut. Semnetara kabel NYA tunggal.

Kabel ini kebanyakan digunakan pada alat-alat elektrik dan panel power.

Kenapa menggunakan kabel jenis NYAF?

Kabel ini diperuntukan untuk hubungan setiap komponen listrik yang membutuhkan pleksibilitas sangat tinggi. Misalnya pada gambar dibawah ini :
penggunaan kabel NYAF pada panel
Gambar diatas memperlihatkan penggunaan kabel NYAF didalam rangkaian panel box. Akan sangat sulit dikerjakan bila tidak menggunakan kabel yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi.

Kelemahan

Karena kabel ini hanya memliki 1 lapis isolasi, maka kabel ini tidak cocok digunakan diluar ruangan dengan berbagai kondisi misalnya kering dan basah.

Harga yang ditawarkan untuk satu roll kabel NYAF A ukuran 1,5 m adalah Rp. 208.000, untuk ukuran 2,5 sekitar Rp. 364.800, untuk ukuran 10 m sekitar Rp. 1.444.000, sampai ukuran 240 m (tebal sekali) adalah sekitar Rp. 33.420.000  

Kabel NYMHYO


Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYMHYO

Kabel NYMHYO memiliki kontruksi yang sama seperti kabel NYM, namun kabel NYMHYO memiliki konduktor serabut. Tujuan kabel jenis ini hampir sama dengan kabel NYAF, hanya saja, kabel jenis ini lebih dikhususkan untuk peralatan elektronik yang memerlukan pleksibilitas dan arus rendah.

Kabel ini biasanya digunakan pada soundsystem, loudspeaker, kabel auto-video, dan rangkaian elektronika lain.

Harga dari kabel NYMHYO bermacam-macam tergantung dengan kualitas kabel itu sendiri. Biasanya, semakin baik kualitas, semakin mahal harga dari kabel ini.

Kelemahan

Kabel ini mudah panas. Maka dari itu hindari penggunaan kabel ini untuk tegangan dan arus tinggi.

Kabel NYMHY
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYMHY

Secara kontruksi, Kabel ini memiliki konduktor tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC. Kabel NYMHY umumnya berwarna putih.

Kabel ini biasanya memiliki lebih dari 1 konduktor ada yang 2 dan 3 tergantung kualitas.

Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk penghubung antara peralatan elektrik dan stop kontak rumah yang memerlukan kabel feksibel dan berubah arah kapanpun.

Kabel ini digunakan sebagai pnghubung mesin cuci, kulkas, dispenser, blender dan peralatan elektronik lain pada stop kontak rumah yang tentunya dengan situasi yang berbeda-beda.


Kabel NYYHY
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYYHY
Kabel NYYHY hampir sama dengan kabel NYMHY. Hanya saja, kabel ini memiliki kualitas konduktor dan isolator yang lebih baik, lebih kuat dan lebih aman.

Biasanya kabel NYYHY berwarna hitam dan digunakan sebagai penghubung alat elektrik yang 
memiliki daya besar pada stop kontak rumah.

Kabel ini biasa digunakan pada Bor, gerinda, gergaji listrik, profil, pompa air dan lain-lain.

Berikut list Harga NYMHY dan NYYHY A

2 x 0,75 Rp. 448.000.00
2 x 1,5 Rp. 768.000.00
2 x 2,5 Rp. 1.040.000.00
2 x 4 Rp. 1.236.000.00
2 x 10 Rp. 3.280.000.00


Kabel NYFGbY / NYRGbY / NYBY
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYFGbY

Kabel NYFGbY dirancang khusus untuk Instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindung tambahan seperti pipa besi. Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 80 cm.

Kelemahan

Dengan spesifikasi kabel yang sangat bagus, tentu harga yang ditawarkan akan tinggi juga.

Selain itu, Kabel ini masih tetap membutuhkan pelindung (pipa) jika ingin melewati jalan, dan kondisi-kondisi tanah yang tidak stabil.

Berikut list daftar harga kabel NYFGbY

2 x 4 Rp. 2.015.000.00
2 x 10 Rp. 4.275.000.00
3 x 2.5 Rp. 1.885.000.00
4 x 10 Rp. 6.600.000.00
4 x 35 Rp 16.800.000.00
4 x 70 Rp. 29.400.000.00
4 x 95 Rp. 40.950.000.00

Kabel NYCY
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYCY

Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel ini dapat disimpan dalam kondisi apapun. Kering, panas, dingin, dan basah, didalam ataupun diluar ruangan.

Kabel BC
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
BC

Kabel BC memiliki sistem konduktansi yang unik dan agak berbeda dengan kabel lain, dimana konduktornya terdiri dari pilihan kabel yang disatukan sehingga menghasilkan kontruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus.

Kabel BC lebih banyak digunakan untuk pentanahan atau ground. Pada gedung atau bangunan tinggi, kabel ini sangat baik untuk digunakan sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir.

Kabel ini memiliki ukuran tegangan mak = 6 sampai 55 mm / 500V


Kabel AAAC
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
AAAC

Kabel ini terbuat dari alumunium magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elekris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberikan sifat yang lebih baik.

Kabel ini terbuat dari paduan alumunium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehinga daya hantarnya lebih baik.

Kabel ini baik digunakansebagai penghantar dan penangkal petir

Baca juga : sistem pentanahan

Kabel ACSR
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
ACSR

Kabel jenis ACSR adalah salah satu jenis kabel yang banyak digunakan untuk saluran transmisi tegangan tinggi. Kabel ini sangat berbahaya dan tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

Kenapa?

Karena kabel ini tidak memiliki pelindung (isolasi) yang melapisinya. Dengan kata lain, kabel ini tidak memakai pelindung.

Alasan kuat yang menyebabkan kabel ACSR tidak berisolasi adalah untuk menghindari isolasi yang panas dan meleleh diakibatkan oleh tegangan ektra tinggi yang mengalir dalam kabel tersebut.

Kabel ini terdiri dari bahan alumunium dengan inti kawat baja. Jenis kabel listrik tipe ACSR sangat cocok untuk digunakan pada saluran-saluran udara tingkat tinggi PLN, yang membutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi.

Ini fotonya :

sutet

Kabel ACAR
Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
ACAR

Sebetulnya, secara kontruksi dan kegunaan, kabel ini sama persis dengan kabel ACSR. Namun, kabel ACAR sengaha dirancang dengan kualitas lebih baik untuk menyalurkan listrik yang lebih besar dan dengan tarikan yang lebih kuat.


Demikian pembahasan mengenai Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat.


0 Response to "Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

Sindikasi techno.okezone.com

terima update Blogku dengan EMAIL