Cara Pasang Kabel Di Terminal (Colokan) Listrik Yang Benar

 Bismillahirrohmanirrohim

Terminal listrik atau orang-orang kita sering juga menyebutnya colokan merupakan alat listrik yang berguna untuk mendekatkan atau memposisikan sumber listrik ke tempat yang kita inginkan untuk mempermudah pengerjaan.

Selain itu, terminal listrik juga berfungsi untuk menambah kapasitas penggunaan stop kontak tunggal menjadi lebih banyak dan lebih dinamis penggunaannya.Cara pasang terminal colokan listrik 2 dan 3 kabel

Yah, penggunaan terminal listrik ini hampir dibutuhkan oleh semua orang, termasuk saya sebagai seorang teknisi, sobat sebagai seorang guru, seorang pekerja kantoran, seorang pekerja pabrikan, seorang pekerja luar ruangan, seorang pekerja bangunan, bahkan seorang ibu rumah tangga membutuhkan alat yang bernama Terminal listrik atau dalam bahasa kerennya Power Strip ini.

....Yang menarik disini adalah, 

jika sobat hendak membeli sebuah terminal stop kontak listrik, kebanyakan terminal tersebut tidak dilengkapi dengan kabel. kabel dan stekernya dijual terpisah.

Meskipun ada juga yang di bekali dengan kabel yang sudah terpasang seperti pada Colokan listrik, namun kadang kita memang harus membelinya secara terpisah.

Kenapa ?

Karena dalam menggunakan terminal atau colokan listrik ini kita harus mempertimbangkan kapasitas dan fungsi dari terminal listrik itu sendiri nantinya.

Maka dari itu kita harus memperhatikan ini dulu :

Sebelum Membeli & Memasang Terminal Listrik

Pertama,

Mau digunakan untuk apa colokan listrik ini ?

Apakah untuk menghidupkan beban berat seperti kompresor, motor listrik atau hal-hal berkaitan dengan industri lain. Jika yah maka jangan sampai membeli terminal listrik yang sudah 1 paket dengan kabel, karena pada umumnya kabel-kabel yang digunakan kurang bagus. 

selain kurang bagus, jumlah inti kabel yang disedikan kadang hanya 2 kabel, sementara agar lebih aman, kita membutuhkan terminal dengan inti kabel 3.

Apalagi jika harga colokan listriknya murah.

Sebaiknya gunakan kabel dengan luas penampang lebih dari 1 mm, sepeti 1,5 hingga 2,5 mm untuk mencegah kabel terbakar karena beban lebih.

kedua,

Perhatikan jenis kabel yang digunakan

Tidak cukup dari itu, sebaiknya pilih juga jenis kabel listrik Kabel NYMHYO atau jenis kabel jenis serabut lain karena memiliki sipat flexsible sehingga cocok digunakan untuk terminal listrik yang memiliki kebutuhan mobilitas tinggi.

kabel serabut untuk terminal listrik 3 kabel


Jangan gunakan kabel NYA, NYM dan jenis kabel yang berbatang tunggal lain karena sipatnya yang kurang flexsible.

Kecuali fungsinya di pasang di dinding dan semi permanen, sobat bisa menggunakan jenis kabel berinti tunggal untuk meminimalisir pengeluaran.

Mau gunakan yang inti 2 atau 3 pada kabel?

Sebetulnya stop kontak hanya membutuhkan dua kabel untuk dapat bekerja. menggunakan yang 2 kabel pada terminal listrik bisa digunakan untuk charger Hp atau laptop. Namun bila terminal listrik akan digunakan untuk hal-hal berat seperti pompa air atau rice cooker, sebaiknya gunakan yang 3 kabel.

Apa fungsi kabel ke 3?

kabel ke tiga pada stop kontak berfungsi sebagai grounding sehingga bila ada kebocoran arus pada perangkat listrik, bisa di alirkan pada tanah melalui kabel grounding ini.

Perhatikan juga panjang kabel yang akan digunakan

panjang kabel sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Ukur saja dan kira-kira. Jangan sampai kabel terlalu pendek karena akan membuat sedikit percuma, namun jangan juga terlalu panjang karena bisa menyebabkan kaki tersangkut dan kusut. (pabelit)

Mau berapa lubang stop kontak ?

Lubang pada stop kontak ini sangat penting untuk di perhatikan. meskipun semakin banyak lubang akan lebih menguntungkan, namun juga akan banyak ruang serta tidak banyak mobilitas karena berkurangnya ruang gerak.

Perhatikan jarak antar lubang terminal stop kontak

Tips memilih terminal listrik yang pas
Sumber : https://www.123rf.com/

bagi anda pengguna laptop, pertimbangkan untuk membeli terminal listrik dengan jarak lubang stop kontaknya cukup jauh, hal ini disebabkan agar masing-masing charger laptop tidak bertabrakan. Posisi lubang stop kontak juga harus di perhatikan agar memilih jenis top konyak dengan pisisi lubang miring atau disesuaikan dengan kebutuhan nantinya.

Memilih Tipe Direct Attachment

Memilih jenis steker T langsung juga bisa menjadi solusi dalam berbagai keperluan, misalnya ingin menambah banyak stop kontak dalam posisi sama. Atau misalnya untuk TV gantung. pemilihan steker T Multiplug juga sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang memiliki banyak jenis stop kontak.

 

Memasang steker T terminal stop kontak listrik
Sumber : Rumah Rajawali Property Indonesia

Nah, dalam beberapa permasalahan, ada kalanya sobat hanya perlu membeli stop kontak langsung dengan kabel seperti untuk keperluan charger Hp atau laptop, namun ada juga fenomena bahwa sobat harus bisa memasangkan steker, terminal stop kontak dan kabel sendiri.

Tidak heran jika banyak sekali orang yang mecari cara dari internet. Dan kebetulan sobat berkunjung ke blog ini. blog yang akan berusaha membagikan tutorial bagaimana cara memasang kebel pada terminal listrik sendiri dengan mudah dan benar.

Baca juga : alasan kenapa gerinda tangan cepat panas

alat yang digunakan sangat simple

Untuk pemasangan terminal sampai bisa digunakan tidak perlu menggunakan alat-alat yang canggih. Cukup menggunakan alat seadaanya dirumah. Misalnya 

  • Gunting, dan isolasi yang pada umumnya ada disetiap rumah.
Namun bila ingin lebih mudah membantu pekerjaan, bisa melengkapi dengan alat-alat ini :
  • Tang pemotong
  • Tang kupas
  • Avometer (untuk mengecek kabel)
  • Obeng Min Plus

Berikut step by step Merangkai Colokan Listrik Agar kuat

Jika bahan-bahan sudah disiapkan yaitu satu buah terminal listrik stop kontak, kabel dan steker/socket. Silahkan lakukan pemasangan dengan mengikuti intruksi berikut

...1) Pastikan kabel dalam keadaan baik. Kemudian kupas setiap ujung kabel hingga terlihat bagian penghantarnya, bisa berbahan tembaga, ataupun alumunium.

Sebagaimana kita telah ketahui, ntuk kabel stop kontak terdapat dua jenis yaitu kabel berinti dua dan inti 3. Bagaimana cara memasangnya? simak terus

...2) buka steker dengan menggunakan obeng plus. Jika tidak ada bisa juga menggunakan gunting. Silahkan improvisasi sendiri.
Baca juga : cara memperbaiki setrika listrik

...3) untuk yang dua kabel hubungkan kabel socket warna coklat & biru atau warna lainnya sebagai fasa dan netral pada bagian kaki steker yang telah disediakan. Dan jika ada kabel ground/arde yang berwarna hijau kuning bisa dihubungkan ke bagian arde ditengah steker. Jika tidak ada kabel ground boleh dilewati.

Cara memasang kabel 2 inti ke steker

Coba perhatikan gambar diatas, bagian tengah dibiarkan kosong.
Cara memasang kabel 3 inti ke steker

Sementara jika ada bagian kabel yang berwarna hijau kuning, bisa di pasang di bagian tengah sebagai ground/arde. 

Jangan lupa untuk mengunci bagian isolasi luar pada bagian pengunci seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini :
Cara memasang kabel 3 inti ke steker

Banyak orang kerapkali salah dalam memasang steker ini, dimana mereka malah membiarkan isolasi luar berada diluar, padahal harusnya didalam.

cara pasang kabel pada steker yang salah

jika sudah, silahkan tutup kembali steker dan kencangkan baudnya.

...4) jika pemasangan kabel pada steker atau socker telah selesai, selanjutnya pemasangan kabel pada terminal listrik. Hampir sama dengan pemasangan kabel pada steker. Pemasangan kabel pada terminal ini munghubungkan kabel coklat dan biru (warna standar fasa & Netral) pada 2 penghantar yang ada pada terminal dan 1 kabel arde tepat ditengah. Jika ada.

Cara memasang kabel pada terminal listrik 3 kabel

Pemasangan kabel pada terminal yang memiliki saklar jelas lebih mudah, karena disana telah disediakan penghubung untuk menghubungkan kabel dan saklar. Dan dari saklar telah tersedia kabel untuk penghantar pada terminal.

Untuk terminal yang tidak memiliki saklar, caranya adalah menghubungkan langsung kabel pada bagian penghantar terminal.

Cara memasang kabel pada terminal listrik sendiri dengan mudah dan benar

Jangan lupa untuk mengunci bagian isolasi luarnya agar pemasangan kuat.

cara pasang kabel pada terminal listrik atau colokan

Kenapa sih isolasi luarnya harus di ikat dibagian tersebut ?

agar tidak terjadi seperti pada gambar ini :

Contoh pemasangan kabel pada terminal listrik yang salah

Alasan kenapa masih banyak orang memasang kabel seperti ini adalah karena kurang plexiblenya kabel yang digunakan, dan itu merupakan kesalahan pertama, yaitu salah memilih kabel.

Jika dirasa sudah benar semua,

Silahkan tutup kembali terminal listrik sobat punya dan test.


Mudah bukan

Jika tidak terjadi reaksi apapun, silahkan baca : cara memperbaiki terminal listrik stop kontak

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. mohon maaf bila banyak kesalahan, 

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Kabel Di Terminal (Colokan) Listrik Yang Benar"