Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya

Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya

Bismillahirrohmanirrohim

Sudah lama sekali, sudah lama hingga satu bulan penuh saya belum mengupdate lagi pembahasan dalam blog ini. tentu banyak alasan kenapa saya baru kali ini sempat dan disempat-sempatkan menulis kembali. Meskipun mungkin sobat tidak ingin mengetahui alasannya saya tetap akan menulis alasannya. Yah iyalah blog gua terserah gua. Hehe

Alasan pertama adalah karena kesibukan dunia offline. Salah satu yang paling menyita waktu adalah proyek pembangunan ruko baru. ini benar-benar menyita waktu plus tenaga sehingga malamnya kecapeaan dan akhirnya tidur.

Selain kesibukan pembangunan ruko, banyak kesibukan dunia offline lain yang tentunya jauh lebih penting dibanding online sehingga lebih diutamakan.

Alasan kedua adalah karena materi yang mampu saya tulis semakin sedikit. Wajar saja karena saya ini bukanlah lulusan S2 teknik listrik, bukan juga pelajar berprestasi disekolah. Saya hanya seorang tukang service pemula yang suka sekali menggeluti dunia blogging.

Baiklah, karena yang sobat butuhkan disini adalah alasan kenapa gerinda tangan cepat panas dan bukan alasan saya jarang menulis di blog ini lagi, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa alasan kenapa gerinda tangan atau gerinda dan mesin perkakas lain cepat panas.

Apa itu Gerinda

Gerinda adalah salah satu perkakas atau peralatan industri dari sekian banyak perkakas listrik. Seperti halnya bor, gergaji (circle), Trimmer, dan Router. Gerinda tangan berfungsi untuk memotong dan menghaluskan suatu bahan misalnya besi keramik dan lain-lain.
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya

Kendala yang didapat

Bila kita membeli suatu gerinda baru dan mengujinya, sobat tidak akan merasa cepat panas. Karena gurinda yang baik memang tidak mudah panas. Karena lama kelamaan dipakai, gerinda akan mengalami perubahan sehingga gerinda menjadi cepat panas dan cepat sekali panas kemudian cepat juga rusak.

Meninjau dari cerita diatas, sobat pasti sudah tahu alasan kenapa gerinda cepat panas. Yah faktor utama adalah pemakaian yang cukup lama.

Namun, kita juga pasti pernah menjumpai baru beli tapi mesin sudah cepat panas. Lalu apa penyebabnya? Ini baru tapi kenapa masih cepat panas?

Dari pengalaman dan dari hasil saya mewawancarai para tukang service terdekat, ada beberapa faktor penyebab gerinda ataupun perkakas lainnya cepat panas. Berikut beberapa alasannya :

1 kualitas Gerinda rendah

Gerinda yang berkualitas rendah dibuat dengan bahan-bahan berkualias rendah dan cepat rusak tidak bermutu kurang efesien serta murah. Sehingga menghasilkan gerinda yang cepat panas dan cepat rusak. Ciri-ciri gerinda berkualias rendah yang paling mencolok adalah harganya yang jauh dibanding dengan merk lain pada umumnya.

Ciri lainnya adalah ukurannya yang kecil dan beratnya yang sangat ringan. Dengan berat yang ringat tentu berbanding lurus dengan bahan yang ada didalamnya mengalami pengurangan dan ukuran mesin yang kecil. Sehingga tidak efesien dengan Fungsi gerinda.

Saya rasa 2 ciri diatas cukup jelas untuk membedakan gerinda berkualias dan tidak berkualias.
Solusi terbaik dalam hal ini adalah jangan membeli barang berkualias rendah. Lebih baik membeli gerinda bekas namun berkualitas dibanding dengan baru namun tidak berkualias. Tapi terkadang masyarakat pada umumnya kurang paham dengan hal ini.

Mereka lebih suka membeli barang baru dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan bekas namun berkualitas yang tentunya sudah lebih terjamin. Padahal, dalam segi kualitas bekas berkualitas lebih baik dibanding dengan yang baru namun murah.


Selanjutnya

2 Karbon brus yang sudah habis atau tidak sesuai

Bagi yang belum tahu karbon brus dan letaknya dimana, ok InsyaAllah saya seorang pemula ini akan membahasnya sedikit. Karbon brus adalah bahan yang digunakan untuk menghubungkan antara lilitan stator dan lilitan angker (Armature rotor), sehingga arus listrik dapat mengalir pada kedua lilitan tersebut.

Karbon brus biasanya menempel pada lamel komutator dan ditekankan oleh pegas sehingga ketika lamel komutator bergerak berputar sangat kencang, karbon brus akan tetap menekan dan memberikan suplay arus pada lilitan rotor melalui lamel komutator.

Ini gambarnya :
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya
Karbon brus

Biasanya, karena penggunaan, karbon brus pada gerinda akan mengecil  terkikis oleh lamel komutator. Sehingga daya pegasnya menjadi hilang dan ini yang menjadikan mesin cepat panas.

Maka dari itu dibutuhkan karbon brus yang power full pegas masih kuat, lamel masih bagus dan ukurannya pas sehingga memberikan daya listrik yang maksimal efektif dan efisien.

Agar lebih jelas dan tahu bagian-bagian pada gerinda, silahkan dibaca : Kontruksi Gerinda tangan, mengenal bagian-bagian didalamnya

3 masalah mesin 1 : lamel komutator atau armature sudah gosong dan timbul percikan api

Lamel komutator atau armature adalah bagian penghubung antara karbon brus dan lilitan rotor atau lilian yang berputar.

Ini gambarnya :
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya
Lamal Komutator

Lamel yang masih bagus biasanya memiliki bentuk yang masih bagus (gak cekung) dan warna masih oranye. Jika lamel komutor sudah cekung dan berwarna hitam pekat, itu menunjukan bahwa lamel komutator sudah mengalami penurunan efesiensi. Sehingga arus listrik tidak mengalir dengan baik pada kumparan rotor.
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya

Solusi terbaik dalam hal ini adalah dengan membersihkan lamel komutator tersebut.

Caranya?

Jika memang terlihat pada lubang karbon lamel komutator sudah hitam, Pertama yang harus dilakukan adalah  membuka bagian komutator. Buka bagian karbon. Kemudian buka 4 baud yang menempelkan kepala gerinda dan badan gerinda. Setelah itu cabut kepala gerinda tersebut, maka akan otomatis bagian angker juga akan tercabut.

Kedua, Bersihkan bagian lamel komutator dengan hamplas halus sehingga bagian yang menghitam hilang. Dilanjutkan dengan membersihkan sela-sela antara lamel kelamel lainnya menggunakan pisau kecil sehingga bagian hampas karbon terbuang keluar.

Biasanya, peristiwa menghitamnya lamel dibarengi dengan karbon yang sudah jelek. Maka akan lebih baik jika karbon brus juga diganti setelah lamel dibersihkan.

Jika lamel sudah dibersihkan, silahkan masukan kembali bagian angker pada badan gerinda.

Catatan penting

Pembersihan lamel dilakukan jika melihat lamel tersebut masih tidak terlalu cekung dan dirasa masih bisa digunakan. Melihat juga bagian kumparan yang masih bagus (gak gosong). Jika lamel komutator sudah gosong dan sangat cekung dan hampir habis, sebaiknya ganti dengan yang  baru atau bisa juga digulung ulang ditempat gulung dinamo


4 masalah mesin 2 : bagian Bering atau laher sudah tidak normal

Untuk mendapatkan putaran yang konstan dan efisien, motor listrik pada gerinda tangan harus dalam keadaan benar-benar lurus. Selain lurus, putaran juga harus bebas hambatan. Maka dari itu sebuah motor listrik pada gerinda baik gurinda tangan ataupun gerinda duduk memiliki 2 bering yang terletak didepan dan belakang.
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya
Bering

Hal demikian dimaksudkan untuk membuat putaran motor benar-benar stabil.

Maka, jika bering atau laher sudah mengalami oblak atau macet akan membuat putaran motor listrik tidak lagi konstan dan stabil sehingga membuat motor listrik gerinda cepat panas, karbon cepat habis dan akan membuat cepat terbakar.

Dan, menurut riset, penyebab paling banyak gerinda tangan menjadi panas adalah kondisi bering yang sudah tidak normal (oblak atau macet).

Solusinya tentu dengan mengganti bering dengan yang baru.
Bering gerinda bisa didapat di toko elektronik dan perkakas dengan ukuran berbeda-beda.


5 Masalah mesin 3 : kesetabilan mesin tidak dalam keadaan baik (macet)

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa motor listrik pada gerinda ataupun alat lainnya harus benar-benar dalam keadaan stabil. Maka dari itu, apapun yang menyebabkan mesin menjadi tidak stabil dapat membuat gerinda cepat panas.

Hal-hal yang mengkin mempengaruhi mesin menjadi tidak stabil adalah :
  • Bering yang sudah rusak
  • Adanya material lain yang masuk dan mengganggu misalnya sampah kabel dan stemplet
  • Angker yang sudah bengkok (jarang terjadi)
  • Bagian stator yang bengkok (bisa saja terjadi)
  • Body penahan sudah pecah jadi bengkok

Untuk mengatasinya, sobat tinggal buka bagian kepala gerinda dan silahkan bersihkan bagian rotor dan stator menggunakan hamplas halus. Ingat. Jangan sampai melukai bagian kumparan. Setelah dibersihkan silahkan kencangkan kembali dua baud yang menempel pada bagian stator.
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya
stator

Silahkan pasangkan kembali gerinda dan ingat jangan sampai ada macet sedikitpun, putarkan gerinda menggunakan tangan, apakah sudah mendapatkan putaran tanpa hambatan? Jika sudah silahkan dicoba.

Dari tadi saya membahas tentang rotor dan stator, sebenarnya apasih rotor dan stator itu? Silahkan dibaca : penghasil putaran ? rotor dan stator padamotor listrik

6 masalah mesin 4 : kumparan sudah rusak

Ini adalah fenomena terburuk dan paling sulit diatas oleh pemilik gerinda. Ciri ciri kumparan sudah rusak secara fisik dapat dilihat dari kumparan yang menghitam atau merah terbakar dan bagian isolasi pada kumparan sudah meleleh.

Selain itu dapat juga dilihat ketika gerinda dihidupkan putaran sedikit menurun, suara putaran tidak senyaman dahulu (apa?) dan banyak bunga api yang timbul pada lamel komutator. Ini sudah dipastikan bahwa kumparan pada gerinda sudah rusak.

Hal terbaik yang mesti dilakukan adalah dengan menggulung ulang gerinda tersebut. Bisa dilakukan sendiri bisa juga melalui jasa tukang gulung dinamo yang sudah matang dibidang gulung dinamo motor listrik universal (jenis dinamo pada gerinda).
Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya
Rotor

Saran saya

Bagi yang mendapati dan mengami masalah pada gerinda, bisa dibawa ketempat saya dikondang service atau sahabat service yang berada di Jl. Cibatu bandrek Kp. Kondang. Atau bisa juga menghubungi kami dinomor 08129580217 dan 088806314585, bisa dihubungi via whatsapp. Kami menerima panggilan wilayah garut utara dan sekitarnya  


Demikian pembahasan mengenai Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat dan dapat mengatasi masalah sobat. mohon maaf bila banyak kesalahan atau kekurangan dalam materi

1 Response to "Alasan Kenapa Gerinda tangan cepat panas dan cara mengatasinya"

  1. Terimakasih atass artikelnya sangat membantu,saya mau tanya cara mengatasi grenda yang suaranya agak kasar

    ReplyDelete

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL